Daftar Topik Blog Terpopuler dan Unik di 2017

Daftar Topik Blog Terpopuler - Dewaweb

Tidak terasa tahun 2017 akan segera berakhir. Apakah Anda sedang mencari-cari topik untuk dibahas di blog Anda atau bingung ingin membagikan apa di social media Anda? Butuh rekomendasi bagus untuk jadi topik konten Anda?

Tenang, kami akan memberikan panduan soal topik-topik apa saja yang ramai diperbincangkan di internet hingga tahun 2017. Semoga Anda mendapat inspirasi dari daftar-daftar topik yang kami berikan berikut!

Inilah 10+ topik paling populer yang paling banyak dibagikan!

Mulai dari postingan viral hingga hal-hal apa yang paling banyak dicari oleh para pengguna mesin penelusur semacam Google. Topik-topik populer ini bisa membuka peluang bagi Anda yang ingin meningkatkan padatnya web traffic Anda. Sebagai blogger, Anda pasti ingin website Anda populer, banyak dikunjungi dan dibaca kontennya oleh para web visitor. Memang ada banyak cara untuk meningkatkan web traffic Anda, termasuk melakukan trik-trik SEO , tetapi memilih topik yang populer atau viral ini juga menjadi salah satu caranya!

  • Membagikan Gambar dan Fakta yang Mengejutkan

Orang-orang suka membagikan konten-konten yang berupa fakta atau gambar yang mengejutkan mereka. Mereka juga suka membagikan tren atau hasil temuan terkini. Hal ini secara psikologis dilakukan untuk menciptakan tantangan bagi diri mereka sendiri dalam mengubah persepsi yang lama sudah ada di kepala mereka. Sebuah survey yang dilakukan oleh Brian Carter dari Marketo pada 2013 menunjukkan bahwa memang orang-orang senang membagikan konten-konten yang menakjubkan dan mengejutkan. Jadi elemen-elemen dari konten viral pada bagian ini adalah konten mengejutkan yang didukung oleh research, judul provokatif dan format yang mudah dilihat atau ditinjau. Contoh dari topik mengejutkan ini bisa saja soal Flath Earth Society yang baru-baru ini viral. Ada sekumpulan orang yang memercayai teori konspirasi ini, bahwa bumi sebenarnya berbentuk datar bukan bulat.

  • Memanfaatkan Tren yang Sudah Ada

Kita semua sadar atau tidak sadar telah menjadikan tren sebagai kawan kita. Memberikan komentar atau ikut membahas isu-isu terkini di konten kita termasuk salah satu buktinya. Konten-konten yang bersinggungan dengan isu-isu terkini atau benar-benar soal isu terkini dapat meningkatkan engangement Anda dengan audience atau segmentasi pembaca/ pasar Anda. Contohnya, akhir-akhir ini segala hal soal film series Game of Thrones beredar di mana-mana. Apakah Anda kerap menemukan berita atau artikel yang beredar di media-media online yang membahas film Game of Thrones? Selain itu, Anda juga mungkin sering melihat status-status Facebook atau tweet yang bertebaran soal Game of Thrones di timeline social media Anda. Bahkan media berita online semacam TIMES juga turut menjadikan Game of Thrones sebagai topik berita mereka. Sementara, bagi Anda yang menulis untuk keperluan bisnis perusahaan Anda, Anda dapat mengikuti jejak kami yang kerap membahas isu seputar startup. Startup kini sedang banyak diperbincangkan karena pertumbuhannya yang tergolong pesat di Indonesia. Bacalah artikel-artikel kami terkait startup di blog Dewaweb.

  • Membagikan Hal-hal Inspiratif

Apa saja hal-hal inspiratif yang bisa menjadi viral? Ada banyak sekali! Contohnya kata-kata mutiara atau yang biasa kita kenal sebagai inspirational quote, termasuk juga gambar menarik yang disertai kata-kata inspiratif yang kerap beredar di social media kita. Media yang paling sering kita temui jenis konten seperti ini adalah Pinterest. Inspiring content ini bisa berupa banyak bentuk sebenarnya, termasuk video juga atau teks artikel. Contohnya, bila Anda ingat sempat ada iklan Dove yang berusaha melawan hegemoni standar kecantikan yang selama ini telah ada bahwa wanita berambut lurus dan berkulit putih itu cantik. Mereka menggunakan bintang iklan atau model yang bervariatif warna kulit dan jenis rambutnya untuk berbagai produk kecantikan mereka di iklan yang ditayangkan di berbagai media, baik YouTube maupun TV.

  • Membuat Daftar Gambar-Gambar Menarik

Para pembaca konten di internet cenderung menyukai gambar dibanding teks. Inilah mengapa konten-konten posting yang berisi sederet gambar sangat digemari oleh user atau web visitor. Bagaimana contohnya? Artikel-artikel yang berjudul seperti “25 Destinasi Wisata Terindah di Dunia”dan sebagainya. Artikel-artikel seperti ini tentu menampilkan banyak gambar untuk mendukung kontennya. Maka jika Anda ingin membuat suatu konten yang sering dibagikan, masukkan juga banyak jenis multimedia menarik seperti pada contoh yang kami sebutkan di atas. Sebenarnya, Anda tak perlu hanya berfokus pada gambar apa yang ingin Anda masukkan. Anda dapat membahas topik apapun tetapi dengan dukungan gambar yang menarik dan berjumlah banyak, seperti pada artikel viral kami satu ini soal 10 Elemen Penting Desain Web .

  • “Mengeksploitasi” Hewan-hewan Imut

Maksud kami akan kata eksploitasi di sini bukan dalam artian buruk. Memang tidak ada yang tahan saat melihat foto-foto hewan yang lucu-lucu dan imut. Baik itu anjing maupun kucing, kita kerap menemukannya di social media atau posting blog di internet. Beberapa di antara kita bahkan mungkin dengan sengaja mengikuti akun social media yang khusus berisi foto atau video hewan yang imut-imut atau lucu. Secara psikologis, hal ini memang wajar terjadi karena di tengah rutinitas melelahkan dan membosankan sehari-hari kita, kita cenderung mencari hiburan yang dapat membuat diri kita senang atau rileks. Contohnya, video kucing yang sedang entah mengapa sibuk menempatkan dirinya di kotak kecil yang sempit!

Cat Tweet

  • Membagikan Hal Lucu

Sekali lagi, orang-orang menyenangi hal-hal yang bersifat menghibur. Maka konten-konten yang sering dibagikan, disukai atau dibagikan kembali biasanya berupa konten-konten yang lucu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh New York Times menunjukkan bahwa alasan paling utama orang-orang cenderung membagikan konten-konten lucu adalah untuk berbagi hal yang menghibur kepada sesamanya, kepada teman-temannya. Jadi, tunggu apa lagi? Buatlah orang-orang tertawa dan konten Anda bisa jadi viral!

  • Membagikan Hal Kontroversial

Kontroversi memang selalu menarik perhatian orang-orang. Dengan membagikan hal-hal yang kontroversial, orang-orang menjadi tertarik untuk meninjau atau memperbincangkan konten tersebut. Tak hanya itu, posting yang kontroversial ini bisa dibagikan kembali dan menjadi viral di dunia maya. Butuh contoh? Coba tengok akun Twitter dari presiden Amerika, Donald Trump!

Trump Tweet

  • Membuat Kuis

Ada suatu sebutan atau nama panggilan bagi orang-orang yang suka mengikuti kuis-kuis online di internet, yaitu quiz people. Apakah Anda salah satu di antaranya? Kuis-kuis ini biasanya diikuti dan dibagikan hasilnya pada social media seperti Facebook atau Twitter untuk ditunjukkan pada teman-teman mereka. Butuh contoh? Masih ingat gaun yang sangat kontroversial satu ini? Orang-orang terus-menerus mencoba menebak apakah warnanya biru-hitam atau putih-emas!

Controversial Dress

  • Memuat Peringatan Pada Konten

Nah, untuk yang satu ini, memang sering kita temui pada konten yang berupa hoax. Contohnya? Kata-kata atau kalimat yang menebar rasa ngeri seperti “Awas! Jangan vaksin anak Anda! Vaksin berbahaya!”atau berbagai kalimat provokatif lainnya yang cenderung berbunyi seperti peringatan. Tetapi ada juga konten viral sejenis ini yang bukan merupakan hoax atau berita bohong. Contohnya? Headline-headline atau berbagai tajuk berita yang memang berisi peringatan resmi seperti peringatan akan adanya gempa bumi yang diumumkan oleh pemerintah atau badan meteorologi.

  • Memberitahu Rahasia Atau Trik Sukses

Semua orang pasti ingin sukses. Hal ini menjadi alasan bagi beberapa internet user untuk mencari-cari rahasia atau trik-trik agar sukses. Melihat kebutuhan pasar ini, pasti banyak media-media online yang membuat posting atau konten berisi saran-saran dari para ahli atau pengusaha sukses yang dipercaya sebagai kunci sukses. Sukses yang dimaksud umumnya berkaitan dengan penghasilan atau uang. Siapa sih yang tak ingin mendapat penghasilan lebih? Orang-orang pasti akan tertarik membacanya. Contohnya, salah satu artikel kami soal cara menghasilkan uang dari YouTube .

  • Memberikan Tips Kesehatan

Hingga kini, ini masih menjadi topik yang paling banyak dibicarakan dan dicari oleh internet user. Cara-cara diet di artikel atau gambar-gambar orang berperut rata di tempat gym dengan kata-kata motivasional kerap kali kita temukan di social media. Selain itu, ada pula cara-cara membuat produk perawatan wajah atau tubuh yang DIY. Yang pasti, jika Anda kreatif, Anda bisa menghasilkan konten-konten yang dianggap bermanfaat bagi pengunjung dan mereka akan tertarik untuk membagikannya kembali walau kadang dicoba pun tidak di rumah.

  • Memberikan Tips Percintaan

Pernah dengar istilah “Love is the drug”? Bryan Fery yang mempopulerkan istilah tersebut dan hal itu bisa dikatakan benar. Konten-konten “berbau”cinta juga sangat mudah menjadi viral. Contohnya? Artikel-artikel berjudul “Lokasi-Lokasi Honeymoon Teromantis”. Kalau Anda tidak mau konten percintaan Anda tampak norak, mungkin Anda bisa lebih kreatif dengan mengambil sudut pandang berbeda dari orang awam. Bisa saja, Anda punya ide brilian yang bisa membuat konten Anda tersebut viral dalam sekejap.

Dibalik Fenomena Konten Viral

Konten-konten yang viral tidak bisa bertahan selamanya. Jadi Anda perlu menyadari bahwa setiap waktu, jenis-jenis konten apa yang viral bisa jadi berubah. Ada jutaan share yang terjadi pada konten viral tak bertahan lama tetapi ada beberapa media yang bisa mempertahankan medianya sebagai sumber yang konten-kontennya banyak dibagikan atau viral. Media-media itu seperti Buzzfeed dan Huffington Post. Anda mungkin perlu mengunjungi kedua website itu untuk mempelajarinya.

Kemudian, satu hal lagi yang ingin kami tekankan adalah tidak adanya formula pasti untuk membuat sebuah konten menjadi viral kecuali Anda adalah selebriti ternama. Berdasarkan analisis yang kami lakukan, ada banyak konten viral muncul karena ketenaran nama mereka terlebih dahulu. Mereka yang merupakan aktor, musisi, dan model dapat meningkatkan volume dari web traffic. Contohnya, saat Adele merilis lagu barunya “Hello”di YouTube yang langsung mendapat sejumlah 500m viewers.

Jadi bagaimana bila Anda bukan artis? Jangan khawatir, ada banyak jenis konten yang bisa Anda buat atau bagikan untuk menjadikannya banyak di-share atau viral. Kembali lagi pada list yang kami berikan di atas.

Tools untuk Menemukan Trending Topic

Ada banyak online tools gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari tahu topik-topik apa saja yang sedang ramai diperbincangkan di internet, topik-topik apa saja yang sedang populer. Berikut, kami akan memberikan daftar tools-nya!

  • Epicbeat

Epicbeat

Epicbeat memiliki banyak fitur yang menarik untuk mencari trending topic terkini, menemukan enganging content dengan topik yang spesifik dan dapat mengidentifikasi mana para influencer-nya. Versi gratisnya memungkinkan satu user dan membatasi beberapa hasil pencarian. Jika Anda ingin versi yang lebih lengkap untuk membantu pekerjaan Anda, biayanya 39$ per bulan.
Fitur Content Insight-nya mengakomodasi tool yang sangat berguna menurut kami. Di sana Anda bisa menemukan trending topic berdasarkan niche tertentu. Anda juga dapat menggunakan Epicbeat untuk melihat bagaimana beda jumlah kata dan tingkat membaca bisa memengaruhi engangement rata-rata pada sebuah artikel. Kemudian, Anda bisa memanfaatkan info tersebut untuk merencanakan editorial calendar Anda.

  • BuzzSumo

Buzzsumo

BuzzSumo adalah salah satu tool bagus yang bisa juga Anda gunakan untuk menemukan konten populer atau trending topic, tetapi harganya tergolong mahal bila dibandingkan dengan harga tools sejenis lainnya. Versi gratisnya ada tetapi fungsinya jadi terbatas. Sementara, versi berbayar harganya 99$ per bulan.

Ketika melakukan pencarian terhadap trending topic di tool ini, Anda dapat membatasi pencarian Anda pada golongan tertentu yaitu: jenis konten, seberapa sering konten dipublikasikan, bahasa dan masih banyak pilihan lainnya. Hasilnya akan muncul disortir berdasarkan network yang spesifik contohnya Facebook, Linkedin dan lain-lain. Pada versi berbayar, Anda bahkan dapat melihat siapa saja yang turut membagikan konten tersebut.

  • Google Trends

Google Trends

Tidak seperti kebanyakan tools lainnya yang pencariannya didasarkan pada metric, Google Trend ini melaporkan tren yang ada dalam bentuk historical organic search. Kami merasa ini salah satu kelebihan Google Trends bila dibandingkan dengan tools sejenis lainnya. Selain itu, tool ini gratis. Kami sangat merekomendasikan tool ini agar Anda gunakan untuk mencari trending topic dan viral content terkini.

Pada homepage dari Google Trends, Anda dapat melihat beberapa featured insights yang disertai dengan daftar stories yang telah menjadi trending topic selama 24 jam terakhir. Anda juga dapat memasukkan topik-topik spesifik tertentu untuk dieksplorasi dan melihat bagaimana keberagaman interest yang terjadi di berbagai wilayah geografis dunia.

  • What’s Trending

What's Trending

Jika Anda tertarik pada topik-topik seputar entertainment dan topik-topik kekinian, coba kunjungi What’s Trending. What’s Trending sebenarnya adalah sebuah website yang didedikasikan untuk menampung dan mengkurasi konten-konten yang paling viral dan paling banyak dibagikan di berbagai social web. Walaupun fitur pencariannya terbatas hanya pada subject tertentu saja, ini adalah sumber pencarian menarik yang sangat seru untuk menemukan hal-hal yang lucu atau menginspirasi untuk dibagikan di Facebook page Anda.

  • ContentGems

ContentGems

Dengan menggunakan ContentGems, Anda dapat membuat custom streams yang menyatukan semua konten-konten populer sejenis pada satu tema atau subject. Sselain itu, dengan tool ini Anda juga dapat melakukan personalisasi pada dashboard Anda. Anda tinggal memasukkan beberapa keyword yang Anda inginkan untuk dilakukan track dan menambah beberapa subtopic yang ingin Anda singkirkan dari hasil pencarian. Jika Anda ingin, Anda juga bisa menambahkan sumber-sumber mana yang ingin Anda ikut sertakan untuk dilakukan pencarian.

Simpulan

Melalui artikel ini, kami telah memberikan pada Anda berbagai topik yang paling banyak dibagikan sekaligus dicari oleh pengguna internet. Para pengguna internet ini bisa dari berbagai kalangan umur, mulai dari remaja hingga dewasa. Anda patut mencoba mengembangkan topik-topik yang kami berikan di atas dan menguji apakah benar konten-konten seperti itu bisa viral. Namun topik-topik ini tidak bisa dijadikan batasan, Anda bisa lebih kreatif lagi dalam membuat posting-posting yang viral di website Anda atau untuk dibagikan di social media Anda. Intinya, coba amati motif-motif psikologi manusia sesuai zaman dan berpikirlah di luar kebiasaan untuk membuat suatu inovasi dari yang sudah ada. Lewat artikel ini juga kami memberikan tools berguna yang dapat Anda pakai untuk membantu Anda mencari tahu soal apa saja topik-topik yang kini sedang populer. Anda juga bisa mencari artikel bermanfaat lainnya soal konten viral yang bisa melengkapi informasi dari artikel kami. Semoga artikel ini membantu!

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan