Blogspot Sebagai Blogging Platform – Kelebihan Dan Tips Menggunakannya

Blogspot merupakan platform gratis yang dijalankan oleh Google. Blogspot sekaligus menjadi pilihan tepat bagi para blogger pemula yang belum tahu pasti berapa lama mereka akan menjalani aktivitas blogging serta mereka yang tidak mampu atau tidak mau mengeluarkan biaya untuk blog hosting. Artikel kali ini sangat cocok bagi para pemula yang baru dalam blogging dan ingin belajar tentang hal-hal mendasar yang ada di dalamnya.

Keuntungan Menggunakan Blogspot Sebagai Platform Blog

Blogspot dimiliki oleh Google, jadi terintegrasi dengan mudah ke Google Analytics, PicasaWeb dan Feed burner. Selain itu Blogspot juga:

  • Gratis. Orang pasti suka dengan semua yang gratis. Tidak dibutuhkan domain, hosting atau hal semacamnya. Anda akan memperoleh semua pengalaman blogging secara gratis. Dan bila blog Anda gagal, Anda tidak akan menanggung kerugian.
  • Lebih mudah. Ini sudah pasti, sudah sekian lama ada banyak diskusi tentang platform blogging mana yang lebih mudah digunakan. Semuanya mengatakan kalau Blogspot lebih mudah dibanding WordPress.
  • Google, nama paling terkenal di dunia internet. Google menjadi mesin pencari terbaik di internet. Ketika Google beriringan dengan Blogspot, tentu ini menjadi nilai yang besar bagi Blogspot.
  • Wizard yang mudah digunakan. Anda bisa mulai menjalankan blog dalam waktu kurang dari 5 menit.
  • Software dengan tabs dan tombol yang mudah dinavigasi.
  • Pilihan untuk menggunakan nama domain sendiri selain namablogsaya.blogspot.com.

Selain itu, bila Anda merasa nyaman menggunakan  HTML dan CSS, Anda bisa  menata template agar lebih menarik perhatian.

Meski memiliki keunggulan, ada sejumlah kekurangan pada platform yang satu ini. Salah satunya, blog dengan Blogspot kadang dianggap kurang profesional dibanding yang menggunakan WordPress.org sebagai platformnya. Tapi dengan memodifikasi template dan menggunakan nama domain sendiri, akan lebih sulit menentukan platform mana yang seseorang gunakan. Kunci untuk tampilan menarik di Blogspot adalah menggunakan nama domain sendiri dan template yang unik.

  • Sebagian orang mengeluhkan fitur komentar yang tidak mudah digunakan
  • Banyak sekolah dan institusi publik memblokir platform Blogspot. Ini bisa membatasi audiens Anda.

Di sisi lain, banyak blogger baru yang ingin mulai blogging tanpa perlu mengeluarkan uang untuk menciptakan sebuah blog. Ini sangat masuk akal. Ada banyak platform blogging yang menawarkan penggunanya kemampuan untuk menciptakan blog gratis. Bila Anda sedang mencari blog gratis sederhana, sebagai  permulaan, Anda bisa memulai dengan Blogspot.com.

Setelah memiliki pengalaman blogging, Anda bisa menjadi lebih profesional dengan blog WordPress self-hosted.

Blogspot memang memiliki keterbatasan, tapi seperti sudah disebutkan di atas, untuk pemula, platform ini jadi cara tepat untuk belajar menciptakan blog dan memulai proses blogging.

Sebelum mulai membuat blog di Blogspot, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Blogspot sebagai platform blogging milik Google, menawarkan kesempatan untuk memulai blog, tapi semua gambar akan di-host oleh Picasa (juga bagian dari Google). Blogspot, dalam hal ini, merupakan platform blogging Google sentris.
  • Bila tujuan blog Anda adalah untuk menghasilkan uang dan memiliki blog dengan tampilan profesional, Anda dianjurkan membuat blog menggunakan WordPress. Dengan mengikuti semua panduannya, Anda sudah bisa menciptakan sebuah blog WordPress dalam waktu 60 menit saja.

Panduan Membuat Blog Di Blogspot

Untuk membuat sebuah situs blog gratis di Blogspot, segera menuju BlogSpot.com dan log in menggunakan akun Google Anda. Bila tidak memiliki akun gmail, Anda bisa membuatnya tanpa perlu membayar sepeserpun.

Untuk pengguna yang baru pertama kali log in, Anda akan melihat pilihan untuk menggunakan identitas dari profil Google Plus Anda, atau Anda bisa gunakan profil Blogspot. Sebaiknya gunakan profil dari Google Plus.

Setelah log in, klik “New blog” atau klik link berikut untuk langsung menuju ke sana: Create a free blog

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nama dan pilih domain Anda. Hindari menggunakan nama personal sebagai nama domain. Lalu Anda bisa pilih template blog yang bisa Anda ganti kapan saja, dan klik “Create Blog.”

Sekarang blog Anda sudah selesai dibuat, tapi langkah Anda belum berhenti sampai di sini. Ada beberapa pengaturan yang Anda butuhkan agar blog BlogSpot Anda mudah digunakan.

Sekarang Anda berada di dashboard Blogspot dimana Anda akan melihat backend blog Anda. Dari sini Anda bisa menuju “Setting” dan lakukan perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog Anda.

Kemudian Anda menuju “Posts” > “New post” dan mulai menulis postingan pertama blog Anda.

Tapi sebelum menulis postingan pertama, sebaiknya Anda menuju “Pages” dan buat setidaknya satu halaman tentang “About” untuk menjelaskan siapa Anda dan isi dari blog Anda.

Yang tidak kalah penting, Anda perlu mengubah template blog karena default-nya cenderung membosankan. Ada daftar template Blogspot gratis yang bisa Anda unduh dan instal di blog. Sebagai alernatif, Anda bisa menujut “Setting” > “Template” dan ganti template dari sana.

Pada halaman ini Anda bisa juga tambahkan logo pada header blog BlosSpot Anda dan tambahkan atau ganti berbagai fitur lainnya.

Setelah Anda memiliki beberapa postingan blog, Anda bisa menuju “Setting” > “Earnings” dan aktifkan AdSense untuk blog Anda. Ini membantu Anda menghasilkan uang dari blog BlogSpot. Mari kenali istilah umum dalam blogging beserta definisinya.

Blogging memang jadi cara tepat untuk berbagi informasi dan berita tentang topik tertentu. Bila Anda merasa memiliki sesuatu yang istimewa dan unik untuk dibagikan, tak ada platform yang lebih baik untuk menuliskannya selain sebuah blog.

Sebenarnya aktivitas blogging bukan hanya sekedar kegiatan dimana Anda bisa mengungkapkan sesuatu yang menjadi “passion” Anda, tapi juga jadi sumber untuk menghasilkan uang.

Tapi sebelum sampai ke sana, mari lebih dulu kita pelajari beberapa hal mendasar berikut:

Memilih Topik Untuk Blog Anda

Sebelum masuk ke proses sebenarnya dari pengaturan blog, Anda perlu tahu apa yang akan Anda blog-kan. Sering kali, blogger baru terpengaruh cerita blogger yang sukses mendapat pundi-pundi uang hanya dalam beberapa jam sehari. Cerita ini memang benar, tapi hanya untuk blog yang sudah kokoh berdiri. Awalnya, Anda harus siap mengalokasikan banyak waktu dan usaha pada projek Anda.

Satu hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan menjadi blogger adalah menentukan topik blog. Ini bisa terdengar sederhana, tapi kenyataannya ini jadi aspek paling penting untuk membuat diri Anda menonjol dalam kompetisi dan mendapatkan banyak uang. Fokuslah pada 3 hal berikut dalam menentukan topik untuk blog Anda:

  1. Passion

Pilih topik yang Anda memiliki passion di dalamnya. Topik yang jadi pilihan Anda harus bisa membuat Anda tak sabar bangun di pagi hari dan mulai menulis. Contoh sederhananya sepereti resep kesehatan.

Anda bisa sangat peduli tentang kesehatan orang yang Anda sayangi dan menghabiskan banyak waktu membuat resep masakan baru yang tidak hanya baik untuk keluarga Anda, tapi juga yang rasanya enak. Lagi pula, bila semua makanan memiliki rasa yang lezat, kita tentu akan memilihnya dibanding makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng.

  1. USP

Topik pilihan Anda harus memiliki USP (Unique Selling Point). Anda harus bisa membuat diri Anda berbeda dari ribuan orang lain yang melakukan blogging. Anda harus siap menjadi ahli dalam bidang tertentu atau tak ada yang akan tertarik dengan apa yang Anda tulis. Tanyakan skill apa yang Anda miliki, apa yang membuat skill Anda unik dan kenapa orang akan mendengarkan Anda, bukan orang lain.

Seperti contoh sebelumnya, ada ratusan blogger makanan yang menulis tentang makanan sehat. Apa yang membuat Anda berbeda dari mereka? Apakah Anda memiliki kualifikasi pendidikan yang tepat untuk bicara tentang makanan sehat? Apakah Anda melakukan sesi khusus melalui Skype untuk menjalin kedekatan dengan orang yang ingin menjalankan pola makan sehat? Baca artikel kami tentang engage customer di media sosial.

  1. Marketability (Kelayakan Pasar)

Pilihan topik Anda harus menghasilkan banyak minat dan permintaan. Bila Anda berusaha memenuhi minat semua orang, website Anda tidak akan memiliki arah yang jelas. Jadi pilih topik yang bisa Anda hubungkan ke audiens target. Bila skill Anda bisa membantu orang memecahkan masalah dalam hidup mereka, maka Anda bisa menulis untuk audiens ini.

Seperti contoh sebelumnya, industri kesehatan adalah niche yang bagus yang menawarkan banyak kesempatan untuk membuat suara Anda didengar. Selagi berpikir tentang topic marketability, juga pertimbangkan bagaiaman Anda bisa menghasilkan uang dari konten yang Anda buat.

Apakah Anda memilih program CPM seperti Adsense? Apakah Anda akan menjual layanan Anda? Bila ya, apakah ada cukup permintaan untuk layanan Anda dan membuat Anda mendapat uang dari layanan yang Anda tawarkan tadi? Apakah Anda akan berafiliasi untuk menjual produk orang lain? Bila ya, apakah ada permintaan untuk produk tersebut?

Memilih Nama Untuk Blog Blogspot Anda

Setelah membuat keputusan untuk topik blog, kini waktunya menentukan judul, karena ini menjadi nama yang pembaca akan ingat di tahun-tahun ke depan. Hindari judul yang mudah dilupakan atau terlalu umum. Juga hindari nama yang terlalu spesifik dan sisakan ruang untuk pelebaran topik. Judul blog Anda harus mudah diingat, menarik perhatian, dan berhubungan dengan topik blog. Perhatikan 3 faktor berikut ketika memilih nama blog:

  • Gunakan kata deskriptif. Ini bisa berupa kata kunci yang paling menggambarkan konten Anda dan bagaimana manfaatnya untuk pembaca.
  • Gunakan nama brand. Sebagai alternatif, Anda bisa pilih nama brand. Ini adalah nama yang tidak deskriptif tapi pendek dan menarik perhatian. Anda bisa campurkan beberapa kata menjadi satu, seperti Face+Book atau bahkan kata seperti Pin+Interest=Pinterest. Degraeve jadi situs yang bisa membantu Anda mendapat kata keren baru yang bisa Anda gunakan.
  • Gunakan nama sendiri. Bila Anda menginginkan blog yang merepresentasikan diri Anda, Anda bisa pilih judul dengan nama sendiri.

Tulis daftar berisi setidaknya 7 hingga 8 nama judul yang bisa diterima. Bila nama Anda termasuk kata yang umum, kemungkinan orang lain sudah menggunakannya. Jadi sediakan judul alternatif sebelum Anda maju ke tahap selanjutnya. Baca artikel kami tentang tutorial pointing domain ke Blogspot.

Tips Dan Trik Untuk SEO Blogspot

Ketika bicara tentang SEO, ada satu hal yang selalu Anda perlu ingat; kita bisa mengontrol on page dan off page SEO. On page SEO dilakukan oleh Anda, yang mencakup kualitas artikel, seberapa bagus konten dioptimasi untuk kata kunci, dan nilai meta dari artikel tersebut. Beberapa hal berikut akan memberitahu Anda tentang poin mendasar yang membuat Blogspot Anda lebih ramah bagi mesin pencari.

  1. Tautan URL Untuk Postingan Blogspot

Permalink memiliki peran penting dalam peringkat postingan pada mesin pencari. Ada beberapa aturan yang tiap orang harus ikuti untuk permalink Blogspot:

  • Jumlah karakter pada judul postingan sebanyak 50
  • Hindari kata seperti a, an, the pada permalink

Ketika menulis postingan blog, Anda punya pilihan untuk mengedit permalink. Gunakan ini untuk mengedit permalink dan hilangkan kata yang tidak perlu. Sebaiknya gunakan kata kunci pada permalink Anda, tapi jangan buat seperti spam. Ketika menulis postingan, Anda punya pilihan di panel kanan untuk membuat permalink otomatis atau manual. Pilih permalink manual dan edit sesuai keinginan.

  1. Pertahankan Kepadatan Kata Kunci

Kepadatan kata kunci jadi aspek penting untuk peringkat yang lebih baik. Terlalu sedikit akan memicu peringkat menurun tapi kata kunci yang terlalu banyak akan memicu optimasi berlebihan. Anda bisa tentukan kepadatan kata kunci untuk SEO Blogspot Anda, pilih yang sesuai untuk Anda. Terbitkan artikel yang relevan dengan judul postingan dan sertakan kata kunci yang perlu di postingan tersebut. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci untuk memanipulasi mesin pencari. Setelah selesai menulis, Anda bisa menganalisa postingan secara keseluruhan untuk mengetahui lokasi yang tepat dimana kata kunci bisa dengan aman dimasukkan tanpa mengganggu pembaca.

  1. Format Gambar Blogspot Untuk SEO

Optimasi gambar pada Blogspot dengan menambahkan tag dan judul tag pada tiap gambar. Pada WordPress, ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan plugin, tapi di Blogspot, langkah ini perlu dilakukan secara manual. Anda perlu menambahkan tag secara manual setelah meng-upload tiap gambar.

  1. Sediakan Meta Tags

Meta tag merupakan tag HTML yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan detail rinci lain dari URL. Meta tag tidak punya banyak pengaruh pada pencarian seperti sebelumnya, tapi akan memberi sedikit dampak pada kata kunci target.

  1. Pilih Judul, Deskripsi, Dan Footer Text Yang Sesuai

Judul, footer, dan deskripsi memiliki peran penting pada optimasi mesin pencari dari tiap blog. Pastikan Anda menyertakan kata kunci di lokasi yang tepat.

  1. Nofollow Untuk Link Eksternal

Nofollow merupakan atribut HTML yang spesifik pada hyperlink untuk memblokir pencarian dari mesin pencari. Pada Blogspot, Anda bisa memilih bagian HTML pada jendela postingan dan tambahkan atribut rel=”nofollow” setelah URL untuk mencegah mesin pencari menemukan link tertentu.

  1. Format Untuk Bagian Komentar

Bagian komentar harus diatur menjadi no-follow dan dimoderasi untuk menghindari komentar spam. Coba sertakan kata kunci yang ada pada postingan ketika Anda menjawab komentar pembaca. Ini akan menambah kepadatan kata kunci total postingan. Karena Google mengintegrasikan komentar Google Plus dengan Blogspot, Anda dianjurkan untuk mengaktifkannya. Dengan begitu Anda bisa memastikan interaksi media sosial dan share yang lebih  tinggi untuk postingan Anda.

Bila Anda melakukan semua tips dengan benar, traffic blog Anda akan meningkat. Jangan lupa, selalu lakukan hal yang mendasar dengan tepat.

Semoga panduan di postingan kali ini memberi Anda lebih banyak pengetahuan tentang Blogspot.