Tanpa harus menjelaskan panjang lebar, mungkin kamu sudah tau nama dari benda canggih yang bisa membuatmu “berpindah dunia” ini. Yap, Virtual Reality atau VR, yang dalam bahasa Indonesia berarti “realitas maya.” Benda ini dapat menciptakan suatu simulasi hingga memungkinkanmu untuk melihat, mendengar, bahkan merasakan bau dan mencicipi sesuatu yang maya atau tidak nyata. Hmm, terdengar agak menyeramkan ya. Tapi, mari kita bahas beberapa hal mengenai Virtual Reality.

Manfaat Virtual Reality

Sejak diluncurkan dalam versi modern oleh Oculus pada 2012 dan diakuisisi Facebook pada 2014 hingga bekerja sama dengan Samsung untuk merilis Samsung Gear VR di tahun setelahnya, mungkin kamu pernah mencoba menggunakan VR, atau bahkan dirimu mungkin mempunyai VR di rumah. Tidak hanya berfungsi untuk bersenang-senang seperti menonton atau bermain game dalam tampilan 360°, tapi VR juga mempunyai berbagai manfaat lain yang bisa mempermudah manusia dalam berbagai hal. Berikut ini adalah beberapa contoh bidang yang sudah mulai menggunakan VR:

  • Medis dan Kedokteran

Teknologi VR kini sudah merambah ke dunia medis dan kedokteran, salah satu contohnya adalah pendidikan dan pelatihan medis, HumanSim, yang menekankan pada tagline Learning by doing.” Beberapa program yang dapat dipelajari oleh calon paramedis adalah pengobatan saat perang, melihat proses operasi, atau mempelajari simulasi lingkungan rumah sakit interaktif. Selain itu, pada beberapa teknologi yang lebih canggih, pengguna VR bahkan bisa melaksanakan operasi di realitas maya.

  • Militer (Perang)

Penggunaan VR di dunia militer bisa dilakukan dengan mengadakan simulasi perang dengan tampilan seperti video game. Tapi, biasanya para pengguna harus mengenakan alat tertentu yang ditempel ke bagian tubuh sehingga dapat terbaca di dunia virtual. Motion Reality merupakan salah satu perusahaan penyedia alat untuk merealisasikan simulasi virtual militer yang bisa digunakan hingga 13 orang sekaligus dalam sekali periode simulasi.

  • Teknik dan Otomotif

Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, Ford, sudah mulai menggunakan VR untuk melakukan simulasi desain dan uji coba produknya. Di tahun 2015, Ford melakukan simulasi 3D VR pada acara ACM SIGGRAPH yang dilakukan oleh Vice President Ford, Elizabeth Baron. Selain itu, penggunaan VR di bidang transportasi juga bisa digunakan untuk simulasi kendaraan.

  • Transportasi

Berlatih menerbangkan pesawat dengan menggunakan unit asli tentunya menghabiskan dana yang tidak sedikit, selain itu, keselamatan jiwa juga masih menjadi ancaman saat berlatih menerbangkan unit pesawat. Saat ini, kamu bisa menggunakan VR untuk menyimulasikan penerbangan pesawat. Selain lebih aman, biaya yang kamu keluarkan untuk bahan bakar dan sewa pesawat juga bisa terpangkas. Kamu tidak perlu takut dengan kualitas gambar yang buruk, sebab salah satu flight simulator, FlyInside, sudah menyediakan simulasi penerbangan pesawat secara detail sehingga kamu tidak asal menerbangkan, tapi juga bisa mengatur pesawat melalui tombol fungsi yang ada di dalam pesawat asli.

  • Ekonomi

Pasar Selfridges di London pernah mempromosikan jam tangan menggunakan VR agar calon pembeli dapat mencoba produk dengan sensasi seperti mengenakan jam tangan asli. Perusahaan yang bergerak di bidang fashion, Balmain, juga pernah menyelenggarakan sebuah program dengan menggunakan VR. Pengunjung diperbolehkan menggunakan VR yang menayangkan sketsa desain pakaian dari Creative Director Balmain, Olivier Rousteing, yang dibungkus dalam tayangan selama 5 menit. Event bertajuk “My City of Lights” ini dilangsungkan pada 16-29 April 2018 di toko Balmain Milan, Paris.

  • Pendidikan

Inilah salah satu kelebihan utama penggunaan VR, yaitu untuk memajukan dunia pendidikan. Contoh yang dapat kita gunakan adalah platform pembelajaran Unimersiv yang sudah bekerja sama dengan Oculus dan Samsung Gear VR. Saat ini, Unimersiv telah menyediakan aplikasi dengan berbagai jenis simulasi yang bisa kamu gunakan untuk merasakan kehidupan di masa lampau, mempelajari anatomi tubuh manusia dengan detail, atau bahkan menjelajahi luar angkasa. Sekarang, belajar tidak hanya formal saja, ‘kan?

  • Arsitektur

Di dunia arsitektur, Virtual Reality dapat berfungsi untuk melakukan simulasi terhadap bangunan. Tak hanya itu, pengguna VR juga bisa melakukan tes terhadap ukuran dan ketepatan susunan bangunan yang telah mereka buat sebelumnya. Salah satu perusahaan VR yang sengaja menciptakan program untuk simulasi arsitektur adalah VRtisan. Menurut pengarah desain dari IVR-Nation, Olivier Demangel, di masa depan nanti orang-orang akan lebih kecanduan dengan VR ketimbang kokain dan semua orang bisa mendesain atau mengubah dunia sekitar seakan-akan mereka adalah Tuhan, agak menyeramkan, ya?

Aksesoris untuk Virtual Reality

Setelah mengetahui beberapa manfaat Virtual Reality untuk mempermudah kehidupan manusia hingga meningkatkan kualitas pendidikan, berikut ini ada beberapa aksesoris VR yang bisa mengoptimalkan pengalamanmu menggunakan VR untuk berpindah ke realitas maya.

  • Haptic gloves (sarung tangan haptic)

Haptic yang berarti sensitif terhadap sentuhan kini bisa kita rasakan melalui salah satu aksesoris VR, yaitu haptic gloves. Haptic gloves biasa digunakan bersamaan dengan VR dan berfungsi untuk menyimulasikan suatu situasi, seperti kegunaan tombol pada mobil pemadam kebakaran atau mungkin simulasi peternakan dalam ukuran mini seperti yang terlihat pada video iklan salah satu produk haptic gloves, HaptX. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan haptic gloves untuk mensimulasikan bagian dalam mobil, bahkan hingga mencoba mengendarainya.

  • Full body haptic suits (setelan haptic)

Setelan haptic dengan merk dagang “Teslasuit” ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015. Meski hingga saat ini belum dijual secara umum, namun Teslasuit sudah menuai beberapa kontroversi. Situs Digital Trends bahkan sempat memperkirakan bahwa Teslasuit bisa merealisasikan episode Playtest dari serial Black Mirror. Hmm, penasaran?

  • Tracker

Aksesoris ini dirilis oleh perusahaan produser komputer, HTC. Sesuai dengan namanya, tracker berguna untuk melacak benda dari dunia nyata sehingga bisa digunakan di dunia virtual. Beberapa contoh benda yang bisa dilacak oleh tracker adalah alat tembakan Hyperkin Hyper Blaster, raket tenis dan bulu tangkis, bahkan TrackBelt dan TrackStrap yang bisa dikenakan pada tubuh. Sayangnya, aksesoris ini hanya bekerja pada alat yang sama-sama diproduksi oleh HTC Vive.

  • Omnidirectional treadmill

Omnidirectional treadmill merupakan aksesoris VR yang memungkinkan penggunanya berlari di dunia virtual namun tidak berpindah ke mana pun di dunia nyata. Salah satu brand yang menawarkan produk omnidirectional treadmill adalah Omni, yang sudah mendistribusikan lebih dari 3000 unit ke 45 negara. Tapi, jika budget-mu kurang, kamu juga bisa membuat omnidirectional treadmill-mu sendiri dengan mencari caranya di mesin pencari.

  • Virtual Cocktail (Vocktail)

Benda yang satu ini bukan benar-benar aksesoris yang disambungkan ke VR yang harus dikenakan di kepala, melainkan alat VR yang bisa menciptakan ilusi rasa minuman yang kamu konsumsi. Menggunakan alat yang berbentuk seperti gelas cocktail, alat canggih yang dikembangkan oleh mahasiswa asal Singapura ini dapat menciptakan rasa melalui warna dan bau yang kamu pilih. Rasa yang nantinya muncul dalam gelas ini diatur menggunakan aplikasi yang tersambung langsung ke gelas Vocktail. Tertarik mencoba?

Baca Juga: Live Streaming: Panduan Untuk Pemula

Simpulan

Sekarang kamu sudah mengetahui manfaat Virtual Reality di berbagai jenis bidang. Kamu juga sudah mengetahui aksesoris apa saja yang bisa digunakan bersamaan dengan VR, bahkan aksesoris realitas maya yang bisa menciptakan ilusi di realitas asli. Meski penggunaan Virtual Reality terlihat sangat membantu manusia, tapi ingat, kamu harus tetap hati-hati saat menggunakan VR. Saat kamu sudah melepas peralatan VR-mu, yang tertinggal di realitas maya biarlah tetap tinggal di sana.

Kamu juga bisa mengubah websitemu menjadi realitas maya dengan menciptakan ilustrasi website yang disertai dengan efek menarik, serta tulisan sekreatif mungkin, seperti yang dilakukan oleh salah satu website yang menawarkan VR experience ini. Kapan pun kamu memutuskan untuk mempercantik websitemu sekaligus tetap aman dan cepat, Dewaweb selalu siap membantu 24/7.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia