Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress, Gampang!

Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress, Gampang!

Hobi menulis pasti akan diterapkan dengan memiliki sebuah blog personal, namun dalam memilih blog personal ini pasti disuguhkan banyak pilihan, seperti CMS WordPress, Blogger, Joomla, ada pula yang static HTML maupun PHP. Namun, jika kamu sebelumnya adalah penulis atau pengguna di Blogger dan ingin mengetahui cara migrasi dari Blogger ke WordPress. Silakan simak artikel berikut.

Memang betul, pemindahan atau migrasi ini memaksa kamu untuk beradaptasi nantinya terhadap CMS yang akan kamu geluti setelah itu. Pemindahan ini pun ada beberapa persyaratannya dan konsekuensi yang diterima.

Migrasi Blogger ke WordPress

WordPress memang menguasai hampir 80% lebih dari pengguna Blog di Internet, karena WordPress sendiri easy-to-use dan user friendly, sehingga banyak pengguna Blogger yang pindah. Namun menggunakan Blogger tersendiri lebih hemat, karena hanya cukup bermodal Domain saja sudah bisa tampil di Internet.

Konsekuensi dan Persyaratannya yang akan diterima:

Konsekuensi:

  1. Theme tidak ikut terpindah, karena berbeda format dengan WordPress.
  2. Perlu memilih Theme yang sesuai dengan keinginan dan butuh waktu untuk penyesuaian tersebut.
  3. Website akan tidak bisa diakses dalam beberapa menit karena propagasi DNS.

Persyaratan:

  1. Memiliki Domain yang aktif. Jika belum punya, Anda bisa beli domain di Dewaweb.
  2. Memiliki Hosting yang aktif dan sudah di install WordPress. Anda juga bisa mendapatkan hosting terbaik d Dewaweb.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Food Blogger

Proses Migrasi

Berikut ini proses migrasi Blogger ke WordPress:

Step 1 – Backup File Blogger

Login ke Blogger, kemudian ke menu Theme dan klik Backup/Restore di pojok kanan atas, kemudian Download Theme.

Step 2 – Install Plugins Blogger Imported Extended

Blogger ke WordPress

Di sini kami menggunakan plugins tersebut karena menurut kami plugins tersebut powerful dan mampu memindahkan posts, pages, comments dan images.

Step 3 – Run Importer

migrasi Blogger ke WordPress

Setelah install, aktifkan kemudian klik Run Importer.

Step 4 – Connect to Blogger

memindahkan Blogger ke WordPress

Klik Connect to Blogger, untuk migrasi ini diperlukan konek ke blogger terlebih dahulu, sehingga diperlukan login ke Blogger menggunakan gmail. Akan ada allow access untuk Author Plugins, yaitu pipdig.rocks untuk melakukan penarikan konten atau data, klik Allow.

Step 5 – Start Import

import Blogger ke WordPress

Jika di dalam email kamu terdapat beberapa Blog, maka nanti akan muncul beberapa blog tersebut untuk dipilih yang mana yang akan dilakukan import. 

Pilih Blog yang ingin di-import, kemudian Start Import.

import blog Blogger ke WordPress

Ada proses import yang perlu ditunggu dan butuh proses, lama atau tidaknya tergantung berapa banyak jumlah post, pages, comments dan images.

Jika posts dan images kamu banyak, bahkan lebih dari 1000, prosesnya akan memakan waktu lama dan akan muncul error “The Importer has stopped Unexpectedly!” Kamu hanya perlu menunggu saja, karena secara otomatis akan melanjutkan proses yang terhenti sebelumnya.

Baca Juga: Inilah Perbandingan CMS WordPress, Drupal, dan Joomla!

Step 6 – Assign Authors

Pada saat proses importnya selesai, akan ditanyakan mengenai user yang akan digunakan sebagai Author. 

author Blogger ke WordPress

Jika ingin menggunakan user yang sudah ada, tinggalkan kosong pada halaman Create a New One, namun jika ingin user yang baru, masukkan nama user yang di-inginkan. Atau bisa skip untuk mengikuti User sesuai Authors pada Blogger.

import Blogger ke WordPress done

Proses Import berhasil dan sudah selesai!

Kemudian silakan cek website untuk mengetahu hasilnya.

hasil migrasi Blogger ke WordPress

Jika seperti tampilan di atas, maka Migrasi Blogger ke WordPress telah selesai. Selanjutnya, kamu harus memilih theme yang cocok untuk keperluan Blog dan Niche kamu.

Baca Juga: Tutorial: Pointing Domain Milik Sendiri ke Blogspot

Kesimpulan

Plugins Blogger Importer Extended sebelumnya di Develop oleh Yuri Farina, karena banyak bug dan masalah sepertinya sudah diteruskan dan diperbaiki oleh Pipdig.

Dengan begitu, sangat memudahkan pengguna Blogger yang ingin migras ke WordPress tanpa susah-susah upload berulang-ulang file atau memindahkan secara manual.

Para Ninja Support Dewaweb juga bersedia membantu kamu dalam memindahkan konten di Blog yang lama ke WordPress baru loh!

Demikian artikel cara migrasi dari Blogger ke WordPress, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!