Dewaweb Berpartner Dengan CloudLinux – KernelCare dan Imunify360 untuk VPS GRATIS

Dewaweb mengumumkan kerjasama strategis sebagai Platinum Partner dari CloudLinux yang pertama di Indonesia. CloudLinux adalah perusahaan teknologi keamanan untuk server hosting berbasis Linux yang produknya sudah dipakai di jutaan server di seluruh dunia, termasuk oleh IBM dan Dell.

Apa manfaat kerjasama ini untuk pelanggan Dewaweb?

Semua pelanggan Cloud Server (VPS) Dewaweb bisa menikmati semua tools keamanan tercanggih dan terbaru yang dibuat CloudLinux dengan harga terbaik, bahkan ada yang gratis!

Berikut adalah manfaat komplitnya:

1. FREE KernelCare Protection untuk semua VPS Dewaweb (harga normal: $45/tahun)

Dengan KernelCare, Anda tidak usah repot melakukan upgrade kernel dan schedule reboot Linux server lagi. KernelCare secara otomatis akan melakukan patching dan melindungi Linux kernel dari ancaman security terbaru (zero day vulnerability) seperti Dirty COW, yang membuat heboh di tahun 2016.

Untuk pelanggan Dewaweb yang menggunakan VPS Linux Self Managed, silahkan kirim tiket support dengan subject “{IP VPS} – Mau KernelCare Free”. Setelah license KernelCare gratis untuk VPS Anda diaktifkan, langsung install KernelCare sesuai petunjuk di bawah ini.

Install KernelCare:
curl -s https://repo.cloudlinux.com/kernelcare/kernelcare_install.sh | bash

Check patches installed:
kcarectl –info

Force update:
kcarectl –update

Untuk pelanggan yang menggunakan VPS Linux Managed by Dewaweb, KernelCare akan otomatis di-install oleh L3 Admin Dewaweb dan tidak perlu kirim tiket apapun.

2. FREE Imunify360 30-Users License (harga normal $300/tahun) untuk pelanggan VPS cPanel Dewaweb dengan biaya bulanan min Rp. 2 juta

Imunify360 adalah produk terbaru CloudLinux yang menyediakan “next generation, automated security solution, powered by AI (Artificial Intelligence)” untuk melindungi server Anda dari berbagai serangan cyber terbaru. KernelCare sudah termasuk dalam paket Imunify360. Silahkan baca penjelasan di bawah untuk lebih lengkapnya.

Imunify360 saat ini baru mendukung server Linux yang menggunakan cPanel dan di akhir tahun ini akan bisa digunakan untuk server Linux non-cPanel. Untuk pelanggan Dewaweb yang membeli VPS Linux + cPanel dengan total biaya bulanan minimal Rp. 2 juta rupiah akan mendapatkan license Imunify360 (max 30 users) secara gratis. Silahkan kirim tiket support dengan subject “{IP VPS} – Mau Imunify360 Free” dan kita akan kirimkan key Imunify360 secara gratis untuk di-install.

3. Berkurangnya jadwal maintenance dan peningkatan keamanan untuk semua server hosting Dewaweb

Semua server hosting Dewaweb sudah dilengkapi dengan Imunify360 dan KernelCare untuk proteksi maksimal terhadap cyber attacks terbaru dan L3 Admin Dewaweb tidak perlu lagi menjadwalkan reboot server untuk upgrade kernel terlalu sering.

4. Penawaran harga terbaik untuk semua produk CloudLinux OS, KernelCare dan Imunify360.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik, berlaku untuk semua pelanggan, termasuk yang servernya tidak di-hosting di Dewaweb dan membutuhkan pengamanan maksimal.

Cyber security yang baik adalah satu keharusan untuk semua pemilik website dan server saat ini, karena serangan cyber dari hackers, malware, dan ransomware semakin canggih dan ganas seperti yang belum lama ini terjadi yaitu serangan ransomware WannaCry. Tidak lucu kalau website atau data server Anda disandera oleh hackers yang menaruh ransomware di dalamnya.

Berikut adalah contoh tampilan server Ubuntu yang terkena ransomware dan meminta tebusan 222 Bitcoin untuk dikembalikan datanya:

Apa itu Imunify360?

Bila Anda perhatikan, belum banyak artikel yang membahas Imunify360 secara mendasar dan menyeluruh di hasil penelusuran internet terkait. Tenang, inilah mengapa kami akan menyajikan artikel khusus yang dapat memberikan Anda semua info yang ingin Anda ketahui dari Imunify 360. Kami akan membahasnya mulai dari definisi, cara kerja, hingga fitur-fitur yang terdapat di dalamnya secara komplit.

Pada 29 Maret 2017, developer dari CloudLinux mengumumkan bahwa produk keamanan otomatis all-in one telah dirilis, namanya adalah Imunify360. Untuk saat ini, Imunify360 bisa dioperasikan pada server CentOS, Red Hat, dan CloudLinux OS yang menggunakan control panel cPanel dan Plesk. Dukungan untuk Ubuntu, Debian, DirectAdmin, ISPmanager, dan server tanpa control panel akan tersedia dalam 3-6 bulan ini.

Sederhananya, Imunify360 adalah sebuah sistem keamanan all-in-one otomatis yang dikembangkan oleh CloudLinux untuk melindungi web server Anda dari ancaman-ancaman yang membahayakan.

Imunify360 ini menggunakan herd imunity dan 6 layer keamanan (nantinya akan ada satu layer lagi yang ditambahkan oleh developer) yang bisa mengakomodasi keamanan maksimal terhadap berbagai serangan yang mungkin dihadapi oleh website Anda.

Cara Kerja Imunify360

Setelah di-instalasi di server cPanel Anda, maka Imunify360 akan berjalan secara otomatis melindungi server dari semua serangan cyber yang datang dan memberikan laporan secara real-time yang bisa dilihat dari dashboard Imunify360.

Cara Imunify360 membedakan pengunjung website yang asli dengan bot adalah menggunakan CAPTCHA popup yang hanya perlu di-klik sekali saja. Imunify360 kompatibel dengan mod_security maupun Config Server Firewall (CSF), malahan fitur-fitur yang ada pada Imunify360 bisa melengkapi yang sudah ada. Jadi, serangan malware maupun tindakan spamming dengan rate tinggi bisa langsung dideteksi dan dilaporkan oleh Imunify360 ke penggunanya. Kejadian-kejadian yang mengancam website Anda semacam peretasan atau pencurian data bisa dicegah dengan cepat.

Kemudian, secara terperinci, ada 6 layer keamanan yang bekerja dari Imunify360. Keenam layer tersebut akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian fitur Imunify360 selanjutnya.

Fitur-Fitur Keamanan Pada Imunify360

  • Centralized Incident Management

Dari Dashboard Imunify360 yang terintegrasi dengan cPanel, Anda bisa melihat semua serangan yang masuk ke server dan di-update setiap 60 detik.

  • Advanced Firewall

Advanced Firewall dari Imunify360 menggunakan herd imunity dan artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi ancaman baru dan melindungi server Anda dari berbagai serangan, termasuk serangan brute force, DoS attacks, dan port scans.

Firewall Imunify360

  • Intrusion Detection and Prevention System (IDS & IPS)

Kemampuan fitur IDS/IPS ini mencakup pemberlakuan ‘deny’ policy rules yang dapat dengan cepat melakukan pemblokiran terhadap semua serangan yang telah dikenali sistem. Fitur ini juga mampu memonitor log server dan memindai file log dari segala sudut yang berbeda dan bisa menghalangi IP yang menunjukkan tanda-tanda berbahaya dari kegiatan yang mencurigakan. Tanda-tanda berbahaya tersebut semacam usaha login yang gagal dan sebagainya.

Pada tab ‘Incidents’, Anda dapat melihat semua server incidents yang terbaru. Hal ini dikarenakan sistem yang terus memperbaharui datanya setiap 60 detik.

List of Incidents Imunify360

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan filter untuk menunjukkan incident yang ada dengan Timeframe, mengubah jumlah catatan yang ingin Anda lihat atau tampilkan pada halaman, serta memfilter incident berdasarkan IP-nya dari daftar hitam (‘Black’), putih (‘White’), atau abu-abu (‘Grey’).

Klik pada incident yang manapun untuk melihat informasinya secara terperinci. Dengan mengklik IP tertentu, sistem akan menyaring incident hanya untuk IP yang dipilih tersebut saja. Selain itu, hal yang sama dapat dilakukan berdasarkan negara tertentu saja.

Jika IP ditandai dengan penanda warna biru maka IP itu tidak termasuk dalam daftar apapun. Selanjutnya, Anda dapat mengambil tindakan terhadap IP itu untuk kemudian memindahkannya ke daftar Putih atau Hitam.

Anda akan melihat bahwa beberapa incident yang ada tidak menunjukkan alamat IP. Maka incident berbasis IDS tersebut tidak terkait dengan jaringan, seperti incident yang dihasilkan secara lokal sehingga tidak memiliki IP yang terkait dengannya.

Angka di sebelah tanda panah yang ada menunjukkan berapa banyak usaha yang dilakukan dari IP ini selama masa pendeteksian dilakukan.

  • Verifikasi CAPTCHA

Captcha Imunify360

Firewall Imunify360 yang baru saja kami bahas sebelumnya sangat terintegrasi dengan WAF, sehingga dapat menghentikan sebagian besar serangan aplikasi web bahkan sebelum serangan tersebut dimulai. Tetapi, Imunify360 tetap memastikan bahwa pengunjung yang valid saja yang bisa mencapai website Anda. Untuk itu, Imunify360 menggunakan sistem Google reCaptcha yang canggih karena secara dramatis mampu menyulitkan bot untuk mencoba-coba masuk ke website Anda.

Jika ada user yang dicurigai melanggar peraturan keamanan dari Imunify360, Imunify360 akan secara otomatis memblokir akses ke server Anda dari alamat IP pengunjung, lalu menambahkan IP itu ke daftar abu-abu (graylist). Selanjutnya pengunjung akan diarahkan kembali ke CAPTCHA. Jika verifikasi CAPTCHA ini berhasil, Imunify360 akan segera menghapus pengunjung tersebut dari daftar abu-abu tadi dan memberikan akses.

  • KernelCare Protection

KernelCare ini adalah fitur Imunify360 yang bisa menjaga keamanan kernel server Anda dengan patching secara otomatis. KernelCare mampu melakukannya tanpa perlu reboot server. KernelCare akan memeriksa patch terbaru setiap empat jam dan secara otomatis menerapkannya ke server yang sedang berjalan tanpa menimbulkan dampak ke kinerja website Anda.

Untuk mulai menggunakan KernelCare dari dashboard Imunify360, coba klik tombol “Install KernelCare” di tab “Settings”.

Setelah berhasil di-install, parameter KernelCare akan terlihat di tab KernelCare yang ada. Parameter ini berisi informasi status dan versi aktual kernel yang sedang berjalan, juga menampilkan mode pengoperasian KernelCare.

KernelCare Imunify360

  1. Effective Kernel Version menampilkan versi di mana kernel berjalan yang di-patch oleh KernelCare.
  2. Real Kernel Version menunjukkan versi kernel yang ada sebelum di-patch.
  3. Update Mode Toogle memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan automatic patching.
  4. Uptime menampilkan berapa lama uptime server sejak reboot terakhir.
  • Malware Scanning

Imunify360’s Malware Scanner dapat secara otomatis mendeteksi malware yang masuk melalui celah keamanan di website dan juga langsung di-karantina kalau memang memungkinkan.

Pada dashboard Scanner Malware, Anda akan menemukan ringkasan dari pemantauan malware secara real-time. Anda dapat melihat hasilnya berdasarkan setting waktu yang Anda inginkan.

Pilihan pemindaian disesuaikan dengan permintaan, memungkinkan Anda memindai setiap direktori yang diinginkan kapan saja. Kemudian, file yang dikarantina dapat ditinjau dan dikelola di halaman karantina yang ada.

Quarantine Dashboard Imunify360

Anda dapat mengembalikan file tertentu dari karantina. Selain itu, file berbahaya yang dikonfirmasi oleh Anda dapat pula dihapus secara permanen dari karantina.

  • Reputation Management

Fitur Reputation Management dari Imunify360 ini mampu menganalisis setiap hari jika saja ada situs atau IP yang diblokir oleh daftar hitam kemudian memberi tahu Anda.

Fitur ini ada karena Imunify360 menganggap reputasi website Anda sangat penting. Misalnya, jika Anda ditambahkan ke daftar hitam Google sebagai situs yang mendistribusikan software jahat, Anda akan dikecualikan dari hasil penelusuran Google atau tidak ditampilkan di halaman pencarian (SERP) jadinya bisnis Anda terancam. Bagaimana bisa? Karena kebanyakan internet user yang merupakan potential buyer Anda mencari Anda dari mesin penelusur, jika Anda diblokir oleh si mesin penelusur maka bisnis Anda terancam tak laku karena tak ada pengunjung website. Jika Anda tidak secara proaktif memonitor reputasi situs web Anda, Anda mungkin tidak tahu bahwa website Anda sudah masuk daftar hitam selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan lamanya.

  • Web Applications Sandboxing (Coming Soon)

Imunify360 mempunyai kemampuan belajar sendiri (AI) untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan yang menyerang aplikasi web Anda dan menciptakan “sandboxes” untuk mencegah hacker masuk lebih dalam dan melakukan injeksi malware, deface website, atau mendapatkan akses administrator.

Kesimpulan

Dewaweb menjadi jasa cloud hosting pertama di Indonesia yang menjadi Platinum Partner CloudLinux dan distributor resmi untuk Imunify360, KernelCare dan CloudLinux OS dengan harga terbaik. Silahkan cek di Imunify360 Distributors Directory dan CloudLinux Partner Directory. Selain itu Dewaweb juga sudah mendapatkan sertifikasi international ISO 27001 untuk Information Security Management dari BSI.

Team dan CEO Dewaweb juga akan hadir di event Tech in Asia Jakarta tgl 1-2 November 2017 di Jakarta Convention Centre, booth S7. Silahkan mampir untuk bertanya langsung mengenai Imunify360 dan KernelCare di sana.

Jangan ragu untuk memilih Dewaweb sebagai provider hosting dan partner cyber security untuk server dan website Anda!

Posted in:
  • Ata Quincy

    Joss