Tutorial Instalasi Centminmod di Cloud Server (VPS) Dewaweb

Bagi seorang blogger ataupun para pemilik website pribadi dan perusahaan, kecepatan website merupakan salah satu faktor penting dalam upaya optimasi On-Page SEO, hal ini dikarenakan berdampaknya kecepatan website terhadap Search Engine Result Page (SERP). Selain diuntungkan dengan naiknya ranking website pada search engine, pengunjung website Anda juga akan lebih nyaman dikarenakan cepatnya waktu loading website Anda.

Apabila Anda membutuhkan web server untuk website Anda, dan ingin mengelolanya sendiri, Artikel ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan web server yang bisa membuat website Anda jauh lebih cepat dan tentunya Anda bisa mengelolanya sendiri.

Sekilas tentang Centminmod

Centminmod merupakan tools untuk membangun web server berbasis LEMP (Linux, Nginx, MyQL, PHP). Dengan menggunakan Centminmod, Anda bisa mendapatkan banyak fitur yang disediakan oleh Centminmod.

Berikut fitur-fitur Centminmod :

  • Nginx
  • Nginx Vhost Setup
  • Nginx SPDY & HTTP/2 SSL + LibreSSL
  • Centmin Mod Addons
  • CSF Firewall
  • PHP (Php-Fpm)
  • Nginx PageSpeed
  • Nginx Vhost Statistics
  • @Yourdomain.Com Email
  • OpenLiteSpeed Integration
  • MariaDB MySQL
  • Nginx Lua
  • Nginx OpenResty Modules
  • Memcached Server
  • Third Party YUM Repos

Virtual Private Server

Virtual Private Server atau biasa disingkat VPS merupakan opsi terbaik buat para blogger dan pemilik perusahaan yang menginginkan kecepatan website yang maksimal. Anda bisa memesan VPS di Dewaweb dengan harga yang terjangkau.

Ada 2 jenis Cloud Server (VPS) di Dewaweb, Linux SSD Server, dan Windows SSD Server.

Pada artikel “Tutorial Instalasi Centminmod di Cloud Server (VPS) Dewaweb”, kami akan membahas instalasi VPS pada Linux SSD Server di Dewaweb. Pada tutorial ini, kami menggunakan CentOS 7.2 x64 untuk instalasi Centminmod.

Dikutip dari situs resmi Centminmod, minimum system requirements untuk install Centminmod di CentOS adalah VPS dengan ram 256MB untuk CentOS 6.x dan ram 1GB untuk CentOS 7.x 64bit. Dan rekomendasi VPSnya adalah VPS dengan ram 512MB untuk CentOS 6.x dan ram 2GB untuk CentOS 7.x 64bit.

Apabila Anda merasa kesulitan dalam memesan Cloud Server (VPS) di Dewaweb, Anda bisa minta bantuan Ninja Support di Dewaweb untuk melakukan pemesanan secara lebih mudah dan cepat. Jika Anda memesan ram 1GB, kami sarankan untuk menyertakan keterangan install CentOS 6.x yang 32bit. Dan jika Anda memesan VPS dengan RAM 2GB, silahkan sertakan keterangan install CentOS 7.2 yang 64bit.

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb

Sebelum masuk ketahap instalasi, pastikan Anda dapat login ke Cloud Server (VPS) Anda, berikut adalah langkah Login ke Cloud Server (VPS).

Ada dua cara untuk login ke Cloud Server:

  1. Melalui Putty (Pengguna Windows 7,8/10)
  2. Melalui Terminal (Pengguna Linux)

Catatan: Tidak ada perbedaan antara menggunakan putty di Windows ataupun menggunakan terminal Linux. Hanya beda proses untuk loginnya saja, setelah berhasil login, tahapannya akan sama semua.

Login ke Cloud Server (VPS) melalui Putty di Windows 7/8/10

Khusus pengguna Windows, silahkan download aplikasi Putty terlebih dahulu disitus resminya, atau bisa klik link dibawah ini:

Buka aplikasi Putty yang sudah Anda download dari link di atas, pastekan IP Adress atau Server IP dari Cloud Server (VPS) Anda di kolom HOST NAME (IP ADRESS).

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb dengan Putty

Pada pojok kanan bawah, ada tombol Open, silahkan klik tombol tersebut. Jika ada peringatan dari Putty, silahkan klik ACCEPT. Selanjutnya anda akan masuk ke halaman login Cloud Server (VPS), silahkan masukan password VPS yang Anda dapat dari email pemesanan VPS Anda, dan tekan ENTER.

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb dengan Putty - Step 2

Jika ada keterangan Last login: Sat Mar 16 06:35:48 2019 from (IP ADRESS) berarti Anda sudah berhasil login ke VPS Anda melalui aplikasi Putty. Sampai disini, Anda sudah berhasil login ke VPS dengan menggunakan Putty di Windows, Anda bisa langsung menuju tahap instalasi Centminmod dibawah.

Login ke Cloud Server (VPS) melalui SSH di terminal Linux

Bagi pengguna Linux, Anda bisa langsung login ke VPS melalui terminal di Linux. Pertama silahkan buka aplikasi terminal, ketikan perintah ssh [email protected]_adress_atau_server_ip

Catatan : Default user di VPS adalah root, saya asumsikan Anda masih menggunakan default user. Dan di sini saya asumsikan IP VPS Anda adalah 103.201.104.234

Contoh penerapan penulisan perintah dengan user root dan IP Server 103.201.104.234 adalah sebagai berikut;

ssh [email protected]

Ganti 103.201.104.234 dengan IP VPS Anda. Jangan lupa tekan ENTER setiap kali selesai memasukan perintah.

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb dengan Terminal Linux

Jika mendapat peringatan seperti gambar dibawah ini, silahkan ketik yes dan tekan ENTER.

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb dengan Terminal Linux - 2

Jika sudah, Anda akan disuruh untuk memasukan password Anda :

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb dengan Terminal Linux - 3

Pastikan Anda memasukan password Anda dengan benar, setelah itu klik ENTER.

Login ke Cloud Server (VPS) Dewaweb dengan Terminal Linux - 4

Sampai disini Anda sudah berhasil login ke VPS Anda melalui ssh. Silahkan lanjut ke tahap instalasi Centminmod dibawah ini.

Instalasi Centminmod 123.09beta pada Cloud Server Dewaweb

Disable SELINUX

Untuk dapat menginstall Centminmod di VPS, Pastikan status SELINUX di VPS Anda sudah disable. Untuk melihat status SELINUX di VPS, silahkan masukan perintah dibawah dan tekan ENTER.

sestatus

Cek SELINUX
Jika keterangan tertulisnya ENABLE, maka anda perlu untuk mendisable terlebih dahulu.
Caranya, edit file konfigurasi dengan menggunakan teks editor, download teks editornya terlebih dahulu dengan cara ketik perintah dibawah ini dan tekan ENTER

yum install nano

Lihat, ada pertanyaan persetujuan, ketik huruf y dan klik ENTER. Sampai disini teks editor sudah berhasil di install.

Selanjutnya edit file untuk mendisable SELINUX di VPS Anda dengan cara ketik perintah dibawah ini dan tekan ENTER.

nano /etc/selinux/config

Disable SELINUX

Lihat pada baris

SELINUX=…

Hapus tulisan ENABLE dan ubah menjadi DISABLE

Untuk menyimpanya, silahkan klik ctrl+x dan selanjutnya klik huruf y dan terakhir klik ENTER

Agar statusnya berubah, silahkan reboot terlebih dahulu server Anda dengan cara masukan perintah

reboot

Tunggu 1-3 menit dan silahkan login kembali untuk masuk ke tahap selanjutnya. Jika Anda ragu mengenai status SELINUX Anda, Anda bisa mengeceknya kembali dengan memasukan perintah

sestatus

Instalasi Centminmod 123.09beta

Disini kami akan memberikan tutorial instalasi Centminmod kali ini menggunakan versi 123.09beta dengan PHP versi 7.2.x.
Caranya silahkan masukan perintah;

yum -y update; curl -O https://centminmod.com/betainstaller72.sh && chmod 0700 betainstaller72.sh && bash betainstaller72.sh


Tunggu sampai proses download dan instalasi Centminmod versi 123.09beta selesai. Jika Anda menginginkan Centminmod dengan PHP versi lain, anda bisa memasukan perintah dibawah :
PHP 5.6

yum -y update; curl -O https://centminmod.com/betainstaller.sh && chmod 0700 betainstaller.sh && bash betainstaller.sh

PHP 7.0.X

yum -y update; curl -O https://centminmod.com/betainstaller7.sh && chmod 0700 betainstaller7.sh && bash betainstaller7.sh

PHP 7.1.X

yum -y update; curl -O https://centminmod.com/betainstaller71.sh && chmod 0700 betainstaller71.sh && bash betainstaller71.sh

PHP 7.3.X

yum -y update; curl -O https://centminmod.com/betainstaller73.sh && chmod 0700 betainstaller73.sh && bash betainstaller73.sh

Instalasi Centminmod memakan waktu kurang lebih 15 menit. Jangan lupa catat password MySQL Anda, caranya, scrool keatas, cari kolom password MySQL, berikut contohnya :

cd /usr/local/src/centminmod

Tekan ENTER

./centmin.sh

Tekan ENTER dan masukan Primary Email dan Secondary Email, atau bisa skip langkah ini dengan cara klik ENTER dua kali

Setelah itu, Anda akan masuk ke tampilan menu Centminmod, untuk keluar dari menu tersebut, anda bisa masukan angka 24 dan klik ENTER

Untuk memastikan versi Centminmod yang terinstal di VPS Anda, silahkan masukan perintah berikut:

cat /etc/centminmod-release

Baca Juga: Panduan Instalasi OpenLiteSpeed Di Cloud Server Ubuntu

Setelah itu, pastikan juga dengan cara mengunjungi alamat IP Anda melalui browser untuk memastikan lebih lanjut. Berikut tampilan IP Adress VPS yang sudah berhasil terinstal Centminmod 123.09beta.

Sekian artikel Tutorial Instalasi Centminmod di Cloud Server (VPS) Dewaweb.

Cloud Server Terbaik di Indonesia
Cloud Hosting Terbaik di Indonesia