Cara Membuat Konten Berkualitas dan Fakta tentang SEO

CARA-MEMBUAT-KONTEN-BERKUALITAS-FAKTA-TENTANG-SEO-DEWAWEB

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat konten berkualitas dan bagaimana dunia SEO terus-menerus berubah. Kita juga akan belajar mengubah situs web Anda agar menghasilkan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik.

Tema besar dalam postingan ini memang tentang pengalaman pengguna yaitu pembaca situs web Anda. Namun, bukan itu saja. Kita juga akan membahas beberapa fakta seputar SEO. Well, sudah terlalu lama SEO kerap dianggap sebagai cara memanipulasi mesin pencari. Padahal seperti kita tahu, situs web sendiri sudah mengalami perkembangan. Bersamaan dengan itu, ekspektasi orang-orang terhadap mesin pencari pun ikut mengalami perkembangan. Mereka, para pengguna, mulai mengharapkan hasil yang akurat ketika melakukan pencarian di Internet.

So, seperti apakah konten yang berkualitas itu? Berikut poin-poinnya:

  1. Konten yang Unik

Disadari atau tidak, ketika seseorang melakukan pencarian, sebetulnya ada motivasi atau maksud tertentu di baliknya. Maka tugas kitalah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kita harus membuat konten unik, konten yang berbeda dari seluruh web yang ada di dunia. 

Membuat konten unik tidak semudah mengambil informasi dari situs lain atau dari Wikipedia dan menuliskannya begitu saja. Mesin pencari sudah sedemikian cepat dan cerdas. Konten yang ditiru begitu saja dari situs lain hanya akan dianggap sebagai kutipan dari laman aslinya. Pernahkah Anda menyadari mengapa akhir-akhir ini Wikipedia kerap muncul di halaman pertama hasil pencarian? Itu karena saking banyaknya konten yang diambil begitu saja dari Wikipedia membuat Google berpikir bahwa Wikipedialah yang memiliki kewenangan atas konten aslinya dan pantas berada di halaman pertama pencarian.

Inilah yang sering kali menjadi tantangan bagi kita ketika membuat konten yang betul-betul unik: konten yang simpel dan lebih baik dari yang ada di Wikipedia.

  1. Situs Web yang “Bersih”

Hari ini, SEO menuntut kita untuk berpikir lebih maju. Kita tidak bisa begitu saja mengambil atau meniru konten dari orang lain. Itu sebabnya mengapa konten kita harus bersih dari segala bentuk plagiasi atau terlalu banyak duplikasi. Selain konten, kita juga harus memeriksa kembali setiap kode, HTML/CMS, dan tag di situs web dengan benar. Kita harus menemukan ciri khas dari konten, produk, dan bisnis kita agar benar-benar unik.

Mesin pencari sudah milyaran kali memerangi segala omong kosong tentang trik dan taktik. Yang jelas, mereka sudah semakin cerdas dan akan semakin bijaksana pada tahun-tahun mendatang. Maka, tugas kitalah untuk bekerja sama dengan mereka dengan cara  membuat konten berkualitas, bersih, dan situs web yang user friendly.

  1. Mudah Digunakan/User Friendly

Situs web kita harus bisa diakses oleh pembaca kapanpun, di mana pun, dan dengan cara apa pun. Jika kita ingin bisnis atau situs web kita memikat pembaca, maka kita harus menunjukkan bahwa kitalah yang terbaik. Kita bisa memenuhi semua ekspektasi mereka dengan cara membuat konten yang berkualitas, unik, dan asli. Karena SEO mempertimbangkan berbagai macam penilaian, maka yang dimaksud dengan konten unik bisa berupa teks, gambar, video, atau konten di media sosial.

  1. Memikat Pembaca

Untuk bisa memikat pembaca, buatlah konten yang membuat pembaca merasa terlibat, membuat mereka merasa menjadi bagian dari konten yang kita tulis. Tidak ada yang namanya, “Hei, kamilah yang terbaik. Jadi, silakan isi formulir kontak dan kami akan mengubungi Anda.”

Internet telah menjadi semacam kebutuhan kedua umat manusia. Para pengguna Internet sudah semakin cerdas dan hafal betul dengan teknik lama. Orang-orang mengharapkan jawaban terbaik dari Google search. Karena itulah mengapa Google berusaha memberikan jawaban terbaik dalam setiap pencarian.

  1. Kerja Keras

Ketika Anda membaca ini, membuat konten unik dan SEO memang terdengar sederhana. Namun, pada praktiknya, tetap saja memerlukan sebuah kerja keras. Itu yang menyebabkan orang-orang menjauh dari SEO dan lebih suka menggunakan jasa orang lain untuk berurusan dengan SEO.

  1. Lakukan dengan Benar

Berurusan dengan algoritma mesin pencari adalah sebuah kerja keras. Mencari trik dan taktik terbaru adalah pekerjaan yang lebih sulit lagi.

Namun jangan dulu berkecil hati, jika kita melakukan ini dengan benar sejak semula, kita tidak perlu melakukan banyak perbaikan. Atau jika kita telah melakukan perbaikan, mulailah lagi dengan benar.

  1. Natural

Ketika membangun sebuah laman atau situs web, atau ketika mengembangkan situs yang sudah ada, buatlah senatural mungkin. Hal yang sama juga berlaku untuk konten dan hal-hal lain di luar itu.

Coba pikirkan bagaimana jika seseorang (atau mesin pencari) menemukan situs web Anda berubah secara drastis dari sebelumnya. Tiba-tiba, situs web Anda yang tadinya biasa-biasa saja jadi memiliki banyak konten, video, dan secara ajaib memiliki ratusan ribu atau jutaan follower di media sosial. 

Kemungkinan, orang-orang (atau mesin pencari) akan merasa terkejut. Perubahan situs web Anda yang tampak tidak alami itu akan menyebabkan mereka tidak percaya lagi dan mengibarkan “bendera merah”.  Bukan tidak mungkin mereka tidak akan lagi mengunjungi situs web Anda.

  1. Sistematis dan Terorganisasi

Agar terlihat natural, lakukan segala sesuatunya secara sistematis dan terorganisasi. Dengan begini, para pembaca dan mesin pencari akan menganggap bahwa situs web Anda dioperasikan oleh orang betulan dan melakukan teknik SEO betulan, bukan dioperasikan oleh robot atau mesin.

Hasilnya, situs web Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca dan diberi “imbalan” berupa peringkat yang lebih baik oleh mesin pencari.

  1. Jangan Percaya Mitos

Kami yakin bahwa Anda sudah pernah mendengar dan membaca ribuan hal tentang SEO. SEO tidak bisa dilakukan atau diperbaiki hanya dalam waktu satu malam. Tidak ada satu orang pun ahli atau agensi di luar sana yang bisa begitu saja mengayunkan tongkat dan menangani seluruh masalah Google dan mesin pencari dalam sekejap mata. Bahkan, orang paling ahli di bidang SEO pun harus melakukan teknik yang sama dan bertahap berkenaan dengan SEO dan konten.

Jangan sampai rela dibodohi oleh mereka yang mengatakan bahwa mereka mampu membuat situs web Anda berada di halaman pertama mesin pencari dalam waktu singkat. Juga jangan percaya kepada mereka yang mengatakan mampu membuat konten istimewa yang tidak bisa dibuat oleh orang lain.

  1. Do it by Yourself

SEO bukan hanya tentang metode untuk menempatkan situs web Anda di halaman pertama pencarian. SEO adalah sebuah petualangan. SEO adalah seni sekaligus ilmu. Sekarang, SEO bahkan bisa dibilang ilmu tentang psikologi. Itu sebabnya mengapa kami menyarankan agar Anda melakukan “petualangan” ini sendiri, tidak hanya menyerahkannya kepada orang lain.

Ya, Andalah yang menentukan “takdir” situs web Anda di dunia online, tapi jangan lupa untuk tetap mengikuti aturan. Aturan-aturan yang kita bahas sebelum ini, tentang konten berkualitas, tentang user friendly, dan lain-lain, sebetulnya tidak pernah berubah sejak dulu. Ketika Anda memutuskan untuk mempercepat SEO dengan teknik-teknik yang tidak natural, situs web Andalah yang akan menanggung konsekuensinya. Sebaliknya, jika Anda tetap mengikuti aturan dan fokus kepada kemudahan pengguna atau pembaca, maka situs web yang Anda kelola akan mendapatkan imbalan yang sepadan.

*

Terlepas dari poin-poin yang kita bahas di atas, kami ingin mengingatkan Anda bahwa postingan ini bukan tentang segalanya. Kami tetap merekomendasikan agar Anda membaca banyak buku, menonton video tutorial Google Analytics demi meningkatkan SEO dari Traveloka, dan mencoba hal-hal baru dengan situs web Anda. Hadirilah kursus, training, seminar, atau bergabung dengan forum-forum yang membahas SEO agar pengetahuan Anda terus bertambah.

Salam dari Dewaweb, cloud hosting pertama di Indonesia yang menggunakan SSD dan HTTP/2.

2,837 total views, 6 views today