Yuk, Belajar Membuat Konten Email Marketing yang Menarik dari 5 Brand Ini

Salah satu cara menarik banyak audiens dan melakukan promosi produk adalah dengan memiliki konten email marketing yang menarik. Email marketing tak hanya untuk menarik pelanggan tapi juga membangun koneksi dan menjalin hubungan yang baik dengan pelangganmu. Jenis email ini dikirimkan secara personal kepada pelanggan sehingga bisa terasa lebih dekat dan menjangkau mereka.

Tapi, membuat konten email marketing tidak semudah membuat email yang biasa dilakukan. Kamu harus membuatnya semenarik dan seunik mungkin agar sukses menarik pelanggan. Berikut contoh ide konten email marketing yang bisa kamu tiru dari brand ini!

Warby Parker

Strategi email marketing yang dilakukan oleh Warby Parker cukup bisa menarik perhatianmu. Ini karena subject email yang mereka gunakan adalah “uh-oh, your prescription is expiring” yang mengingatkan bahwa masa penggunaan kacamatamu akan segera habis dan perlu segera melakukan pembaharuan.

Hal ini sangat menarik untuk dilakukan karena berguna sebagai informasi dan juga media promosi.

Baca Juga: Membuat Email Campaign dengan phpList

Warby Parker kemudian juga melakukan strategi pemasaran dengan cara memberikan alamat optometris mereka jika kacamatamu memang segera habis masa penggunaannya. Ada juga informasi tentang pentingnya memeriksa kesehatan mata tiap tahunnya dan mempromosikan usaha mereka.

Dengan begitu, kamu akan tertarik melihat penawaran yang mereka lakukan.

Charity: Water

Email transaksional juga menjadi bagian dari konten email marketing yang bisa digunakan sebagai media promosi. Email transaksional adalah jenis email yang otomatis masuk ke inbox setelah kamu melakukan sebuah tindakan pada sebuah website. Konten email transaksional bisa berisi tentang formulir yang harus diisi atau tawaran membeli produk.

Sebagai media promosi dan pengenalan bisnis yang kamu lakukan, bisa mencontoh ide yang dilakukan oleh sebuah organisasi yang bergerak di bidang penggalangan dana.

Jika biasanya tidak ada info detail tentang proses penggunaan uang donasi dari seseorang, Charity: Water melakukan hal yang sebaliknya. Mereka memberikan alur penggunaan dana donasi dan pemanfaatannya hingga informasi tentang siapa atau daerah mana yang menjadi tujuan donasi.  

Baca Juga: Tutorial Mail Merge Gmail: Email Blast Gratis

Dropbox

Dropbox tahu betul bagaimana cara membuat pelanggan barunya kembali lagi menggunakan produk mereka dengan cara yang unik. Jika biasanya orang hanya melewatkan email pemberitahuan dari produk yang baru dipakai, hal tersebut tidak berlaku pada Dropbox.

Dengan adanya ilustrasi gambar yang disertakan oleh Dropbox tentang kondisi penyimpanan sebelum dan sesudah menggunakan produknya, pelanggan akan tertarik untuk melihatnya. Selain itu, Dropbox juga hanya mengirim pesan singkat yang to the point bagaimana mereka bisa membantu kebutuhan pelanggannya.

Cook Smart

Ide email marketing dari Cook Smart ini bisa dicontoh olehmu yang memiliki usaha di bidang kuliner. Siapa yang tidak membutuhkan makan setiap hari? Jawabannya adalah, tidak ada. Semua orang membutuhkan makan setiap hari. Namun terkadang sulit menentukan menu apa yang akan dimakan untuk  hari ini.

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Cook Smart dalam membuat konten email marketing. Mereka mengirimkan email tentang resep masakan enak tiap minggunya untuk para subscribersnya. Email ini terdiri dari menu, tutorial dapur, dan tips memasak yang dipadukan dalam satu layout email yang menarik.

Drybar

Tak jarang, email yang terbaik adalah dengan memiliki pesan yang singkat namun langsung pada intinya. Inilah yang dilakukan oleh Drybar. Mereka melakukan promosi dengan mengirimkan email singkat tentang informasi produk dengan desain yang eye catching.

Drybar juga menyertakan sebuah seruan unik “Hey bartender make it a triple!” untuk mengenalkan produk triple sec nya. Dengan begini, Drybar sudah mampu meninggalkan pesan pada pelanggannya tentang penawaran produk barunya karena pesannya yang singkat namun mencakup semua informasi penting yang harus diketahui.

Dengan beberapa informasi tentang konten email marketing brand terkenal, kini kamu siap membuat email promosimu. Kamu bisa mencoba salah satu cara di atas atau membuat milikmu sendiri.