WAMP Server: Cara Download dan Install

Mungkin Anda pernah mendengar istilah WAMP Server. Apa itu sebenarnya WAMP Server dan apa kegunannya? Nah, di artikel kali ini kami akan membahas semua tentang WAMP, mulai dari apa itu WAMP sampai dengan cara download dan instalasinya.

Dewaweb install download wamp server

WAMP: Windows, Apache, MySQL, and PHP

WAMP adalah salah satu web stack. Nah mungkin Anda bertanya-tanya apa itu web stack? Web stack atau yang dikenal juga dengan nama software stacks atau solution stacks adalah sebuah kumpulan software yang digunakan untuk web development.

Sebuah web stack biasanya mencakupi beberapa komponen, misalnya sebuah operating system (OS), web server, database, dan scripting language.

Jika semuanya digabungkan, ini akan menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk membangun platform yang komplit, jadi Anda tidak perlu aplikasi lain untuk menjalankannya.

Baca Juga: Cara Install Mikrotik CHR pada Server dengan CentOS 7

WAMP sendiri adalah web stack LAMP yang dibuat untuk Windows. WAMP sebenarnya adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP. Jadi, WAMP adalah web server berbasis Windows. WAMP menggunakan Apache Web Server untuk meng-handle request HTTP.

Kemudian, mereka menggunakan MySQL sebagai relational database system dan mendukung bahasa programming server-side PHP.

Selain untuk web development, Anda juga bisa menggunakan WAMP server untuk menginstal WordPress secara lokal di PC Anda. Tidak hanya itu, dengan WAMP Anda juga bisa mencoba berbagai themes sebelum di WordPress Anda di PC Anda sebelum Anda memasangnya di website Anda.

Anda tentunya juga bisa memodifikasi theme WordPress Anda secara lokal di PC dan kemudian melakukannya di web server.

XAMPP vs WAMP

Nah, mungkin dari Anda yang pernah mendengar tentang XAMPP nih. XAMPP juga merupakan sebuah web stack dan singkatan dari X (yang berarti cross platform atau bisa digunakan di berbagai sistem operasi), Apache sebagai web server mereka, MySQL sebagai server database mereka, PHP dan PERL sebagai bahasa programming side server-nya.

Baca juga: Tutorial XAMPP dan Cara Install WordPress Offline

Lalu apa bedanya XAMPP dengan WAMP?

Mendukung sistem operasi yang berbeda

Dari singkatannya saja sudah terlihat bahwa kedua web stack ini memiliki sistem operasi yang berbeda. WAMP bekerja di Windows, sementara XAMPP dapat bekerja untuk berbagai sistem operasi.

Mendukung bahasa pemograman yang berbeda

Untuk programming language sendiri, WAMP hanya mendukung PHP. Sementara XAMPP mendukung PHP dan PERL.

Fitur yang ditawarkan

XAMPP memiliki lebih banyak fitur dibanding WAMP. Ini karena jika kita menggunakan XAMPP, kita bisa menginstal skrip tambahan atau fitur tambahan yang Anda butuhkan seperti misalnya Mercury untuk server mail dan Filezilla untuk server FTP. Tetapi memang jika kita menggunakan fitur tambahan ini, XAMPP akan memakan lebih banyak RAM dari WAMP.

Jadi memang dari perbedaan ini terlihat bahwa XAMPP dan WAMP memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam memilih web stack, Anda sebaiknya memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan Windows dan hanya menggunakan Apache, MySQL, dan PHP, Anda bisa memilih WAMP.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan WAMP, Anda bisa lanjut nih membaca artikel kami karena kami akan membahas cara download WAMP server dan instalasinya.

Cara Download WAMP Server

Download WAMP server
gambar: filehorse

Untuk mendownload WAMP Anda bisa mengunjungi website resmi WAMP Server. Anda nantinya akan melihat pilihan WAMP yang bisa Anda download. Berdasarkan sistem komputer Anda, Anda bisa mendownload versi 32 bit atau 64 bit. Setelah Anda memilih versi yang tepat, Anda akan dikirim ke halaman web sourceforge.net untuk memulai download.

Baca Juga: Pengaruh Lokasi Server untuk Website dan Cara Memilihnya

Cara Instalasi WAMP Server

Nah, kalau Anda sudah mendownload file WAMP Servernya, Anda sudah bisa memulai proses instalasinya.

Untuk instalasi ini, kami menggunakan Windows 10.

  • Buka installer-nya untuk memulai instalasi. Pilih run to proceed. Sekarang Anda akan melihat dialog box Windows. Anda tinggal klik yes untuk melanjutkan.
  • Anda kemudian akan diminta memilih bahasa yang Anda inginkan dari daftar drop down. Pilih bahasa yang Anda inginkan (misalnya English), kemudian klik OK.
  • Anda akan mendapatkan dialog box Welcome to WampServer64 Installation Wizard. Anda hanya perlu klik OK untuk lanjut.
  • Setelah itu, Anda akan melihat persetujuan lisence WAMP Server. Pilih I accept the agreement dan klik
  • Anda akan melihat dialog box informasi dimana Anda bisa tahu apa saja pre-requisitesnya atau komponen yang harus ada di Windows Anda agar WampServer bisa berjalan dengan benar. Yang diperlukan adalah versi yang sesuai dari paket yang didistribusikan ulang Microsoft VC ++.
  • Pilih lokasi dimana Anda mau menginstall WampServer
  • Pilih folder dimana shortcut-nya akan diletakkan. Jika Anda memilih default, itu akan diletakkan di C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Wampserver64. Folder ini nantinya bisa diakses dari tombol start Window, all apps di Windows 10. Jika Anda meletakkannya di folder lain, shortcutnya tidak akan kelihatan di menu start.
  • Anda akan melihat box ready to install. Setelah Anda melihat detailnya, Anda bisa klik next agar instalasi dimulai.
  • Dialog box yang akan Anda lihat selanjutnya adalah apa default browser yang Anda ingin gunakan. Anda bisa mengubah default browsernya jika Anda ingin menggunakan browser lain selain Internet Explorer.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih text editor default yang Anda inginkan. Secara default, aplikasi text editor yang dipilih adalah Notepad.
  • Setelah instalasi komplit, Anda akan melihat dialog box informasi phpMyAdmin. Di dialog box ini Anda akan melihat username untuk phpMyAdmin sebagai root dan passwordnya belum di-set. Klik next untuk lanjut.
  • Instalasi Anda telah selesai! Anda akan melihat dialog box instalasi komplit. Klik finish untuk keluar dari wizard instalasi WampServer. WampServer harusnya sudah diinstall di sistem Anda.

Sekarang Anda bisa memulai WampServer dengan klik dua kali pada icon shortcut WampServer di desktop Anda atau mungkin launch dari menu start.

Setelah WampServer mulai, Anda bisa melihat icon hijau di taskbar. Pada awalnya ini akan berwarna merah, tetapi akan berubah menjadi hijau. Kalau sudah berubah menjadi hijau, itu berarti semua layanannya sudah berjalan. Kalau belum hijau, WampServer berarti belum berjalan dengan baik.

Tolong diingat bahwa Anda perlu memberi administrative privileges agar servernya bisa mulai bekerja. Kalau ada dialog box konfirmasi saat Anda membuka WampServer dan menjalankan server, Anda tinggal klik Yes.

Baca Juga: Panduan CSF Firewall pada Cloud Server (VPS) Centos

Simpulan

WAMP adalah salah satu web stack yang bisa Anda gunakan untuk web development. WAMP juga bisa dibilang popular dan banyak digunakan.

Di artikel kali ini kami sudah membahas bagaimana cara download dan install WAMP. Tidak hanya itu, kami juga membahas apa saja perbedaan antara XAMPP dan WAMP. Pada dasarnya, dalam memilih web stack, Anda perlu melihat kebutuhan dan sistem apa yang Anda miliki. WAMP sendiri banyak digunakan oleh pengguna Windows jadi sudah dijamin bagus.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda bisa meninggalkan pertanyaan dan komentar di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu!