dewaweb-blog-belanja-online-praktis-dengan-virtual-account

Pasti Anda menyadari bahwa dalam beberapa tahun terakhir industry e-commerce atau perdagangan elektronik di Indonesia semakin meningkat. Anda sendiri juga mungkin sudah sering melakukan transaksi online. Saat Anda melakukan transaksi online, mungkin Anda suka merasa ribet karena harus kirim bukti transfer dan sebagainya ke penjual sebelum barang atau jasa Anda diproses. Dengan semakin berkembangnya dunia e-commerce, maka proses pembayaran transaksi juga semakin berkembang. Virtual account adalah salah satu jawabannya.

Website belanja online Indonesia seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, dan sebagainya sudah menggunakan layanan virtual account untuk mempermudah pelanggannya. Tidak hanya e-commerce, bahkan virtual account juga sudah merambah ke industri korporat dan bahkan layanan masyarakat seperti BPJS serta lembaga pendidikan.

Di artikel kali ini kami akan membahas apa itu virtual account, apa manfaatnya, dan berbagai virtual account yang ada di Indonesia.

Baca juga: Midtrans Payment Gateway: Panduan Dasar

Apa itu Virtual Account?

Virtual account adalah rekening bank tidak nyata yang bisa Anda gunakan untuk transaksi pembayaran. Virtual account ini berupa sebuah nomor ID customer yang dibuat oleh bank sesuai permintaan sebuah perusahaan untuk melakukan transaksi. Untuk setiap transaksi, customer akan mendapatkan ID virtual account yang disebut sebagai nomor virtual account. Nomor atau ID ini berbeda untuk setiap customer dan bisa berubah untuk setiap transaksi.

Virtual account ini berbeda dengan bank transfer. Kalau Anda melakukan pembayaran dengan bank transfer secara manual, Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual juga bukan? Anda perlu mengirim bukti transfer dalam rupa foto struk transfer atau screenshot mBanking atau eBanking.

Kalau Anda menggunakan virtual account, Anda sudah tidak perlu repot lagi mengirimkan bukti transfer. Anda tinggal membayar sesuai dengan nilai invoice ke ID virtual account yang diberikan oleh penjual. Kalau pembayaran Anda sukses, transaksi Anda akan langsung tercatat secara otomatis.

Manfaat Virtual Account

Pembayaran dengan menggunakan virtual account sebenarnya memberi manfaat bagi perusahaan dan pelanggan.

Bagi para pelanggan, melakukan transaksi melalui virtual account membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah dan praktis. Anda akan langsung mendapatkan satu nomor yang langsung memberi tahu Anda berapa nominal transaksinya. Selain itu, karena transfer menggunakan virtual account juga langsung masuk ke akun penjual dan tercatat secara otomatis ke pembukuan mereka, Anda tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran sebelum Anda bisa mendapatkan barang atau jasa mereka karena nomor unik virtual accountnya sudah mengidentifikasi siapa pelanggannya.

Beberapa perumahan dan apartemen sudah ada yang mendukung auto-debit tagihan-tagihan seperti listrik atau iuran lingkungan agar penghuninya bisa melakukan pembayaran secara otomatis. Ini tentunya akan membantu kelancaran layanan pada hunian tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan transaksi virtual account dimana saja dan kapan saja selama Anda punya internet kalau Anda menggunakan m-banking atau internet banking.

Bagi perusahaan, dengan membuat virtual account untuk keperluan transaksi juga membantu Anda untuk mendapat pembayaran dengan lebih cepat. Uang yang datang dari transaksi virtual account akan langsung masuk ke rekening Anda secara real time. Selain itu, transaksinya juga akan langsung tercatat ke pembukuan akun Anda sehingga Anda tidak perlu mengecek secara manual satu per satu. Selain itu, untuk memudahkan pebisnis, bank juga menyediakan pilihan bagi Anda untuk memberikan nomor virtual account yang disesuaikan dengan nomor ponsel pelanggan misalnya. Ini dilakukan agar mudah bagi perusahaan dan pengguna dalam melakukan transaksi dan mengingat nomor virtual accountnya.

Dewaweb cashback 30%

Kapan Sebuah Bisnis Bisa Mulai Menggunakan Virtual Account?

Sebenarnya, sebuah bisnis sudah bisa langsung mulai menggunakan virtual account. Memang selama ini yang terkenal menggunakan virtual account adalah perusahaan dan lembaga-lembaga besar. Dalam mengatur penggunaannya, Anda bisa menggunakan payment gateway seperti misalnya Doku atau Midtrans untuk membantu Anda.

Payment gateway biasa tidak memberi Anda biaya tambahan kalau Anda ingin menggunakan virtual account. Jadi, sebagai pemilik bisnis, Anda hanya perlu membayar transaksi bulan itu saja. Besarnya juga tergantung dari payment gateway apa yang Anda gunakan.

Nah, kalau Anda sudah tertarik menggunakan virtual account, faktor apa saja yang harus diperhatikan?

Anda perlu tahu dulu berapa harga jual produk, produk apa saja yang Anda jual, dan berapa banyak profit atau keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Selain itu, Anda perlu ingat bahwa ada biaya per transaksi yang perlu Anda pertimbangkan juga.

Bank Apa Saja Yang Memberikan Fasilitas Virtual Account?

Di Indonesia sendiri, sudah banyak bank yang memiliki fasilitas virtual account. Beberapa di antaranya adalah Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Maybank, Permata Bank, dan masih banyak lagi.

Beli Hosting Murah Dengan Virtual Account di Dewaweb

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli hosting murah atau paket vps murah dari Dewaweb, Anda juga bisa menggunakan virtual account untuk melakukan transaksi.

Setelah Anda memasukkan apa yang ingin Anda beli, Anda akan dibawa ke halaman yang berisikan detail order Anda seperti di bawah ini:

Cara Pembayaran Dewaweb Virtual Account

Pilih Selesaikan Order dan Anda akan dikirim ke halaman seperti di bawah ini:

Virtual Account Bayar Dewaweb

Klik Continue dan Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:

dewaweb virtual account pembayaran

Pilih ATM/Bank Transfer

pembayaran dewaweb virtual account

Pilih salah satu bank yang ingin Anda gunakan untuk melakukan transaksi. Nanti Anda akan mendapat nomor virtual account Anda. Anda juga akan mendapat file seperti di bawah ini jika Anda memilih untuk melanjutkan transaksi agar Anda tidak salah melakukan transaksi:

bayar dewaweb virtual account

File di atas memberi tahu Anda kapan tagihan Anda jatuh tempo, berapa yang harus dibayarkan, dan account number adalah nomor virtual account Anda. Selain itu mereka juga memberi tahu Anda bagaimana cara melakukan pembayarannya.

Mudah, kan?

Simpulan

Dengan semakin berkembangnya dunia e-commerce, virtual account benar-benar membantu kita untuk bisa belanja online dengan lebih praktis. Karena cepat, mudah, dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, Anda sudah tidak pusing lagi jika ingin berbelanja online selama tempat Anda membeli barang atau jasa menyediakan pilihan pembayaran dengan virtual account. Bagi Anda yang memiliki bisnis, pembayaran melalui virtual account juga bisa membantu karena uang dari transaksi itu akan masuk ke rekening Anda secara real-time sehingga Anda bisa menggunakan dananya langsung jika memang dibutuhkan. Semoga artikel ini membantu!