Mungkin ada dari Anda yang sudah punya website dengan hosting WordPress. Tetapi, bagaimana cara memindahkan hosting Anda dari WordPress ke hosting lain. Karena itulah kami membuat artikel ini. Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana Anda bisa melakukan migrasi hosting dari WordPress ke hosting pilihan Anda dan tetap menggunakan WordPress sebagai CMSnya.

Yang harus Anda siapkan untuk migrasi hosting…

Tentunya untuk memindahkan hosting Anda dari WordPress, Anda akan memerlukan domain dan hosting Anda sendiri. Kalau Anda sudah punya domainnya, Anda berarti tinggal membeli hosting baru.

Anda bisa mendapatkan layanan cloud hosting murah Dewaweb. Jika Anda memerlukan bantuan dalam membeli hosting, Anda bisa membaca artikel Cara Membeli Domain dan Hosting atau menghubungi Ninja Dewaweb yang tersedia 24/7.

Kalau Anda hosting Anda sudah siap, Anda sudah bisa memulai proses migrasi dari WordPress ke hosting Anda sendiri.

Install WordPress di Hosting Anda

Untuk menginstall WordPress di Hosting Anda, Anda perlu mengakses cPanel Anda. Untuk membantu Anda, kami sudah menyiapkan video bagaimana cara menginstall WordPress di Hosting Anda.

Baca juga: Cara Install WordPress di cPanel

Kalau WordPress Anda sudah terinstall di hosting Anda, Anda sudah bisa memulai mengimpor konten dari hosting WordPress Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah login ke website WordPress Anda.

Export Konten Dari WordPress

Masuk ke dashboard WordPress.com Anda dan pilih My Site > Settings. Kemudian pilih Site Tools > Export untuk mendownload file XML konten website Anda.

dewaweb migrasi wordpress hosting export

Setelah itu, klik Export All untuk mulai mendownload kontennya. Lalu, klik pada kotak yang ada dan pilih Download untuk mendownload file website Anda.

export konten wordpress dewaweb

Import Konten Ke Self-Hosted WordPress

Kalau Anda sudah memiliki file XMLnya, Anda tinggal menguploadnya ke self-hosted WordPress Anda.

import konten migrasi wordpress dewaweb

Masuk ke dashboard WordPress di hosting baru Anda dan pilih Tools > Import kemudian Run Importer di bagian bawah WordPress untuk mulai mengimpor file XML konten Anda.

import konten wordpress migrasi dewaweb

Kalau sudah, klik tombol Choose File kemudian pilih file .xml yang tadi sudah Anda export. Lalu pilih Upload file and import untuk mulai mengupload file konten website.

Ta-da! Konten website Anda sudah diupload!

Baca juga: Cara Pindah Hosting Website di cPanel

Simpulan

Di artikel kali ini kami sudah membahas bagaimana cara Anda memindahkan konten WordPress Anda ke hosting Anda sendiri. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangkan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia