17 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop dan HP, Wajib Coba!

17 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop dan HP, Wajib Coba!

Ada banyak aplikasi edit video di laptop atau HP baik untuk pemula ataupun profesional. Masing-masing tools edit video tersebut memiliki fitur-fiturnya tersendiri, seperti penambahan teks, audio, hingga video background.

Bagi kamu yang ingin menyunting video, ada baiknya kamu mengetahui aplikasi mana yang cocok untuk kamu gunakan. Sebab, tiap aplikasi editing memiliki kelebihan dan spesifikasi masing-masing.

Berikut ini Dewaweb berikan daftar rekomendasi aplikasi penyunting video beserta penjelasan dan spesifikasi aplikasinya. Yuk langsung simak!

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android dan iOS

1. Adobe Premiere Pro

aplikasi edit video - adobe premiere

Aplikasi penyunting video pertama yang cocok digunakan oleh para YouTuber adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi buatan Adobe ini adalah salah satu software edit video yang cukup populer digunakan YouTuber. 

Adobe Premiere Pro memang ditujukan untuk kalangan profesional dengan berbagai fitur terbaik untuk video editing. Tak heran, aplikasi satu ini pantas masuk dalam daftar software video editor terbaik untuk YouTube. Adapun berbagai macam fitur editing yang ditawarkan oleh Adobe Premiere Pro, mulai dari mengedit video dari yang low resolution, 8K hingga VR (Virtual Reality).

2. Adobe Premiere Elements

Selain Adobe Premiere Pro, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lain dari Adobe, yakni Adobe Premiere Elements. Aplikasi ini lebih sederhana dan mudah digunakan bila dibandingkan dengan Premiere Pro. Meski begitu, hasil editan video kamu bakalan tetap ciamik.

Tidak perlu khawatir, fitur yang dimiliki oleh Adobe Premiere Elements tidak kalah canggih dengan Adobe Premiere Pro, mulai dari slow motion, overlay, timelapse, bounce back, dan double exposure. Ditambah dengan fitur fix action cam footage untuk memperbaiki guncangan pada video.

3. Capcut

Siapa tidak tahu Capcut? Aplikasi editing yang juga dikembangkan oleh pembuat aplikasi video TikTok ini sedang naik daun. Aplikasi gratis ini dapat diandalkan untuk memotong-sambungkan video, reverse video, hingga mengubah kecepatan video dengan mudah. Kamu juga dapat menambahkan filter, musik, stiker, font, dan efek. Capcut dapat digunakan di HP maupun PC.

4. Filmora & FilmoraGo

filmora

Tools edit video selanjutnya adalah Filmora. Tidak hanya untuk PC, aplikasi editing ini juga tersedia di HP. Filmora untuk mengedit video di PC, sedangkan FilmoraGo untuk mengedit video dari HP. Kelebihannya, aplikasi ini mudah bagi pemula dan bisa dipakai secara gratis. Meski tampilannya cukup simpel, fitur yang ditawarkannya terhitung lengkap.

Kamu bisa mengedit video resolusi 4K dengan lebih dari 100 pilihan template efek transisi. Filmora punya fitur Easy Mode yang bisa membuat tools editing lebih mudah dimengerti. Kelebihannya, aplikasi ini cukup ringan untuk diunggah sehingga tidak mudah crash saat digunakan.

5. InShot

aplikasi edit video - inshot

InShot adalah aplikasi edit video di HP yang bisa membantu kamu para YouTuber membuat video semenarik mungkin. Editor video InShot bisa digunakan secara gratis dengan beragam fitur yang profesional. Selain video, kamu juga bisa mengedit foto di aplikasi ini.

InShot memiliki fitur video editing yang lengkap, di antaranya seperti memangkas dan memotong video, menggabungkan, mengatur kecepatan, mengkompres video dalam format HD, hingga mengkonversi foto ke dalam bentuk klip video. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu kehabisan ide untuk membuat video yang menarik karena ada banyak pilihan efek transisi, filter, emoji, dan background musik yang dimilikinya.

6. Youcut

YouCut dari InShot adalah editor video gratis patut kamu coba. YouCut merupakan aplikasi pemangkas dan penggabung video yang dapat diandalkan untuk YouTube dan media sosial lainnya. Menariknya, YouCut bisa digunakan secara gratis dan bebas watermark.

Beberapa fitur utama YouCut antara lain menggabungkan klip video menjadi satu video, menambahkan video ke video, cutting dan trimming video, slice dan memisahkan video menjadi dua klip video terpisah, mengedit video dan menyesuaikan kecepatan video dengan filter dan efek video, dan masih banyak lagi.

7. PowerDirector

power director

Aplikasi penyunting video selanjutnya adalah PowerDirector. Aplikasi ini memudahkan kamu mengedit video dengan kualitas 4K menggunakan berbagai fitur, seperti tools video editing, video effects, collage, maupun menambahkan background music, dan animasi.

Hebatnya, software edit video satu ini dilengkapi dengan fitur chroma key yang bisa mengedit video di layar green screen. Selain itu, ada fitur video stabilizer untuk mengurangi guncangan pada video, voice changer, dan overlay.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Thumbnail Youtube, Mudah dan Menarik

8. KineMaster

aplikasi edit video - kinemaster

KineMaster adalah aplikasi untuk edit video di HP yang cukup populer. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, namun kamu juga bisa menggunakan versi yang berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih beragam.

Selain berbagai fitur video editing yang umumnya bisa kamu temukan, software ini juga menawarkan fitur chroma key yang biasa digunakan para Youtuber gaming untuk mengedit video menggunakan layar hijau. Sayangnya jika kamu menggunakan versi gratis, terdapat watermark pada hasil editan video menggunakan KineMaster.

9. Quik

Tools edit video terbaik selanjutnya adalah Quik. Aplikasi ini buatan dari action camera ternama dari GoPro. Awalnya aplikasi ini hanya diperuntukkan guna mengedit video dari kamera GoPro, namun aplikasi ini sudah bisa digunakan secara bebas dan tersedia di Google Playstore serta App Store.

Lebih lanjut, Quik memiliki fitur unik yaitu QuikStories yang secara otomatis mengubah video-video footage yang kamu miliki menjadi sebuah video yang menawan hanya dengan sekali klik saja. Sama seperti software edit video lainnya, Quik memiliki fitur video editor yang tak kalah menarik. Kamu bisa menambahkan efek transisi video dengan pilihan tema yang beragam.

10. Viva Video

viva video

Viva Video termasuk salah satu tools edit video di HP yang bisa digunakan oleh para YouTuber untuk mengedit video yang dimiliki. Mirip dengan tools edit video lainnya, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk menggabungkan video, memotong, hingga mengatur kecepatan video.

Tidak hanya itu, Viva Video juga menyediakan beragam pilihan filter dan efek video. Kamu bisa menambahkan teks, animasi, filter, dan efek slow motion di videomu. Cocok banget untuk kamu yang tidak mau repot untuk mengedit video yang simpel.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Video Selain YouTube yang Tak Kalah Seru

11. Adobe Premiere Rush

apliaksi edit video - adobe rush

Selain Adobe Premiere Pro dan Elements, Adobe juga mengeluarkan aplikasi penyunting video lainnya yang bernama Adobe Premiere Rush. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam, mengedit, dan membagikan video secara online. Terlebih, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur drag & drop yang memudahkanmu untuk mengedit video, menambahkan audio, grafis, foto, hingga overlay.

Kamu juga bisa melakukan kustomisasi animated title agar terlihat berbeda dengan yang lain. Aplikasi ini memiliki pilihan soundtrack, efek audio, hingga loops yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, kamu bisa langsung membagikan hasil video ke berbagai platform seperti Instagram, TikTok, Youtube dan lainnya dengan aspek rasio yang otomatis disesuaikan.

12. VideoShow

video show

Aplikasi lainya yang dapat digunakan untuk mengedit video adalah VideoShow. Aplikasi ini memberikan kemudian untuk kamu mengedit video dengan berbagai fitur editing tools di dalamnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan teks, efek, GIF, transisi, hingga live dubbing untuk videomu. Kamu bisa mengekspor video dengan kualitas 4K tanpa merusak kualitasnya.

13. Splice

aplikasi edit video - splice

Splice adalah aplikasi untuk mengedit video dengan praktis dan bisa digunakan di HP Android maupun iOS. Selain karena tampilannya mudah untuk digunakan, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis alias tanpa iklan, sehingga tidak mengganggu kamu ketika sedang mengedit. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini, yakni memotong, menggabungkan video, menambahkan teks, soundtrack, dan overlay pada video.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube di Mesin Pencari

14. Magisto

Magisto adalah aplikasi mengedit video yang bisa kamu gunakan di smartphone Android atau iOS. Software ini memudahkan kamu mengedit video secara otomatis, dari gambar dan video yang diambil dari HP kamu.

Terdapat banyak fitur yang bisa membuat video kamu lebih menawan. Beberapa di antaranya, yakni mengubah transisi video, memotong, juga menambahkan musik dan efek. Kamu juga bisa membagikan hasil editan video kamu dengan mudah ke media sosial.

15. Vimeo Create

Bagi kamu yang paru terjun di dunia YouTube dan masih ingin belajar mengedit video, kamu bisa menggunakan aplikasi Vimeo Create. Aplikasi ini cocok digunakan untuk keperluan pengeditan video yang sederhana. Tampilan interface-nya cukup simpel dan mudah digunakan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai template sebagai dasar pengeditan video. Kamu juga bisa memanfaatkan koleksi foto dan gambar free royalty yang mereka sediakan ke dalam videomu.

16. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah salah satu aplikasi penyunting video yang bisa digunakan gratis di perangkat Windows, MacOS, atau Linux. Meski gratis, kabarnya aplikasi video editor  para Youtuber satu ini memiliki fitur lengkap yang mirip aplikasi berbayar seperti Adobe Premiere Pro lho!

Adapun beberapa fitur menarik yang disajikan oleh DaVinci Resolve, mulai dari motion graphic, color corrector, visual effect, hingga audio mixing. DaVinci bahkan mendukung pengeditan video resolusi 8K. Software video editor ini sudah terbukti andal untuk mengedit video pendek hingga film.

17. iMovie

aplikasi edi video - imovie

Tools edit video yang terakhir adalah iMovie. Aplikasi ini merupakan besutan dari Apple yang hanya bisa dioperasikan pada perangkat sistem operasi iOS saja. Tersedia berbagai pilihan template tema, filter, background, hingga soundtrack dan efek audio yang bisa kamu gunakan.

iMovie juga mendukung pengeditan video dengan green screen dan efek split screen. Bahkan kamu bisa membuat video trailer dari beragam template dengan tampilan animasi yang memukau.

Mana Aplikasi Edit Video Terbaik Pilihanmu?

Nah, itu dia beberapa daftar aplikasi edit video terbaik yang bisa digunakan di laptop dan HP baik untuk pemula maupun profesional. Sebelum memilih aplikasi editing yang akan digunakan, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan video yang akan kamu edit. Kendati demikian, hampir semua aplikasi yang ada di atas memiliki fitur yang mirip.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!