Panduan Navigasi Client Area di Situs Dewaweb

Hai, Sahabat Dewaweb! Sejak diperbarui pada 2018 lalu, mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum terbiasa dengan layout website di client area Dewaweb. Tapi tenang, di artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara menavigasi client area Dewaweb, mulai dari registrasi hingga cara mengirimkan tiket untuk memanfaatkan layanan Ninja Support 24/7 Dewaweb.

Cara Registrasi Client Area Dewaweb

Jika belum memiliki akun Dewaweb, kamu bisa mengklik tombol Account di bagian kanan atas halaman utama Dewaweb. Kemudian akan muncul halaman untuk login, klik pilihan “Belum terdaftar? Klik di sini untuk mendaftar …”

daftar akun di dewaweb main page

Setelah itu, akan muncul tampilan berikut dan masukkan data diri kamu yang diperlukan ke kolom yang telah tersedia. Pastikan kamu menggunakan password yang aman agar tidak mudah diretas.

halaman registrasi dewaweb

Setelah itu kamu akan langsung masuk ke dashboard khusus client area Dewaweb dengan tampilan seperti di bawah ini.

tampilan dashboard client area dewaweb

Ta-da! Kamu sudah berhasil mendaftarkan diri ke Dewaweb. Melalui client area ini, kamu bisa melakukan berbagai transaksi di Dewaweb.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website yang Baik dan Benar

Cara Login ke Client Area Dewaweb

Jika ingin melakukan login akun Dewaweb, kamu hanya perlu mengunjungi halaman utama Dewaweb, klik Account di kanan atas, lalu masukkan email dan password yang telah kamu daftarkan.

Login-Client-Area-Dewaweb

Panduan Navigasi Client Area Dewaweb

Setelah berhasil membuat akun dan mengetahui cara login di ke client area Dewaweb, kamu bisa segera melakukan transaksi. Namun sebelum itu, berikut ini ada beberapa penjelasan menu di dashboard yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan client area Dewaweb semaksimal mungkin.

  • Saldo Kredit Tersedia

dashboard saldo kredit tersedia

Di bagian ini kamu bisa melihat berapa saldo kredit akunmu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan saldo kreditmu dengan mengklik tombol “Tambah Dana” di yang berwarna hijau di bagian kanan atas. Setelah itu, akan muncul tampilan berikut ini.

menu client area my profileKamu dapat melihat detail deposit minimal dan maksimal yang bisa ditambahkan ke akunmu. Kemudian, masukkan jumlah yang ingin ditambahkan, lalu pilih metode pembayaran baik melalui transfer bank, kartu kredit, atau e-wallet. Di halaman selanjutnya, kamu akan dialihkan ke payment gateway pilihanmu untuk melakukan pembayaran.

Baca Juga: Pembayaran Transaksi di Dewaweb Kini Lebih Mudah dengan Kartu Kredit dan E-Wallet

  • My Profiledashboard my profile

Jika kamu mengklik menu My Profile, kamu akan diarahkan ke identitas pribadimu yang terdaftar di Dewaweb. Selain itu, kamu juga bisa mengatur informasi pribadi, menambahkan kontak cadangan, mengganti password, mengelola keamanan akun, dan sebagainya dengan mengklik menu di sebelah kiri.

menu client area my profile

  • Manage Services dan Manage Domains

dashboard manage services dan domains

Kedua menu ini berisi informasi yang kurang lebih sama, hanya berbeda di bagian detail. Jika di menu Manage Domains kamu hanya bisa mengelola domain, maka di Manage Services kamu bisa mengelola layanan Dewaweb lainnya. Berikut ini adalah contoh halaman Manage Services yang juga bisa diakses dari dashboard dengan mengklik “Layanan/Produk kamu yang aktif”.

contoh manage services

  • Addons

dashboard addons

Selanjutnya adalah menu Addons yang bisa kamu gunakan untuk menambah layanan Dewaweb, seperti custom port di firewall, sertifikat SSL untuk lebih dari satu domain hingga layanan Dewaguard yang dapat memastikan website-mu tidak akan di-blacklist oleh mesin pencari.

  • Invoice / Billing

dashboard invoice billingSama seperti namanya, menu Invoice / Billing di client area ini akan menampilkan tagihan dari layanan Dewaweb yang sedang kamu nikmati, kamu bisa melihat tanggal invoice, jatuh tempo, status pembayaran, serta total harga yang dibayarkan.

  • Quotations

    dashboard quotationsSedikit berbeda dengan pembelian layanan lain, quotations adalah jenis pembelian yang dibuat berdasarkan penawaran atau rekomendasi khusus dari Dewaweb untukmu. Biasanya, kamu harus berkonsultasi terlebih dulu untuk pembelian produk sesuai kebutuhan. Jika tertarik, kamu bisa meminta quotation dengan mengirimkan email ke sales Dewaweb atau melalui Support Ticket.

  • Affiliate Program

    dashboard affiliate programTak berbeda jauh dengan menu Quotations, kamu juga perlu mengirimkan tiket ke Ninja Support jika ingin mengaktifkan layanan Affiliate Program melalui client area Dewaweb untuk akun hosting-mu. Simak lebih lengkap tentang affiliate marketing dari artikel “Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Tips Suksesnya“.

Affiliate-Program-Client-Area-Dewaweb

  • Knowledgebase

    dashboard knowledgebaseMungkin kamu pernah mendengar adanya kolom atau fitur Frequently Asked Questions (FAQ) berisi pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Menu Knowledgebase memiliki fungsi yang sama seperti FAQ, jika pertanyaanmu kira-kira sudah sering ditanyakan, ada baiknya jika kamu terlebih dulu mencari jawabannya di Knowledgebase sebelum mengontak Ninja Support.

halaman knowledgebase

  • Support Tickets

    dashboard support ticketsSeperti yang kamu ketahui, Ninja Dewaweb selalu siap membantu kamu 24/7. Selain melalui fitur chat Ninja Support di website, kamu juga bisa mengirimkan tiket support ke Ninja Dewaweb melalui client area ini.

contoh tiket supportDi bagian kiri, kamu bisa menemukan tombol “Buka Tiket Baru” untuk mulai berkomunikasi dengan Ninja Support Dewaweb. Selain itu, kamu juga bisa mengecek tiket yang pernah kamu kirimkan, update terakhir, dan statusnya saat ini.

Baca Juga: Cara Mengelola Domain di Dewaweb

Simpulan

Tampilan website Dewaweb yang dirilis pada Mei 2018 ini sengaja diperbarui sehingga terlihat lebih user-friendly dan mudah digunakan. Namun, tak masalah jika kamu masih belum terbiasa, semoga dengan panduan navigasi client area Dewaweb di atas kamu bisa lebih memahami cara kerja website Dewaweb. Semoga artikel ini membantu, Sahabat Dewaweb, salam sukses online!