15 SEO Tools Murah, Gratis, dan Terbaik Untuk Menganalisa Website Anda

15 SEO tools murah gratis terbaik untuk analisa website

Bila kita membahas mengenai bagaimana menganalisa dan mengoptimalkan website, maka mau tak mau kita harus membahas SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic di website melalui tampilan di halaman pertama search engine.

Bagi Anda yang memiliki website Anda tahu bahwa Anda perlu menerapkan strategi-strategi on-page SEO dan off-page SEO pada halaman website Anda untuk mendapat hasil yang maksimal.

Tetapi, untuk saat ini Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak tools gratis atau murah yang dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa strategi SEO Anda sudah diterapkan dengan baik.

Berbagai macam tools SEO ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun pastinya memiliki satu fungsi yang sama, yaitu menganalisa kualitas konten pada website sehingga tahu mana konten dengan rating SEO tinggi dan mampu mendatangkan banyak traffic serta bagaimana cara meningkatkan rating SEO untuk sebuah postingan atau konten.

15 Tools SEO untuk Menganalisa Website Layaknya Google

Google, sebagai satu-satunya search engine terbesar dan paling banyak digunakan saat ini memiliki cara tersendiri untuk melihat kualitas dari sebuah konten di website. Google nantinya akan memilih website atau konten yang paling relevan untuk ditampilkan untuk hasil pencarian. Sistem yang begitu rumit ini memang pada akhirnya membuat Google harus berkali-kali melakukan update untuk sistem algoritma mereka. Yang bisa membuat para pemilik situs website kebingungan, mau dibawa kemana konten website kali ini?

Tapi jangan khawatir. Di bawah ini adalah 15 software SEO gratis yang bisa digunakan untuk “mengintip” bagaimana Google melihat kualitas konten dari sebuah situs.

 

  1. RankingCoach

 

Dengan menggunakan RankingCoach, Anda bisa meningkatkan peringkat blog di Google sekaligus menjadikannya sebagai sebuah tool online marketing. Tool ini akan memberi tahu apa yang perlu Anda lakukan dalam rupa tugas sederhana pada dashboard. Tanpa memakan waktu lama, peringkat website akan secara bertahap meningkat selama Anda secara konsisten melakukan optimasi website. RankingCoach dapat membantu Anda untuk menganalisa dan memonitor website Anda agar tetap berada di peringkat atas.

Interface dan tutorial RankingCoach bisa dengan mudah digunakan dan tersedia dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Tersedia lebih dari 1200 video dan alat bantu analisa yang lengkap. RankingCoach membuat bisnis online Anda lebih baik di hasil pencarian. Jika Anda ingin mencoba menggunakan RankingCoach, Anda dapat mencoba RankingCoach gratis selama 30 hari.

  1. Google Webmaster Tools

Ya, memang pada akhirnya tak ada yang bisa membuat kita melihat kualitas dengan standar dari Google, selain menggunakan software SEO dari Google pula. Google Webmaster Tools merupakan sebuah software yang mudah digunakan dan akan menunjukkan secara garis besar bagaimana proses Google menampilkan hasil pencarian. Dan apakah konten dari sebuah situs cukup relevan dengan kata kunci dari pencarian tersebut.

Dengan software ini, pengguna bisa menganalisa sebuah konten dengan memasukkan URL. Akan nampak, apakah konten tersebut sudah memenuhi standar SEO dari Google atau malah memiliki kualitas yang buruk. Setiap minggunya, pengguna mendapat “jatah” menggunakan fitur fetch URL tersebut hingga 500 kali.

  1. Check My Links

Check My Links merupakan salah satu tools fungsional lain untuk meningkatkan SEO dari sebuah konten. Tool ini adalah sebuah extension untuk browser Google Chrome. Sebuah konten yang berkualitas dinilai pula oleh Google dari external atau internal link yang terdapat dalam sebuah postingan. Dan tools satu ini membantu untuk memastikan semua link yang disertakan di dalam konten masih aktif. Link yang masih aktif akan berwarna hijau, dan link yang sudah tidak aktif dan tak lagi berfungsi akan berwarna merah.

  1. Moz Pro Tools

Dengan berlangganan Moz Pro Tools ini, pengguna secara rutin diberikan resource untuk beberapa software yang berguna untuk meningkatkan performa website. Moz Pro Tools ini pun memiliki pilihan source yang membantu pengguna mengoptimalkan SEO pada konten. Selain itu juga ada source untuk pertambahan traffic, hingga menganalisa konten mana yang tak memiliki kualitas sesuai standard.

  1. SEO Report Card

SEO Report Card merupakan tool dari UpCity yang membandingkan website satu dengan website yang lain. Tak hanya itu, dengan memberikan sedikit informasi dan kontak, SEO Report Card juga akan memberikan beberapa fitur lain, seperti misalnya  :

  • Rank Analysis: menunjukan peringkat website di Google, Bing, dan Yahoo. Peringkat ini ditentukan dari kata kunci yang diberikan ketika mulai mengatur Rank Analysis.
  • Link Building : menunjukkan website apa saja yang memberikan tautan balik untuk website milik Anda.
  • On-Site Analysis : menganalisa kata kunci utama, dan seberapa besar persentase kata kunci tersebut di seluruh konten pada website
  • Website Accessibility : fitur ini fokus pada menunjukan kecepatan loading pada website dan kemudahan akses
  • Trust Metrics : analisa mengenai apakah website cukup terpercaya atau tidak
  • Current Indexing : analisa seberapa banyak halaman pada website yang sudah ter-indeks dengan baik
  1. HubSpot’s Website Grader

Tahun 2007 lalu, HubSpot merilis sebuah tool yang bisa menganalisa pemakaian SEO serta relevansi SEO untuk keseluruhan website. Selain juga menemukan peluang-peluang meningkatkan SEO pada situs. Dan pada tahun ini, HubSpot pun merilis versi terbaru dari Website Grader dengan beberapa fitur dan keunggulan tambahan.

Untuk versi terbaru kali ini, HubSpot membuat Website Grader sebagai SEO tool dengan sistem laporan yang lebih personal. Laporan tersebut nantinya akan berdasar pada key metrics seperti di bawah ini:

  • Performance : menganalisa ukuran dari masing-masing page di situs, kecepatan, dan lain sebagainya.
  • Mobile Readiness : memastikan website cukup mobile friendly dan bisa diakses dengan mudah melalui versi mobile.
  • SEO : akan menganalisa apakah website cukup mudah ditemukan baik itu oleh pengunjung atau bot. Analisa ini berdasar dari judul konten, serta analisa menyeluruh pada deskripsi meta dari situs.
  • Security : memastikan situs sudah memiliki sistem keamanan yang direkomendasikan. Salah-satunya sudah terdapat sertifikat SSL sehingga pengunjung aman memberikan informasi pribadi.

Keunggulan dari menggunakan tool ini adalah kemudahan dan kepraktisan yang diberikan. Pengguna cukup memasukan alamat URL serta email untuk mendapatkan analisa lengkap.

  1. SEO SiteCheckup

Selain nilai SEO website Anda, SEO SiteCheckup ini juga mengirimkan informasi tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah yang mereka temukan yang berkaitan dengan SEO, seperti kecepatan, keamanan, dan mobile-friendliness. Anda cukup memasukkan URL untuk melihat performa SEO website Anda.

Versi gratisnya memungkinkan Anda untuk melakukan check up sebanyak lima kali dalam satu hari, meski Anda harus membuat akun gratis untuk mengecek lebih dari satu situs web setiap harinya. Jika Anda memerlukan lebih dari 300 laporan per bulan untuk tiga situs web, Anda harus membeli paket berbayar.

Situs ini menawarkan uji coba gratis 14 hari, sehingga Anda bisa merasakannya terlebih dulu. Pastikan untuk melihat opsi menu “free tools” di bagian atas situs.

  1. Screaming Frog SEO Spider

Tool satu ini menjadi favorit para search marketer. Tak hanya karena memiliki tampilan dan fungsi yang mudah digunakan, tools ini juga menganalisa seluruh aspek SEO dari sebuah URL. Mulai dari perkembangan, efektifitas, hingga peluang pada SEO. Serta menganalisa masalah-masalah, dan kekurangan yang ada pada konten berkaitan dengan penggunaan kata kunci, link, dan banyak lainnya. Dengan begitu banyak fungsi analisa ini, tak heran bila Screaming Frog SEO Spider bisa menghabiskan waktu berjam-jam bahkan satu hari penuh untuk melakukan analisa sebuah url website. Terutama untuk website dengan ukuran besar.

Keunggulan lain, pengguna Screaming Frog SEO Spider bisa memindahkan hasil analisa dalam bentuk excel kapanpun. Sehingga bila memadukan tools ini dengan tools lain, misalnya dengan Moz Pro Tools, pengguna bisa menyimpan data hasil analisa dan mengunduhnya pada Moz Pro Tools. Tools ini pun dianggap paling lengkap dan paling mudah untuk memperhatikan ranking pada website serta traffic.

  1. Found’s SEO Audit Tool

Situs ini memberikan pertanyaan yang begitu menggoda untuk para pengguna, yaitu maukah situs Anda menjadi lebih dari yang lain, dan tampil lebih menonjol dibandingkan situs kompetitor di hasil pencarian?

Dan memang, fokus dari tool satu ini adalah untuk memberikan laporan lengkap mengenai analisa SEO, serta masalah-masalah SEO lain yang sering kali dialami. Cara penggunaannya pun mudah, cukup dengan memasukan URL pada situs Found’s SEO Audit Tool kemudian akan muncul halaman yang menunjukkan beberapa hasil analisa. Hasil analisa pun dibagi menjadi tiga :

  • Technical issues : yang ditunjukkan dari hasil analisa ini adalah canonicalization domain serta sitemap XML.
  • Content issues : hasil analisa untuk bagian ini berfokus pada hasil meta data dan pengaruh kata kunci pada konten dan website.
  • External link analysis : ini akan menunjukkan analisa dari kualitas eksternal dan internal link

Keunggulan lain? Sama seperti pada Woorank, hasil analisa juga bisa langsung diunduh menjadi pdf.

  1. Varvy’s SEO Overview Tool

Satu lagi tool berguna untuk para pemilik website. Varvy’s SEO Overview Tool memiliki basis yang lebih terfokus pada keseluruhan faktor dari sebuah website. Namun tak begitu menyeluruh. Proses yang cepat hanya dalam hitungan menit menjadikan banyak pengguna yang memanfaatkan tools satu ini ketika membutuhkan hasil analisis yang cepat untuk situs mereka. Selain itu, tool ini cocok untuk pengguna yang tak begitu memerlukan analisa mendalam pada faktor-faktor penting berkaitan dengan SEO di website.

Tools satu ini akan menganalisa beberapa hal penting, mulai dari kekuatan domain, link, image SEO, faktor yang berhubungan dengan media sosial seperti mention, dan sebagainya, selain itu juga ada mengenai teknikal SEO pada masing-masing halaman, kecepatan sebuah halaman untuk terbuka, dan banyak lain.

Varvy’s SEO Overview Tool juga memiliki sebuah tool yang mungkin tak dimiliki oleh banyak tools SEO lain, yakni Image SEO. Tools ini nantinya akan menganalisa kekuatan SEO pada image yang ada di URL yang dimasukkan. Akan dianalisa penggunaan ALT hingga banyaknya kata untuk masing-masing gambar.

  1. QuickSprout Website Analyzer

Satu lagi tools yang mampu memberikan analisa menyeluruh mengenai kondisi sebuah website berdasarkan dari teknikal SEO yang digunakan. QuickSprout Website Analyzer menjadi salah-satu tools yang bekerja dengan cepat dan menggunakan proses analisa menyeluruh mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan teknik pada sebuah website.

Selain cepat, penggunaan dari SEO tool satu ini pun terbilang mudah. Dimana pengguna hanya perlu memasukan alamat atau URL situs, setelah itu menunggu selama beberapa menit hingga QuickSprout Website Analyzer menunjukkan data analisa dari website tersebut. QuickSprout Website Analyzer menganalisa optimisasion SEO, kecepatan, tags, keywords, social, links dan bahkan memberikan perbandingan dengan situs lain.

Selain itu, situs ini pun memberikan keuntungan lain dari segi menampilkan hasil analisa dalam bentuk persentase sehingga memudahkan untuk mengerti analisa dari website tersebut.

  1. Mobile-Friendly Test

Mobile-friendly test adalah tools dari Google yang bisa Anda gunakan untuk melihat apakah website Anda mobile-friendly atau tidak. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan URL website yang ingin Anda tes dan klik tombol “run test”. Hanya dalam beberapa detik Anda akan mendapatkan hasilnya. Setelah itu, tool ini akan memberitahu Anda berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi website Anda untuk mobile devices. Beberapa saran yang mungkin Anda dapatkan adalah mengganti ukuran font dan mengubah ukuran konten.

  1. Robots.txt Generator

Sebelum indexing, Google bots harus tahu apa yang harus mereka lakukan di sebuah website. Robots.txt Generator memberitahu mereka apa yang harus mereka crawl dan index di setiap halaman website tersebut. Sebagai contoh, jika sebuah file memiliki sebuah larangan, maka bots tidak akan bisa mengunjungi halaman manapun di dalam situs web tersebut.

  1. XML Sitemaps Generator

Memiliki sebuah sitemap adalah cara lain untuk memiliki situs web yang terindeks. XML Sitemaps Generator membantu Anda untuk membuat sebuah sitemaps untuk website Anda dengan varian XML dan HTML. Anda hanya perlu memasukkan alamat http:// lengkap website Anda sehingga tool ini bisa mulai menghasilkan sitemap.

Tool ini juga akan menghasilkan jumlah halaman, broken link, konten file XML dan link ke file sitemap. Tool ini bisa meng-crawl hingga 500 halaman secara gratis. Jika Anda perlu mengindeks lebih banyak halaman, Anda bisa membeli versi berbayar dan tak terbatas dari alat ini.

Untuk menggunakan versi unlimited, Anda perlu membayar $ 19.99, yang sudah termasuk update seumur hidup. Jika Anda memiliki situs web yang besar, tool ini bisa sangat berguna untuk Anda.

  1. Schema Creator

Skema membantu pengguna untuk tahu lebih banyak tentang website yang akan mereka kunjungi.  Ini karena mereka disajikan dengan rincian spesifik tentang perusahaan atau organisasi tertentu di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Dengan Schema Creator,  Anda dapat menyesuaikan bagaimana hasil Anda, termasuk review, jam operasi, acara, dan sebagainya akan muncul di Google dan mesin pencari lainnya.

Untuk memasukkan kode skema ke website Anda, Anda hanya perlu copy paste kode yang akan diberikan oleh tool ini. Selain itu, tool ini juga memiliki plugin WordPress gratis bagi Anda pengguna WordPress.

Jika Anda menyukai tool ini, mereka juga memiliki aplikasi yang bisa Anda coba gratis untuk 14 hari. Mereka menyediakan beberapa plan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan ukuran bisnis Anda.

Simpulan

15 SEO tools di atas memiliki fungsi yang kurang-lebih sama, namun tentu saja dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Ada banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan strategi SEO Anda, mulai dari penggunaan ALT pada image, hingga analisa kecepatan load masing-masing halaman, hingga beberapa tools yang akan menunjukan traffic website. Tetapi yang paling penting, berbagai tools di atas juga memberi tahu Anda keakuratan teknik-teknik SEO yang digunakan pada tiap-tiap halaman atau konten.
Apakah dari Anda ada yang pernah menggunakan tool-tool SEO di atas? Jika dari Anda ada yang menggunakan tool SEO lain yang tidak disebutkan di atas, Anda juga boleh berbagi di kolom komen di bawah!

Posted in: