Website 101: Softaculous

Website 101: Softaculous

Softaculous adalah fitur auto installer yang terdapat pada panel hosting. Fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna website menambahkan aplikasi di website mereka, demi pengembangan website. Selain berguna, variasi jenis aplikasi yang beragam juga menjadi keunggulan yang dimiliki Softaculous.

Berdasarkan keterangan dari situs aslinya, Softaculous adalah auto installer terbaik dengan lebih dari 451 script, 1115 PHP, dan jumlah ini terus bertambah. Tak heran, Softaculous banyak digunakan di web hosting Indonesia dan telah membantu jutaan pengguna website melakukan instalasi aplikasi.

Program Softaculous juga terintegrasi dengan beberapa control panel terdepan, seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin, Interworx, dan H-Sphere.

Aplikasi yang Ada di Softaculous Apps Installer

Saat kamu membuka daftar aplikasi Softaculous, kamu akan menemukan Top 12 Scripts di awal halaman. Setelah itu, kamu akan menemukan beberapa pembagian jenis aplikasi, seperti untuk pembuatan blog, CMS, forum, galeri, iklan, dan masih banyak lagi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan website-mu.

Jika kamu ingin membangun bisnis online melalui website, kamu bisa menggunakan aplikasi yang terdapat di kolom e-Commerce, ERP, atau gunakan Ad Management kalau kamu juga ingin menampilkan iklan di website-mu.

Baca Juga: 10 CMS untuk Membuat Forum

Selain Softaculous, ada juga fitur installer sejenis, seperti Fantastico atau Installatron. Bedanya, Fantastico lebih berhasil melakukan pemasaran di Indonesia sehingga seringkali dianggap sebagai pelopor fitur auto installer aplikasi untuk website.

Di sisi lain, Installatron juga mempunyai kelebihan, yaitu fitur Installatron Remote yang memungkinkan pemilik website untuk mengirimkan aplikasi ke akun web hosting jarak jauh hanya dengan memasukkan informasi FTP website yang dituju.

Keunggulan Softaculous

Satu hal yang perlu kamu ketahui, meski Installatron mempunyai kelebihan dalam bentuk fitur Installatron Remote, ternyata saat ini Softaculous juga mempunyai fitur serupa. Selain itu, jumlah pengguna Softaculous juga kian bertambah, hampir menyaingi Fantastico. Berikut ini beberapa keunggulan lainnya:

1. Integrasi di berbagai panel

Softaculous dapat digunakan di berbagai control panel yang populer digunakan untuk mengatur website sepert: cPanel, DirectAdmin, Plesk, H-Sphere, ISP System, dan Interworx.

2. Banyak pilihan bahasa

Softaculous dapat digunakan di berbagai bahasa, sehingga memudahkan pemakaian untuk pengguna dari berbagia negara, termasuk Indonesia.

3. One-click auto update atau backup

Kamu dapat mengakses itur pembaruan dan pencadangan otomatis dengan satu klik saja. Cepat, praktis, dan efisien, bukan?

4. Mempermudah pengembangan website

Softaculous dapat membantu kamu dalam membangun website tanpa pengetahuan coding atau bahasa pemrograman. Semuanya akan dipasang secara otomatis, tanpa proses pengunduhan atau pengunggahan manual.

5. Dilengkapi dengan fitur pencarian

Fitur pencarian yang ada di Softaculous juga memudahkan penggunanya dalam mencari pengaturan atau fitur tertentu dengan cepat.

6. Menyediakan beragam aplikasi

Terdapat 421 aplikasi dari berbagai kategori seperti blogging, portal website, framework, dan sebagainya yang dapat kamu gunakan di Softaculous.

7. Ketersediaan penilaian dan ulasan dari pengguna

Kamu dapat melihat dan memberikan penilaian dan ulasan masing-masing aplikasi yang ada di Softaculous. Artinya, kamu dapat memilah aplikasi mana yang bekerja dengan baik dan mana yang sebaiknya dihindari.

8. Dukungan HTTPS

Softaculous mendukung instalasi HTTPS, sehingga kamu dapat meyakinkan bahwa website buatanmu aman bagi pengunjung.

9. Populer di kalangan penyedia web hosting

Softaculous juga sudah diadaptasikan oleh ribuan penyedia web hosting di dunia. Kemudahan pembuatan website dengan Softaculous adalah salah satu titik jual utamanya.

10. Pembaruan real time

Semua aplikasi yang ada di Softaculous selalu diperbarui secara berkala, jadi kamu selalu menggunakan versi terbaru dan terbaik.

11. Instalasi aplikasi otomatis

Jika kamu menggunakan Softaculous, kamu tidak perlu lagi repot-repot mengunduh dan menginstal aplikasi secara manual ke control panel.

12. User Interface yang intuitif

Desain tatap muka (user interface) di Softaculous juga sangat intuitif, sehingga kamu dapat dengan mudah mengerti menu, opsi, dan pengaturan yang ada di control panel.

Cara Instal Aplikasi Softaculous

Setelah memahami beberapa hal di atas, kini saatnya kamu mempelajari bagaimana cara menginstal aplikasi dari Softaculous. Tenang, tenang, ngga sesulit yang kamu kira, kok. Bayangkan saja kamu akan menginstal aplikasi di HP hanya dengan sentuhan!

  1. Pastikan kamu sudah mempunyai cloud hosting cepat. Jika belum, kamu bisa beli hosting di Dewaweb.
  2. Buka halaman cPanel. Halaman ini bisa kamu buka dengan mengklik link pada email yang kamu terima dari Dewaweb.
  3. Scroll ke bawah hingga menemukan menu “Softaculous Apps Installer” atau ketik “softaculous” di kolom pencarian.
  4. Pilih aplikasi yang akan kamu instal, di sini kita menggunakan contoh blog WordPress.

softaculous dewaweb

Baca Juga: Inilah Perbandingan CMS WordPress, Drupal, dan Joomla!

  1. Ini adalah tampilan yang muncul setelah kamu mengklik logo WordPress di halaman sebelumnya, klik Install Now.

Cara Instal Aplikasi Softaculous

  1. Isi kolom yang tertera sesuai dengan keinginanmu, termasuk nama website, deskripsi singkat hingga tema untuk websitemu, lalu klik Install.
  2. Usai menunggu selama beberapa menit, aplikasi CMS WordPress-mu dapat segera digunakan dengan membuka https://www.namadomain.com/wp-admin/ tampilan cPanel akan terlihat seperti di bawah ini.

Cara Instal Softaculous -Dewaweb

Baca Juga: Cara Membuat Website Dengan WordPress

Sekarang website-mu sudah dapat diisi dengan berbagai konten yang kamu inginkan. Agar dapat meningkatkan SEO pada artikel yang kamu unggah, pastikan kamu sudah memahami cara menggunakan heading di WordPress.

Sudah siap menggunakan WordPress sebagai Content Management System (CMS)-mu? Jangan lupa amankan websitemu dengan memilih SSL certificate dari Dewaweb! Selamat mencoba, salam sukses online!