23 Kerja Sampingan Online, Hasilkan Cuan dari Rumah!

23 Kerja Sampingan Online, Hasilkan Cuan dari Rumah!

Ada banyak sekali kerja sampingan online yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, baik dengan modal kecil maupun tanpa modal sekalipun. Kerja sampingan di rumah memang sangat bermanfaat karena mampu menambah pundi-pundi penghasilan dengan santai.

Hanya dengan bermodalkan perangkat seperti HP atau laptop dan koneksi internet, kamu sudah bisa melakukan kerja online tanpa modal, lho! Nah, berikut ini daftar kerja sampingan yang patut kamu coba di luar waktu pekerjaanmu untuk menambah cuan. Langsung simak!

Baca Juga: 29+ Cara Menghasilkan Uang dari HP, Wajib Coba!

1. Membuat Blog

Cara untuk memulai sebuah blog sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mendaftar ke Blogger, WordPress, Wix atau penyedia layanan website gratis lainnya. Gunakan blog kamu untuk menulis artikel-artikel bermanfaat, dan jika jumlah pengunjung sudah mulai meningkat, kamu dapat memasang iklan dengan mendaftar Google AdSense.

bikin blog di dewaweb

Kamu dapat mulai membuat blog kamu dengan menggunakan paket hosting website terbaik dari Dewaweb mulai dari 20 ribu/bulan!

Baca Juga: 7 Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding untuk Pemula

2. Memulai Bisnis Online

Selain untuk menulis blog, kamu juga bisa membuat website untuk digunakan sebagai bisnis online. Tentunya ide bisnis kamu harus dapat diadaptasikan untuk transaksi online.

Bisnis online ini sangat menjanjikan di tengah era digital ini. Pada tahun 2019 saja, sebanyak 1,8 miliar orang sudah melakukan transaksi online. Sekarang saatnya bisnis online kamu untuk sukses.

Baca Juga: 30+ Ide Jualan Online Terlaris, Banyak Diincar Pembeli!

3. Memulai Bisnis Dropshipping

Kerja online tanpa modal yang sangat direkomendasikan adalah bisnis dropshipping. Dropship adalah istilah untuk menjual barang toko lain dengan mengatasnamakan toko kamu sendiri. Jika kamu dapat menemukan penyedia atau supplier barang dengan harga yang kompetitif, kamu dapat menjadi seorang dropshipper dengan cara membuka toko online kamu sendiri dan mengambil barang dari toko supplier.

dropshipping

Dengan adanya berbagai marketplace dan fitur-fitur penjualan seperti Facebook Marketplace dan Instagram Shopping, bisnis dropshipping dapat menjadi salah satu usaha sampingan yang dapat dicoba.

4. Membuka Jasa Periklanan Digital

Dunia digital yang berkembang pesat menjadi salah satu peluang bisnis untuk kamu. Dengan mempelajari platform periklanan online seperti Facebook Pixel, Google Ads, Google AdMob, dan sebagainya, kamu dapat membuka jasa periklanan digital. Tentunya, target pasar kamu adalah bisnis yang belum mengenal digitalisasi usaha.

Kamu dapat mempelajari keterampilan di bidang digital advertising beberapa platform seperti Google Digital Garage, Facebook Blueprint, HubSpot Academy, dan Coursera.

belajar digital marketing google digital garage

5. Membuka Jasa di Upwork

Upwork adalah sebuah situs pencarian kerja lepas (freelance) yang dapat kamu gunakan sebagai usaha sampingan di rumah. Tentunya, jasa yang kamu tawarkan harus sesuai dengan kemampuan kamu sendiri.

Upwork menggunakan sistem bid atau lelang, sehingga kamu akan bersaing dengan freelancer lain untuk mendapatkan satu pekerjaan. Upah minimal tiap pekerjaan di Upwork adalah US$5 atau sekitar Rp70 ribu.

usaha sampingan online upwork

Baca Juga: Situs Freelance Terpercaya di Indonesia

6. Membuka Jasa di Fiverr

Jika Upwork mengharuskan kamu untuk aktif mencari pekerjaan, di Fiverr kamu dapat membuka lapak untuk menjual usaha sampingan online kamu. Nama Fiverr itu sendiri didapat dari kata ‘Five‘ , karena memang harga minimal pekerjaan di Fiverr adalah lima dollar.

Di Fiverr kamu dapat menjual berbagai macam jasa, seperti pembuatan video, penulisan surat, pengeditan foto, dan sebagainya. Jadi, sesuaikan apa yang kamu jual dengan keterampilanmu.

usaha sampingan online di fiverr

7. Menjadi Private Tutor Online

Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi pembelajaran online yang memungkinkan murid untuk bertatap muka dengan pengajar. Jika kamu mempunyai pengetahuan di bidang tertentu, kamu dapat mendaftarkan diri untuk menjadi guru les privat. Pendapatan guru les privat bervariasi, tergantung tingkat pendidikan, sertifikasi, pengalaman, dan sebagainya.

Pekerjaan ini sangat cocok digunakan sebagai usaha sampingan online untuk mahasiswa/mahasiswi semester akhir yang sedang menunggu kelulusan.

8. Membuat Online Course

Jika kamu mempunyai keterampilan di satu bidang tertentu dan ingin penghasilan yang bersifat pasif, online course dapat menjadi investasi waktu yang tepat. Kamu dapat membuat serangkaian video, artikel, dan ujian yang dapat dijual kepada orang-orang secara online.

online course

Tantangan untuk menjual online course ini adalah kamu diharuskan untuk mempunyai personal branding yang kuat sebagai ahli di bidangmu. Jadi, jika kamu punya waktu luang selalu sempatkan untuk membangun brand diri kamu di jejaring sosial, terutama LinkedIn yang dipenuhi oleh profesional dan pebisnis.

Baca Juga: Auto Cuan! Ini 15+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet

9. Memulai Channel YouTube

Kerja sampingan online selanjutnya adalah menjadi YouTuber. YouTuber memang merupakan salah satu kerja sampingan yang digandrungi banyak peminat. Bagaimana tidak, pemilik salah satu channel YouTube terbesar, Felix Kjellberg (PewDiePie) diperkirakan mendapatkan US$5,5 juta atau sekitar Rp76 miliar di tahun 2020 (via SocialBlade).

penghasilan youtuber

Kemungkinan sukses di YouTube memang semakin kecil, tetapi jika kamu ingin melakukan usaha sampingan online, hal ini patut dicoba. Jika kamu serius dan terus mengunggah konten menarik dan bermanfaat, maka channel kamu akan berkembang dengan sendirinya.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

10. Membuka Thrift Shop

Thrift Shop atau toko barang bekas adalah jenis usaha sampingan karyawan yang sedang meningkat popularitasnya saat ini. Kamu dapat menjual barang-barang koleksi pribadi kamu yang masih layak pakai, atau berburu barang bekas bermerek untuk dijual kembali.

Selain mempromosikan thrift shop kamu di media sosial, kamu juga dapat membuka toko di marketplace atau untuk mempermudah transaksi pembeli kamu.

Baca Juga: Mengenal Marketplace, Jenis dan Contohnya

11. Mengikuti Program Affiliate Marketing

Salah satu kerja sampingan di rumah yang wajib kamu coba adalah mengikuti program afiliasi. Kamu hanya perlu mempromosikan produk atau jasa tertentu, setelah berhasil maka kamu akan mendapatkan komisi.

Ada banyak perusahaan baik lokal atau internasional yang memiliki program afiliasi, misalnya TikTok affiliate. Dewaweb juga menawarkan program afiliasi, lho! Cek cara daftarnya di halaman affiliate marketing ya.

program afiliasi dewaweb

Baca Juga: Pengertian Affiliate Marketing dan Bedanya dengan Reseller

12. Menjadi Penulis Freelance

Disaat semua konten beralih ke platform digital, maka jasa penulisan konten dapat menjadi salah satu opsi usaha sampingan online yang dapat kamu jalankan.

Kerja sampingan di rumah ini sangat disarankan untuk kamu yang gemar membaca, karena keahlian menulis itu dimulai dari pengetahuan yang luas. Tentunya kamu harus menunjukkan kemampuan menulis kamu terlebih dahulu sebelum dapat menarik perhatian klien.

Penghasilan dari menjadi penulis lepas lumayan, mulai dari Rp50 ribu per artikel.

Baca Juga: Ingin Menjadi Freelance Online Writer? Ini Panduannya!

13. Membuka Jasa Penerjemahan

Saat ini banyak sekali perusahaan internasional yang ingin merambah pasar Indonesia, baik melalui website, media sosial, atau app market seperti Google Play Store dan App Store.

Meskipun penerjemahan bukanlah area baru untuk dijelajahi, tetapi saat ini permintaan penerjemahan tidak lagi terbatas pada bahasa Inggris. Banyak sekali perusahaan dari Korea, Tiongkok, Taiwan, dan negara-negara Asia lainnya yang berusaha memasuki pasar Indonesia.

Jadi, apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa selain bahasa Inggris dan Indonesia, kamu bisa memanfaatkannya sebagai kerja sampingan online.

usaha sampingan online penerjemah

Selain perusahaan internasional, kamu juga dapat menawarkan jasa penerjemahan ke teman-teman mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menempuh skripsi atau tugas akhir. Pada umumnya, mereka akan membutuhkan penerjemahan abstrak dan jurnal. Tentunya, kamu harus sesuaikan tarif dengan kantong mahasiswa.

14. Membuka Jasa Editing Karya Ilmiah

Masih seputar skripsi dan tugas akhir, kamu juga dapat membuka jasa penyuntingan karya ilmiah. Karya ilmiah tentunya memiliki aturan-aturan formatting tersendiri dalam pengetikannya, jadi pastikan kamu paham cara pemformatan karya ilmiah.

15. Membuka Jasa Ketik Dokumen

Jasa pengetikan dokumen adalah pekerjaan yang cocok untuk digunakan sebagai usaha sampingan di desa. Karena pada umumnya, masyarakat yang tinggal di pedesaan masih belum melek komputer. Wajib coba jika kamu sedang pulang kampung atau tinggal di desa.

16. Menjadi Agen Perantara Properti

Menawarkan properti untuk dijual/disewa adalah kerja sampingan online yang cocok dilakukan bagi kamu yang pandai menjadi mediator (perantara). Kamu tidak harus menjadi staff realtor/pemasaran untuk dapat melakukan ini.

Caranya adalah menawarkan properti milik orang lain (rumah, kost, apartemen, villa, dsb.) secara digital melalui media sosial atau platform jual beli sewa seperti OLX.

usaha sampingan di rumah perantara properti

17. Membuka Toko Online

Ini adalah opsi bagus lainnya yang dapat dijadikan usaha sampingan di desa. Kamu dapat membantu masyarakat pedesaan yang punya keterbatasan akses informasi dan kemampuan teknologi untuk melakukan transaksi digital seperti pembelian token PLN, pengisian uang elektronik, dan pembayaran belanja online.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online, Mudah Hanya 6 Langkah!

18. Menjual Design Online

Jika kamu adalah seorang seniman desain grafis digital, kamu dapat menjual hasil karya kamu secara online. Selain melalui channel pribadi kamu (media sosial & website), kamu dapat membuka toko digital kamu di marketplace untuk karya seni seperti di situs seperti RedBubble, Creative Market, Design Cut, dan TurboSquid.

usaha sampingan online redbubble

19. Buka Jasa Titip (Jastip)

Membuka jasa titip adalah usaha sampingan tanpa modal yang dapat kamu jalankan dengan mudah. Kamu hanya perlu mencari barang apa yang diminati dari daerah kamu, kemudian memasarkannya ke orang-orang yang tepat.

Misalnya kamu berada di Jakarta, di mana segala macam toko baju dapat ditemukan. Kamu dapat menawarkannya ke orang-orang yang ada di kota-kota yang belum memiliki akses ke toko tersebut.

Baca Juga: 15 Online Marketing Tools yang Wajib Digunakan untuk Bisnis

20. Mengisi Survey Online

Kerja online tanpa modal berupa mengisi survey online ini sangat direkomendasikan. Mungkin ada di antara kamu yang sudah melakukan cara ini. Mengisi survey online ini tergolong sangat mudah karena kamu hanya perlu menjawab pertanyaan dengan jujur.

Setelah menjawab satu survey online sampai selesai, kamu akan mendapatkan poin yang mana nantinya bisa ditukar dengan uang jika sudah terkumpul sesuai minimal saldo.

Meskipun tidak langsung menghasilkan uang yang besar, namun jika kamu tekuni bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan. Ada beberapa website survey berbayar, di antaranya seperti:

21. Menjadi Streamer Game

Menjadi streamer game adalah pilihan usaha sampingan online yang dapat kamu kerjakan selama di rumah. Jika kamu hobi bermain game, kenapa tidak biarkan orang lain menonton kamu menang?

Gambar di bawah ini adalah estimasi penghasilan Shroud , salah satu game streamer tersukses saat ini (via SocialBlade)

penghasilan streamer game

Siaran permainan game adalah salah satu tren konten yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang, terutama penggemar game di media sosial.

Selain menyiarkan secara langsung permainan-permainan kamu, kamu dapat mengunggah videonya ke YouTube. Jadi, kamu dapat menjalankan channel usaha sekaligus.

22. Membaca Bacaan Digital

Kerja online tanpa modal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memanfaatkan layanan baca digital yang memberikan reward berupa koin yang dapat ditarik (withdraw) menjadi uang.

Salah satu aplikasi baca digital yang paling populer adalah Fizzo Novel. Di sana, pengguna tak hanya bisa membaca alur cerita menarik namun juga bisa mendapatkan reward koin. Koin tersebut kemudian dapat kamu kumpulkan dan kemudian ditukarkan mejadi uang.

23. Bermain Game Penghasil Uang

Kerja sampingan di rumah yang terakhir adalah bermain game yang menghasilkan uang. Nah, daripada kamu hanya bermain namun tidak menghasilkan apa-apa. Lebih baik cari game penghasil uang.

Ada banyak game jenis itu di play store, di antaranya yaitu:

  • Money Whale
  • ClipClap
  • Coin Republic dan yang lainnya

Di sana kamu hanya perlu menyelesaikan misi atau perintah game tersebut, kumpulkan koin dan biasanya bisa ditukarkan menjadi uang lewat e-wallet.

Yuk Kerja Sampingan Online untuk Tambah Cuan!

Itulah beberapa daftar kerja sampingan online yang dapat dilakukan dari rumah oleh siapa saja. Dari beberapa daftar tadi ada yang membutuhkan modal dan ada pula yang tanpa modal. Kendati memerlukan modal namun tidak terlalu besar, kok! Selamat mencoba, ya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!