Tutorial Elementor Pro Untuk Membuat Halaman Website

Jika dibandingkan dengan website builder lain, WordPress memiliki pilihan kustomisasi tampilan website yang jauh lebih bervariasi. Dengan ribuan plugin kustomisasi tampilan WordPress yang tersedia, Elementor Pro adalah salah satu WordPress theme builder dengan fitur drag-and-drop yang sangat wajib untuk dilirik jika kamu sedang membuat website.

Elementor Pro: Page Builder WordPress Terbaik

Elementor adalah sebuah plugin untuk situs WordPress yang berfungsi untuk mendesain tampilan website dengan mudah dan tanpa pengetahuan coding. Dengan Elementor Pro, kamu dapat mengubah atau membuat layout, header, footer, popup, dan widget untuk website kamu.

Elementor Pro menyediakan 300+ template yang dibuat oleh desainer website profesional. Selain itu, kamu juga dapat melakukan responsive editing untuk mengatur bagaimana website kamu ditampilkan pada perangkat dengan ukuran layar yang berbeda seperti laptop, PC, smartphone, dan tablet.

Kamu juga dapat mengakses WooCommerce Builder yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan dan meningkatkan fitur toko online kamu.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan Dengan Elementor Pro?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu dapat menggunakan Elementor Pro untuk berbagai kustomisasi website:

  • Mendesain layout website
  • Membuat tema website baru
  • Mengubah tampilan website dengan template
  • Memasang widget ke website
  • Mengkustomisasi toko WooCommerce
  • Menambahkan popup

Kamu dapat menggunakan Elementor Pro tanpa pengetahuan coding sedikitpun. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan akses ke fitur-fitur bermanfaat seperti pencarian (finder), shortcut, autosave, revision history, dan dark mode.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Fungsi Plugin WordPress yang Tepat

Kenapa Perlu Menggunakan Elementor Pro?

Selain menjadi salah satu page builder terbaik, ada beberapa alasan lainnya kenapa Elementor Pro layak untuk dipertimbangkan sebagai alat untuk mengembangkan website kamu.

  • Halaman website yang dibuat dengan Elementor Pro memiliki kompleksitas yang sama dengan halaman website yang dikembangkan dari nol menggunakan software pembuatan landing page dengan harga mahal.
  • Fitur yang lengkap, sehingga kamu tidak perlu menggunakan plugin dan tools lain yang berhubungan dengan tampilan website.
  • Elementor terintegrasi dengan baik dengan alat email marketing seperti MailChimp dan ConvertKit.
  • Developer Elementor selalu memperbarui aplikasinya dengan fitur tambahan yang berguna untuk para penggunanya.

Fitur Widget di Elementor Pro

elementor pro basic elements dewaweb

Tampilan di atas adalah beberapa basic elements yang tersedia di Elementor Pro. Basic elements yang disediakan Elementor (free) mencakup berbagai kegunaan yang lengkap untuk membangun sebuah website.  Kamu bahkan dapat menambahkan titik lokasi bisnismu ke website menggunakan widget Google Maps.

elementor pro dewaweb

Sedangkan untuk Elementor Pro, kamu mendapatkan beberapa widget tambahan untuk fitur kustomisasi lanjutan. Di antara widget di atas, beberapa yang paling menarik adalah fitur daftar harga, login, CTA, countdown, review, formulir, dan carousel untuk testimonial.

Elementor Pro dibanderol dengan harga langganan mulai dari Rp650 ribu per tahun untuk digunakan pada satu website. Memang, biayanya lumayan besar jika dibandingkan dengan plugin lainnya.

Dengan semua fitur yang tersedia, kami sangat merekomendasikan Elementor untuk kamu yang tidak ingin pusing memikirkan aspek teknis dalam membuat website dengan tampilan menarik.

Tapi, apakah kamu tahu jika kamu bisa mengakses semua fitur Pro dari Elementor secara gratis?

Cara Mendapatkan Elementor Pro Gratis

Sebelum kamu mulai menggunakan Elementor, tentunya kamu perlu memilih domain dan penyedia layanan hosting untuk website kamu, ‘kan?

Dengan pembelian paket cloud hosting dengan kategori Warrior atau Guardian selama minimal satu tahun, kamu akan mendapatkan Elementor Pro gratis dari Dewaweb. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan akses ke Divi Premium Theme Builder dan LapakInstan juga!

Paket Hosting Dewaweb

Jika ketiga freebies di atas masih kurang juga, kami juga akan memberikan domain gratis untuk setiap pembelian paket hosting tahunan. Yuk, langsung check out paket hosting website tahunan dari Dewaweb.

Jika sudah, mari kita simak tutorial penggunaan Elementor agar tampilan website kamu semakin bagus.

Baca juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

Video Tutorial Elementor Pro

Tutorial Elementor Pro

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menngunduh dan mengaktifkan plugin Elementor. Begini caranya:

  • Login ke control panel website
  • Pada dashboard WordPress, pilih menu plugin
  • Kemudian pilih add new
  • Lakukan pencarian dengan kata kunci “Elementor”
  • Klik install
  • Kemudian klik activate

install elementor pro dewaweb

Setelah berhasil mengaktifkan plugin Elementor, mari coba membuat sebuah halaman dengan page builder dari Elementor dengan langkah berikut.

  • Pilih menu Pages, kemudian klik Add New
    pages add new elementor pro dewaweb
  • Pilih Edit With Elementor
    edit with elementor dewaweb
  • Kamu akan melihat tampilan Elementor editor seperti di bawah ini:
    edit elementor pro

Dari sini, kamu dapat mengeksplorasi fitur-fitur yang disediakan oleh Elementor. Tombol yang berada di panel sebelah kiri layar adalah elemen-elemen yang dapat kamu gunakan untuk menata layout website. Mari kita bahas lebih lanjut kegunaan masing-masing elemennya.

Baca juga: 7 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Kamu Instal

Menambahkan Headings atau Judul di Elementor

menambahkan headings

Jika kamu ingin menambahkan heading ke sebuah halaman website, kamu dapat menggunakan fitur Heading dengan cara drag-and-drop ke bagian halaman website yang diinginkan.

Menambahkan teks di Elementor

menambahkan text dewaweb elementor pro

Untuk menambahkan teks pada Elementor, kamu dapat memilih widget Text Editor dan drag ke bagian halaman website yang diinginkan.

Menambahkan Gambar

Untuk menambahkan gambar, pilih widget Image. Setelah kamu menarik tombol Image ke halaman website, kamu dapat memilih gambar yang ingin digunakan. Tampilannya akan terlihat seperti ini:

menambahkan gambar

Di bagian ini, kamu perlu mengunggah gambar yang diinginkan. Kamu juga dapat mengatur ukuran, caption dan posisi gambar dengan bebas.

Nah, ketiga hal di atas mungkin adalah beberapa hal mendasar yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan Elementor Pro. Tentunya, ada banyak fitur lainnya yang dapat kamu jelajahi untuk membangun tampilan sebuah halaman website yang cocok dengan tujuan yang ingin dicapai.

Simpulan

Elementor adalah sebuah plugin pembangun website yang memudahkan kamu dalam mengatur tampilan website dengan fitur drag-and-drop. Selain itu, banyak fitur lain Elementor yang sangat membantu kamu dalam membangun tampilan yang menarik dan fungsional untuk website kamu.

Untuk mendapatkan akses ke Elementor Pro, kamu akan diharuskan untuk berlangganan dengan biaya mulai dari Rp650 ribu per tahun untuk satu website. Nah, dengan berlangganan paket hosting website Warrior dan Guardian dari Dewaweb selama minimal satu tahun, kamu akan mendapatkan akses Elementor Pro.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja intip paket hosting Dewaweb untuk website yang selalu aman, cepat, dan dapat diandalkan. Salam sukses online!