Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Anda merasa tertarik dengan aktifitas blogging  meski tidak tahu banyak tentang apa yang harus dilakukan? Anda tidak ada pengalaman serta minim kemampuan teknis?  Atau Anda  belum berhasil menghasilkan uang  sejak blog post pertama? Di artikel kali ini Anda akan menemukan cara menghasilkan uang dari blogging,  perlahan tapi pasti, penghasilan akan Anda peroleh .

 

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Ini jadi pertanyaan bagi kebanyakan orang, “Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”, Berikut beberapa langkah dasar yang ditempuh  dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blog sebagai mata pencaharian.

  • Membuat blog
  • Menghasilkan konten yang bermanfaat
  • Menemukan pembaca
  • Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang ke blog Anda
  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang ada.

Terdengar mudah bukan? Pada beberapa level, prosesnya cukup sederhana tapi Anda akan ketahui lebih banyak setelah Anda jalani.

  1. Memulai sebuah blog

Untuk mendapatkan uang dari blog tentu Anda perlu memiliki sebuah blog. Meski cukup jelas, langkah ini juga yang jadi batu penghalang bagi kebanyakan blogger pemula yang memiliki sedikit atau tanpa latar belakang teknis.

Tapi jangan khawatir, ini tidak sesulit yang Anda kira. Ada beberapa langkah sederhana yang Anda perlukan untuk memulai sebuah blog:

a. Pilih platform blog Anda. Untuk memulai sebuah blog Anda perlu memilih platform blog atau alat yang akan membantu Anda agar konten berada di website. Ada banyak pilihan platform blog yang tersedia, salah-satunya WordPress.org yang menjadi platform paling populer dan banyak dipilih karena beberapa alasan berikut:

  • Penggunaannya gratis
  • Mudah digunakan
  • Sudah sejak lama digunakan banyak orang dan dilengkapi  sistem keamanan
  • Anda bisa menyesuaikan bentuk blog dengan berbagai tema.

b. Menentukan nama domain dan hosting. Langkah selanjutya untuk memulai sebuah blog adalah menentukan nama domain (alamat blog Anda) agar blog Anda memiliki alamat rumah secara online. Tiap blog memiliki domain sendiri-sendiri, jadi  Anda harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum digunakan orang lain, namun sesuai konten Blog yang Anda rencanakan. Baca juga artikel kami tentang cara memilih web hosting untuk blog Anda.

c. Konfigurasi blog. Jika ini pengalaman pertama Anda menggunakan WordPress, Anda akan kebingungan melihat bagian dashboard dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi jangan khawatir, Anda akan bisa mengatasinya. Ada banyak sekali tutorial yang akan membantu Anda menggunakan WordPress dan mengatur berbagai hal untuk membuat blog Anda terlihat dan beroperasi dengan baik.

d. Design blog. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah design blog. Kesan pertama sangat penting jadi Anda harus memilih design yang bisa membuat blog Anda menonjol di antara blog-blog lain.

Anda bisa manfaatkan tutorial tentang pengaturan dasar dan pemilihan tema. Meski ada banyak pilihan tema yang gratis, Anda bisa gunakan tema premium sebagai dasar design blog Anda. Kendati sifatnya berbayar, pilihan premium berefek positif pada optimasi mesin pencarian, dirancang untuk mobile maupun desktop, serta mudah diinstal dan disesuaikan.

  1. Mulai ciptakan konten bermanfaat

Bukan blog jika tanpa konten, jadi setelah memiliki blog, Anda perlu fokuskan perhatian untuk menciptakan konten yang bermanfaat. Pilihan Anda akan bergantung pada topik yang Anda pilih untuk ditulis. Informasi kami tentang menulis di blog bisa bermanfaat untuk Anda.

Kunci keberhasilan adalah menciptakan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Konten yang bisa menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan mengubah kehidupan orang lain, dan ini akan membantu pembaca merasa mengenal, suka, dan mempercayai Anda. Semua ini  sangat penting bila Anda nantinya ingin menghasilkan uang dari blog.

  1. Menemukan pembaca

Ketika Anda menciptakan konten bermanfaat, kadang Anda hanya fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog. Bila Anda ingin menghasilkan uang dari blog, Anda tidak hanya perlu fokus pada membangun blog yang baik, tapi juga mulai mempromosikannya.

Mulailah dengan memikirkan tentang jenis pembaca yang Anda inginkan pada blog Anda. Setelah tahu siapa yang membaca blog Anda, tanyakan dimana kelompok orang ini berkumpul secara online. Buat daftar tentang dimana mereka kemungkinan berkumpul:

  • Apakah mereka membaca blog tertentu?
  • Apakah mereka berpartisipasi di forum tertentu?
  • Apakah mereka mendengarkan podcast?
  • Apakah mereka berkumpul di jaringan sosial tertentu?
  • Akun mana yang mereka ikuti dari jaringan sosial tersebut?

Tiap tempat yang dikunjungi target pembaca blog Anda,  luangkanlah waktu Anda untuk terlibat disana  yaitu dengan meninggalkan komentar, menawarkan  guess post, atau cukup hanya dengan menjawab pertanyaan. Kuncinya adalah membangun kehadiran, menambahkan nilai, dan  membina hubungan.

  1. Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang

Ketika Anda fokus menciptakan konten dan menemukan pembaca untuk blog, Anda mulai melihat pengunjung datang ke blog Anda dan menikmati konten yang Anda buat. Di titik ini Anda perlu mengubah fokus menjadi mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas.

Respon komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat mereka terus datang kembali ke blog Anda lagi dan lagi. Pertahankan pembaca yang sudah Anda peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang blog Anda, turut serta membangun blog Anda, sehingga lebih banyak diketahui orang.

  1. Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang Anda milki melalui variasi saluran pendapatan

Empat langkah pertama, yakni memulai sebuah blog, menulis konten, menemukan pembaca, dan membangun kedekatan dengan pembaca,  jadi dasar penting yang sangat Anda butuhkan sebelum Anda bisa membangun pendapatan jangka panjang di blog Anda.

Memang dibutuhkan kerja keras tapi bila Anda melakukannya dengan baik, berarti Anda memiliki kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Dengan dasar yang tepat Anda kini siap untuk mulai memperoleh uang dari blog. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, setelah membuat blog, memiliki konten, dan mendekati pembaca, bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Karena diperlukan kerja terus-menerus dan eksperimen untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

7 sumber penghasilan blog

Sebuah kekeliruan besar yang blogger lakukan tentang monetisasi blog adalah mereka melakukannya hanya dengan satu cara. Kenyataannya ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

1. Pendapatan dari iklan

Banyak blogger memulai dengan cara ini. Memperoleh pemasukan  blog dengan cara ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Ketika traffic mulai naik, Anda akan bertemu dengan pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat pembaca Anda.

Meski Anda perlu traffic yang baik sebelum menempatkan sebuah iklan, ada iklan jaringan seperti Google AdSense yang memungkinkan penerbit skala kecil untuk menjalankan iklan di blog mereka.

2. Pendapatan dari afiliasi

Promosi afiliasi jadi jenis pemasukan paling umum yang dimiliki blogger.

Pemasukan afiliasi  berarti Anda membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di Dewaweb, dan bila seseorang mengikuti tautan Anda dan membeli produk tersebut, Anda akan memperoleh komisi dari penjualan.

Ini jadi cara tepat untuk memulai monetisasi blog karena program afiliasi mudah proses sign up-nya. Selain itu, bila Anda memiliki pembaca yang setia, mereka akan mengikuti rekomendasi yang Anda buat terhadap sebuah produk.

3. Mengadakan event

Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event.

Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event. Ikuti panduan kami untuk mengadakan sebuah event.

4. Recurring Income

Kategori lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income atau bisa juga disebut continuity program atau membership program. Ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapat akses ke konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan, atau gabungan dari semuanya.

5. Jasa atau layanan

Satu cara yang umum bagi banyak blogger untuk mendapatkan uang adalah melalui penawaran jasa ke pembaca mereka. Ini bisa banyak bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, design, atau layanan freelance lainnya.

6. Produk

Sebagian blogger mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk macam ini membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tapi cukup menguntungkan.

Produk bisa banyak bentuknya, tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan, dan sebagainya.

Produk jenis lain yang dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sangat wajar bila blogger/Anda  memiliki bisnis atau produk untuk dijual

7. Aliran pendapatan lain

Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain.

Kebanyakan blogger full time menghasilkan uang dengan  lebih dari satu saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan mempercepat perjalanan Anda untuk jadi blogger full time.

Pendapatan langsung atau tidak langsung?

Sebagai kesimpulan, blogger menghasilkan uang langsung dari blog mereka sedang lainnya memperoleh pendapatan secara tidak langsung karena blog mereka.

Pendapatan langsung

Blogger bisa meletakkan iklan AdSense di blog dan mempromosikan beberapa produk di Amazon sebagai afiliasi dan semakin banyak pembaca, berarti semakin banyak pemasukan mulai mengalir. Saat traffic tumbuh, pemasukan juga tumbuh, dan Anda bisa bereksperimen dengan bentuk pemasukan langsung lain seperti menjual iklan langsung ke pengiklan.

Pendapatan tidak langsung

Ketika blog dan profil mulai tumbuh sebagai hasil dari blogging, Anda bisa menjual jasa sebagai pembicara dan konsultan atau mendapat tawaran menulis buku dari penerbit. Anda juga bisa mengadakan sebuah event yang juga menghasilkan uang. Semua pendapatan ini tidak datang langsung dari blog Anda tapi dikarenakan adanya blog Anda.

Meski penghasilan dari blog bisa dari gabungan pemasukan langsung dan tidak langsung, banyak blogger fokus hanya pada salah-satunya saja.

Jadi, bagaimana? Sudah lebih memiliki gambaran mengenai monetisasi blog?  Atau Anda justru menemukan ide lain yang lebih jitu dan lebih cocok untuk situs web yang Anda kelola? Well, apa pun itu, semoga ulasan yang kami suguhkan bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

330 total views, 4 views today