Cara Meningkatkan Branded Traffic Pengunjung Website Bisnis Anda

Cara Meningkatkan Branded Traffic Website

Pernahkah Anda memasukkan nama Anda sendiri di mesin penelusur semacam Google?

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mencobanya dan bagi Anda yang belum, mungkin saat ini Anda sedang mencobanya juga!

Apa yang membuat seseorang melakukannya? Bagi kami, fenomena ini ada karena rasa penasaran yang timbul akan hal-hal apa yang terkait soal kita di internet, branding kita. Ibaratkan orang-orang atau suatu persona sebagai sebuah brand. Hal ini juga berlaku pada brand dari produk atau jasa yang dibangun oleh sebuah website. Ini disebut Branded Traffic, atau Branded Organic Traffic.

Search Result Dewaweb

Definisi Branded Traffic

Branded traffic merupakan pencarian yang tak terbatas pada hasil pencarian itu sendiri atau pada SERP, tetapi juga ketika seorang pencari langsung menuju ke link yang ia tuju yaitu website brand tertentu.

Meningkatkan branded traffic ini menjadi penting karena banyak hal. Berikut, kami akan memberikan daftar manfaat yang menunjukkan betapa pentingnya bagi Anda untuk meningkatkan branded traffic Anda!

Pentingnya Branded Traffic

Mengapa Anda perlu meningkatkan branded traffic? Berikut alasannya:

  • Branded traffic inilah yang menunjukkan sekumpulan orang-orang yang telah mengetahui situs atau blog Anda, yang mencari Anda, yang ingin tahu soal Anda. Anggap mereka sebagai teman-teman Anda. Para callon visitor atau pencari inilah yang nantinya dapat memberi keuntungan bagi kepentingan Anda. Mereka bisa saja menjadi pembeli atau penyewa jasa Anda. Atau bila blog Anda berupa website personal, mereka bisa menjadi pembaca setia konten-konten atau posting yang Anda bagikan.
  • Jika Anda sedang mengusahakan Search Engine Optimization atau biasa disingkat dengan sebutan SEO, maka Anda akan menyadari bahwa brand keyword memiliki CTR (Click Through Rate) yang tinggi.
  • Google akan selalu memberi Anda keuntungan tambahan dari branded keyword Anda, bisa jadi Anda perlu bersiap-siap untuk mendapat ranking bagus di halaman pertama SERP. Bukankah ini yang Anda inginkan selama ini sebagai pengelola website? Untuk meningkatkan traffic pada website Anda?
  • Jika Anda telah memiliki conversion setup pada website Anda, maka Anda akan menemukan fakta bahwa brand keyword Anda menghasilkan lebih besar bila dibandingkan non-brand keyword. Jika bukan fakta ini yang Anda dapat, maka Anda perlu meninjau kembali site’s navigation dan information architecture Anda.
  • Brand traffic inilah yang menjadi versi digital dari brand value atau keberhasilan branding Anda di internet.

Definisi Branded Keyword

Untuk kegunaan SEM atau SEO, keyword sendiri adalah kata atau frasa yang diketik oleh para user dari mesin penelusur semacam Google untuk mencari apa yang mereka ingin ketahui.

Branded keywords adalah kata dan frase di hasil pencarian mesin penelusur yang mengandung nama brand atau variasi dari nama brand.

Contohnya, branded keyword bagi “Perusahaan A” seperti di bawah ini:

  • Perusahaan A
  • PerusahaanA
  • PerusahaanA.com

Maka, variasi brand keyword-nya dapat berupa long tail keyword seperti di bawah ini:

  • Informasi Perusahaan A
  • Review Perusahaan A
  • Karir Perusahaan A

Terkait dengan yang telah kami sebutkan sebelumnya di bagian definisi brand traffic, branded keyword ini digunakan oleh para pencari yang telah mengetahui atau pernah mendengar brand Anda atu bisnis Anda. Mereka ingin mengetahui lebih lanjut soal brand Anda atau perusahaan Anda.

Cara Mengukur Branded Traffic

Sebelum meningkatkan branded traffic Anda, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu telah seberapa besar branded traffic Anda dan meninjau apa saja faktor-faktor yang memengaruhinya. Lalu, bagaimana caranya? Mudah saja! Gunakan bantuan Google Analytics.

Google Analytic

Selanjutnya jika Anda memiliki Google Analytics (GA) yang telah diatur akunnya, segera klik atau pergi ke bagian Advanced Segments dan ubah One Segment setting Anda.

Google Analytic Segments

Di sini Anda dapat mengubah brand keyword tertentu lewat penyuntingan yang dilakukan di Advanced Segment yang disediakan.

Memahami Dasar-Dasar Branding

Sebelumnya, kami pernah membuat sebuah artikel yang memberikan panduan lengkap bagi Anda soal bagaimana cara untuk membangun personal brand . Namun kali ini, kami akan memberikan dasar-dasar branding yang lebih umum untuk membantu Anda memahami apa sebenarnya branding itu sendiri dan faktor-faktor mendasar apa yang memengaruhinya.

Branding memang menjadi aspek paling penting dalam mengelola bisnis. Apakah Anda berbisnis dengan skala kecil semacam UKM atau berbisnis dengan skala besar semacam korporat? Anda semua para pebisnis butuh melakukan branding yang tepat agar usaha Anda sukses.

Sebuah brand selayaknya suatu janji yang Anda tawarkan pada orang-orang atau calon customer Anda. Branding inilah yang membuat mereka memiliki ekspektasi tertentu akan bisnis Anda dan inilah juga yang menimbulkan diferensiasi dari penawaran bisnis Anda.

Brand ini muncul dari Anda sendiri sebagai penentunya. Bagaimana Anda ingin membangunnya secara visioner? Seperti apa Anda ingin dipandang oleh para customer? Semuanya Anda yang menggagas.

Cara menentukannya didasarkan terutama dari niche market Anda. Bagaimana karakteristik dari target pasar yang Anda inginkan? Cobalah meninjaunya dengan seksama. Bila sudah, tinjau dengan lebih seksama lagi.

Fondasi dari seluruh branding digital Anda adalah logo bisnis Anda. Bagaimana website Anda ditampilkan, bagaimana kemasan dari produk-produk Anda, serta semua bentuk materi promosi yang beredar. Anda harus mampu mengintegrasikan semuanya sehingga perusahaan berkapasitas penuh untuk mengomunikasikan brand Anda.

Untuk mengelola branding Anda, tentunya Anda memerlukan strategi yang konsisten sehingga ada suatu brand equity yang kuat. Brand equity yang kuat dalam artian hasil dari keseluruhan strategi Anda yang mampu mendongkrak additional value dari produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda bagi para customer, bila dibandingkan dengan perusahaan atau bran kompetitor sejenis.

Apa contoh brand equity yang sukses? Ingat Coca Cola? Di antara minuman soda sejenis, mengapa sampai terjadi penyebutan nama minuman soda langsung dengan menyebut nama Coca Cola walaupun produk yang disediakan oleh penjual bukan dari brand Coca Cola? Ini terjadi pasti karena strategi branding Coca Cola Company berhasil. Mereka bahkan mampu menaikkan harga lebih atas produk-produk mereka dan orang-orang tetap tak beralih dari konsumsi produk Coca Cola Company. Intinya, yang mereka lakukan adalah melakukan branding secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

Selain itu, soal nilai tambah atau yang sebelumnya kami sebut additional value tadi, seringnya berupa kualitas produk atau layanan yang dirasakan oleh customer dan juga adanya sebuah ikatan emosional. Ambil contoh brand Nike. Nike kerap diasosiasikan dengan berbagai atlet ternama. Melalui strategi ini, Nike berusaha membangun ikatan emosional dengan para pelanggannya. Mereka membangunnya dengan menjadikan para atlet tersebut sebagai wajah brand mereka di berbagai iklan dan event.

Mendefinisikan Brand Anda

Bagaimana Anda mendefinisikan brand Anda dapat diumpamakan seperti mencari jati diri, dalam hal ini mencari jati diri perusahaaan Anda. Maka dalam melakukannya Anda pasti menemukan banyak sekali tantangan. Kemudian pencarian ini juga pasti menyita waktu dan perhatian Anda. Jadi Anda perlu siap tidak hanya secara keuangan, tetapi juga secara psikis.

Setidaknya, ada beberapa pertanyaan wajib yang perlu Anda jawab dalam mendefinisikan brand Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan tersebut:

  • Apa visi dan misi perusahaan Anda?
  • Apa keuntungan yang bisa didapat dengan memakai produk atau jasa perusahaan Anda?
  • Apa yang pelanggan atau calon pelanggan Anda pikirkan soal brand Anda?
  • Kualitas brand seperti apa yang Anda inginkan muncul sebagai persepsi pelanggan?

Selebihnya, Anda dapat melakukan riset Anda sendiri. Pelajarilah kebutuhan, perilaku, serta keinginan dari target pasar Anda atau para pelanggan yang selama ini sudah ada. Jangan berasumsi ketika Anda telah memiliki pelanggan, tanyakan langsung bagaimana pendapat mereka. Anda harus benar-benar mengetahui apa yang mereka pikirkan.

Hal-hal yang kami sampaikan ini juga menunjukkan bahwa mengembangkan strategi branding Anda adalah hal yang sangat kompleks. Coba pertimbangkan untuk menggunakan jasa para ahli atau pakar di bidang branding management. Mungkin Anda perlu juga menyewa jasa agency agar branding Anda dikelola dengan baik.

Lalu, setelah Anda berhasil mendefinisikan brand dan menentukan strategi branding Anda, bagaimana cara lainnya agar brand Anda dikenal oleh orang-orang. Berikut kami memberikan beberapa cara sederhana yang telah teruji dapat meningkatkan brand Anda:

  • Buatlah sebuah logo bagi brand perusahaan Anda . Buat sebuah logo yang paling dapat merepresentasikan brand Anda. Pasanglah logo ini di seluruh media komunikasi atau saluran publikasi yang perusahaan Anda gunakan.
  • Tulislah pesan-pesan brand Anda dengan jelas dan mengena . Apa saja key message yang ingin disampaikan oleh brand Anda kepada orang-orang? Setiap pegawai bisnis Anda wajib memahami setiap atribut dan pesan brand yang disampaikan oleh perusahaan Anda.
  • Integrasikan brand Anda di seluruh aspek perusahaan . Branding adalah hal yang pasti berpengaruh pada setiap aspek dari bisnis Anda. Bahkan, bagaimana cara Anda berbicara dengan pelanggan di telepon atau e-mail signature juga termasuk. Bagaimana seragam perusahaan Anda? Semua hal sampai hal-hal yang paling kecil pun dapat merepresentasikan atau menggambarkan soal brand Anda.
  • Cobalah membuat “suara” yang bisa merefleksikan brand Anda . Suara ini harus diaplikasikan ke seluruh materi komunikasi brand Anda baik secara tertulis maupun visual, baik online maupun offline. Apakah brand Anda adalah brand yang ramah lingkungan alias go-green? Atau brand Anda memiliki passion terhadap hal-hal yang bersifat sosial? Bagaimana suara brand Anda?
  • Kembangkan tagline perusahaan Anda . Buatlah tagline yang singkat, mudah diingat, serta memiliki arti. Tagline ini harus mampu memperlihatkan esensi dari brand Anda.
  • Buat design template dan standar brand untuk materi marketing Anda . Gunakan tema warna, penampilan, feel, dan logo yang konsisten. Brand Anda tidak perlu terlihat selalu indah, yang terpenting adalah konsistensi. Hal ini dapat membangun kepercayaan customer.
  • Jadilah apa yang Anda kenalkan sebagai brand Anda . Pelanggan akan beralih dari brand Anda jika Anda tidak pernah bisa menyampaikan janji-janji yang Anda tawarkan kepada para customer Anda.
  • Konsisten . Konsisten memang banyak sekali disebutkan di dalam artikel ini. Konsisten itu perlu. Bila Anda tidak konsisten dalam melakukan branding Anda, semua usaha Anda sia-sia.
Meningkatkan Branded Traffic Secara On-Page

Mengenai cara meningkatkan branded traffic secara On-Page, setiap page yang ada pada website Anda harus dioptimasi agar sesuai best practice SEO di Indonesia . Caranya? Klik pada artikel kami berikut ini mengenai landing page yang sudah teroptimasi . Tanamkan ini pada pemikiran Anda, praktikkan selalu untuk menggunakan branded design yang konsisten dan jelas, termasuk memberi branded message di setiap page atau konten-konten Anda. Hal ini dapat berupa pengubahan pada title, heading tags, logo, warna layout dan tentunya konten posting itu sendiri. Jadi, berikanlah perhatian lebih pada aspek-aspek ini karena Anda perlu menyeimbangkan SEO, CTR dan branding Anda!

Meningkatkan Branded Traffic Secara Off-Page

Setelah membahas cara peningkatan branded traffic secara On-Page, kami menyarankan Anda juga membaca strategi Off-Page yang akan kami berikan berikut! Di bawah ini, kami memberikan daftar-daftar penting yang dapat Anda kombinasikan sendiri untuk mencapai campaign yang sukses.

  1. Membuat Iklan

Membuat ad banner adalah cara yang paling terukur dan berpengaruh untuk memberitahukan pada orang-orang soal popularitas suatu website atau website Anda. Kami sangat menyarankan Anda untuk membuatnya, terutama saat Anda ingin merilis suatu penawaran produk atau jasa yang baru. Hal paling krusial yang perlu diperhatikan adalah sekali lagi, konsistensi akan keseluruhannya untuk membuatnya menjadi lebih interaktif sekaligus atraktif.

  1. Mengkampanyekan Branding Search

Penting bagi Anda untuk mengelola paid search campaign dengan fokus serta brand awareness yang tinggi. Hal ini termasuk juga memilih dengan hati-hati keyword-keyword apa saja untuk search network dan related website apa saja untuk content network. Tujuannya agar target keyword jatuh pada research phase yang tepat. Ini juga dilakukan untuk memaksimalkan good impressions para user yang melakukan pencarian brand Anda di mesin penelusur.

  1. Mengkampanyekan Social Media

Anda perlu melakukan manajemen yang konsisten terhadap social media Anda. Saat ini hampir seluruh internet user menggunakan social media, jadi penting bagi Anda untuk mengelola social media brand Anda. Posting secara teratur, buat konten berkualitas sekaligus menarik. Kampanye pada social media Anda harus juga disesuaikan dengan tema brand Anda dan channel-channel yang ada lainnya.

  1. Link Building

Hal ini terkait dengan menarik traffic ke website Anda. Sebab, bagi mesin penelusur semacam Google, link-link yang Anda bangun di website Anda adalah penyambung antar page yang menunjukkan seberapa kuat domain authority Anda. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu Google rank di mana website Anda akan ditentukan nasibnya apakah berada di halaman pertama hasil pencarian Google atau tidak.

  1. Ulasan Online

Pastikan Anda memberi tempat bagi para customer Anda untuk memberikan ulasan-ulasan mereka, masukan-masukan mereka mengenai produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan. Hal ini selain dapat memperkuat engangement, juga dapat meningkatkan branded traffic Anda secara efektif. Contohnya, pada saat seseorang menemukan banyak ulasan bagus akan produk atau jasa Anda, ia akan cenderung mempercayai Anda sebagai produsen.

  1. Blogging

Coba kelola hubungan Anda dengan para blogger influencer lainnya dan ajak mereka untuk membuat review terhadap produk atau layanan Anda, atau langsung mereferensikan website Anda pada para pengikut atau pembaca setia mereka. Sebaliknya, Anda juga perlu memberikan timbal balik yang baik pada mereka agar hubungan tetap terjaga demi keuntungan bersama.

  1. Sponsorship

Sponsorship adalah cara yang baik untuk melakukan fungsi Public Relation (PR) yang akan menciptakan publisitas positif dan citra yang hangat dari perusahaan Anda bagi orang awam. Sponsorship baik dari website maupun mobile application dapat mengasosiasikan brand dengan konten spesifik yang memancing branded traffic dan tentunya backlink.

Mengintegrasikan Branding Secara Online dan Offline

Keduanya, baik branding yang Anda lakukan secara online maupun branding yang Anda lakukan secara offline, perlu dieksekusi dengan satu strategi yang mampu mengintegrasikannya. Coba pikirkan mengenai hal ini dengan sungguh-sungguh, integrasi dari kedua jenis branding tersebut harus diikuti dengan penyampaian pesan yang konsisten melalui media apapun.

Kemudian, target lebih jauhnya adalah bagaimana Anda mengharmonisasikan media-media yang sudah ditarget dengan device apapun yang dimiliki. Contohnya, QR code pada kertas brosur yang Anda bagikan, diarahkan pada penawaran atau promo spesial di landing page tertentu. Jadi, sekali lagi, integrasikan online branding dan offline branding Anda, baik desktop atau mobile juga.

Simpulan

Melalui artikel Cara Meningkatkan Branded Traffic ini, kami telah memberikan sebuah panduan yang cukup lengkap bagi Anda soal branded traffic. Kami memulainya dengan menunjukkan sberapa penting meningkatkan branded traffic. Kemudian kami beralih ke penjelasan bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi branded traffic dan bagaimana mengukur branded traffic Anda. Hingga pada akhirnya kami memberikan tips-tips peningkatan branded traffic baik secara On-Page maupun Off-Page pada Anda. Semoga artikel ini membantu ya, selamat mencoba!