Wajib Tahu, Inilah 5 Fitur Rahasia Google Drive yang Jarang DiketahuI Orang

Layanan penyimpanan data dalam cloud, Google Drive ternyata memiliki banyak fitur yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Kamu mungkin sudah familiar dengan aplikasi milik Google ini untuk mengamankan segala jenis data di laptop maupun smartphone. Tapi, sudahkah kamu tahu segala fitur yang dimiliki oleh Google Drive? Cek seberapa banyak kamu memahami fitur canggih ini melalui artikel berikut!

Konversi PDF ke teks

Sering kali kamu mendapatkan kiriman file dari rekan ataupun teman dalam bentuk pdf di Google Drive. Lalu, kamu ingin melakukan perubahan pada dokumen yang dibagikan tersebut. Tentu dokumen tersebut harus diubah terlebih dahulu ke format text. Untuk mengubahnya, kamu tak perlu menggunakan bantuan aplikasi lain karena perangkat ini memiliki fitur convert pdf to text.

Caranya, buka file pdf yang akan kamu edit, Kemudian pilih open with Google Docs atau ‘buka dengan Google Dokumen’ yang ada pada bagian atas file. Cara yang lebih simpel adalah klik kanan file pdf yang akan kamu edit, lalu pilih open with Google Docs. Kamu akan diberi pilihan apakah ingin membuka file dengan pdf atau text.

Fitur penerjemah

Mendapatkan file dalam bahasa asing tentu akan menyulitkanmu untuk memahami isinya jika tidak paham dengan bahasa tersebut. Kamu bisa menerjemahkan file tersebut langsung dengan Google Drive setelah mengunggahnya. Jadi tidak perlu repot menggunakan Google Translate terlebih dahulu. Meski proses penerjemahan dokumen di Google Drive tidak lepas dari bantuan Google Translate yang sudah terintegrasi.

Caranya, upload file, lalu klik kanan file tersebut dan pilih open with Google Drive. Kemudian pilih menu Tools dan pilih bahasa yang kamu pahami. Setelah itu baru proses penerjemahan dengan klik Translate. Secara otomatis, file-mu sudah akan berubah ke bahasa yang kamu pahami.

Pencarian detail berdasar kolaborator

Jika kamu menggunakan Google Drive untuk kepentingan bisnis, sudah pasti akan banyak file yang ada dalam penyimpananmu. Masalah muncul ketika kamu ingin mencari file spesifik dari rekan atau relasi bisnis (kolaborator). Kalau kamu rajin menyortir dan mengelompokkan file berdasar proyek yang sedang dikerjakan mungkin lebih mudah. Namun bagaimana jika tidak? Ditambah kamu lupa apa nama file tersebut.

Tenang saja, perangkat canggih ini akan membantumu mencari file tersebut. Caranya mudah, ketikkan saja nama atau alamat e-mail kolaboratormu di kolom pencarian. Maka, akan muncul semua file yang berhubungan dengan kolaborator tersebut. Dari situlah kamu mulai bisa mencari file yang akan digunakan.

Fitur drag and drop

Masih banyak pengguna aplikasi ini yang belum memaksimalkan untuk upload file. Kebanyakan masih menggunakan cara klik tombol New 🡪 upload file 🡪 memilih file di direktori laptop. Padahal, dengan menggunakan drag and drop, kamu bisa memangkas proses ini. Langkahnya adalah, pilih file dari penyimpanan laptop 🡪 klik file dan tahan 🡪 seret ke laman Google Drive (drag) 🡪 drop di Google Drive.

Sharing dan privasi

Google Drive juga memudahkanmu untuk berbagi file yang sama maupun melindungi privasi data yang sedang dikerjakan. Caranya cukup mudah, tinggal ganti saja pengaturan pada setiap file. Kalau kamu ingin berkolaborasi, tinggal masukkan alamat e-mail orang tersebut. Lalu pilih hak aksesnya, hanya bisa melihat file atau bisa mengedit. Cukup mudah kan?

Nah, mana saja fitur Google Drive yang sudah kamu kuasai? Dengan segala kemudahan fitur yang ditawarkan, platform ini memang menjadi pilihan yang tepat untuk berkolaborasi dalam suatu proyek. Namun, untuk masalah domain dan hosting, Dewaweb jawabannya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia