Tutorial Elementor Pro untuk Membuat Halaman Website

Salah satu keunggulan WordPress dibanding website builder lain adalah betapa mudahnya Anda bisa mengkustomisasi dan mengatur tampilan layout website Anda. Apalagi WordPress menyediakan ribuan plugin yang semakin mempermudah prosesnya. Salah satu plugin yang harus Anda punya untuk mengatur tampilan website Anda adalah Elementor Pro. Apa itu?

Elementor Pro: Page Builder WordPress Terbaik

Elementor adalah sebuah plugin WordPress yang membantu Anda membangun dan mendesain halaman-halaman website Anda. Secara gambaran besar, Elementor Pro adalah sebuah page builder. Tetapi Anda juga bisa menggunakan page builder untuk mengatur tampilan blogpost, membuat style header dan footer Anda sendiri, serta membuat berbagai widget yang bisa Anda gunakan langsung di website Anda.

Apa Saja Yang Bisa Anda Lakukan Dengan Elementor Pro?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa menggunakan Elementor Pro untuk berbagai hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda buat dengan Elementor Pro:

  • Membuat landing page
  • Membuat formulir opt-in untuk diletakkan di website Anda
  • Membuat widgets di konten Anda
  • Membuat header dan footer
  • Membuat fitur pop-up di website Anda
  • Dan masih banyak lagi

Kenapa Anda Perlu Menggunakan Elementor Pro?

Hal-hal yang sudah kami sebutkan di atas, bukanlah satu-satunya alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan Elementor Pro untuk membangun halaman-halaman website Anda. Berikut ini adalah beberapa alasan tambahan:

  • Halaman-halaman website yang dibuat dengan Elementor Pro tidak kalah dengan halaman-halaman website yang dikembangkan dari nol ataupun menggunakan software pembuatan landing page dengan harga mahal.
  • Elementor bisa dibilang sudah lengkap sehingga Anda tidak perlu mendownload dan mengaktifkan plugin-plugin serta tools lain yang berhubungan dengan layout website.
  • Elementor terintegrasi dengan baik dengan provider email seperti MailChimp dan ConvertKit
  • Elementor selalu diupdate dengan fitur-fitur terbaru

Fitur Widget di Elementor Pro

elementor pro basic elements dewaweb

Diambil dari website Elementor, di atas ini adalah beberapa basic elements yang tersedia di Elementor. Seperti yang Anda lihat, basic elements yang disediakan Elementor sudah lengkap untuk membangun website Anda. Anda bahkan sudah bisa memasukkan Google Maps langsung ke halaman website Anda untuk memberi tahu pengunjung website dimana lokasi bisnis Anda.

elementor pro dewaweb

Nah, kalau untuk Elementor Pro, Anda mendapat beberapa widget tambahan yang lebih lengkap. Seperti yang bisa Anda lihat, Anda bahkan bisa membuat postingan dengan Elementor. Selain itu, Anda juga bisa membuat daftar harga, fitur login dan formulir, carousel untuk testimonial, sampai menampilkan Facebook di halaman website Anda. Lengkap bukan?

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakan Elementor Pro? Kalau ya, lanjut baca artikel ini ya!

Sebelum Anda mulai menggunakan Elementor Pro, Anda tentu memerlukan hosting dan domain. Nah, Dewaweb punya tawaran menarik nih untuk kalian. Dengan pembelian paket cloud hosting minimal satu tahun, Anda bisa langsung mendapat domain gratis. Selain itu, untuk pembelian paket minimal Warrior, Anda bisa mendapatkan Elementor Pro gratis dari Dewaweb. Untuk tahu cara membeli paket dari Dewaweb, Anda bisa membaca artikel Panduan Membeli Hosting dan Domain Dewaweb.

Kalau Anda sudah memiliki hosting dan domain, Anda bisa langsung mencoba Elementor Pro.

Video Tutorial Elementor Pro

Tutorial Elementor Pro

Tentunya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah men-download dan mengaktifkan elementor di website Anda. Masuk ke dashboard WordPress Anda dan pilih plugin. Kemudian pilih add new. Setelah itu cari Elementor di bagian kanan atas. Kalau sudah klik install, kemudian activate – seperti gambar di bawah ini.

install elementor pro dewaweb

Setelah itu, mari coba membuat page atau halaman dengan elementor. Pilih Pages > Add New.

pages add new elementor pro dewaweb

Nah, setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Pilih Edit With Elementor.

edit with elementor dewaweb

Kemudian tampilan Anda akan menjadi seperti di bawah ini:

edit elementor pro

Sekarang Anda sudah bisa memulai membuat halaman website yang Anda inginkan.

Mungkin ada dari Anda yang bingung apa saja tombol yang ada di sebelah kiri itu? Nah, kami akan menjelaskannya. Di bagian kiri adalah hal-hal yang disebut dengan istilah widgets. Jika Anda ingin menambahkan elemen di halaman website Anda, Anda tinggal masukkan saja widget yang Anda inginkan.

Menambahkan Headings atau Judul di Elementor

menambahkan headings

Misalnya, Anda ingin menambahkan tulisan di halaman website Anda, Anda tinggal klik widget Heading yang ada di sebelah kiri dan drag ke bagian halaman website yang Anda inginkan.

Menambahkan teks di Elementor

menambahkan text dewaweb elementor pro

Untuk menambahkan teks pada Elementor, Anda tinggal memilih widget Text Editor dan drag ke bagian yang Anda inginkan.

Menambahkan gambar

Untuk menambahkan gambar, pilih widget Image. Kemudian setelah Anda drag, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:

menambahkan gambar

Di bagian ini, Anda perlu mengupload gambar yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengatur size dan letak gambar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan caption dan link di gambar Anda.

Nah, ketiga hal di atas mungkin adalah beberapa hal basic yang biasa ada pada sebuah halaman website. Tetapi tentu seperti yang bisa Anda lihat di bagian atas, Anda bisa melakukan banyak hal dengan Elementor Pro. Apa ada yang sudah pernah menggunakan Elementor Pro?  Dewaweb sebagai penyedia layanan Cloud Hosting terbaik di Indonesia juga memberikan FREE Plugin Elementor loh. Dengan membeli paket Cloud Hosting minimal paket Warrior keatas kamu bisa claim FREE PREMIUM Themes & Plugin. Yuk Cek sekarang disini.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia