Cara Menulis Konten Untuk Menaikkan Peringkat Situs Anda Dan Menghindari Penalti Dari Google

Artikel kali ini akan menyoroti banyak hal penting yang dapat membantu Anda menulis konten lebih baik, meningkatkan peringkat situs atau blog Anda, dan juga menghindari penalti dari Google, termasuk Google Panda yang menghapus situs berkualitas rendah.

Konten menjadi bagian penting dari sebuah situs dan pada dasarnya kontenlah yang mengisi sebuah situs. Hampir segala sesuatu bisa dianggap konten. Kita umumnya menganggap konten adalah teks yang terlihat di situs. Namun, konten juga bisa berupa gambar, video, infografis, siaran pers, buku elektronik (E-book), newsletter, blog, vlog, panduan, laporan resmi, ulasan, daftar, penelitian, dan podcast. Lalu bagaimana menggunakan tiap jenis konten tersebut dan menyatukannya dalam strategi keseluruhan kita?

Untuk lebih sistematis, mulailah dengan konten utama. Alasannya? Karena ini akan menjadi halaman utama situs Anda dan kategori utama halaman situs. Pikirkan mengenai halaman mana yang menjadi navigasi utama situs Anda. Ini harus menjadi fokus pertama Anda.

Lihat keseluruhan dari tiap halaman, satu per satu. Baca apa yang ada di situs Anda. Bagaimana tulisan Anda? Apa perasaan Anda saat membacanya? Apakah Anda merasa perlu memiliki lebih banyak konten? Apakah Anda merasa situs ini bisa menjadi situs dengan otoritas yang baik mengenai topik tersebut? Apakah Anda merasa bosan saat Anda mencoba membaca kontennya? Bisakah poin-poin yang disebutkan ditulis dengan menggunakan bulleted list atau sub judul?

Sekarang coba baca halaman situs dari dua pesaing Anda dengan topik yang sama. Kedua situs yang menduduki peringkat pertama di mesin pencari dan cobalah lihat kata kunci yang Anda inginkan. Bagaimana konten tersebut? Bagaimana perasaan Anda mengenai konten tersebut?

Anda mungkin sudah mulai melihat polanya. Saat membuat konten, Anda perlu menempatkan diri Anda di posisi yang sama saat Anda memulai usaha. Anda memberitahu diri sendiri bahwa Anda akan memulai suatu usaha karena Anda merasa Anda bisa melakukannya dengan lebih baik ketimbang orang lain di bidang usaha Anda. Itulah sikap mental yang perlu Anda miliki saat membuat konten. Jika Anda yakin Anda adalah yang terbaik di bidang yang Anda tekuni, maka tunjukkan kepada para pembaca Anda.

Apa yang membuat perusahaan Anda unik atau berbeda? Apa yang Anda lakukan yang tidak dilakukan orang lain di bidang usaha Anda? Bagaimana produk dan layanan pelanggan Anda lebih baik dibanding orang lain? Ini yang perlu ditampilkan dalam konten Anda. Dan inilah yang mesin pencari ingin lihat.

Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam menulis dokumen panjang mengenai sesuatu yang semua orang sudah tahu atau mereka bisa temukan di Wikipedia. Atau Anda bisa fokus pada apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda atau lebih baik daripada orang lain.

Setelah Anda melihat dan memperbaiki konten inti Anda dan membuatnya menarik, maka sekarang waktunya melihat halaman dalam dan lakukan hal yang sama. Anda akan menemukan halaman-halaman tertentu yang tidak perlu. Mungkin Anda bisa menghapus halaman-halaman tersebut.

Menghapus halaman tidak selalu jadi hal buruk. Mesin pencari melihat sitemap Anda dan menentukan situs Anda mengenai apa berdasarkan relevansi keseluruhan konten di situs Anda. Jadi jika Anda punya halaman situs yang tidak terlalu berhubungan dengan apa yang Anda lakukan, mungkin sudah waktunya memindahkan konten tersebut ke halaman lain atau menghapusnya.  Pastikan Anda tidak lupa menggunakan 301 redirect.

Anda akan kaget melihat berapa banyak halaman yang Anda bisa konsolidasikan di situs besar untuk menciptakan halaman baru yang bisa terlihat lebih bagus. Anda juga bisa menyimpan konten lama Anda dan menemukan cara untuk menggunakannya kembali nanti di laman lain seperti di blog.

Tujuan utama dibalik mengaudit konten di laman utama situs Anda adalah menampilkan gambaran jelas bagi pengguna. Anda ingin mereka senang membaca situs Anda dan tahu pasti siapa Anda, apa yang Anda lakukan, apa produk dan layanan yang Anda miliki, dimana lokasi Anda dan bagaimana menghubungi Anda. Jangan lupa untuk berpikir seperti orang besar. Mereka tidak hanya sekedar menaruh konten di laman. Tiap konten yang dihasilkan punya tujuan. Silahkan baca artikel kami tentang konten blog berkualitas.

Begitu Anda selesai melihat konten utama situs Anda, maka waktunya melihat ke bagian yang lebih kecil, seperti blog. Anda akan menggunakan cara yang serupa saat melihat postingan di blog Anda. Gunakan spreadsheet yang berisi daftar untuk mengisi artikel apa saja yang ada di blog Anda. Dari situ, Anda bisa membuat kategori. Lihatkan artikel-artikel dalam blog yang serupa dan bisa disatukan.

Nantinya Anda bisa melihat kalau Anda punya analisa data mengenai halaman-halaman dan postingan blog ini. Anda tentu tidak ingin merusak traffic yang Anda miliki dengan memindahkan atau menghapusnya.

Cara yang bagus untuk konten blog yang sudah usang adalah menggunakannnya kembali. Terutama jika artikel tersebut mendapat traffic sebelumnya. Anda bisa saja meremajakan konten tersebut. Coba tulis ulang kembali atau tambahkan gambar-gambar baru pada konten tersebut. Selain itu, pastikan Anda masih menyimpan link ke artikel itu dan taruhlah di akun media sosial Anda.

Jika Anda punya blog di situs Anda yang sudah sangat lama, kemungkinannya akan ada banyak konten spam. Coba teliti lagi dan hapus semuanya sesegera mungkin. Sekali lagi, jangan lupa gunakan 301 redirect.

Satu hal yang perlu Anda ingat tentang konten on site; spam mengganggu, maka Anda harus menghapusnya. Jika tidak, Google yang akan melakukannya. Tidak ada alasan untuk mempertahankan konten yang buruk di situs Anda. Tidak ada cara untuk menipu mesin pencari. Jika Anda bisa menemukan caranya, kemungkinan orang lain juga sudah menemukan cara tersebut. Dan kemungkinan besar Google telah menerapkan cara untuk menemukannya, menandainya, dan menjatuhkan penalti untuk konten buruk itu.

Konten Off Site

Satu bentuk infografis terbaik adalah yang digunakan surat kabar USA Today selama beberapa dekade. Grafis mereka singkat, namun manis dan langsung pada pokok masalah. Anda perlu menggunakan lebih banyak lagi infografis jika itu cocok untuk pembaca Anda. yang Anda lakukan adalah bukan mencoba menciptakan infografis. Anda hanya menghasilkan sepotong konten yang kemungkinan besar bisa membuat pembaca Anda melakukan sesuatu untuk Anda dan mengirim Anda uang karena telah membeli produk dan jasa Anda.

Ebook bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan informasi yang berharga bagi pembaca Anda. Bagusnya lagi, dengan menggunakan buku elektronik atau ebook, Anda tidak perlu mencari penerbit atau menghabiskan banyak uang untuk menulisnya. Ebook bisa Anda tulis dalam format Microsoft Word dan menyimpannya dalam bentuk PDF.

Ebook bisa menjadi alat yang sangat hebat karena beberapa alasan. Pertama, Anda bisa menggunakannya untuk membuat pengunjung situs Anda mengisi formulir kontak untuk mendapatkan unduhan eBook Anda secara gratis.

Kemudian Anda bisa memanfaatkan eBook untuk menulis ulang beberapa artikel yang sudah lama. Mungkin Anda punya beberapa halaman lama yang tidak pas dengan tampilan baru struktur situs Anda. Jangan buang konten tersebut. Perbaiki sedikit, dan satukan. Lakukan apa yang perlu Anda lakukan dan terbitkan buku elektronik pertama Anda.

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam menulis Ebook. Saya yakin ada beberapa alasan yang membuat orang membuat eBook dan semakin banyak alasan kenapa orang membacanya. Banyak orang menyukai eBook karena umumnya eBook itu singkat dan sederhana. Mereka bisa mengunduhnya dengan cepat dan membacanya dimana saja, baik di ruang tunggu atau dalam pesawat.

Banyak tipe konten off site yang bisa Anda gali. Pikirkan mengenai dimana pembaca Anda berada dan coba gali lebih dalam lagi tema yang Anda kuasai untuk mendekati mereka. Coba pelajari apa yang Anda ingin hasilkan. Mungkin Anda perlu membeli buku kecil, membaca situs lain, atau menonton video mengenai bagaimana menulis newsletter atau bagaimana memulai Podcast Anda. Apapun itu, yang penting adalah Anda mempunyai ide dan memulai membuat konten.

Jangan takut untuk selalu mencoba hal yang berbeda. Lihat mana yang bisa berfungsi dan terus lakukan itu. Jika tidak, jangan menyerah. Coba tulis ulang kembali di media yang berbeda. Anda akan terkejut bagaimana beberapa konten tertentu yang terlihat tidak berharga bisa diubah dan dipublikasikan di sarana yang berbeda dan menjadi hit.

SEO dan Konten Lokal

Sebagai penutup pembicaraan mengenai tipe konten yang berbeda, kita akan membahas mengenai SEO lokal. Banyak orang merasa tertarik dengan ini. Bisa dipastikan optimasi Anda sangat berkaitan dengan konten. Anda bisa pelajari mitos tentang SEO di artikel kami lainnya.

Satu hal pertama yang Anda lakukan untuk SEO lokal adalah memastikan bahwa Anda menampilkan informasi usaha Anda di situs Anda secara akurat. Ini harus dilakukan karena pengunjung bisa lebih mudah menemukan informasi, begitu pula dengan mesin pencari.

Cara yang paling nyata dan umum adalah mempunyai laman contact di situs Anda. Mungkin ini terkesan berlebihan, namun pastikan semua informasi kontak di situs Anda sudah benar dan diperbarui. Ada banyak sekali situs dengan informasi kontak yang tidak akurat.

Cara lain yang umum adalah menaruh kontak di bagian bawah atau di samping situs Anda.  Mungkin Anda adalah jenis usaha yang bergantung pada pelanggan yang datang ke kantor atau toko Anda. Anda bisa menaruh informasi ini sedikit di depan atau di tengah. Anda perlu mengetahui siapa pengunjung Anda dan dimana mereka bisa melihat informasi ini.

Kemudian pikirkan segala sesuatu yang orang inginkan dari sebuah informasi kontak. Apakah mereka perlu arahan ke lokasi Anda? Apakah usaha Anda mempunyai beberapa lokasi kantor dan mereka perlu informasi untuk tempat terdekat dari mereka? Apakah Anda punya layanan pesan antar? Apakah mereka tahu berapa jam Anda buka? Atau bagaimana mereka bisa membuat janji dengan cepat? Hal-hal semacam ini penting bagi pelanggan Anda, maka pertimbangkanlah. Buatlah mereka mengalami hal yang menyenangkan dengan perusahaan Anda.

Setelah Anda memahami SEO lokal di situs Anda, Anda perlu beralih ke situs lain yang mempunyai informasi perusahaan Anda. Periksa situs-situs seperti Google My Business, Yelp, Yellow Page, City Search, dan sebagainya.  Anda perlu pastikan situs-situs tersebut mempunyai informasi yang tepat mengenai perusahaan Anda dan datanya cocok dengan yang tertera di situs Anda. Cari tahu ide bisnis apa saja yang cocok untuk bisnis berskala kecil.

Alasan lain mengapa hal ini layak dimasukkan dalam konten karena belum tentu situs-situs tersebut mempunyai informasi yang akurat. Maka, Anda harus memantaunya secara berkala.

Selain mengenai bagian “Tentang Kami” di situs Anda, alangkah bagusnya jika Anda mempunyai beberapa konten yang sudah siap. Setelah itu, Anda bisa menulis segala informasi kontak, nomor telepon, alamat, dan lainnya. Pastikan Anda menambahkan gambar yang menarik termasuk logo dan gambar toko Anda serta segala fasilitasnya. Gunakan kata kunci yang menarik dan terkesan natural dalam deskripsi Anda dan pastikan menulis kata-kata yang membuat mereka menekan tombol Call to Action.

Buat pelanggan Anda terdorong menuliskan ulasan mengenai situs Anda. Pastikan Anda menanggapi semua ulasan sesegera mungkin. Orang menyukai pengakuan ini. Berterima kasihlah kepada mereka yang telah menuliskan ulasan positif. Mungin Anda bisa menawarkan mereka kupon untuk kunjungan berikutnya. Cobalah berempati pada pengunjung yang meninggalkan komentar kurang baik. Di kemudian hari Anda bisa memperbaiki layanan Anda.

Ulasan adalah konten luar biasa yang digunakan banyak orang. Orang memutuskan membeli sesuatu atau makan di sebuah restoran berdasarkan ulasan. Selain itu, ulasan berperan dalam mesin pencari dan tampil di halaman depan dan tengah situs. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa ulasan punya bobot tersendiri dalam hasil pencarian di Google atau lainnya.

Ide utamanya adalah kesadaran akan konten Anda. Jangan terbatas dengan konten di situs Anda. Berpikirlah kreatif dan coba ketahui dimana para pembaca Anda. Selalu mencoba hal baru, tidak usah takut gagal dan cobalah mengubah kegagalan menjadi kesuksesan.

Dulu banyak penulis dipekerjakan di dunia SEO untuk memproduksi banyak konten. Hal ini efektif selama bertahun-tahun sebelum hadirnya Google Panda yang menjatuhkan penalti pada konten yang buruk. Banyak konten yang tersedia dan Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakannya jika perlu. Namun, tulislah konten yang lebih dari sekedar bagus. Anda tidak bisa berharap orang-orang lebih tahu mengenai apa yang Anda bahas dibanding Anda dan staf Anda.

Ada baiknya Anda memperhatikan saran selanjutnya mengenai menulis konten. Baik Anda melakukannya sendiri atau menemukan cara untuk melibatkan anggota staf, eksekutif, brand ambassador atau bahkan pelanggan Anda. Siapa yang bisa menulis mengenai usaha Anda dengan lebih baik? Jangan percayakan konten Anda pada penulis yang tidak dikenal namun Anda rekrut semata-mata untuk mengisi kekosongan. Jika sesuatu layak ditulis, maka hasilnya akan bagus.

Lalu, pikirkan mengenai pengunjung Anda. Bukan Anda. Jika Anda memprioritaskan pengunjung situs Anda, maka Anda akan menang. Jadilah pemimpin di industri yang Anda geluti. Jika Anda menghasilkan konten yang bisa melibatkan pengunjung situs Anda, mereka tak akan ragu membagikannya.

746 total views, 8 views today