Cara Tepat Memilih Produk Untuk Dijual Online

Memilih niche yang salah atau produk yang tidak tepat berarti Anda telah gagal sebelum memulai. Tapi di waktu yang sama, Anda tidak bisa benar-benar memulai proses yang menyenangkan ini hingga Anda tahu kalau Anda ingin menjual sesuatu secara online.

Bukan hal yang baik bila apa yang Anda jual dan target pasarnya super kompetitif, sehingga kemungkinan sukses sangat kecil. Ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan, dan permintaan dan persediaan bukan satu-satunya faktor.

Kemungkinan keberhasilan Anda juga sangat bergantung pada seberapa baik eksekusi Anda. Variabel terbesarnya adalah “Anda.”

Jangan ajukan pertanyaan seperti:

  • Berapa lama yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan uang?
  • Seberapa cepat saya bisa meluncurkan toko online?

Yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah:

  • Seberapa baik Anda bisa meluncurkan sebuah toko online?
  • Bagaimana Anda bisa menambahkan nilai pada niche ini?
  • Seberapa banyak waktu yang bisa Anda alokasikan untuk menjalankan toko Anda?

Aspek Penting Dalam Menentukan Produk Untuk Dijual Online

Anggap saja Anda merupakan orang yang kompeten dan bisa mengalokasikan setidaknya 5 jam seminggu untuk bisnis Anda. Lantas aspek apa yang paling penting dalam menemukan produk yang tepat untuk dijual?

Mengukur Permintaan

Yang pertama dan paling penting, harus ada permintaan. Kebanyakan orang mungkin tidak punya masalah dengan bagian ini karena selalu ada kecenderungan untuk memilih benda yang lumrah dijual ketika Anda memulai untuk pertama kali.

Sebaliknya, kadang muncul ide produk yang aneh dan tidak umum. Secara keseluruhan ada banyak cara untuk mengukur permintaan. Pertama, Anda bisa gunakan Google keyword planner untuk mencari tahu apa yang orang cari secara online.

Anda bisa lihat EBay completed listings dengan menggunakan tool seperti Terapeak. Anda juga bisa melihat Amazon untuk mengetahui apa yang dijual dan apa yang tidak dengan menggunakan tool yang disebut Jungle Scout. Menemukan permintaan produk cukup sederhana dilakukan bila Anda tahu dimana mencarinya.

Mengukur Kompetisi

Setelah Anda tahu ada permintaan, Anda juga harus mengukur kompetisi, dan ada dua aspek yang perlu dipertimbangkan. Anda perlu mencari tahu apakah Anda bisa berkompetisi pada level kualitatif.

Apakah kompetitor memiliki website yang baik?

Apakah Anda bisa menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik?

Apakan Anda bisa menawarkan pilihan yang lebih luas?

Apakah harga Anda kompetitif?

Banyak orang yang masuk ke proses pencarian produk untuk dijual tanpa mempertimbangkan siapa yang akan mereka lawan. Bila Anda tidak menawarkan alasan bagus untuk seseorang membeli dari Anda, maka tak ada alasan untuk membuka toko online.

Aspek selanjutnya dari evaluasi kompetisi Anda adalah dari perspektif mesin pencari. Seberapa kuat website yang jadi pesaing Anda dalam hal SEO? Bagaimana kemungkinan Anda berada di halaman depan pencarian? Baca artikel kami tentang tool SEO untuk optimasi website.

Bila ada banyak website yang sangat kuat di halaman depan pencarian, maka niche Anda kemungkinan sudah memiliki banyak pemain kuat yang sulit dikalahkan.

Beberapa hal tambahan yang perlu Anda ketahui:

  1. Sudah berapa lama kompetitor ada di bisnis ini?

Bisnis yang tidak menghasilkan uang bukan bisnis namanya. Anda bisa gunakan layanan seperti Who Is untuk mencari informasi tentang domain tertentu dan mengetahui dimana didaftarkan. Sebagai tambahan, Twitter dan Facebook akan menunjukkan pada Anda tanggal pembuatan akun. Mengetahui berapa lama usia bisnis kompetitor membantu Anda lebih baik membangun dan memahami kesuksesannya.

  1. Seperti apa interaksi sosial mereka?

Interaksi sosial tidak hanya berhubungan dengan penjualan tapi menggabungkan dengan informasi lain. Ini membantu memberi gambaran yang lebih baik tentang kompetitor Anda. Satu hal penting yang perlu diingat di sini adalah Anda tidak bisa menganggap jumlah follower sebagai nilai lebih. Sekarang tidak sulit membeli ribuan follower palsu dengan harga yang murah.

Karenanya, Anda harus melihat seberapa banyak interaksi yang sebenarnya mereka terima pada postingan. Terakhir, ketika mengulas akun sosial kompetitor, perhatikan platform yang mereka gunakan, seberapa sering mereka berinteraksi dengan pelanggan, dan bagaimana mereka berbicara dengan pelanggan?

  1. Traffic dan backlink

Traffic dan  backlink bisa jadi indikator untuk kekuatan kompetisi dan keberhasilan pada sebuah market. Meski tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti jumlah traffic yang diterima sebuah website, ada tool yang bisa membantu Anda mengukur perkiraan jumlah traffic yang didapat sebuah website, bersama dengan jumlah backlink yang mengarah ke website. SEMRush dan SimilarWeb menjadi tool bagus untuk mencari traffic kompetitor, sumber traffic, dan backlink.

Faktor Yang Paling Penting

Kadang Anda perlu mengabaikan permintaan dan kompetisi karena pada dasarnya ini adalah aturan umum. Aspek yang paling penting menemukan niche yang tepat adalah kemampuan untuk menyediakan proposisi nilai yang unik untuk toko Anda. Cari tahu niche yang menguntungkan untuk situs Anda.

Bila Anda memiliki sesuatu yang kompetitor tidak miliki atau bila Anda bisa membuat toko Anda menonjol, maka panduan, terutama panduan SEO, bukan lagi jadi faktor besar. Jadi meski bila halaman depan pencarian menunjukkan toko-toko besar atau bila website kompetitor terlihat sangat bagus, jika Anda bisa memberikan alasan bagus untuk seseorang berbelanja di toko Anda, maka ada potensi bagus Anda bisa berhasil. Tentu nilai proposisi Anda membutuhkan pengujian dan validasi.

Ini yang menyebabkan toko online berdasarkan niche memiliki keuntungan dibanding toko-toko besar. Kebanyakan toko besar memiliki budget besar tapi mereka juga memiliki banyak produk dan tidak mungkin mereka bisa fokus hanya pada satu jenis produk.

Karenanya bila Anda memilih niche yang sangat sempit dan menjadi yang tebaik dalam menjual produk kategori kecil, Anda bisa dengan mudah menjual melebihi toko terkenal. Tapi pastikan Anda memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan.

Menemukan Sesuatu Yang Unik

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menemukan sesuatu yang unik pada bisnis Anda. Bagaimana agar bisnis Anda bisa menonjol? Jawabannya berada pada keahlian Anda sendiri dan kesulitan apa yang Anda lewati untuk bisa menonjol. Baca informasi kami tentang kreatif dan produktif dalam bisnis.

Kebanyakan orang yang memulai bisnis online fokus pada seberapa mudah melakukan sesuatu. Tapi bila sesuatu mudah dilakukan maka bisa dengan mudah ditiru. Daripada fokus pada seberapa mudah sesuatu dilakukan, fokuslah pada melakukan sesuatu yang sulit dan memakan waktu. Bila sesuatu sulit untuk Anda, maka kemungkinannya akan sulit juga untuk siapapun.

Di awal tahun 2000, memulai sebuah toko online sulit dilakukan karena tidak ada infrastrukturnya dan tidak ada platform standar untuk ecommerce. Karenanya orang yang bekerja keras menciptakan toko online sendiri dari awal akan mendapat keuntungan paling banyak.

Tapi sekarang, memulai toko online sangat mudah dan tidak cukup hanya dengan memiliki toko yang menjual produk. Anda perlu bekerja keras untuk membuat Anda berbeda. Semakin sulit sesuatu dilakukan, semakin berkurang kompetisi yang Anda peroleh.

Menjual Sesuatu Yang Bernilai

Jadi bila Anda memulai toko ecommerce atau bisnis untuk tujuan ini, pastikan Anda memiliki seuatu yang berharga untuk ditawarkan. Daripada melakukan riset kata kunci dan melihat kompetisi pada mesin pencari, perhatikan dengan seksama semua kompetitor Anda.

Cari tahu apa yang mereka lakukan dengan baik dan apa yang mereka lakukan kurang baik. Beli produk mereka dan cari tahu bagaimana Anda bisa meningkatkannya. Hanya karena niche yang Anda ingin kejar menyatu dengan kompetitor tidak berarti Anda harus meninggalkannya selama Anda bisa meyakinkan orang kalau produk Anda lebih baik.

Sekarang ini, tiap orang terobsesi dengan kemudahan untuk mendapatkan uang atau kemudahan mendirikan bisnis dan menjalankannya. Bila sesutu sangat mudah maka kemungkinan Anda tidak layak melakukannya. Selalu ada uang yang dihasilkan bila Anda meluangkan waktu melakukan sesuatu yang orang lain tidak ingin melakukannya.

Posisikan Diri Sebagai Pelanggan

Toko online harus menampilkan produk yang menyediakan nilai, kualitas, dan performa yang baru dan lebih baik ke pelanggan dibanding apa yang sudah ada sebelumnya. Sering kali triknya adalah menyederhanakan produk yang rumit.

Survey Target Pasar Anda

Setelah mengumpulkan riset sekunder, waktunya mengumpulkan riset sendiri berdasarkan pada produk sebenarnya, pilihan niche, juga demografi target. Cara paling cepat dan murah untuk menciptakan survey adalah dengan menggunakan tool sederhana seperti Survey ExpressioneSurveysProSurvey Gizmo atau QuestionPro.

Untuk menulis validasi produk yang baik Anda perlu menyentuh tiap elemen berikut dalam pertanyaan survey:

  • Verifikasi audiens target. Anda perlu memulai dengan mengajukan pertanyaan kunci untuk memvalidasi audiens Anda. Menanyakan orang yang salah tentang ide produk Anda hanya akan membuang waktu percuma.
  • Minat awal. Selanjutnya, Anda perlu menentukan apakah orang menyukai ide produk Anda, apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai.
  • Niat membeli. Akhirnya Anda ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengukur niat membeli. Banyak orang, terutama bila Anda mengenal mereka, akan memberi respon sangat positif. Jadi penting untuk memasukkan orang-orang ini dalam tes untuk mengetahui apakah mereka sebenarnya membeli produk Anda.

Jangan takut bila Anda tidak mengenal siapapun di target market Anda. Ada beberapa layanan berbayar yang bisa membatu seperti Google Customer Surveys atau Survata. Layanan ini memungkinkan Anda menciptakan survey dan lalu mendistribusikan survey ke orang di target audiens atas nama Anda.

Pra-jual di Media Sosial dan Email

Bergantung pilihan produk dan niche Anda, kontak pada jaringan media sosial dan kontak email mungkin bagus untuk menguji ide produk Anda. Contohnya seseorang menggunakan akun sosial dan kontak email personalnya, untuk menghubungi teman dan kolega yang ia anggap tertarik dengan layanan potensial barunya dan menanyakan apakah mereka mau membeli.

Ia pertama mengirim email ke kontaknya. Lalu memposting di Facebook personal untuk mendapat feedback. Kemudian ia menggunakan Facebook’s Search Graph untuk menemukan dan menggapai orang yang jadi temannya yang belakangan menyukai apa yang ia tawarkan.

 Melakukan Uji Toko

Satu dari sekian banyak cara paling baik untuk menguji dan validasi ide Anda adalah dengan melakukan uji toko. Metode populer ini melibatkan sebuah toko dengan produk Anda dan traffic ke dalamnya dalam periode waktu tertentu untuk menguji minat konsumen dan permintaan produk Anda.

GoSpaces jadi satu cara terbaik untuk memvalidasi dan membangun bisnis baru. Anda bisa dengan cepat menciptakan toko online yang Anda bisa kumpulkan pembayarannya. Karena GoSpaces sangat ringan, Anda bisa memiliki toko kurang dari 5 menit dan Anda bisa menjual sampel produk untuk mendapat feedback.

Anda juga dapat mencoba membuat toko online di Marketplace lokal seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Bukaloka.com. Selamat mencoba!

 

6,178 total views, 4 views today