WP Fastest Cache: Panduan dan Review

WP Fastest Cache: Panduan dan Review

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan dan ulasan lengkap mengenai WP Fastest Cache. Namun sebelumnya mari mengenal apa itu chace sendiri!

Anda pasti sudah tahu bahwa kecepatan loading website adalah salah satu faktor yang dapat menentukan apakah seseorang akan mengunjungi website Anda. Anda juga pasti sudah tahu dan mengerti bahwa kecepatan loading situs juga merupakan faktor penting dari on-page SEO.

Memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website, tetapi salah satu cara yang paling jitu adalah dengan caching.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google menyukai situs yang lebih cepat. Kita semua menyukai situs yang lebih cepat. Salah satu faktor penyebab munculnya sebuah halaman website di halaman pertama hasil pencarian Google termasuk kecepatan situs dan waktu responsnya.

Jika waktu loading website Anda cenderung lama, Google akan memberi penalti kepada website Anda dan mendorong peringkat Anda di halaman hasil pencarian ke bawah.

Caching adalah faktor fundamental dalam menentukan kinerja keseluruhan situs. Terutama di WordPress, karena caching membantu menghasilkan halaman HTML secara dinamis – dengan menggunakan kode PHP ditambah dengan query database MySQL.

Dengan protokol caching yang dikonfigurasi dengan benar, situs WordPress Anda dapat dipesan lebih cepat. Ini membantu mempercepat waktu loading situs Anda secara gratis! Mempercepat situs WordPress Anda dapat digunakan dalam 3 cara utama:

  • Gunakan server high end yang sangat kuat
  • Gunakan Jaringan Pengiriman Konten (Content Delivery Network / CDN)
  • Gunakan Konfigurasi Caching WordPress

Dua poin pertama yang disebutkan bisa sangat mahal dan biasanya bergantung pada jumlah pengunjung yang dimiliki sebuah situs. Namun, caching WordPress bisa digunakan – dan memang sebaiknya harus digunakan –  bahkan di situs web yang dianggap kecil sekalipun.

Sebelum kita mulai membahas plugin yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses caching, mari kita bahas dulu apa itu caching.

Baca Juga: Cara Menggunakan Heading pada WordPress bagi Pemula

Definisi Cache

Mungkin Anda pernah mendengar kata cache. Apa itu? Cache dapat diartikan sebagai file sementara yang tersimpan di memori sebuah komputer atau website.

Untuk website, berarti semua informasi di halaman-halaman website Anda, gambar-gambar, files dan berbagai objek lainnya sudah tersimpan di memorinya. Dengan begini, jika seseorang sering membuka atau mengakses halaman-halaman tersebut, browser Anda sudah menyimpan informasi tentangnya.

Jika browser tidak harus menguraikan informasi baru setiap kali seseorang mengakses website tersebut, maka waktu loading website Anda akan menjadi lebih cepat. Inilah yang dimaksud dengan caching.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress, mungkin ada yang belum mengerti apa saja yang terjadi saat seseorang datang mengunjungi website Anda.

Ketika seseorang mengunjungi website WordPress Anda, mereka akan mencari berbagai data dari database situs Anda. Setelah itu, database akan memberikan WordPress semua data yang mereka minta. Lalu WordPress akan menggabungkan semua data tersebut dan membuat kode PHP yang akan membuat suatu halaman HTML secara dinamis. Kemudian, halaman HTML tersebut akan ditampilkan di layar pengunjung Anda.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa melihat bahwa WordPress membutuhkan waktu untuk meminta, mendapatkan, dan mengumpulkan data-data yang diminta saat seseorang mengunjungi website Anda.

Nah, bagaimana jika halaman web yang dihasilkan secara dinamis tersebut disimpan di hard disk server atau memori (RAM) dan dilayani dari sana, setiap kali seseorang meminta halaman itu?

Tidak peduli jika satu atau 1000 orang mengaksesnya, halaman yang sama akan dikirim! Itu akan menghemat banyak query database, eksekusi kode PHP, sehingga membantu menghemat faktor terpenting – perhitungan waktu yang berharga. Ini dapat membantu waktu loading website Anda.

Inilah yang dimaksud dengan caching WordPress. Menggunakan kembali data yang dihasilkan sebelumnya (atau permintaan seperti query database) untuk mempercepat permintaan baru dan berikutnya.

Tapi tunggu dulu! Bagaimana jika seseorang berkomentar atau mengupdate sebuah posting atau menerbitkan yang baru? Tidakkah halaman HTML yang dihasilkan sebelumnya mengandung data yang salah atau ketinggalan jaman? Anda benar! Dengan demikian kita memiliki sesuatu yang disebut dengan membongkar cache.

Membongkar cache pada dasarnya berarti mengembalikan semua data cache sebelumnya. Ini berarti yang lama dihapus dan yang baru dibuat atau diperbarui. Ini biasanya terjadi berdasarkan sejumlah protokol – beberapa di antaranya meliputi:

  • Saat ada komentar diposting
  • Saat posting baru diterbitkan
  • Saat posting lama diperbarui

WordPress core dan plugin caching akan mengetahui kapan harus membersihkan cache sehingga data lama dan tidak relevan tidak disajikan kepada pengunjung.

Jika Anda masih belum yakin mengapa Anda harus melakukan caching, berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh caching:

  • Mempercepat situs Anda secara gratis
  • Membantu peringkat di halaman hasil pencarian Google dan peringkat mesin pencari lainnya
  • Menyimpan sejumlah besar konsumsi sumber daya server. Ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang meng-host situs mereka di server hosting bersama

Bagi Anda yang ingin melakukan caching, ada baiknya Anda mengecek dulu kecepatan website Anda saat ini. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk melihat apakah waktu loading situs Anda termasuk cepat atau lambat, tetapi juga sebagai perbandingan setelah Anda mengaktifkan plugin caching. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa plugin caching Anda bekerja dengan baik dan maksimal.

Dari penjelasan di atas, tentu Anda mulai mengerti bahwa caching dapat membantu meningkatkan kecepatan dan performa website Anda. Bagi Anda yang menggunakan WordPress, mereka memiliki beberapa plugin caching yang bisa Anda gunakan.

Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas salah satu plugin caching terbaik dan mudah untuk digunakan yang disediakan oleh WordPress yaitu WP Fastest Cache.

WP Fastest Cache

Baca Juga: Post Grid: Plugin Layout Grid WordPress

WP Fastest Cache: Review

Menurut para pengembangnya, plugin WP Fastest Cache adalah “sistem cache WP tercepat”. Plugin ini menghasilkan file HTML statis berdasarkan blog WordPress dinamis Anda dan menyimpannya di cache.

WP Fastest Cache juga merupakan plugin cache yang bagus dengan lebih dari 100.000 perangkat aktif. Plugin ini memiliki user experience yang baik dan bekerja dengan baik dengan semua plugin lainnya.

WP Fastest Cache membanggakan dirinya dalam menyediakan plugin yang mudah dipasang – dan ini memang merupakan salah satu poin besar bagi plugin cache yang satu ini. Anda bahkan tidak perlu memodifikasi file .htaccess.

Berikut adalah beberapa fitur dari plugin caching WordPress yang satu ini:

  • Plugin ini menggunakan mod_rewrite, yang merupakan metode tercepat, untuk membuat file HTML statis di situs Anda.
  • Meminifikasi HTML dan CSS Anda
  • Mengaktifkan kompresi Gzip untuk mengurangi size dari files yang dikirimkan oleh server Anda
  • Mendukung caching untuk browser dan desktop
  • Memberi pilihan untuk menggabungkan file JavaScript dan CSS bersama-sama untuk mengurangi permintaan dari server Anda.
  • Menghapus cache files secara otomatis setiap kali plugin mendeteksi adanya postingan baru, komentar baru, dan postingan lama yang diperbarui.
  • Mendukung CDN dan SLL.
  • Memberi pilihan untuk mengaktifkan atau meng-non-aktifkan pilihan cache saat halaman diakses melalui mobile devices.
  • Menyediakan pilihan untuk mengaktifkan cache timeout untuk halaman tertentu.

Mungkin ada beberapa kata-kata yang terdengar asing di telinga Anda, salah satunya adalah meminifikasi. Meminifikasi dalam bahasa pemrograman komputer dan terutama JavaScript, adalah proses penghapusan semua karakter yang tidak diperlukan dari kode sumber tanpa mengubah fungsinya.

Karakter yang tidak perlu ini biasanya mencakup karakter spasi putih, karakter baris baru, komentar, dan terkadang pembatas blok, yang digunakan untuk memudahkan proses pembacaan kode namun sebenarnya tidak diperlukan dalam proses eksekusi.

Yang dimaksud dengan meminifikasi HTML dan CSS disini adalah mengurangi karakter-karakter yang tidak diperlukan dari halaman HTML dan CSS Anda sehingga ukuran file di website Anda tidak berat yang nantinya akan berpengaruh dalam mempercepat waktu loading website Anda.

Anda bisa menggunakan WP Fastest Cache secara gratis, tetapi jika Anda ingin hasil yang lebih optimal, Anda bisa menggunakan versi premium dari plugin ini.

Untuk mendapatkan versi premium, Anda perlu membayar sebesar $39.99. Versi premium ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti:

  • Mobile and widget cache
  • Minify HTML plus
  • Minify CSS plus
  • Minify JS
  • Combine JS plus
  • Render Blocking JS
  • Image Optimization
  • Cache Statics
  • Delete Cache logs
  • Database Cleanups
  • Google Fonts Async

Nah, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk menggunakan plugin caching yang satu ini? Bagi Anda yang ingin mulai menggunakan plugin ini, berikut adalah panduan konfigurasi WP Fastest Cache untuk website Anda. Sebelumnya, perlu diingat bahwa plugin ini hanya bisa digunakan oleh pengguna WordPress.

Baca Juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

WP Fastest Cache: Guide

Seperti yang disebutkan sebelumnya, WP Fastest Cache adalah salah satu plugin cache untuk WordPress yang mudah untuk dikonfigurasi. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstall plugin ini.

Pertama, log in ke dashboard admin WordPress Anda. Di sisi kiri layar Anda, ada pilihan ‘Plugins’. Jika Anda mengarahkan kursor ke situ, Anda akan melihat opsi ‘Add New’.

Add New Plugin WordPress

Klik ‘Add New’ dan Anda akan diarahkan ke halaman dengan pilihan plugin populer, rekomendasi, dan favorit. Jika Anda tidak melihat WP Fastest Cache di halaman tersebut, Anda bisa mencari dengan menggunakan kotak pencarian di bagian kanan atas yang dapat Anda gunakan untuk menemukannya.

WP Fastest Cache WP Plugin

Setelah Anda menemukan plugin WP Fastest Cache, klik ‘Install Now’ dan WordPress akan melakukan proses download serta memulai proses instalasi. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengaktifkan plugin tersebut. Aktifkan plugin tersebut.

Jika Anda sudah menginstall dan mengaktifkannya, WP Fastest Cache akan muncul di bagian kiri dashboard WordPress Anda.

WP Fastest Cache on Dashboard

Setelah itu, Anda bisa mengklik WP Fastest Cache dan Anda haru melakukan konfigurasi agar plugin ini bekerja dengan baik untuk website Anda.

Tab pertama yang akan Anda lihat adalah settings. Pastikan bahwa semua box untuk hal-hal di bawah ini tercentang:

  • Cache System (Enable)
  • Preload
  • Logged-in Users
  • Mobile
  • New Post
  • Update Post
  • Minify CSS
  • Combine CSS
  • Combine JS
  • Gzip
  • Browser Caching

Kemudian Anda bisa memilih bahasa yang ingin Anda gunakan dan klik Submit.

WP Fastest Cache Settings

Jika Anda bingung apa maksud dari hal-hal yang dicentang di atas, berikut adalah penjelasan singkat dari kegunaannya masing-masing.

Preload. Ini adalah hal yang harus selalu Anda aktifkan karena mereka membantu mempersiapkan cache untuk halaman-halaman website Anda.

New post. Jika Anda menampilkan postingan blog Anda di homepage, ada baiknya jika Anda mengaktifkan caching. Anda bisa juga memilih untuk menghapus semua cache website setiap kali postingan baru diterbitkan, tetapi hal ini tidak membantu banyak dan dapat memperlambat kecepatan loading time website Anda.

Update Post. Ketika Anda mengupdate sebuah post, hanya beberapa elemen dari website Anda yang terkena pengaruhnya. Sebaiknya Anda mengkonfigurasi plugin untuk menghapus cache post tersebut.

Minify. Sebaiknya Anda tidak melakukan pengaturan minifikasi secara lokal untuk HTML, CSS, dan JS. Ini jauh lebih baik dilakukan di CDN Anda, seperti CloudFlare.

Hal lain yang mungkin terjadi jika Anda  melakukannya secara lokal adalah bahwa hal itu mengurangi semua kode situs Anda sehingga kemungkinan besar Anda akan mengalami sedikit kesulitan dalam mengedit desain web Anda jika Anda tidak memiliki pengertian lengkap tentang kode.

Gzip. Jenis kompresi ini hanya bekerja dengan baik pada host host Apache. Tidak banyak manfaat nyata yang didapatkan saat digunakan di server Litespeed.

Tab kedua adalah pilihan delete cache. Jika Anda ingin menghapus cache seluruh website Anda, pilih tab ini dan kemudian klik tombol biru bertuliskan Delete Cache. Jika Anda mengaktifkan minification, maka Anda juga perlu menghapus cache tersebut ketika anda melakukan perubahan terhadap CSS atau tema Anda.

WP Fastest Cache Delete Cache

Pengaturan CDN. Sebaiknya Anda tidak menggunakan pengaturan Other CDN Providers (Penyedia CDN Lain) jika Anda menggunakan CloudFlare. Itu tidak akan terintegrasi dengan baik.

WP Fastest Cache CDN Settings

Anda juga akan melihat tab Premium. Seperti yang disebutkan sebelumnya WP Fastest Cache memang memiliki versi premium yang tersedia. Anda harus mendownload dan menginstal versi gratis terlebih dahulu, dan kemudian Anda bisa mengupgrade dari dalamnya. Anda hanya perlu melakukan pembayaran satu kali per situs.

Premium WP Fastest Cache

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

Simpulan

Memang dalam memilih plugin WordPress untuk caching, itu semua tergantung pada pengoptimalan plugin dan tema yang Anda gunakan. Sebaiknya uji kecepatan situs Anda sebelum menerapkan plugin caching lalu jalankan kembali tes yang sama setelah memasang plugin caching.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa WP Fastest Cache adalah salah satu plugin terbaik yang bisa Anda gunakan.

Jangan lupa, sebelum Anda mulai proses instalasi dari plugin ini, Anda sebaiknya mengecek dulu waktu loading website Anda.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk mengetahui kecepatan website Anda saat ini, tetapi juga agar Anda bisa membandingkan kecepatannya setelah Anda memasang plugin caching. Ini bisa menjadi pengukur apakah plugin Anda sudah bekerja dengan baik dan maksimal.

Setelah Anda menginstall plugin ini, proses konfigurasi dan penggunaan yang mudah tentunya akan sangat membantu karena itu berarti Anda tidak perlu susah-susah mempelajari cara penggunaan plugin ini.

Selain itu, plugin ini memiliki banyak poin plus yang akan memudahkan Anda dalam menggunakannya. Anda tidak perlu melakukan apapun secara manual karena plugin sudah mengerjakan semuanya untuk Anda.

Dengan plugin caching yang bagus, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kecepatan loading website Anda. Para pengunjung tidak akan mengalami waktu loading situs yang lambat karena banyaknya data di website Anda. WP Fastest Cache akan mengurus semua hal yang berhubungan dengan caching website Anda sehingga pengunjung website akan mendapatkan user experience terbaik.

Selain WP Fastest Cache, kami juga membahas dua caching tools lainnya yaitu W3 Total Cache dan WP Super Cache yang bisa Anda gunakan sebagai perbandingan.

Kemudian, hal lainnya yang tak kalah penting dari penggunaan plugin adalah pemilihan . Dengan penggunaan hosting murah dan domain murah Indonesia dari Dewaweb yang dilengkapi SSL certificate dan online backup, Anda akan mendapat pengalaman terbaik dalam mengelola sebuah website.

Selamat mencoba!