Domain Authority dan Cara Meningkatkannya

Kita mungkin sering mendengar tentang domain authority, dan bagaimana pengaruhnya bagi sebuah website, namun apakah kita benar-benar mengetahui seluk-beluk domain authority? Bagaiman cara kerjanya, serta cara ampuh meningkatkan domain authority bagi sebuah website.

Domain authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan  rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna, seperti yang telah dikembangkan oleh Moz, domain authority adalah sebuah faktor penting yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website, karena domain authority adalah acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri.

Banyak ahli SEO mengatakan, jika domain authority ini adalah acuan bagaimana Google memberikan page rank terhadap suatu situs. Namun ada juga kalangan yang beranggapan, jikalau hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang banyak pro dan kontra mengenai domain authority ini, tapi yang perlu kita lihat kembali adalah, situs yang memiliki page rank tinggi pasti mempunyai nilai atau tingkat domain authority yang sangat baik. Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa domain authority adalah satu dari sekian banyak faktor atau barometer tingkat kepercayaan search engine kepada suatu situs atau website.

Jika kita telah mengenal dan memahami mengenai apa itu domain authority, dan bagaimana cara kerjanya serta pengaruhnya yang sangat signifikan terhadap website yang kita miliki, maka yang harus kita pelajari berikutnya, adalah bagaimana cara meningkatkan domain authority sehingga memberikan pengaruh yang signifikan bagi website yang kita miliki.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Beberapa langkah yang akan dijabarkan di bawah ini, perlu dijalankan secara berkesinambungan, agar memberikan pengaruh yang besar bagi domain authority website kita, yang pada akhirnya, akan mempengaruhi trafik maupun ranking website yang kita miliki.

1. Pastikan Teknik SEO yang Anda Miliki Tepat Sasaran
Mungkin hal ini adalah dasar dari segala sesuatu yang kita terapkan untuk meningkatkan domain authority ini, teknik yang tepat akan menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik, untuk itulah diperlukan riset yang mendalam maupun teknik trial and error untuk memastikan teknik SEO yang kita kuasai sudah tepat guna, atau tepat sasaran, sehingga tidak ada hal yang terbuang percuma atau menghabiskan banyak energi. Detail teknis mengenai SEO, seperti struktur sebuah website, breadcrumbs, URL structure, meta tags, header tags, word count, keywords, dll harus telah Anda kuasai, karena hal ini merupakan pondasi untuk meningkatkan domain authority.

2. Membuat Konten Berkualitas
Konten yang berkualitas adalah sebuah tulang punggung dari meningkatnya domain authority, tidak hanya berdasarkan kualitas konten, namun juga konten yang berisi hal-hal yang bersifat informatif, out of the box namun masih dalam koridor yang dapat diterima oleh logika dan akal sehat. Perlu dilakukan riset yang mendalam sebelum mendevelop sebuah konten, konten yang sangat mendetail, isi konten yang menarik dan unik, segar, serta konten yang evergreen atau abadi, sesuai dengan konteks perkembangan zaman, adalah hal yang sangat berpengaruh besar dalam kualitas sebuah konten. Berikut ini adalah artikel yang berisi tips dalam membuat konten yang berkualitas.

3. Mempromosikan Konten Tersebut
Mempromosikan konten yang berkualitas melalui berbagai saluran yang tersedia, seperti melalui media sosial, layanan sosial media berbayar, maupun melalui email dari database yang kita miliki, serta menciptakan konten promo yang berkualitas adalah hal yang dapat membantu kita dalam mempromosikan konten yang terdapat di dalam website tersebut.

4. Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu medium yang dapat mempengaruhi ekspos terhadap brand maupun website yang Anda miliki. Dengan strategi media sosial yang tepat, dapat meningkatkan domain authority dari website yang Anda miliki. Perbaiki profil media sosial perusahaan Anda, pergunakan desain yang tepat guna untuk membangun kredibilitas bisnis Anda, promosikan media sosial Anda secara rutin di website yang Anda miliki. Pada intinya adalah, Anda tidak dapat mengenyahkan peran media sosial dalam meningkatkan domain authority website Anda. Simak artikel kami tentang engage customer di media sosial.

5. Branding
Mengapa branding dapat dikatakan sebuah tonggak yang penting dalam meningkatkan domain authority, karena ketika dalam benak para target market bisnis Anda telah tertanam segala sesuatu yang berkaitan dengan brand Anda, maka mau tidak mau, atau suka tidak suka, pasti mereka mengaitkannya tentang website bisnis Anda tersebut. Pendeknya, strategi branding yang tepat dapat membantu mengekspos konten website Anda, agar dapat diakses oleh pangsa pasar atau audiens yang lebih luas lagi, sehingga akan membuat backlink yang lebih powerful.

6. Membuat Banyak Backlink Pada Setiap Konten
Sekarang kita telah menyentuh hal yang sangat memberikan dampak yang sangat langsung dan signifikan terhadap domain authority. Salah satu cara meningkatkan domain authority adalah dengan membuat banyak backlink dalam setiap konten yang terdapat di dalam website yang kita miliki, namun yang perlu digarisbawahi adalah, backlink yang kita masukkan, haruslah alami, tanpa bermaksud mengelabui mesin pencari atau spamming, karena jika memanipulasi mesin pencari, dapat dipastikan domain authority tidak akan pernah kita dapatkan. Tips tentang membangun backlink berkualitas di artikel kami semoga bermanfaat untuk Anda.

7. Membangun Internal Link yang Kuat
Internal link yang kuat, menciptakan jaringan yang kuat pula antara pengguna maupun mesin pencari, sehingga pada akhirnya akan berimbas pada ranking dan trafik website Anda. Situs yang memiliki internal link yang kuat, akan memiliki interkoneksi yang kuat pula, sehingga website akan menjadi unbreakable. Dengan menciptakan banyak konten, otomatis akan menciptakan internal link yang dapat ditautkan pada setiap konten yang kita buat.

8. Menerapkan SEO Onpage
Banyak ragam SEO onpage yang dapat diterapkan, mulai dari teknik membuat konten, menempatkan keyword, membuat robot txt yang ramah dan membuat meta tag pada template blog. Semakin sering blog Anda dihinggapi oleh search engine, maka bisa dipastikan website Anda disukai oleh mesin pencari tersebut, dan domain authority pun akan mengalir naik secara signifikan.

9. Menjalin Relasi yang Kuat
Mengapa menjalin relasi yang kuat diantara pemilik website dapat mempengaruhi domain authority? Karena, apabila pemilik website tersebut menautkan link yang terdapat di dalam website Anda, maka secara tidak langsung akan meningkatkan domain authority. Simpelnya, relasi yang terjalin baik berbanding lurus dengan meningkatnya domain authority.

10. Rutin Membersihkan Toxic Link
Memang tidak mudah untuk secara rutin dan berkelanjutan untuk membersihkan link yang terindikasi spam dan berakibat buruk bagi website kita, namun hal ini sangatlah penting untuk meningkatkan domain authority website kita.

11. Konsisten dan Sabar
Semua cara yang telah dijabarkan di atas sangat bergantung pada tingkat konsistensi kita. Perlu diterapkan jadwal yang rutin, berkala dan berkesinambungan dalam menjalankan cara-cara di atas. Hal yang jarang diperhatikan dalam setiap diskusi mengenai domain authority adalah, hal yang berkaitan dengan usia sebuah domain. Semakin lama usia domain website, memang tidak secara otomatis meningkatkan domain authority website tersebut. Ada hal lain yang menentukan, seperti sering tidaknya sebuah situs atau website mengalami perbaikan, teknik SEO yang sudah ketinggalan zaman, profil link yang buruk, serta kekurangan konten yang fresh dan berkualitas. Seiring dengan konsistensi yang terjaga, maka seiring pula dengan kenaikan domain authority website Anda. Bersabarlah, karena SEO tidak menampakkan hasil dalam semalam, butuh perjalanan panjang sebelum akhirnya Anda memetik hal yang sangat manis.

Kesimpulan
Anda akan banyak menemukan berbagai macam cara untuk meningkatkan domain authority di website atau situs lainnya dan beberapa diantaranya sangatlah bagus, seperti di sini, Anda hanya tinggal mempraktekkan hal ini, melakukan hal itu dan lain sebagainya. Tapi yang harus Anda ingat dan jangan sampai terlupa poin yang utama, semua harus kembali kepada gambaran besar tentang SEO sekarang ini, yaitu konten marketing. Anda dapat memenangkan persaingan – domain authority, trafik website, organic search results, dan ranking — dengan mengarahkan fokus seutuhnya pada konten website Anda.

Semakin bagus dan berkualitas konten yang Anda miliki, maka semakin bagus pula website yang Anda punya. Termasuk semakin meningkatnya domain authority website Anda.

4,214 total views, 2 views today