Dewaweb – Workshop on Security, Trust and Growth in the Online World

Conclave82Pada 24 Agustus 2015 yang lalu, Dewaweb bekerjasama dengan WebNIC mengadakan sebuah acara workshop dengan tema “Security, Trust and Growth in the Online World” atau “Keamanan, Tingkat Kepercayaan dan Pertumbuhan Dunia Bisnis Online” di Conclave, Jakarta.  Acara ini selain dibawakan oleh Bapak Edy Budiman (CEO dan Founder PT Dewaweb), juga dibawakan oleh perwakilan dari WebNIC Bapak Jimmy Chin dan pembicara utama Mr. Sarabjeet Khurana (Director – Website Security Solutions at Symantec).

Market Size

Sebuah riset yang dilakukan oleh IMF, eMarketer dan eCommerceMILO pada 2013 menyatakan bahwa market size atau ukuran pasar untuk Indonesia adalah senilai 1,3 juta US Dolar, dengan perincian 248 juta jumlah penduduk, 39 juta pengguna internet dan 5 juta pembeli online (jumlah masyarakat Indonesia yang melakukan transaksi pembelian barang secara online).

Indonesia Online Shoppers

Pertumbuhan jumlah masyarakat Indonesia yang diproyeksikan oleh pihak eMarketer seperti yang bisa dilihat pada gambar, yakni sebesar 4,6 juta orang pada 2013 (riilnya mendekati 5 juta) dan akan mencapai 7,4 juta orang pada 2015 dan 8,7 juta orang pada 2016.  Hal ini menandakan betapa besarnya potensi bisnis online yang ada di Indonesia.

Credit Card Penetration

Namun demikian seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, metode-metode pembayaran yang umum digunakan untuk pembayaran transaksi online di Indonesia, ternyata hanya sebesar 7% saja dari total keseluruhan transaksi online yang ada yang menggunakan pembayaran dengan Kartu Kredit (atau sekitar 4,5% dari seluruh transaksi menggunakan Kartu Kredit).  Mengapa demikian?  Dari hasil riset yang ada, didapatkan jawaban bahwa 50% dari seluruh masyarakat Indonesia yang melakukan transaksi online tidak percaya (memiliki tingkat kepercayaan yang rendah) bahwa website tempat dimana dia melakukan transaksi online itu aman.

SSL Certificate

SSL atau Secure Socket Layer sederhananya adalah sebuah metode enkripsi untuk mengamankan data dari dan ke website.  Jika sebuah website sudah dipasangi SSL (ditandai dengan gambar gembok di address bar browser dan atau berubah dari http menjadi https), maka bisa dipastikan data-data yang terkirim ke website (dan juga sebaliknya) itu aman.

Perhatikan video singkat berikut ini untuk penjelasannya:

Penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis SSL Certificate yang ada bisa dilihat di halaman SSL Certificates ini.

Darimana Anda – sebagai seorang awam dan juga mungkin sebagai pembeli barang/jasa secara online – tahu bahwa website toko online tempat Anda akan melakukan transaksi itu aman?

  1. Perhatikan icon/gambar gembok yang terdapat di address bar, seperti pada contoh gambar berikut:
    Gembok EVKotak Green Bar atau icon “gembok” yang terdapat pada address bar di browser kita bisa di klik, untuk memperlihatkan informasi tingkat keamanan SSL yang digunakan oleh website bersangkutan.
  2. Periksa juga tingkat keamanan server dimana SSL Certificate itu digunakan melalui SSL Labs

Dewaweb memberikan jaminan bagi seluruh customersnya, bahwa setiap SSL Certificate yang dibeli dan di-install pada server Dewaweb akan mendapatkan rating keamanan “A” jika diuji melalui SSL Labs.

Berikut beberapa foto acara workshop tersebut:

Selain membagikan informasi dan edukasi seputar SSL, Dewaweb juga membagikan hadiah voucher dan goodie bag lho!

Jika para pemilik bisnis online bisa meyakinkan para customers-nya bahwa website-nya tersebut aman (dengan menunjukkan Secured Site Seal atau Logo Keamanan SSL), maka tentu bisa diharapkan tingkat penjualan (conversion rate) pun akan meningkat.

Untuk Video Rekaman, dapat dilihat di bawah ini.

Sampai jumpa di event workshop Dewaweb berikutnya!

6,837 total views, 2 views today

Posted in:
  • dwi

    Tolong jelaskan pengertian dari IMF dan e-commerceMILO itu apa?
    Untuk bahan skripsi
    Terimakasih

    • Dewaweb Cipta

      IMF itu International Monetary Fund, yakni salah satu badan PBB yang bergerak di bidang moneter. Sedangkan untuk e-commerceMILO, silahkan lihat disini: http://www.ecommercemilo.com/p/about.html