11 Website Video Template Animasi Gratis untuk Kontenmu

11 Website Video Template Animasi Gratis untuk Kontenmu

Artikel ini khusus bagi kamu yang baru mulai berbisnis dan membutuhkan video profil produk atau bisnis, atau kamu, seorang videografer yang membutuhkan sumber stok video untuk mempercantik video buatanmu.

Berikut ini Dewaweb memberikan berbagai sumber template video gratis yang bisa kamu gunakan sebagai template video opening atau template video bagi keseluruhan videomu. Simak lebih lanjut kelima daftar free-royalty video template website yang diulas satu per satu agar kamu lebih mudah memilih website mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga: 11 Cara Kompres Video di HP, Laptop & PC [Cepat & Mudah]

1. Rocketstock

Free Video Template 1 Rocketstock- Dewaweb

Website yang satu ini bisa mempermudahmu memilih berbagai macam free after effect video template. Rocketstock merupakan anak perusahaan website penyedia stok foto, Shutterstock.

Bagi kami, desain After Effect yang disediakan oleh Rocketstock tergolong premium walau gratis. Pasalnya, tampilan visual yang dihasilkan terlihat seperti video-video yang dibuat dengan editor profesional, tampil elegan dan menarik.

Para penikmat karyamu nantinya mungkin akan jadi betah menonton sampai akhir. Karakter dari template-nya mudah didesain ulang dan mudah untuk diintegrasikan.

Coba kunjungi tiap halaman pada kanal Freebies di website-nya. Kamu bisa menemukan berbagai macam template video After Effect yang menyenangkan untuk dicoba satu per satu.

2. Biteable

Free Video Template 2 Biteable - Dewaweb

Saat mengunjungi website Biteable, mungkin kamu menyadari karakter animasi yang mendominasi dari berbagai video template yang disajikan. Biteable adalah sumber free video template yang sangat cocok bagi kamu yang butuh kesegaran visual. Biasanya, nuansa video yang dibuat oleh creator seringkali terlihat serius dan membosankan. Tapi di Biteable, kamu bisa sedikit bermain-main dan lebih ekspresif dengan ragam warna yang dihadirkan di template mereka.

Meski harus menyesuaikan dengan kebutuhan, tapi ketika stok video Biteable sesuai dengan brand-mu, audiensmu akan lebih mudah tertarik untuk mengklik tombol “Play” saat mereka melihat warna-warna terang yang digunakan.

Website ini juga menyediakan berbagai jenis video yang dibagi menjadi beberapa kategori agar memudahkanmu memilih jenis video apa yang akan kamu gunakan. Menunya terdiri dari Business, Animated, Corporate, Educational, YouTube, Instagram hingga pembuat intro sekaligus outro video.

Baca Juga: Apa Itu Vlog? Jenis dan Cara Membuat Vlog untuk Konten Youtube

3. Storyblocks

Free Video Template 3 Storyblocks - Dewaweb

Website satu ini agak berbeda dibanding free template video website yang lainnya. Ada penggolongan media type yang disediakan yaitu Footage, Background, dan After Effect. Kategori jenis konten videonya juga bermacam-macam mulai dari Business, Typography, Presentastion, dan berbagai kategori lainnya.

Ragam template dengan berbagai jenis vibe yang berbeda menjadi kelebihan Storyblocks sehingga kamu bisa memilih dari berbagai jenis video sesuai dengan kebutuhanmu. Resolusi yang disediakan website yang satu ini juga tidak bisa dibilang terbatas, kamu bisa memilih resolusi tinggi, mulai dari HD hingga 4K. Cobalah manfaatkan free-royalty template yang disediakan oleh Storyblocks.

Baca Juga: 17 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop dan HP, Wajib Coba!

4. Velosofy

Free Video Template 4 Velosofy - Dewaweb

Velosofy menyediakan macam-macam video template yang digolongkan berdasarkan aplikasi editing videomu. Ada berbagai jenis aplikasi yang tersedia, yaitu After Effects, Cinema 4D, Blender, Sony Vegas, dan Adobe Premiere. Kebanyakan template yang disediakan cenderung sederhana atau minimalis dengan warna-warna cerah dan tegas.

Jika kamu ingin mendapatkan tampilan video menarik namun tak banyak ornamen, kamu bisa mengeksplor website ini dan coba temukan template mana yang sesuai dengan kebutuhan videomu. Ada juga kategori lain yang tersedia seperti Banner, Logo, Audio Visualizer, dan lain sebagainya. W

Website Velosofy memiliki tampilan paling sederhana dibanding website sejenis lainnya. Jadi, kamu tidak akan begitu bingung atau terdistraksi saat melihat-lihat dan menimbang pilihan template video buatanmu.

5. Videezy

Videezy

Kalau kamu tidak asing dengan Vecteezy, FYI, website template video gratis ini masih satu grup dengannya. Videezy punya tampilan website yang juga bersih dan tak terlalu ramai sehingga kamu bisa fokus melihat-lihat dan menimbang template video mana yang akan kamu gunakan untuk menyempurnakan hasil karyamu. Ada berbagai kategori yang bisa kamu pilih sesuai jenis konten videomu, seperti Product, Infographic, Presentation, dan lain sebagainya.

Desain yang disediakan akan membuat videomu tampil modern dengan elemen desain yang kekinian. Rata-rata template yang disediakan tampak profesional, bukan animasi-animasi lucu. Bagi kamu yang ingin membuat video pemasaran atau keperluan presentasi bisnis, Videezy ini cocok untuk digunakan.

Baca Juga: 11 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android, Cocok untuk Pemula

6. Pexels

Pexels memulai sepak terjangnya sebagai penyedia stock photo gratis, tetapi saaat ini merak telah memiliki puluhan ribu stock video berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara gratis.

Semua koleksi Pexel terdaftar dalam lisensi Creative Commons, yang artinya kamu dapat menggunakan kontennya untuk keperluan personal atau komersial tanpa perlu meminta izin atau memberikan kredit.

7. Videvo

Videvo tak hanya menawarkan koleksi template video, tetapi juga segudang klip motion graphics yang dibuat oleh komunitas penggunanya.

Konten yang ada di library Videvo memiliki dua jenis lisensi hak cipta, yaitu Videvo Standard License dan Creative Commons 3.0 License.

Video yang terdaftar dalam Videvo Standard License dapat diunduh dan digunakan secara bebas, dengan catatan video tersebut tidak dapat diunduh melalui situs selain Videvo.

Sedangkan konten yang terdaftar dalam Creative Commons 3.0 License dapat diunduh dan digunakan secara bebas, dengan catatan harus memberikan kredit ke pembuatnya.

Baca Juga: Video Marketing: Panduan Lengkap

8. Canva

Kamu juga bisa menggunakan Canva untuk mencari template video animasi gratis. Selain membuat berbagai desain logo, gambar dan sebagainya, Canva juga bisa kamu manfaatkan untuk menemukan template video.

Canva menyediakan banyak template video untuk media sosial, contohnya pada Instagram story, Facebook videos, dan YouTube video ads. Ini bisa sangat memudahkanmu membuat konten video yang menarik. Selain untuk video media sosial, kamu juga bisa membuat intro dan outro untuk video YouTube.

9. Editorsdepot

Editorsdepot bisa jadi opsi untuk kamu mengedit video. Situs ini menyediakan beragam template video yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat intro dan outro video. Kamu dapat memilih template sesuai dengan software video editing yang digunakan, seperti After Effects, Blender, Sony Vegas, dan Cinema4D.

Selain itu, salah satu keunggulan Editorsdepot yang jarang dimiliki website lainnya adalah menyediakan template video tipografi. Hasil video kamu tentunya akan jadi lebih bagus dan menarik untuk ditonton.

10. Envato elements

Satu lagi website templat video animasi yang bisa kamu gunakan adalah Element Envato. Situs ini menyediakan koleksi yang cukup lengkap, tidak hanya template video saja, melainkan template foto, presentasi, dan lainnya.

Menggunakan tool ini juga cukup mudah. Kamu dapat dengan mudah menemukan template yang dicari karena sudah dikelompokkan sesuai kategorinya. Kamu juga bisa memilih beragam efek suara yang disediakan Envato untuk membuat video kamu semakin menarik.

11. Animaker

Masih kurang dengan pilihan-pilihan di atas? Animaker adalah salah satu template untuk membuat video animasi yang mudah digunakan. Animaker cocok digunakan bagi semua kalangan, mulai dari pemula hingga profesional video editor.

Animaker mengizinkanmu membuat karakter animasi sesuai keinginan dengan cara menyesuaikan tampilan karakter yang tersedia untuk disesuaikan sesuai keinginan sendiri. Menariknya, karakter animasi yang kamu buat nantinya bisa diatur gerakan dan ekspresinya. Bukan hanya itu saja,  kamu juga bisa menambakan voice over melalui Animaker voice.

Mana Video Template Animasi Pilihanmu?

Itulah berbagai macam video template gratis yang bisa dicoba untuk mempercantik videomu. Tak hanya informasi tentang website template video gratis, kami juga telah memberi sedikit tips agar videomu menarik untuk ditonton. Nantinya, kamu bisa memajang video ini di website-mu.

Tapi, agar website-mu tetap cepat meski harus memainkan video, pastikan kamu sudah menggunakan web hosting Indonesia terbaik di Dewaweb yang menyediakan fitur LiteSpeed Cache untuk meringankan website-mu sehingga lebih cepat diakses dan tidak mengganggu pengalaman visual pengunjung di website-mu. Ayo baca artikel menarik lainnya, seperti Cara Menghasilkan Uang dari YouTube. Selamat bereksperimen dengan pembuatan video, semoga berhasil!