Tutorial Cara Redirect HTTP ke HTTPS untuk Website

Tutorial Cara Redirect HTTP ke HTTPS untuk Website

Website yang aman adalah website yang dapat menjamin bahwa data yang terkirim antara server dan receiver tidak bocor atau terganggu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah URL website alias redirect dari HTTP ke HTTPS. Selain menggunakan sertifikat SSL, kamu juga bisa mempelajari cara berikut yang bisa dilakukan melalui cPanel atau menggunakan plugin.

Mengubah HTTP menjadi HTTPS

Huruf ‘S’ dalam kata HTTPS adalah singkatan dari “secure” atau aman. URL website dengan HTTPS biasanya diperlukan untuk memberikan jaminan Google bahwa transfer data di website-mu aman dan data tidak dapat dicegat di tengah ‘perjalanan’. Ada dua cara redirect HTTP ke HTTPS yang bisa kamu pilih, yaitu melalui .htaccess dari cPanel atau menggunakan plugin WordPress.

Baca Juga: Panduan cPanel untuk Pemula

Melalui .htaccess

.htaccess adalah suatu file multifungsi yang terdapat dalam website. Ada beragam fungsi yang bisa kamu dapatkan dari .htaccess, mulai dari memblokir alamat IP, melindungi kata sandi hingga mengubah HTTP menjadi HTTPS. Simak cara redirect HTTP ke HTTPS melalui .htaccess berikut. Tapi sebelum itu, pastikan terlebih dulu kamu memiliki akses untuk mengelola cPanel.

  1. Dari dashboard cPanel, klik File Manager di section Files.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 1

  2. Pilih public_html, lalu klik kanan pada .htaccess dan klik “Edit”, lalu saat sebuah popup muncul, pilih “Edit” di bagian bawah popup. Namun, jika kamu tidak menemukan “.htaccess”, klik “Settings” di kanan atas seperti pada gambar, lalu beri tanda centang pada “Show Hidden Files (dotfiles)”.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 2

  3. Salin kode berikut, lalu tempelkan di halaman HTML website-mu.

    RewriteEngine On
    
    RewriteCond %{HTTPS} off
    
    RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 3

  4. Setelah itu, jangan lupa klik Save Changes.

Baca Juga: Kenali Apa Itu .htaccess, Fungsi, dan 5 Script untuk Website

Menggunakan plugin

Cara yang satu ini mengharuskan kamu menggunakan CMS WordPress dan mempunyai akses sebagai Administrator agar dapat mengelola plugin. Jika kamu belum mengetahui cara menginstal CMS WordPress, pelajari caranya dari artikel “Cara Install WordPress di cPanel”. Setelah itu, login ke dashboard WordPress Admin ikuti cara redirect HTTP ke HTTPS menggunakan plugin di bawah ini.

  1. Dari dashboard WP Admin, arahkan kursor ke pilihan “Plugins” di menu bar, lalu klik “Add New”.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 4

  2. Klik kolom Search lalu ketikkan “ssl” dan akan muncul berbagai plugin terkait. Kamu bisa memilih plugin yang kamu inginkan, tapi kita akan coba menggunakan “Really Simple SSL” di tutorial ini. Klik “Install Now” dan “Activate” setelah plugin selesai diinstal.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 5

  3. Setelah itu kamu akan diarahkan kembali ke dashboard dan Really Simple SSL akan mengirimkan notifikasi untuk memintamu mengonfirmasi keaktifan plugin. Klik “Go ahead, activate SSL!” untuk mengaktifkan plugin sesegera mungkin.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 6

  4. Selesai, sekarang website-mu sudah diawali dengan “HTTPS”!

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 7

Tip: Jika kamu tidak memiliki kendala saat mengubah “HTTP” menjadi “HTTPS” menggunakan .htaccess, sebaiknya kamu tak perlu lagi menggunakan plugin. Sebab, jika kamu sudah menggunakan cukup banyak plugin, hal ini tidak disarankan karena penggunaan plugin yang terlalu banyak dapat menimbulkan risiko keamanan hingga dapat terjadi kerusakan atau eror pada website-mu.

Baca Juga: 7 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Instal

Menggunakan Sertifikat SSL

Selain melalui .htaccess dan menggunakan plugin, kamu juga bisa mengubah HTTP menjadi HTTPS menggunakan sertifikat SSL. Secure Socket Layer (SSL) adalah sertifikat keamanan untuk koneksi website yang bisa kamu install melalui cPanel hosting. Di Dewaweb, SSL yang kamu instal sudah pasti mendapatkan minimal grade A di SSL Labs dan secara otomatis diperpanjang setiap beberapa bulan.

Jika kamu sudah memiliki akses untuk mengelola cPanel, pelajari cara redirect HTTP ke HTTP menggunakan sertifikat SSL dari cPanel melalui artikel “Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula“.

Baca Juga: Manfaat SSL Untuk SEO dan Keamanan Data Pengguna

Simpulan

Redirect HTTP ke HTTP memang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan sebelum kamu menginstal aplikasi lain di website demi menjaga keamanan datamu dan pertukaran data yang terjadi setelahnya. Selain itu, URL website dengan HTTPS juga bisa menaikkan peringkat website-mu di search engine karena keamanan website adalah salah satu penilaian penting yang dilakukan Google saat menentukan ranking.

Tak hanya keamanan, kamu juga bisa mempelajari cara mempercepat website dari artikel Dewaweb “Cara Mempercepat Website dengan Mudah“. Jangan lupa, pastikan kamu menggunakan layanan cloud hosting yang dapat menjamin uptime 100% agar website-mu selalu bisa diandalkan. Demikian artikel tutorial cara redirect HTTP ke HTTPS, selamat mencoba, Sahabat Dewaweb. Salam sukses online!