dewaweb-blog-video-marketing-dengan-template-gratis

Artikel ini khusus bagi kamu yang baru mulai berbisnis dan membutuhkan video profil produk atau bisnis, atau kamu, seorang videografer yang membutuhkan sumber stok video untuk mempercantik video buatanmu. Berikut ini Dewaweb memberikan berbagai sumber template video gratis yang bisa kamu gunakan sebagai template video opening atau template video bagi keseluruhan videomu. Simak lebih lanjut kelima daftar free-royalty video template website yang diulas satu per satu agar kamu lebih mudah memilih website mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Rocketstock

Free Video Template 1 Rocketstock- Dewaweb

Website yang satu ini bisa mempermudahmu memilih berbagai macam free after effect video template. Rocketstock merupakan anak perusahaan website penyedia stok foto, Shutterstock. Bagi kami, desain After Effect yang disediakan oleh Rocketstock tergolong premium walau gratis. Pasalnya, tampilan visual yang dihasilkan terlihat seperti video-video yang dibuat dengan editor profesional, tampil elegan dan menarik.

Para penikmat karyamu nantinya mungkin akan jadi betah menonton sampai akhir. Karakter dari template-nya mudah didesain ulang dan mudah untuk diintegrasikan. Coba kunjungi tiap halaman pada kanal Freebies di website-nya. Kamu bisa menemukan berbagai macam template video After Effect yang menyenangkan untuk dicoba satu per satu.

Biteable

Free Video Template 2 Biteable - Dewaweb

Saat mengunjungi website Biteable, mungkin kamu menyadari karakter animasi yang mendominasi dari berbagai video template yang disajikan. Biteable adalah sumber free video template yang sangat cocok bagi kamu yang butuh kesegaran visual. Biasanya, nuansa video yang dibuat oleh creator seringkali terlihat serius dan membosankan. Tapi di Biteable, kamu bisa sedikit bermain-main dan lebih ekspresif dengan ragam warna yang dihadirkan di template mereka.

Meski harus menyesuaikan dengan kebutuhan, tapi ketika stok video Biteable sesuai dengan brand-mu, audiensmu akan lebih mudah tertarik untuk mengklik tombol “Play” saat mereka melihat warna-warna terang yang digunakan. Website ini juga menyediakan berbagai jenis video yang dibagi menjadi beberapa kategori agar memudahkanmu memilih jenis video apa yang akan kamu gunakan. Menunya terdiri dari Business, Animated, Corporate, Educational, YouTube, Instagram hingga pembuat intro sekaligus outro video.

Storyblocks

Free Video Template 3 Storyblocks - Dewaweb

Website satu ini agak berbeda dibanding free template video website yang lainnya. Ada penggolongan media type yang disediakan yaitu Footage, Background, dan After Effect. Kategori jenis konten videonya juga bermacam-macam mulai dari Business, Typography, Presentastion, dan berbagai kategori lainnya.

Ragam template dengan berbagai jenis vibe yang berbeda menjadi kelebihan Storyblocks sehingga kamu bisa memilih dari berbagai jenis video sesuai dengan kebutuhanmu. Resolusi yang disediakan website yang satu ini juga tidak bisa dibilang terbatas, kamu bisa memilih resolusi tinggi, mulai dari HD hingga 4K. Cobalah manfaatkan free-royalty template yang disediakan oleh Storyblocks.

Velosofy

Free Video Template 4 Velosofy - Dewaweb

Velosofy menyediakan macam-macam video template yang digolongkan berdasarkan aplikasi editing videomu. Ada berbagai jenis aplikasi yang tersedia, yaitu After Effects, Cinema 4D, Blender, Sony Vegas, dan Adobe Premiere. Kebanyakan template yang disediakan cenderung sederhana atau minimalis dengan warna-warna cerah dan tegas.

Jika kamu ingin mendapatkan tampilan video menarik namun tak banyak ornamen, kamu bisa mengeksplor website ini dan coba temukan template mana yang sesuai dengan kebutuhan videomu. Ada juga kategori lain yang tersedia seperti Banner, Logo, Audio Visualizer, dan lain sebagainya. Website-nya merupakan website dengan tampilan yang paling sederhana dibanding website sejenis lainnya. Jadi, kamu tidak akan begitu bingung atau terdistraksi saat melihat-lihat dan menimbang pilihan template video buatanmu.

Videezy

Free Video Template 5 Videezy - Dewaweb

Kalau kamu tidak asing dengan Vecteezy, FYI, website template video gratis ini masih satu grup dengannya. Videezy punya tampilan website yang juga bersih dan tak terlalu ramai sehingga kamu bisa fokus melihat-lihat dan menimbang template video mana yang akan kamu gunakan untuk menyempurnakan hasil karyamu. Ada berbagai kategori yang bisa kamu pilih sesuai jenis konten videomu, seperti Product, Infographic, Presentation, dan lain sebagainya.

Desain yang disediakan akan membuat videomu tampil modern dengan elemen desain yang kekinian. Rata-rata template yang disediakan tampak profesional, bukan animasi-animasi lucu. Bagi kamu yang ingin membuat video pemasaran atau keperluan presentasi bisnis, Videezy ini cocok untuk digunakan.

Tips Membuat Video yang Menarik

Setelah mengetahui beberapa website untuk mencari stok video, Tim Dewaweb akan memberikan sedikit tips buatmu yang ingin membuat video menarik untuk ditonton oleh banyak orang.

Buatlah Storyboard yang Jelas dan Mudah Dipahami

Sebelum mulai merekam video, buatlah storyboard terlebih dulu. Storyboard adalah sebuah outline visual untuk videomu. Biasanya, sebuah storyboard terdiri dari gambar-gambar sketsa dalam beberapa thumbnail yang menampilkan kronologi video buatanmu dari awal hingga akhir.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan catatan-catatanmu, tentang apa yang terjadi di setiap frame dalam storyboard. Tak hanya membuat rencana video, kamu juga harus membuat konsep dengan jelas dan teliti agar setiap orang yang melihat storyboard-mu memahami bagaimana kronologi video yang akan direkam. Bagaimana caranya? Klik artikel ini tentang 7 Langkah Membuat Storyboard.

Dewaweb cashback 30%

Percantik Videomu dengan Elemen Visual Menarik

Setelah hasil rekamanmu sudah jadi, jangan lupa untuk menggabungkan beberapa video tersebut melalui aplikasi editor video sesuai dengan preferensimu, jangan lupa tambahkan video template yang sudah dibahas di atas jika perlu. Kuncinya adalah tambahan elemen visual lain yang akan membuat videomu semakin menarik. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menambahkan ornamen pada videomu, apalagi kalau kamu ingin pentontonmu fokus pada tampilan visual videomu. Lakukan riset referensi video sejenis terlebih dulu agar kamu mendapat gambaran saat melakukan editing video sehingga hasilnya sesuai dengan harapanmu.

Upload di YouTube dan Praktikkan SEO

Sayang sekali jika videomu tidak ada yang menonton, kecuali jika tujuanmu memang ingin menyimpan video tersebut untuk pribadi. Lalu bagaimana caranya agar lebih banyak orang menemukan videomu? Cukupkah dengan mengunggahnya ke media sosial? Tentunya tidak.

Ada trik rahasia yang cerdas untuk itu! Lakukan optimisasi mesin pencari atau SEO untuk videomu, seperti melakukan riset kata kunci, atau tujuh cara lainnya yang bisa kamu lihat di artikel “8 Tips Menaikkan Rank Video.” Setelah mengunggahnya di YouTube, perhatikan juga 5 Cara Agar Peringkat Video Tinggi di Mesin Pencari sehingga pengguna internet yang mengakses mesin pencari seperti Google akan diarahkan ke video yang kamu unggah menggunakan kata kunci yang sesuai dengan ketentuan SEO. Satu hal yang harus tetap kamu ingat adalah, gunakan kata kunci secukupnya agar kontenmu tidak dianggap spam oleh Google.

Simpulan

Itulah berbagai macam video template gratis yang bisa dicoba untuk mempercantik videomu. Tak hanya informasi tentang website template video gratis, kami juga telah memberi sedikit tips agar videomu menarik untuk ditonton. Nantinya, kamu bisa memajang video ini di website-mu.

Tapi, agar website-mu tetap cepat meski harus memainkan video, pastikan kamu sudah menggunakan cloud hosting di Dewaweb yang menyediakan fitur LiteSpeed Cache untuk meringankan website-mu sehingga lebih cepat diakses dan tidak mengganggu pengalaman visual pengunjung di website-mu. Ayo baca artikel menarik lainnya, seperti Cara Menghasilkan Uang dari YouTube. Selamat bereksperimen dengan pembuatan video, semoga berhasil!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia