Digital Marketing – Optimasi Keyword Website Menembus Halaman Pertama Google


Dunia marketing sekarang jauh berbeda. Kemudahan seseorang mencari informasi melalui banyak saluran, membuat seorang pemasar dan pengusaha harus memiliki strategi dalam meningkatkan penjualan. Salah satu saluran yang banyak dipakai orang sekarang ini adalah media digital. Menguasai media ini adalah hal yang wajib bagi seorang pemasar di tahun 2017 ini. Pemasaran digital atau Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai agar startup dan UKM bisa terus dikenal dan memiliki banyak pelanggan. Salah satu komponen penting Digital Marketing dewasa ini adalah SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs Anda agar pengguna internet dapat menemukan website Anda melalui mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Menurut Rhein Mahatma sebagai Co-founder Startupbisnis.com dan Founder buattokoonline.id, SEO merupakan metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan website Anda untuk dicatatkan pada halaman pertama atau kedua dari hasil pencarian organik. Bahkan menurut Smartinsights, menempati posisi 1 di halaman 1 adalah hal yang penting karena CTR (persentase sebuah link diklik) sebuah hasil pencarian berkurang secara signifikan jika posisi website Sahabat hanya menempati posisi 2, 3, dst di halaman pertama. Apalagi jika website kita di halaman ke-2. Menurut data, jumlah pencarian di halaman kedua sangat-sangat kecil. Bagi kebanyakan orang, jika tidak menemukan apa yang mereka cari, mereka akan mengganti atau memperbaiki kata kunci pencariannya.

Pada dasarnya, dunia Digital Marketing memiliki banyak teknik pendekatan dan tindakan marketing secara online. Tabel di bawah berikut akan menjelaskan dampak berbagai tindakan online marketing termasuk SEO untuk berbagai komponen seperti Brand Awareness, Lead Generation, Conversion dan Retention. Brand awareness adalah komponen tujuan khusus jika Anda baru di market tertentu dan Anda ingin agar orang-orang mengenal brand Anda. Lead generation secara umum adalah mendapatkan traffic baru atau potential customer mengunjungi website e-commerce Anda. Conversion adalah mengkonversi leads yang datang, mendorong visitor untuk melakukan order di website e-commerce Anda dan menjadi customer Anda. Retention membuat customer anda yang sudah ada untuk menciptakan repeat purchase pada website Anda dan mendorong mereka menjadi loyal customer. Berikut pemetaan jelasnya pada tabel di bawah ini:

tabel-perbandingan-marketing-channel-ppc-seo-display-facebook-email-affiliates-offline

Sumber: https://startupbisnis.com/perbandingan-dari-7-cara-mendatangkan-traffic-untuk-ecommerce-toko-online-anda/

Bila ingin mendirikan sebuah bisnis online baik itu Startup maupun UKM, menurut Rhein Mahatma, ada beberapa cara untuk memulai dan membuat Anda sukses di dalamnya, yaitu:

  1. What Your Why

Bila ingin memulai bisnis startup maupun UKM, Anda harus mengerti dan tahu betul memulai usaha di niche ini dari kapan dan akan bertahan hingga kapan. Penting untuk mengetahui jangka waktu Anda bermain di sebuah ranah bisnis tertentu untuk dapat fokus dalam satu hal dan mendapatkan hasil yang maksimal kelak di kemudian hari.

  1. Build Brand

Seluruh produk barang maupun jasa memerlukan brand yang dikenal kuat dan melembaga di kalangan masyarakat luas. Hal yang tidak kalah penting ketika memulai sebuah bisnis baru dengan brand yang juga baru adalah membangun brand tersebut dari awal. Membuat dan membangun brand sama dengan menaikkan dan memunculkan direct traffic.

Tips: Untuk tahap awal, promosi dapat menggunakan Facebook untuk menjangkau banyak audiens dengan biaya relatif rendah.

Selanjutnya, isi konten blog Anda dengan konten-konten bermanfaat dan jangan terlalu general. Usahakan untuk menjadi best content di dalam industri yang Anda geluti. Perlu diingat bahwa panjangnya artikel juga berpengaruh kepada ranking, semakin panjang dan bermanfaat konten yang Anda buat dan tampilkan maka semakin panjang pula time on site pada website Anda.

Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah action user. Action user sangat berpengaruh dan penting dalam sebuah website tetap bertahan pada halaman pertama sebuah mesin pencarian. Adanya kesempatan untuk berkomentar, memberikan tanggapan, berdiskusi dalam forum atau bahkan melakukan kegiatan unggah dan unduh merupakan hal yang efektif. Bila artikel yang ditulis sekiranya panjang, daftar isi pada bagian awal artikel akan sangat membantu pembaca mengetahui topik bahasan apa yang dibahas di dalam artikel secara keseluruhan.

  1. Melek Keyword

Sebagai pendatang baru dalam industri, Anda harus melek keyword. Melek keyword disini maksudnya mengetahui betul keyword-keyword apa saja yang populer dan yang tidak, serta keyword yang efekif atau tidak dalam industri yang sedang Anda geluti. Sebagai contoh Anda membangun UKM di bidang peralatan bayi maka dari itu tentu keyword Anda adalah seputar peralatan bayi dan bukan malah peralatan masak, misalnya. Google Keyword Planner dapat membantu Anda untuk melek keyword.

  1. Strategi Keyword

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menentukan strategi keyword yang tepat bagi usaha bisnis di industri Anda adalah dengan mengetahui keyword kompetitor Anda. Anda dapat mencari informasi dan mengetahui keyword kompetitor Anda dengan menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Alexa Free, Alexa Premium dan Keyword Revealer.

Sumber: Slide Presentasi Rhein Mahatma – Bandung, 29 April 2017

Bagi Anda yang baru memulai bisnis di industri, sebaiknya fokus pada konten-konten yang ada pada bagian kategori Initial Research. Kategori terluar dari diagram diatas merupakan bagian dari Broad Search Term dimana bersifat lebih luas dan memiliki banyak pencarian setiap harinya. Contoh kategori Broad Search Term seperti camera atau digital camera. Pada bagian tengah yaitu Refine Search bersifat lebih spesifik contohnya seperti jual kamera digital dan beli kamera mirrorless. Untuk tipe yang paling penting dan efektif adalah Content Research  dimana paling spesifik dari seluruh bagian yang lain diatas. Contoh dari Content Research yakni Jual Canon eos Mark III atau beli kamera Nikon d700.

Anda juga dapat belajar memahami topik yang dicari target market Anda lewat Bloomberry.com. Selalu ingat untuk play the game you can win. Cari keyword longtail, high research volume dan low competition. Jika website Anda sudah memiliki banyak blog (blogspot/produk), cari keyword yang teranking kurang bagus namun memiliki search volume yang besar. Anda dapat menggunakan Keywords Everywhere untuk mengetahui Keywords unggulan. Anda juga dapat membuat banyak artikel dan membangun beragam keywords long tail.

Tips: Bila ingin membuat bisnis baru, cari keyword yang di masa sekarang belum populer namun potensial akan menjadi trending pada masa mendatang.

Evergreen Keyword VS Seasonal (Expired Keyword)

Evergreen Keyword adalah jenis keyword yang abadi sepanjang masa dan tidak tergantung pada musim alias musiman. Keyword model ini adalah keyword yang akan secara terus konstan naik dan tidak mengenal waktu. Sedangkan Seasonal (Expired Keyword) adalah jenis keyword yang musiman atau memiliki tanggal kadaluwarsa pada mesin pencari. Tipe keyword seperti ini akan booming sesaat lalu tenggelam sama sekali jika musim atau trendnya telah lewat/habis. Contoh Seasonal (Expired Keyword) adalah yaitu Debat Capres Cawapres 2014 dan Peraih UN SMP Tertinggi di Indonesia tahun 2016. Contoh Evergreen keyword seperti Cara menjadi pengusaha sukses, cara berbisnis online, dll.

  1. Long Tail

Long tail adalah jenis keyword yang panjang atau lebih dari dua kata. Long tail biasanya efektif digunakan sebagai keyword bila Anda memasuki ranah baru dalam sebuah industri bisnis. Contoh keyword dengan kategori Long Tail adalah “Cara Menghilangkan Bekas Jerawat” atau “Cara Menjadi Reseller Online Shop”.

Backlink

Pranala balik, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Sebelum mendapatkan backlink, ada baiknya Anda:

  • Membangun konten-konten terbaik dahulu baru backlink
  • Membangun internal link dahulu setelah itu backlink diluar website
  • Membangun brand (direct traffic) terlebih dahulu baru backlink

Beragam backlink yang mesin pencari Google sukai antara lain ada pada website berikut ini:

  • Social : Pinterest, Twitter, Reddit, Google+ (posting individu dihitung sebagai backlink), Tumblr, MySpace
  • Graphic : Visual.ly, Storify, Behance
  • Wiki : Wikipedia, WikiHow, Thefullwiki.org
  • Presentation : Scribd.com (link di dalam slide presentasi), Google Docs, Slideshare
  • Q&A : Quora.com, Answer.Yahoo.com
  • Academic Paper : Academia.edu, Springer.com, Elsevier.com
  • Photography : Flickr.com, Shutterstock.com, Istockphoto.com, Dreamstime.com, Foap.com (Bila Anda seorang fotografer yang menjual hasil foto Anda di website fotografi, jangan lupa men-tag gambar Anda dan memberi backlink ke website Anda di profile page)
  • Host Talkshow : itunes.apple.com, soundcloud.com

Perlu diingat juga bahwa mesin pencari Google melarang keras Anda untuk membeli backlink atau disertakan dalam backlink secara massive (sangat banyak) oleh berbagai website dalam satu waktu. Maka dari itu, perlu diingat bahwa hal pertama yang harus dibangun untuk menjadikan website Anda menembus halaman pertama Google adalah fokus terhadap konten-konten yang berkualitas. Dengan konten berkualitas, niscaya strategi Digital Marketing yang anda jalankan tidak akan pernah salah dan akan meningkatkan ranking situs anda cepat atau lambat.

Konten di atas diberikan pada saat Dewatalks Roadshow di Bandung, 29 April 2017 yang lalu lho. Sangat membantu dan practical, kan? Jika Sahabat ingin belajar strategi Digital Marketing yang practical dan mendapatkan “daging”-nya, ayo datang di event Dewatalks Jakarta lainnya, 20 Mei 2017 yang akan datang! Daftar segera di www.dewatalks.com. Bertempat di Plataran Patio Trattoria & Pizzeria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. HTM-nya hanya Rp 200.000 untuk Umum dan Rp 100.000 untuk pelanggan Dewaweb dan pelajar. Tunggu apalagi?

Daftar Dewatalks Sekarang

  • Beras Delanggu

    Anda pasti pernah melihat orang/perusahaan yang aktif di Instagram, Twitter, atau Facebook dan punya banyak follower.