CSS Framework Untuk Membantu Proses Design Website

Bagi anda web programmer pengguna Cloud Hosting Indonesia , pekerjaan mendesain sebuah website adalah salah satu pekerjaan yang tidak mudah dan cukup memakan waktu, terutama ketika harus berkutat dengan CSS yang jumlah barisnya banyak dan rumit.

Untuk memudahkan dan mempercepat proses mendesain sebuah website, ada banyak tool yang dapat dimanfaatkan di antaranya adalah menggunakan CSS Framework.

CSS Framework adalah pustaka CSS yang dimana sudah dibuat dan siap untuk digunakan. Dengan CSS Framework proses design website nantinya hanya tinggal menggunakan class-class yang sudah disediakan masing-masing CSS Framework.

Berikut CSS Framework populer yang bisa digunakan untuk membantu proses design sebuah website.

Bootstrap

Salah satu CSS Framework yang cukup populer adalah Bootstrap. Bootstrap adalah salah satu css framework open source untuk membuat design website dan design aplikasi web. Slogan dari framework ini adalah “Sleek, intuitive, and powerful front-end framework for faster and easier web development”, yang berarti kita dapat mendesain sebuah website dengan lebih rapi, cepat dan mudah.

Bootstrap menyediakan komponen berupa layout tampilan, form, button dan typography.

Skeleton

Skeleton adalah CSS Framework yang mengutamakan kesederhanaan dan mengusung konsep Responsive Design. Ukuran dari framework ini sangat kecil. Selain itu Skeleton mempunyai keunggulan antara lain ringan, simple, responsive, dan mudah dipelajari  Framework Skeleton ini juga sudah support dan menyediakan layout tampilan, form, button dan Typography.

PureCSS

Dikutip dari resminya PureCSS  dibuat oleh para pembuatnya agar simple dan berukuran kecil untuk digunakan. Dengan ukuran 4.0KB Pure sudah mampu digunakan dengan semua fitur dan module yang ada di CSS Framework yang satu ini. Seperti pada CSS Framework lainnya PureCSS mempunyai komponen antara lain Komponen Layout , Form , Button ,Table dan komponen lainnya.

Selain ke 3 CSS Framework di atas,masih ada beberapa CSS Framework yang bisa digunakan. Antara lain :

  • Gumby 2

  • Foundation 5

  • Kube

  • Blueprint

  • Semantic-ui

  • Clank

  • Dan lainnya.

Ada baiknya pilihlah CSS Framework yang dokumentasinya lengkap agar mempermudah dan mempercepat dalam proses design sebuah website.

Selamat mencoba dan bereksplorasi. Semoga bermanfaat.

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan