dewaweb-blog-panduan-sukses-mendirikan-ukm (1)

UKM 101: Panduan Bisnis Sukses

Saat melihat para pebisnis sukses yang kamu idolakan, pasti muncul keinginan kamu juga mendirikan usaha sendiri dan mengembangkan bisnis sendiri. Nah, memulai bisnis UKM dari sekarang adalah salah satu langkah yang dapat kamu ambil. Di sini kita akan membahas apa itu UKM, langkah yang perlu disiapkan, dan tips pengembangan UKM.

Dengan modal yang relatif kecil, kamu dapat memulai UKM dengan memberanikan diri kamu untuk mengambil risiko baru. Maka dari itu, kami buat artikel ini untuk membantu kamu menyiapkan diri untuk mulai menjalankan UKM.

Pertama, mari kita mulai dari dasar. Berikut adalah pemahaman yang benar soal UKM!

Apa Itu UKM?

UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah jenis usaha kecil dengan kekayaan bersih sebesar 200 juta rupiah atau kurang. Angka tersebut tidak termasuk tanah atau bangunan (tempat usaha) yang dimiliki.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998, definisi usaha kecil itu sendiri yaitu: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Cara Membangun dan Mengembangkan Bisnis UKM

Untuk membangun usaha sendiri memang tidak mudah. Banyak tahapan yang harus dilalui sebelum kamu memulai sebuah UKM.

Seperti apa lengkapnya? Yuk kita simak beberapa langkah untuk membuat UKM.

Baca juga: Bisnis Kecil dan Startup – Kenapa Dianggap Penting?

Membuat Rencana Bisnis

Tentunya dalam membuat rencana kamu perlu mengenali sendiri bisnis seperti apa yang akan dijalankan. Mulai dari segmentasi pasar hingga mitra-mitra yang sudah terhubung, semuanya perlu diatur dengan rapih.

Dengan rencana yang matang, kamu dapat mengeksekusi semuanya dengan tepat dan lancar. Target-target dan gambaran yang sebelumnya masih terasa abstrak sudah dipecah menjadi poin-poin sederhana.

Poin-poin ini bisa menjadi acuan kamu. Semuanya sebenarnya bisa dipetakan kedalam Model Bisnis Canvas. Berikut adalah contohnya:

pengembangan ukm dengan business model canvas

Bentuk Tim Kecil dan Berkualitas

Apabila modal kamu terbatas dan belum dapat merekrut banyak pegawai, kamu dapat merekrut tim kecil yang berkualitas. Jujurlah pada mereka soal kondisi finansial usaha kamu.

Jika kamu menemukan orang yang tepat, mereka akan memahami kondisi kamu dan tertarik untuk turut membangun bisnis bersama. Selain membantu UKM kamu, metode ini dapat membangun integritas, dedikasi dan kesabaran kamu beserta tim kamu dalam membangun usaha.

Menentukan SOP yang Efektif

apa itu ukm

Dalam mengerjakan hal-hal terkait profesi, selalu saja ada suatu standar kerja yang biasa dipakai. SOP (Standard Operation Procedure) adalah panduan yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat, baik secara waktu atau kualitas buat UKM kamu.

Dengan sebuah sistem yang sudah ditetapkan, semua anggota tim kamu dapat beroperasi dengan satu buku aturan yang sama. SOP juga memudahkan dalam menilai hasil kerja dan menyatukan visi semua anggota tim.

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Saat ini, perkembangan teknologi sedang melejit. Kamu dapat gunakan platform seperti Google Bisnisku, Instagram Shopping, Facebook Marketplace, WhatsApp Business, dan sebagainya sebagai faktor pendorong perkembangan UKM kamu.

Apabila kamu menawarkan produk fisik, kamu juga dapat mendaftarkan tokomu di aplikasi pihak ketiga seperti GoJek, Grab, SayurBox, HaloDoc, dan sebagainya sesuai dengan kategori produk yang kamu jual. 

Tentunya, keberadaan online UKM kamu dapat dimulai dengan mudah dengan sebuah website untuk memudahkan pencarian. Faktanya, 97% orang menemukan bisnis lokal dari pencarian online, bukan dengan cara lainnya.

Dewaweb menyediakan layanan web hosting dengan harga terjangkau untuk membantu kamu memulai proses digitasi UKM kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Website Bisnis dari Nol

Eksekusi Rencana Bisnis

Nah, langkah terakhir tentunya adalah mengeksekusi apa yang sudah kamu rencanakan. Coba ikuti timeline atau batas waktu yang sudah ditetapkan. Tetaplah fokus pada tujuan kamu dan berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan, terutama yang terkait dengan finansial.

Mengembangkan bisnis sendiri memang selalu mempunyai risiko besar, baik dari segi finansial atau moral. Maka dari itu, kamu harus selektif dalam mengambil keputusan dan memilih mitra kerja. Jangan lupa banyak pelajari saran dan informasi dari pebisnis-pebisnis yang sudah lebih lama menjalankan usaha mereka.

Tips Tambahan dalam Mengembangkan UKM

Untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan usaha kamu, silakan menonton tayangan bagus Marketeers dari pakarnya berikut ini:

Selain menonton tayangan di atas, mungkin kamu juga tertarik untuk membaca tips pemasaran dari kami berikut ini:

Baca juga: Strategi Emotional Marketing untuk Sukseskan Bisnis

Simpulan

Itulah panduan lengkap bisnis yang membahas apa itu UKM, langkah persiapan, dan cara membangun UKM yang sukses. Sekarang, apakah kamu sudah siap membangun usaha kamu sendiri? Artikel ini adalah bentuk komitmen kami sebagai penyedia hosting terbaik di Indonesia yang sudah disertifikasi secara internasional.

Dewaweb memiliki misi untuk membantu kamu sukses di era digital ini. Selamat berjuang ya, semoga berhasil!