10 Website Company Profile Terbaik untuk Inspirasi [Update 2021]

Mencari inspirasi membuat website company profile untuk bisnismu? Kamu ada di artikel yang tepat!

Apapun jenis bisnis yang dijalani, memiliki situs company profile adalah salah satu keharusan. Pasalnya, situs profil perusahaan memudahkan orang untuk menemukan bisnismu. Terlebih di era seperti sekarang, di mana online presence sangatlah penting termasuk untuk sektor bisnis.

quote - bill gates

Di artikel ini, kamu akan mengetahui contoh dan cara menulis website company profile yang baik. Tapi sebelumnya, kamu harus tahu penjelasan apa itu website company profile, dan apa saja komponen yang harus ada di dalamnya. Yuk, kita mulai!

Baca Juga: Apa Itu Passive Income, Tips, dan Cara Mendapatkannya?

Apa itu Website Company Profile?

Website company profile adalah sebuah situs yang menampilkan profil perusahaan atau bisnis secara mendetail. Dengan adanya situs company profile, orang akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait dengan perusahaan.

Bukan hanya bagi klien atau calon pelanggan, situs profil perusahaan juga bermanfaat untuk berbagai pihak, misalnya bagi mitra bisnis dan calon investor sebagai penyuntik modal.

Banyak fungsi website company profile untuk sebuah perusahaan, beberapa di antaranya:

  • Memberi gambaran umum tentang perusahaan
  • Menampilkan informasi terkait produk dan layanan
  • Menunjukkan kredibilitas
  • Membuka peluang bisnis yang lebih besar
  • Menarik pelanggan

Komponen dalam Company Profile

Setelah tahu penjelasan tentang website profil perusahaan, kamu perlu tahu apa saja komponen yang harus ada di dalamnya supaya lebih jelas.

Berikut ini komponen-komponen yang biasanya tercantum dalam situs company profile. Beberapa di antaranya bersifat opsional, artinya boleh dicantumkan atau tidak, sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan. Yuk, simak satu per satu!

1. Detail perusahaan

Informasi tentang detail perusahaan wajib ada dalam company profile. Hal ini agar pengunjung atau audiens bisa mengenal bisnismu lebih dalam. Informasi yang perlu dimasukkan antara lain:

  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Informasi kontak (nomor telepon, alamat email, dsb)
  • Tanggal didirikan

2. Informasi dasar perusahaan

Hal-hal berikut bersifat opsional tergantung jenis usaha yang dijalankan. Terlepas dari itu, berikut informasi dasar perusahaan yang dapat dicantumkan:

  • Deskripsi tentang perusahaan, visi dan misinya
  • Penjelasan tentang produk dan layanan
  • Timeline sejarah berdiri dan berkembangnya perusahaan
  • Tim inti
  • Relasi publik
  • Portofolio klien

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Berjualan di Instagram

3. Pencapaian perusahaan

Jika perusahaan sudah memiliki pencapaian atau pernah meraih penghargaan, sebaiknya hal itu dicantumkan dalam website profil perusahaan. Hal ini juga bersifat opsional, tergantung jenis usaha yang kamu jalankan ya.

  • Sertifikasi
  • Penghargaan
  • Testimoni
  • Pengakuan dari media

Baca Juga: 8 Template WordPress Populer Untuk Company Profile

Cara Menulis Company Profile yang Baik

Setelah mengetahui definisi dan komponen company profile, kamu perlu tahu bagaimana cara menulis profil perusahaan yang baik. Berikut ini beberapa tips menulis website profil perusahaan yang bisa kamu ikuti.

  1. Fokus pada ringkasan perusahaan
  2. Sertakan informasi penting perusahaan di awal
  3. Menambahkan timeline sejarah perusahaan
  4. Tunjukkan nilai dan misi perusahaan
  5. Sertakan pencapaian perusahaan
  6. Tambahkan hal yang membedakan bisnismu dengan kompetitor
  7. Cantumkan gambar dan video menarik, atau statistik yang mendukung

Sebagai tambahan, dilansir dari Website Builder Expert beberapa hal berikut ini penting diperhatikan untuk meningkatkan kredibilitas sebuah website, terutama untuk profil perusahaan.

kredibilitas website

Contoh Website Company Profile Terbaik

Fungsi utama situs company profile memang untuk menyampaikan informasi penting terkait perusahaan. Namun, akan lebih bagus lagi bila kamu merancang website dengan desain yang menarik dan profesional.

Desain website sangat berperan penting dalam menunjukkan citra perusahaan. Faktanya, sebanyak 75% orang menilai kredibilitas website dari desainnya. Bahkan, penilaian tersebut berlangsung sangat cepat yaitu 0,05 detik saja untuk menentukan apakah mereka akan mengeksplor website atau tidak.

Baca Juga: Mengenal Customer Retention: Strategi Mempertahankan Pelanggan

Nah supaya kamu tidak bingung, berikut ini ada beberapa contoh website company profile perusahaan yang bisa menjadi inspirasi kamu. Yuk simak satu per satu!

1. BCA Digital

Situs profil BCA Digital merupakan salah satu contoh website company profile perusahaan yang bagus. Hadir dengan tampilan eye-catching menggunakan hero image header pada bagian homepage serta penggunaan desain gambar visual ala neumorphism.

contoh website company profile - bca digital

Di dalamnya berisi detail informasi perusahaan mulai dari visi misi, sejarah, struktur organisasi, hingga laporan perusahaan. Dikemas dengan desain dan copywriting yang modern, website profil BCA tetap terlihat profesional sesuai dengan value perusahaan.

Asset Blog Dewaweb

2. Gojek

Website company profile Gojek juga tak kalah menariknya. Meski menyajikan informasi yang padat, Gojek berhasil merancang website-nya menjadi ringkas dan mudah diakses. Didominasi dengan warna gelap dengan copywriting khas Gojek yang komunikatif menggunakan bahasa sehari-hari.

Beragam layanan aplikasinya ditampilkan dalam bentuk kartu-kartu interaktif, yang langsung terhubung ke tautan halaman info setiap layanannya.

contoh website company profile - gojek

3. Majoo

Situs company profile perusahaan lain yang bisa kamu contoh adalah milik Majoo. Perusahaan berbasis bisnis aplikasi wirausaha ini menggunakan desain minimalis dengan dominasi warna terang.

Pada bagian homepage, pengunjung langsung diajak melakukan konversi, cukup dengan mencantumkan email untuk mencoba aplikasi secara gratis. Untuk melengkapi pengenalan terhadap perusahaan, audiens disuguhkan dengan video company profile Majoo pada bagian bawah.

Jika di-scroll lebih lanjut, pengunjung akan menemukan informasi fitur, solusi aplikasi untuk setiap jenis bisnis, testimoni klien, hingga CTA di bagian akhir.

contoh website company profile - majoo

4. SolarGard

Website company profile SolarGard mengusung tampilan yang modern dan futuristis. Gambar background yang langsung menjadi satu dengan header website menjadikan tampilannya makin elegan. Berbeda dengan yang situs Majoo, website SolarGard lebih didominasi oleh foto-foto berukuran full page.

Informasi yang tercantum di dalamnya berupa penjelasan singkat tentang perusahaan, kontak dan media sosial, info produk, foto showcase, berita dan artikel, serta info dealer resmi SolarGard.

contoh website company profile - solargard

Baca Juga: Pengertian Mailing List, Jenis, Fungsi dan Cara Mudah Membuatnya

5. LGS Law Firm

Website profil perusahaan dibutuhkan untuk berbagai aspek industri usaha, termasuk di bidang hukum. Salah satu contohnya bisa kamu lihat pada situs company profile firma hukum di Jakarta, LGS Law Firm.

Desain website yang didominasi warna putih dan biru ini tampil elegan dan profesional. Untuk sebuah profil perusahaan, informasi yang tertera di dalamnya sangat lengkap.

Website LGS Law firm

Selain memberi info terkait perusahaan, LGS Law Firm menonjolkan kredibilitasnya di berbagai practice area dengan menyajikan insight dan updates di bidang hukum, testimoni klien, serta berbagai sertifikasi internasional yang diraihnya.

website LGS Lawfirm

6. Bluleadz

Kalau usahamu bergerak di bidang pemasaran atau digital agency, situs ini bisa dijadikan inspirasi. Website perusahaan marketing Bluleadz adalah salah satu referensi yang bagus.

Pada bagian homepage, pengunjung langsung diajak mempelajari layanan atau membuat janji konsultasi berdasarkan profesi mereka. Caranya dengan menggunakan menu drop-down untuk memilih profesi, apakah seorang executive leader, marketing leader, atau sales leader.

Asset Blog Dewaweb

Informasi yang dicantumkan sangat lengkap untuk sebuah web profil perusahaan. Misalnya, informasi layanan, sejarah perusahaan, info kontak, tim inti, klien, portofolio, harga layanan, hingga case study dari klien yang pernah bekerja sama.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Clickbait, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

7. McDonalds

Website McDonalds bisa menjadi contoh situs profil bisnis di bidang makanan. Tampilannya cukup sederhana dengan menu navigasi di kanan atas untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang dicari. Pengunjung situs juga bisa melakukan pemesanan yang langsung diarahkan ke situs McDelivery.

contoh website company profile - mcd

Selain profil perusahaan, dalam website memuat informasi terkait menu, promo, artikel berita, hingga daftar lokasi gerai McD seluruh Indonesia. Menariknya, di beberapa menu tercantum informasi kandungan nutrisi makanan, seperti total energi, lemak, gula, dan sodium.

contoh website company profile - mcd

8. Unilever

Website Unilever Indonesia patut dijadikan referensi untuk sebuah situs company profile yang bagus. Unilever bisa dibilang sebagai perusahaan distribusi barang konsumsi terbesar, mulai dari merk sabun, makanan, minuman, dan lainnya yang terkenal hingga seluruh dunia.

Unilever menonjolkan sisi visi dan nilai perusahaan melalui situs profilnya. Hal ini ditunjukkan dari header homepage yang menampilkan kegiatan-kegiatan sosial perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

website unilever

Di sisi lain, informasi terkait perusahaan disajikan lengkap mulai dari sejarah, visi misi, campaign, daftar produk-produk, kontribusi terhadap masyarakat, siaran pers, karir, hingga halaman khusus investor.

website unilever

9. Shell

Perusahaan Shell berhasil membangun online presence yang baik melalui website-nya. Keunggulan website company profile Shell dilihat dari ketersediaan informasi yang lengkap dan jelas.

Bukan hanya menjelaskan tentang produk dan perusahaan, Shell juga memiliki banyak informasi menarik lainnya berkaitan dengan kontribusinya di bidang energi dan inovasi untuk masa depan.

website shellSelain Website ini berisi profil perusahaan, beberapa informasi pelengkap seperti berita terbaru, proyek-proyek besar, inovasi, keberlanjutan perusahaan, laporan dan publikasi, serta info promo yang diadakan Shell.

website shell

Baca Juga: Google Bisnisku: Panduan Lengkap, Cara Daftar dan Verifikasi

10. IKAT Indonesia

Salah satu brand fashion ternama Indonesia, IKAT memiliki website yang tak kalah menawan. Desainnya cukup minimalis, didominasi dengan whitespace yang membuat foto-foto produk terlihat makin menonjol.

Tak hanya menampilkan koleksinya, di dalam halaman About Us mereka menceritakan kisah di balik brand IKAT yang diprakarsai oleh desainer Didiet Maulana. Pengunjung website juga disuguhkan dengan konten video koleksi pakaian dan fashion show yang pernah dilakukannya.

website IKAT Indonesia

Berapa Harga Website Company Profile?

Kisaran biaya untuk pembuatan website company profile bisa sangat bervariasi tergantung banyak faktor, misalnya dari developer, template, desain, dan web hosting yang kamu gunakan.

Berikut ini beberapa aspek yang diperlukan dalam pembuatan situs company profile:

  • Web hosting: tempat penyimpanan data pada sebuah website. Cek harga hosting murah dan berkualitas untuk website-mu.
  • Domain: alamat website yang idealnya sesuai dengan nama perusahaan. Cek daftar harga domain yang sesuai untukmu.
  • Desain: ada banyak tema website yang disediakan secara gratis di WordPress. Namun, jika ingin menggunakan fitur tambahan kamu bisa menggunakan template yang berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.
  • Plugin: tools untuk menambah fitur ke website. Plugin juga banyak tersedia secara gratis, namun ada juga beberapa plugin yang mengharuskan kamu membayar sejumlah biaya.
  • Keamanan Website (opsional): walau bersifat opsional, hal ini penting dimiliki untuk sebuah website profil perusahaan. Salah satu indikator keamanan sebuah website adalah adanya sertifikat SSL. Saat ini sebagian besar website di internet telah memiliki SSL.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website dari Nol sampai Jadi

Sebelum membuat website, jangan lupa pilih layanan web hosting terbaik untuk website perusahaan atau toko online-mu, karena web hosting juga berpengaruh pada kinerja sebuah website.

Dewaweb telah dipercaya oleh puluhan ribu klien mulai dari sektor kecil, menengah, hingga perusahaan makro untuk website mereka. Di Dewaweb, kamu bisa memilih paket cloud hosting mulai dari Rp.20ribu per bulan. Cari tau lebih lanjut di sini.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Web Hosting dan Perbedaannya, Agar Kamu Tak Salah Beli

paket hosting dewaweb

Siap untuk Mulai Buat Website Company Profile?

Website company profile adalah situs yang menampilkan profil perusahaan atau bisnis secara terperinci. Setiap bisnis wajib memiliki website profil perusahaan karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh.

Selain menampilkan informasi terkait perusahaan, company profile membantu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu.

Kumpulan contoh website company profile di atas diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang memulai bisnis. Kamu juga bisa baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb untuk membantumu sukses online. Semoga bermanfaat!