dewaweb-blog-video-marketing-panduan-lengkap

Sebuah brand/ bisnis memerlukan video marketing sebagai strategi pemasarannya. Memang ide ini bukanlah ide yang baru. Hal barunya adalah bagaimana jenis media satu ini telah menjadi sorotan terbesar pada setiap platform dan saluran akhir-akhir ini. Jadi, strategi pemasaran ini bukan lagi sekadar bagian dari trik meningkatkan penjualan Anda. Video marketing telah memainkan peranan sangat besar dalam upaya penjangkauan customer potensial dan kampanye brand Anda.

Apakah Anda memperhatikkan bahwa akhir-akhir ini brand-brand ternama lebih sering mengunggah konten video pada berbagai media sosial mereka? Ini karena para pakar dan eksekutif yang bekerja di berbagai platform media sosial sendiri juga turut mengatakan kalau video telah viral beberapa waktu belakangan ini. Google sendiri menyatakan bahwa mencipta konten video memang suatu cara cerdas bagi setiap perusahaan yang ingin melakukan pemasaran di era digital ini. Pada mesin telusur semacam Google, konten video juga kerap mendapat peringkat tinggi dan orang cenderung mengkliknya.

Tips Video Marketing - Dewaweb

Menurut riset yang dilakukan oleh badan penelitian HubSpot Research, 54% konsumen ingin melihat video dari brand yang mereka dukung dibandingkan dengan bentuk konten email newsletter(46%) atau gambar(41%). Hubspot juga menyatakan penemuannya bahwa konten video adalah yang paling berkesan bagi pasar(43%) dibandingkan dengan teks(18%) dan gambar(36%).

Nah, setelah mengetahui pentingnya video marketing, mari kenali apa saja langkah yang harus Anda lakukan untuk membuatnya. Namun sebelumnya mari ketahui definisi yang tepat dari video marketing!

Apa itu Video Marketing?

Video Marketing adalah suatu metode pemasaran baru dalam marketing online yang menggunakan media Video. Video Marketing merupakan strategi terbaik pemasaran bisnis/ brand Anda di era digital ini. Mengapa? Karena jika video marketing telah terkonsep dan menarik hasilnya, video ini bisa menampilkan gambar dan audio secara bersamaan yang mudah diserap audiens, sekaligus mengubah audiens menjadi customer Anda.

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum memulai perekaman video, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis video mana yang ingin Anda buat. Coba lihat daftar jenis video marketing berikut ini agar Anda bisa lebih memahami pilihan/ variasi medium pemasaran Anda!

Video Demo

Jenis video marketing satu ini menunjukkan bagaimana produk/ jasa Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa tekankan pada nilai lebih dari brand Anda dibanding kompetitor bisnis Anda. Misalkan pada contoh video kami yang berikut ini!

 

Video Event

Video marketing yang satu ini bisa berisi rekaman ketika perusahaan Anda sedang menyelenggarakan seminar, diskusi produk, aksi sosial, atau berbagai jenis acara lainnya. Berikut adalah contoh videonya!

 

Video Petunjuk/ Edukasi

Video petunjuk/ edukasi ini bisa digunakan untuk mengajarkan customer atau audiens Anda sesuatu yang baru atau mungkin untuk membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan dalam lebih memahami bisnis dan solusi dari brand Anda. Berikut adalah contohnya!

 

Video Branding

Kalau jenis video satu ini biasa digunakan untuk membantu audiens Anda lebih memahami mengapa mereka membutuhkan produk/ jasa Anda. Banyak video branding dari brand ternama biasanya memuat pesan yang menunjukkan bagaimana produk mereka bisa mengatasi kesulitan seseorang. Berikut adalah contohnya!

 

Studi Kasus dan Testimonial Pelanggan

Customer potensial Anda tentu ingin tahu apakah produk Anda bisa menyelesaikan masalah khusus mereka, dan salah satu cara terbaik untuk memamerkan ini dan membangun kepercayaan mereka adalah dengan membuat video studi kasus yang menampilkan pelanggan Anda yang bahagia dan setia pada brand Anda. Cobalah ajak pelanggan Anda yang sudah ada untuk tampil di depan kamera dan menjelaskan bagaimana perusahaan Anda membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka, seperti yang kami lakukan berikut!

Langkah-Langkah Membuat Video Marketing

Setelah mengetahui berbagai macam video marketing yang bisa Anda buat sebagai suatu strategi pemasaran Anda, mari ikuti beberapa langkah berikut untuk membuatnya!

Rencanakan Video Anda dengan Metodologi Inbound

Seringnya, perusahaan langsung melakukan lompatan besar pada peluang membuat video pertama mereka. Mereka menghabiskan banyak uang untuk jenis video penjelajah/ edukasi untuk homepage mereka, tetapi begitu proyeknya sudah selesai, semua rencana ke depan videonya berhenti di situ saja.

Di sisi lain, banyak juga brand menghasilkan banyak video-video ramah semacam ucapan hari raya dll di media sosial mereka. Tetapi karena mereka hanya meniru model umum yang mereka lihat, ada sedikit substansi dari kontennya dan mereka jadi kurang memperhatikkan kebutuhan audiens/ customer potensial mereka sebenarnya.

Dewaweb cashback 30%

Mengingat waktu, uang, dan sumber daya yang akan Anda habiskan dalam video marketing, proyek ini tidak bisa menjadi kegiatan impulsif yang langsung terjun begitu saja dalam praktiknya. Jadi, Anda harus membuat strategi pemasaran video komprehensif yang mencakup bagaimana saluran pemasaran dan penjualan Anda. Ini berarti Anda perlu berpikir dalam konteks Metodologi Inbound.

Metodologi Inbound adalah pendekatan pemasaran dan penjualan yang berfokus untuk menarik pelanggan melalui konten dengan menciptakan interaksi yang relevan serta bermanfaat bagi audiens. Setiap video yang Anda buat harus mengakui bahwa ada tantangan yang dialami audiens Anda dan brand Anda juga harus kasih solusinya. Jika digambarkan garis besarnya, konten ini memandu audiens untuk melalui perjalanan mulai dari menjadi sadar, mengevaluasi sikap mereka sejauh ini, lalu membeli produk atau layanan Anda.

Buatlah Storyboard Video Anda

Mulailah menulis skrip Anda seperti pada saat Anda hendak memulai posting blog. Buat daftar poin-poin kunci Anda dan tampilkan urutan pesannya secara logis. Selain itu, Anda mungkin juga perlu memilih host video atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik sehingga orang tertarik untuk menontonnya. Ketahui lebih lanjut Langkah Membuat Storyboard .

Siapkan Studio/ Tempat Rekaman Anda

Siapkan apa saja yang jadi kebutuhan rekaman Anda. Anda mungkin membutuhkan tripod, lampu, mikrofon, dan lain sebagainya. Coba daftar dan jika budget Anda terbatas, Anda bisa mempelajari trik-trik pengganti fungsi benda-benda mahal alat perekaman. Soal tempat, cobalah untuk melihat tempat mana yang pas dengan konten video Anda sekaligus menarik secara visual. Anda bisa saja mendekor ruangan kerja Anda untuk syuting. Intinya, buatlah audiens Anda tertarik untuk menonton video marketing Anda sampai habis, tapi jangan sampai uang Anda habis.

Rekam dan Sunting Video Anda

In tentunya jadi langkah paling krusial yang harus Anda lakukan. Rekamlah dan sunting hasil rekaman Anda. Anda juga bisa memanfaatkan template video gratis yang kini sudah banyak disediakan di internet untuk memberi after effect pada video marketing Anda.

Lakukan SEO Video

Nah, ini memang langkah terakhir, namun sebenarnya merupakan langkah yang penting untuk tidak dilewatkan begitu saja. Jika Anda ingin meraih lebih banyak audiens dan menjadikan mereka customer loyal Anda, cobalah untuk melakukan Search Engine Optimization Video. Ketahui Cara Agar Peringkat Video YouTube Lebih Tinggi di Mesin Pencari .

Simpulan

Itulah sebuah panduan lengkap mengenai video marketing. Ternyata, selain bisa jadi bentuk pemasaran yang efektif, video marketing juga bisa menjadi strategi branding yang bagus untuk bisnis Anda. Sebagai provider hosting Indonesia terbaik yang menyediakan sewa hosting murah dan vps murah , Dewaweb berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online. Silakan baca berbagai artikel menarik dari kami yang lainnya. Anda mungkin tertarik untuk membaca Cara Menghasilkan Uang Lewat YouTube . Selamat mengembangkan usaha Anda dan semoga berhasil!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia