Mengenal Sistem Jaringan WPA2-PSK dalam Keamanan WiFi

Mengenal Sistem Jaringan WPA2-PSK dalam Keamanan WiFi

Menggunakan jaringan internet tanpa kabel seperti WiFi adalah kesukaan banyak orang. Selain dapat memberikan kecepatan internet yang tinggi, WiFi juga sudah dilengkapi dengan  sistem keamanan enkripsi. WPA2-PSK adalah salah satu jenis enkripsi yang banyak digunakan.

Selain WPA2-PSK, ada beberapa jenis enkripsi lain untuk mengamankan jaringan WiFi. Semua jenis enkripsi tersebut memiliki peran penting untuk mengamankan data user saat menggunakan jaringan nirkabel seperti WiFi.

Agar dapat memahami lebih jelas, artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu WPA2-PSK dan bagaimana cara kerjanya dalam mengamankan jaringan WiFi.

Baca juga: Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Apa Itu WPA2-PSK?

WPA2-PSK adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access Pre-Shared Key, yaitu sebuah sistem enkripsi yang digunakan untuk memvalidasi pengguna pada jaringan area lokal nirkabel. 

Dengan begitu, kamu dapat tetap berinternet di jaringan WiFi tanpa terlihat oleh pengguna WiFi lainnya. Sistem enkripsi WPA2-PSK ini, dikenal juga dengan sebutan WPA-PSK atau WPA Personal.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Jenis-Jenis, dan Topologinya

Cara Kerja WPA2-PSK

WPA2-PSK bekerja dengan router yang memiliki passphrase. Setidaknya, dibutuhkan antara 8 hingga 63 karakter passphrase agar dapat mengenkripsi data yang ada di dalam jaringan.

Ada dua opsi metode yang digunakan untuk mendapatkan kunci enkripsi unik bagi setiap pengguna jaringan WiFi. Metode TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) dan AES (Advanced Encryption Standard).

Proses enkripsi menggunakan TKIP akan menghasilkan jenis enkripsi WPA (TKIP), dan jika menggunakan AES akan menghasilkan WPA2-PSK (AES). Untuk tingkat keamanan, enkripsi jenis WPA2-PSK (AES) berada di atas WPA (TKIP).

Baca Juga: Perbedaan Routing Statis dan Dinamis: Panduan Lengkap

Jika kunci enkripsi unik sudah didapatkan, nantinya pengguna WiFi hanya perlu menghubungkan ke router dan memberikan kata sandi untuk memvalidasi identitas mereka. Selama kata sandi cocok, maka pengguna akan langsung terhubung ke WLAN.

WPA2-PSK adalah jenis enkripsi generasi terbaru untuk mengamankan jaringan WiFi. Dengan enkripsi ini, pengguna WiFi dapat mengamankan data mereka saat melakukan transmisi melalui saluran nirkabel antara router dan perangkat jaringan lainnya.

Baca juga: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Node pada Jaringan Komputer

Perbedaan WPA dan WPA2

Sebelumnya sudah dijelaskan jika ada beberapa jenis enkripsi selain WPA2-PSK, seperti WPA yang merupakan jenis sebelumnya. Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah perbedaan antara WPA dan WPA2:

WPA

  • Diciptakan pada 2003
  • Menggunakan metode TKIP (Temporal Key Integrity Protocol)
  • Lebih kuat dari WEP, menawarkan keamanan dasar
  • Mendukung perangkat lunak yang lebih lama
  • Dapat menggunakan kata sandi yang lebih pendek

WPA2

  • Diciptakan pada 2004
  • Menggunakan metode AES (Advanced Encryption Standard)
  • Lebih kuat dari WAP, menawarkan peningkatan keamanan
  • Hanya kompatibel dengan perangkat lunak yang lebih baru
  • Membutuhkan kata sandi yang lebih panjang

Baca juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Bisakah Membobol Jaringan WiFi WPA2-PSK?

Sama halnya dengan semua standar keamanan nirkabel lainnya, WPA2-PSK adalah jenis enkripsi yang tidak 100% aman terhadap peretasan. Ketika kamu mencoba terhubung dengan jaringan WiFi, kamu perlu melalui proses 4 way handshake.

Proses tersebut merupakan proses pertukaran 4 pesan antara titik akses (authenticator) dan perangkat klien (supplicant) untuk menghasilkan beberapa kunci enkripsi yang dapat digunakan untuk mengenkripsi data aktual yang dikirim melalui jaringan nirkabel.

Selama proses ini, peretas dapat dengan mudah mendapatkan kata sandi menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras yang tersedia. Untuk itu, kamu harus selalu waspada saat menggunakan jaringan WiFi, terutama pada area publik. Menggunakan VPN adalah salah satu cara untuk meningkatkan keamanan jaringan WiFi-mu.

Baca juga: 10 VPN Gratis Terbaik untuk Internet yang Lebih Aman

Tips Mengamankan Jaringan WiFi WPA2-PSK

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan jaringan WiFi yang menggunakan keamanan WPA2-PSK, seperti di bawah ini:

Ubah nama default WiFi Milikmu

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengubah SSID (Service Set IDentifier) atau nama jaringan Wi-Fi milikmu. Umumnya, WiFi memiliki SSID default yang didapat dari pabriknya. Jika kamu tidak mengganti SSID default tersebut, maka akan memberikan kesempatan yang lebih mudah bagi peretas untuk membobol jaringan WiFi milikmu.

Gunakan kata sandi WiFi yang unik dan kuat

Selain SSID default, saat memasang WiFi pertama kali, kamu juga akan mendapatkan kata sandi default. Kata sandi tersebut mudah ditebak oleh peretas, terutama jika mereka mengetahui pabrikan router.

Untuk itu, ganti kata sandi default menjadi kata sandi yang unik dan kuat. Semakin rumit kata sandi yang kamu buat, semakin sulit bagi peretas untuk membobol jaringanmu.

Baca Juga: Apa Itu Intranet? Ini Perbedaannya dengan Internet

Matikan pencarian nama jaringan WiFi milikmu

Jika kamu menonaktifkan pencarian nama WiFi milikmu, maka nama jaringanmu tidak akan muncul ketika orang asing ingin mencarinya. Hal ini akan menyulitkan peretas yang ingin mencoba mencari dan meretas jaringan WiFi-mu.

Perbarui firmware router

Firmware router dapat memiliki kelemahan yang jika tidak segera diperbarui dan akan menimbulkan kerentanan terhadap serangan hacker. Untuk itu, selalu pasang firmware terbaru untuk router milikmu dan unduh patch keamanan terbaru agar meningkatkan keamanan jaringan WiFi-mu dari serangan hacker.

Gunakan VPN

Saat kamu menggunakan VPN, klien VPN akan diluncurkan ke perangkatmu. Kemudian, ketika kamu masuk dengan kredensial milikmu, server perangkatmu akan bertukar kunci dengan server lain. Setelah kedua server saling memverifikasi, semua komunikasi internet akan dienkripsi dan disembunyikan dari pengintaian luar.

Baca juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

Apa Jaringan WiFi yang Paling Aman?

WPA2-PSK adalah jenis enkripsi terbaru yang lebih aman untuk melindungi jaringan WiFi. Hal ini karena WPA2-PSK menggunakan kata sandi yang lebih panjang dari WPA-PSK.

Selain itu, jenis enkripsi WPA2-PSK juga menggunakan standar keamanan modern WPA2, dengan model enkripsi TKIP maupun AES. Sedangkan WPA-PSK hanya dapat menggunakan model enkripsi TKIP saja.

Agar jaringan WiFi-mu lebih aman, kamu bisa memanfaatkan VPN saat berinternet. Selain itu, kamu juga bisa menghindari website-website yang mencurigakan untuk mengurangi risiko peretasan oleh hacker.