Tutorial Joomla Dewaweb

Jika Anda membicarakan content management system atau CMS, mungkin Anda akan langsung mengingat WordPress. Tetapi sebenarnya masih ada banyak content management system lainnya. Kalau WordPress adalah content management system yang paling banyak digunakan, CMS yang paling banyak digunakan kedua di dunia adalah Joomla. Di artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu Joomla, fitur-fitur Joomla, dan bagaimana cara menginstal Joomla.

Apa itu Joomla?

Joomla adalah content management system (CMS) open source berbasis PHP dan MySQL. CMS yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu CMS terpopuler di dunia. Setiap hosting provider akan memberikan CMS ini secara gratis. Anda juga tidak perlu takut untuk menggunakan Joomla karena Anda hanya memerlukan satu klik untuk menginstal CMS ini ke website Anda.

Joomla pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan merupakan alternative untuk WordPress. CMS yang satu ini mungkin lebih cocok untuk pengguna website yang lebih berpengalaman karena Joomla lebih fleksibel baik untuk back end maupun front end-nya.

Kalau WordPress lebih mudah untuk dipelajari dan mungkin lebih mudah digunakan oleh pemula, Joomla memiliki toolkit desain yang lebih powerful dan lebih cocok untuk pengguna yang lebih berpengalaman agar mereka bisa menggunakannya dengan maksimal.

Joomla memiliki fitur social yang baik dan juga fitur e-commerce yang sudah termasuk di dalamnya. Anda tidak perlu menginstal plugin atau extensions untuk membuat sebuah website e-commerce dengan Joomla.

Joomla sendiri sering disebut-sebut berada di antara WordPress dan Dupral karena Joomla memiliki pengaturan yang lebih advanced dibanding WordPress, tetapi tidak sekompleks Drupal.

CMS ini juga memiliki komunitas online yang luas dan aktif. Dengan begitu, Anda dapat menemukan ribuan extensions yang dapat membantu Anda menambahkan fitur tambahan dan fungsionalitas ke website Anda.

Fitur-fitur Joomla

Anda pasti sudah tahu bahwa ada banyak content management systems (CMS) yang bisa Anda gunakan untuk website Anda.

Joomla adalah salah satu CMS yang banyak digunakan. CMS yang satu ini memiliki beberapa fitur menarik yang membuatnya menjadi salah satu CMS yang banyak digunakan.

·      Postingan blog yang simple

Jika Anda ingin memulai blogging, Joomla dapat membantu Anda memulai sebuah blog dengan mudah. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan coding ataupun programming karena semuanya sangat simple dan to-the-point. Setelah Anda selesai menulis isi konten Anda, Anda tinggal klik tombol Publish. Mengelola konten Anda dapat dilakukan dengan mudah dengan CMS yang satu ini.

·      Infrastruktur Open Source

Salah satu alasan mengapa Joomla adalah CMS yang popular adalah infrastruktur open source-nya. Joomla dibuat dengan menggunakan PHP, yaitu sebuah Bahasa programming yang paling banyak digunakan untuk software open source. Karena CMS ini open source, semua developers di seluruh dunia bisa membuat extensions baru tanpa masalah.

·      Fleksibel

Anda tidak perlu khawatir karena Joomla memiliki ribuan extensions berbeda yang bisa Anda gunakan. Joomla juga memiliki berbagai widgets yang bisa Anda manfaatkan untuk social media. Mereka memiliki lebih dari 30 kategori extensions yang bisa Anda pilih, sehingga Anda pasti bisa menemukan extensions dan widgets yang bisa membantu website/blog Anda.

·      Mudah digunakan

Content management system ini dirancang khusus agar mudah digunakan. Mengelola website Anda menggunakan Joomla adalah sebuah tugas yang mudah digunakan sehingga Anda tidak memerlukan banyak waktu. Anda juga tidak perlu susah mengatur permission level dan Anda bahkan tidak perlu membuka tabs baru untuk melakukannya.

·      Cocok untuk e-commerce

Jika Anda ingin memulai sebuah took online, Anda bisa melakukannya dengan Joomla. CMS yang satu ini membuat menjalankan sebuah bisnis online menjadi sangat mudah dan simple. Sebenarnya Joomla memang didesain untuk e-commerce. Anda akan mendapat beberapa pilihan untuk menerima pembayaran dari customer Anda. Jika Anda ingin menggunakan fitur shopping cart atau keranjang belanja di website Anda, software yang satu ini bisa jadi cocok untuk Anda.

·      Komunitas pengguna yang luas

Joomla memiliki komunitas pengguna yang luas sehingga Anda bisa dengan mudah meminta bantuan dan support jika Anda menemukan masalah pada website Joomla Anda. Joomla memiliki lebih dari ratusan ribu pelanggan yang aktif di komunitas Joomla.

·      SEO-friendly

SEO tentunya sudah menjadi suatu keharusan untuk semua website. Anda tidak perlu khawatir karena Joomla adalah salah satu CMS yang SEO friendly. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir karena website Anda pasti bisa mendapat ranking tinggi di Google dan mesin pencari lainnya seperti Bing atau Yahoo. Jika Anda baru saja memulai website atau blog Anda dan baru mulai mendalami dunia internet marketing, Joomla memiliki fitur dan tools yang bisa membantu Anda melakukannya dengan mudah.

Cara Install Joomla

Cara install Joomla bisa dibilang cukup simple. Anda bisa memanfaatkan softaculous yang ada di cPanel Anda untuk menginstal CMS ini.

Cara Instal Joomla dengan Softaculous

Sama dengan WordPress, Anda bisa menginstal Joomla dengan Softaculous. Akses cPanel Anda dan scroll ke bagian bawah cPanel Anda.

Install-Joomla-cPanel-Softaculous Dewaweb

Seperti yang bisa Anda lihat ada dua pilihan Joomla yang diberikan oleh Softaculous. Mengapa? Joomla 2.5 dianggap sebagai versi paling stabil dan paling mudah digunakan dari Joomla. Sementara Joomla saat ini sudah mencapai versi 3.8.

Untuk menginstal Joomla 2.5, pilih Joomla 2.5 pada softaculous dan Anda akan melihat sebuah form yang harus kamu isi. Kami akan membahas setiap bagian dari form ini.

Joomla-Software-Setup Dewaweb

Pada bagian software setup, Anda perlu memilih protocol website. Jika kamu sudah memiliki SSL, Anda bisa menggunakan protocol https://. Kemudian pilih di domain mana Anda ingin menginstal CMSnya.

Joomla-Setting-Instalasi-Dewaweb

 

Site Settings. Pada bagian ini Anda diminta untuk memasukkan nama website Anda di kolom Site Name serta deskripsinya di bagian Site Description.

Database Settings. Anda tidak perlu mengubah pilihan pada setting yang satu ini.

Admin Account. Ini adalah data yang nantinya akan Anda gunakan untuk login ke dashboard Anda. Masukkan username, password, nama asli Anda, dan email Anda.

Joomla-Setting-Softaculous-Dewaweb

Select language. Anda bisa memilih Bahasa apa yang ingin Anda gunakan. Joomla menawarkan beberapa piihan Bahasa namun sayangnya belum ada Bahasa Indonesia.

Advanced Options. Jika Anda masih pemula, ada baiknya Anda biarkan saja advanced options ke default settingsnya.

Jika Anda sudah mengisi semuanya, masukkan dulu alamat email Anda agar mereka bisa mengirimkan informasi instalasi CMS ke email Anda dan kemudian klik Install.

Instalasi-Joomla-Selesai-Dewaweb

Untuk login ke Joomla Anda, klik link Administrative URL yang muncul setelah Anda sukses menginstall Joomla 2.5. Kemudian Anda akan melihat layar di bawah ini

Joomla-Admin-Login-Dewaweb

Masukkan username, password, dan pilih language yang ingin Anda gunakan. Kemudian klik log in.

Berikut adalah tampilan admin area Joomla 2.5.

Joomla Admin Dewaweb

Add New Article. Jika Anda ingin menulis sebuah artikel, klik pilihan ini. Untuk memulai membuat konten Anda, caranya cukup simple. Anda hanya perlu mengisi kolom-kolom yang telah disediakan. Tampilannya akan seperti di bawah ini.

Article Manager. Ini adalah tempat dimana Anda mengelola konten-konten Anda.

Category Manager. Ini adalah tempat dimana Anda mengelola category konten Anda.

Media Manager. Anda bisa mengupload gambar dan video di media manager.

Menu Manager. Tempat mengelola menu-menu website Anda.

User Manager. Tempat mengelola siapa saja yang memiliki akses ke website administrator Anda.

Module Manager. Module pada Joomla sama dengan Widgets pada WordPress.

Extension Manager. Extension pada Joomla sama dengan Plugin pada WordPress.

Language Manager. Anda bisa mengubah konfigurasi Bahasa Anda di menu ini.

Global Configuration. Ini adalah tempat Anda mengelola konfigurasi website Anda.

Global-Configuration-Joomla-Dewaweb

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, Anda bisa mengatur website Anda, mengatur metadata website Anda, dan SEO website Anda.

Menu-konfigurasi-Joomla

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur hal-hal lain seperti system, server, permissions, dan text filters.

Template Manager. Ini adalah menu dimana Anda dapat mengelola tampilan website Anda.

Edit Profile. Ini adalah menu dimana Anda bisa mengedit profil Anda seperti mengganti password dan alamat email.

Dua menu terakhir yaitu Joomla-is-up-to-date dan All extensions are up to date akan memberitahu Anda jika Anda perlu mengupdate Joomla atau extensions Anda.

Jika Anda ingin menggunakan Joomla 3, cara instalasinya sama dengan cara instalasi Joomla 2.5. Akses cPanel Anda dan klik Joomla.

Kemudian Anda akan diminta mengisi data-data yang sama seperti di atas. Klik Install.

Setelah itu, Anda tinggal mengakses administrator Joomla Anda. Tampilan administrator Joomla 3.8 sendiri berbeda dengan Joomla 2.5.

Joomla-3-Administrator-Dewaweb

Sekilas, Joomla 3.8 memiliki fitur yang sama dengan Joomla 2.5. Perbedaannya hanya ada ada pada tampilan. Tetapi sebenarnya kedua versi ini memiliki beberapa fitur yang berbeda.

Fitur-fitur Baru pada Joomla 3.8

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Joomla 3.8 memiliki beberapa fitur tambahan. Berikut adalah fitur-fitur yang berbeda pada Joomla 3.8.

·      Sudah dioptimasi untuk mobile

Versi 3.8 Joomla sudah dioptimasi untuk mobile. Joomla versi 3.8 menggunakan Bootstrap untuk membuat websitenya. Ini membantu memastikan bahwa Anda akan mendapatkan admin area yang mobile friendly. Website Anda juga sudah dijamin mobile-friendly untuk pengunjung websitenya.

·      Instalasi yang lebih cepat

Instalasi Joomla 3.8 juga sudah pasti lebih cepat daripada instalasi Joomla 2.5

·      Admin area yang sudah diperbagus

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, ada perbedaan tampilan admin area untuk Joomla 2.5 dan Joomla 3.8. Tampilan baru ini juga mempermudah Anda untuk mengkustomisasi website Anda.

·      Admin area yang mobile-friendly

Admin Joomla 3 sekarang sudah menjadi mobile-friendly sehingga Anda bisa mengelola website Anda dari handphone Anda.

·      Layar artikel yang lebih besar

Banyak orang yang mengatakan bahwa layar tempat menulis Joomla 2.5 termasuk kecil. Di Joomla 3.8 ini, layar penulisan menjadi lebih besar.

Selain tampilan baru, Joomla juga melakukan update teknis untuk Joomla 3.8

Sistem Routing Baru

Jika Anda pernah menggunakan Joomla sebelumnya, Anda mungkin tahu bahwa URL Joomla mengandung nomor. Terlihat aneh, bukan? Itu sebenarnya disebut dengan istilah Item ID, yang susah dihilangkan tanpa menulis ulang codebase. Joomla mengupdate system routing baru untuk Joomla 3.8.

·      Router untuk Webmaster/pengguna owner

Tidak ada ID lagi pada URL Anda dan Anda akan bisa menghilangkan URL pihak ketiga. Ini berarti akan ada peningkatan performance dan peningkatan SEO. Untuk website baru, ini tentunya adalah hal yang baik. Tetapi jika Anda sudah menggunakan Joomla sebelumnya, Anda harus berhati-hati sebelum menyalakan fitur ini. Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memiliki 301 redirection yang benar sebelum mengaktifkan fitur ini.

·      Router untuk Developer

Bagi developer baru atau yang belum berpengalaman, menulis sebuah router yang baik sangat sulit dengan sistem yang sekarang. Codebase saat ini sangat lambat dan tidak ditulis dengan cara yang tepat. Hal ini menyebabkan komponen buruk.  Jika Anda adalah component developer, Anda dapat memanfaatkan sistem perutean dan memperbarui komponen Anda tanpa susah payah.

·      Kompatibilitas Layer Ditambahkan untuk Joomla 4.0

Sebagai pemilik situs web fitur ini mungkin tidak terlalu menarik bagi Anda namun mengupdate ke Joomla 3.8 terlebih dahulu akan membantu Anda menggunakan Joomla4 saat diluncurkan. Bagi developer, Anda memiliki banyak waktu untuk memastikan bahwa komponen website Anda siap untuk Joomla 4. Jika Anda memulai sekarang, komponen Anda akan siap untuk Joomla 4 sebelum diluncurkan.

·      Dukungan yang Sudah Diperbaharui untuk Enkripsi Sodium

Fitur lain yang terbilang bagus untuk Joomla 3.8 adalah dukungan atas extension sodium. Dengan polyfill dari perpustakaan extension sodium, mereka akan memproses data terenkripsi. Sebelum mengupgrade ke PHP 7.2, Joomla 3.8 membuat API baru ini tersedia untuk semua pengguna. Singkatnya, jika Anda menggunakan PHP 7.2+ di server Anda Joomla sekarang bisa memanfaatkan fitur enkripsi baru yang ditawarkan PHP.

·      Selalu Lakukan Backup

Backup selalu dikatakan sebagai penyelamat. Apapun bisa salah saat update atau fitur apapun yang bisa hilang pada update baru. Jadi ada baiknya untuk selalu melakukan backup untuk website Anda. Setelah versi baru dirilis, ada baiknya Anda tunggu beberapa hari. Karena Joomla adalah produk besar, mungkin ada beberapa bug bahkan setelah rilis. Untuk memperbaiki bug tersebut, patch-nya biasa akan dirilis setelah beberapa hari. Jika Anda tidak menyukai update baru atau menemukan sesuatu yang salah, Anda selalu bisa pergi ke versi sebelumnya dengan mengembalikan dari backup.

·      Informasi sample data diperbagus

Sekarang pengguna Joomla bisa membuat set data generik mereka sendiri. Pengguna bisa menginstal sample data di back end website mereka setelah proses instalasi selesai. Ini juga mempermudah pekerjaan developer untuk menginstal sample data untuk extension yang sedang mereka kerjakan.

·      CSS class to menu item images

Joomla 3.8 memberikan Anda opsi styling yang lebih banyak untuk gambar pada menu website Anda.

·      Module dan menu yang mudah dikustomisasi

Joomla 3.8 memperbolehkan akses administrator untuk mengkustomisasi module untuk setiap Bahasa dan item menu yang memiliki tampilan mirip dengan front end.

·      Mod_stats module yang dapat di-expand

Dengan statistic kustom dari source mana saja, pengguna Joomla dapat meng-expand module-nya.

·      Kode general yang sudah di-review

Untuk pemrosesan yang efisien dan performance yang lebih banyak, kebanyakan general codes sudah direview dan diupdate oleh Joomla.

Simpulan

Sebagai content management system terpopuler kedua di dunia, Joomla bisa menjadi pilihan Anda untuk membangun website Anda. Ada banyak alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Joomla sebagai sistem manajemen konten baru Anda. CMS ini sangat fleksibel dan mudah digunakan. Selain itu, Joomla memiliki komunitas pengguna yang besar yang siap membantu Anda jika Anda bingung dalam penggunaan Joomla. Jika Anda ingin situs Anda sukses, apakah itu hanya blog atau keseluruhan toko online, sistem pengelolaan konten yang Anda pilih sangat penting. Joomla memiliki reputasi sebagai salah satu pilihan yang lebih baik dalam pengelolaan konten, jadi Anda perlu melihat apa yang ditawarkan secara keseluruhan sebelum membuat keputusan akhir. Jika Anda belum yakin, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang perbedaan antara WordPress, Joomla, dan Drupal untuk membantu Anda memilih CMS yang tepat bagi Anda. Semoga membantu!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia