Apa Itu Web Developer? Ini Jenis, Tugas, Skill, Hingga Gajinya

Apa Itu Web Developer? Ini Jenis, Tugas, Skill, Hingga Gajinya

Web developer adalah salah satu profesi yang cukup populer beberapa tahun terakhir. Sayangnya, masih banyak orang menganggap bahwa menjadi pengembang itu sangat sulit sehingga peminatnya tidak sebanyak industri pekerjaan lain.

Padahal, di era serba digital seperti sekarang, menjadi seorang pengembang web itu sangat menjanjikan, lho! Berdasarkan data dari Forbes, 71% dari semua perusahaan pada tahun 2023 memanfaatkan website untuk menjangkau audiens lebih luas dan tetap kompetitif. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan membutuhkan web developer untuk memajukan bisnis mereka.

Lalu, sebenarnya apa itu web developer? Bagaimana tugas dan prospek kerjanya di masa depan? Yuk, cari tahu jawaban selengkapnya di artikel ini. Simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Web Developer?

Web developer adalah profesi di bidang teknologi informasi yang bertugas untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara website. Dalam hal ini, web developer merupakan programmer yang memahami tentang cara membuat website dari nol dan memastikan performanya selalu optimal.

Dengan kata lain, pengembang web memainkan peran penting dalam memastikan website berfungsi dengan baik sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna. Semua itu dilakukan menggunakan berbagai tools dan bahasa pemrograman untuk membangun keseluruhan situs web, mulai dari layout, navigasi, hingga fitur-fitur di dalamnya.

Terlepas dari itu, web developer menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Ini selaras dengan The U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS) yang menyebut bahwa web developer akan tumbuh sebesar 23% antara tahun 2021 dan 2031. Pertumbuhan ini bahkan jauh lebih cepat daripada pertumbuhan rata-rata nasional untuk semua bidang pekerjaan.

Jenis-Jenis Web Developer

Berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya, web developer terbagi menjadi tiga jenis berbeda, yakni front end, back end, dan full stack developer. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya:

Front end developer

Front end developer adalah orang yang berfokus pada pengembangan visual dan interaksi pengguna. Mereka bertugas untuk membuat antarmuka pengguna (User Interface) yang menarik, meningkatkan pengalaman pengguna (User Experience), dan mengembangkan desain website agar responsif di berbagai perangkat.

Untuk menjadi front end developer, kamu harus menguasai beberapa hard skill seperti HTML, CSS, JavaScript, serta beberapa framework seperti React dan Angular.

Back end developer

Back end developer adalah orang yang bekerja di belakang layar untuk memastikan fungsi website tetap berjalan lancar dan optimal. Dalam hal ini, mereka bertugas mengelola server dan database, mengimplementasikan logika dan pemrosesan data, serta menyediakan API untuk menghubungkan front end dengan back end.

Adapun beberapa hardskill yang harus dikuasai oleh back end developer. Di antaranya meliputi bahasa pemrograman server-side seperti SQL dan Python, pengelolaan database seperti MySQL dan MongoDB, RESTful API, serta pemahaman tentang keamanan website.

Baca Juga: Perbedaan Front End dan Back End, Calon Developer Wajib Tahu

Full stack developer

Full stack developer adalah orang yang memiliki keterampilan di kedua sisi pengembangan, baik front end maupun back end. Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab mereka mencakup hampir keseluruhan pengembangan, termasuk bagian visual dan fungsi website.

Untuk menjadi full stack developer, kamu harus menguasai berbagai hard skill. Di antaranya seperti bahasa front end dan back end, pengelolaan server dan database, jenis-jenis framework, hosting, dan banyak lagi.

Apa Saja Tugas Seorang Web Developer?

Tugas web developer sebenarnya berbeda-beda tergantung pada jenisnya, yakni front end, back end, atau full stack developer. Tetapi, tugas utama pengembang web secara garis besar mencakup pengembangan dan pemeliharaan website. Berikut ini beberapa tugas umum yang diemban oleh web developer:

1. Membuat website

Tugas utama web developer adalah membuat website responsif dan mudah digunakan dengan satu atau lebih bahasa pemrograman. Mereka bekerja secara khusus sesuai peran dan jobdesk-nya masing-masing, yakni front end, back end, dan full stack, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Lalu, apakah web developer bisa membuat aplikasi? Tentu saja bisa. Selain membuat website, pengembang web juga memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi, salah satunya adalah aplikasi berbasis web

Baca Juga: Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web, Mudah Tanpa Coding!

2. Mendesain interface dan navigasi web

Konteks: Front end developer

Tugas pengembang web selanjutnya adalah mendesain antarmuka yang intuitif dan menarik. Tujuannya, agar pengguna tidak bosan ketika berkunjung ke situs web. Selain itu, pengembang harus membuat navigasi yang efisien sehingga website bukan hanya memiliki tampilan yang baik saja, tetapi juga mudah digunakan.

Baca Juga: Panduan Membuat Desain Web

3. Membangun database

Konteks: Back end developer

Selain antarmuka dan navigasi, pengembang web juga bertugas membangun struktur database untuk menyimpan data website, seperti gambar, video, akun pengguna, dan banyak lagi. Mengelola database termasuk lingkup pekerjaan mereka di mana tugas ini sangat penting dalam menjaga performa kinerja website.

4. Membuat dan menguji API

Konteks: Back end developer

Selanjutnya, tugas seorang web developer adalah membuat dan menguji API (Application Programming Interfaces). Sebagai protokol komunikasi, keberadaan API sangat penting untuk website development karena memungkinkan pengembang menghubungkan situs dengan berbagai komponen perangkat lunak.

5. Menguji situs web

Konteks: Full stack developer

Terakhir, web developer harus melakukan pengujian menyeluruh demi memastikan website berfungsi dengan baik. Pengujian ini mencakup semua aspek, mulai dari tampilan, fungsionalitas, aksesibilitas, kinerja, hingga keamanan situs.

Dalam siklus development, pengujian situs web merupakan suatu proses berkelanjutan. Proses ini biasanya dilakukan secara berulang, baik sebelum maupun sesudah situs diluncurkan.

Skill yang Harus Dikuasai Web Developer

Jika ingin menjadi web developer, ada beberapa keterampilan yang wajib kamu kuasai. Di antaranya mencakup soft skill dan hard skill seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

skill web developer

Hard skill untuk web developer

Berikut hard skill yang harus dimiliki web developer:

  • HTML/CSS: HTML dan CSS adalah bahasa paling umum dan menjadi dasar dalam pengembangan web.
  • Pengujian dan debugging: Pengembang harus bisa menguji halaman, menemukan bug, serta memperbaikinya agar kode berfungsi dengan baik.
  • Database dan cache: Cache mengumpulkan data untuk mempercepat akses informasi saat pengguna membutuhkannya. Database secara otomatis memperbarui cache untuk meningkatkan kinerja website.
  • Desain responsif: Keterampilan ini dibutuhkan untuk menciptakan halaman web yang menarik, fungsional, dan bisa diakses di berbagai perangkat.

Soft skill untuk web developer

Berikut soft skill yang harus dimiliki web developer:

  • Keterampilan organisasi: Memungkinkan pengembang melacak tugas, proyek, tenggat waktu, dan anggaran untuk mencapai target secara efisien.
  • Motivasi diri: Keterampilan ini penting dalam pengembangan web berbasis proyek agar tidak menunda-nunda pekerjaan, serta memenuhi tenggat waktu atau mencari proyek baru.
  • Multitasking: Meningkatkan efisiensi bagi pengembang yang menangani beberapa proyek dengan tenggat waktu ketat.
  • Komunikasi: Keterampilan dalam menjelaskan persyaratan proyek, fitur, dan pencapaian kepada klien, anggota tim, dan eksekutif untuk menciptakan kolaborasi yang lebih efektif.
  • Perhatian terhadap detail: Mengingat rumitnya elemen desain visual dan bahasa pemrograman, keterampilan ini sangat penting dalam menghasilkan karya yang profesional.

Semua skill-skill di atas sebenarnya bisa dipelajari secara mandiri, baik melalui blog, Youtube, komunitas, atau sumber lainnya. Bahkan faktanya, lebih dari 63% dari semua pengembang belajar secara otodidak, lho!

Tetapi, jika kamu ingin belajar secara teoretis dan menyeluruh, kamu bisa mengambil kuliah jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, dan jurusan terkait teknologi informasi lainnya.

Berapa Gaji Web Developer?

Setelah memahami apa itu web developer beserta tugas dan skill-skill yang harus dikuasai, kamu tentu penasaran tentang penghasilan atau gaji profesi ini. Menurut survey Glassdoor per Januari 2024, gaji rata-rata pengembang web di Indonesia untuk semua level (junior-senior) dan semua sektor industri adalah sekitar Rp6 juta per bulan.

Cukup menggiurkan, bukan? Itu pun belum termasuk penghasilan tambahan dari profit sharing, tips, komisi, dan tunjangan lainnya, yang jika digabungkan bisa lebih dari Rp13 juta per bulan.

gaji web developer di indonesia

Tertarik Jadi Web Developer?

Web developer adalah profesional di bidang IT yang bertugas untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara situs web. Mereka bekerja menggunakan berbagai tools dan bahasa pemrograman untuk memastikan kinerja website tetap optimal dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Dalam dunia bisnis, tingginya permintaan untuk web developer membuat profesi ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan, baik front end, back end, maupun full stack developer. Bahkan, tak sedikit perusahaan berani membayar mahal untuk mendukung transformasi bisnis digital mereka.

Mulai tertarik menjadi web developer? Jika iya, kamu dapat memulainya dengan membuat website sendiri. Selain sebagai sarana berlatih dan mengasah keterampilan, ini juga dapat menjadi langkah awal yang bagus untuk membangun web portofolio.

Nah, setelah website berhasil dibuat, kamu juga perlu mengunggahnya ke hosting agar bisa diakses secara online. Untungnya, Dewaweb menyediakan paket cloud hosting murah terbaik se-Indonesia yang dapat kamu andalkan.

Bermodal Rp30 ribuan saja, kamu sudah bisa menikmati paket hosting berkualitas dengan kapasitas RAM 512 MB, serta storage dan bandwidth unlimited. Hosting semurah itu rasanya sudah lebih dari cukup untuk praktik menjadi web developer. Tunggu apalagi? Yuk, coba hosting Dewaweb sekarang!