Ebook – Bagaimana Menulis Dan Menerbitkannya?

Anda ingin menulis sebuah ebook tapi tidak tahu caranya? Panduan berikut ini akan membantu Anda mengenal langkah dasar penciptaan ebook.

Menulis ebook sudah jadi hal yang cukup umum, tapi bagaimana menulis ebook? Dari tulisan kali ini Anda akan memiliki pemahaman tentang langkah yang diperlukan untuk menulis dan menerbitkan ebook Anda sendiri.

Kenapa Menulis Ebook?

Menulis ebook mudah dan cepat proses produksinya tapi berpotensi meraup keuntungan besar. Siapa saja bisa menulis ebook. Berikut ini 4 alasan menulis ebook jadi ide yang bagus.

  • Dijual untuk mendapat keuntungan. Banyak orang memperoleh keuntungan besar melalui penjualan ebook. Baca di sini tentang cara menjual ebook.
  • Dibagikan secara gratis. Mungkin Anda ingin menggunakan ebook sebagai insentif untuk pengunjung yang sign up di daftar mailing Anda. Atau mungkin Anda ingin menggunakannya untuk menetapkan otoritas Anda pada sebuah subjek.
  • Untuk diterbitkan. Dulunya penerbitan tradisional dianggap satu-sastunya cara untuk menerbitkan sebuah buku, tapi sekarang tidak lagi. Bila Anda ingin menjadi penulis tapi tidak mau melewati proses yang panjang dan menghadapi ketidakpastian dari penerbitan tradisional, menerbitkannya sendiri bisa jadi solusi yang bagus.

Memilih Topik Untuk Ebook

Anda perlu berpikir strategis tentang topik ebook Anda. Ini bukan berarti menulis tentang apa saja yang ada di benak Anda. Dibutuhkan sedikit riset untuk menemukan topik yang tepat.

Pilih Topik Dengan Passion Yang Anda Miliki

Ketika ebook diterbitkan, orang kemungkinan akan bertanya tentang topik Anda. Bila Anda menulis hanya untuk menghasilkan uang dengan cepat tapi tidak memiliki pemahaman mendalam tentang subjeknya, akan menjadi sebuah kegagalan ketika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan mereka. Atau Anda akan frustasi menerima pertanyaan tentang sesuatu yang tidak Anda ketahui.

Pilih Topik Yang Anda Mahir Di Dalamnya

Apakah orang meminta saran Anda tentang topik tertentu? Apa yang Anda lakukan yang membuat mereka kagum? Pertanyaan apa yang paling sering Anda terima? Tiap orang pasti ahli tentang sesuatu.

Pilih Topik Yang “Berisi”

Ebook setidaknya harus berisi 25 halaman. Bila topik Anda dijelaskan kurang dari 25 halaman, tulislah dalam postingan blog, blog berseri, atau guest post.

Pilih Topik Yang Sesuai Dengan Identitas Online Anda

Bila orang mengenal Anda sebagai wanita yang ahli merajut, ebook Anda akan lebih mudah dijual bila ada hubungannya dengan merajut. Tapi jika orang mengenal Anda sebagai ahli merajut tapi Anda menulis buku tentang investasi pasar modal, ebook Anda akan sulit dijual.

Tapi ada pengecualian untuk ini:

  • Anda ingin masuk ke niche investasi di pasar modal dan akan menggunakan ebook sebagai cara melakukannya.
  • Karena berbagai alasan Anda mendapat pertanyaan seputar investasi pasar modal dan karena ini tidak berkaitan dengan blog merajut Anda, Anda memutuskan menulis ebook tentang ini agar Anda tidak perlu terus menjawab pertanyaan secara individu.

Perluas Apa Yang Dibicarakan Di Internet

Apakah ada topik hangat yang Anda lihat online atau di niche serta lingkaran media sosial? Apakah Anda memiliki keahlian untuk membahasnya? Atau periksa daftar bestseller di Amazon untuk mendapat ide.

Tentukan Audiens Target Anda

Kemampuan menempatkan diri Anda di posisi pembaca potensial akan membuat menulis jadi lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik.

  • Siapa yang ingin membaca ebook Anda?
  • Setelah selesai, siapa yang akan memasarkan ebook Anda?
  • Apa yang mereka ingin ketahui? Pertanyaan apa yang berulang kali Anda dapat dari mereka? Apa yang mereka tanyakan tentang topik Anda?
  • Apakah mereka tahu bagaimana mengakses ebook Anda? Misalnya, ebook yang menargetkan populasi orang tua akan sulit dijual dibanding ebook yang menargetkan pembaca usia 18 sampai 24 tahun karena biasanya orang usia lanjut kurang bisa berinternet.
  • Apakah mereka akan membeli ebook Anda?

Buat Sesuatu Yang Orang Lain Tidak Bisa Peroleh Secara Gratis

Kebanyakan informasi yang kita dapat tidak ada yang baru, hanya dikemas dengan cara berbeda. Jadi, bukan berarti kita memiliki ide yang benar-benar baru. Meski begitu, tetap pastikan ebook Anda cukup unik sehingga orang tidak bisa menemukannya gratis di tempat lain.

Dan bila isi ebook Anda bisa didapat di tempat lain, pastikan sebelum memulai Anda punya alasan yang tepat kenapa seseorang harus membeli produk Anda dan tidak mendapat informasi yang sama secara gratis dari orang lain.

Sebagai contoh ada banyak buku dan blog tentang manajemen waktu. Tapi kebanyakan memiliki teori yang berat dan makan waktu. Anda bisa tawarkan ebook tentang topik serupa tapi menulisnya dengan cara sederhana dan langsung pada inti pembicaraan. Yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan kalau apa yang Anda miliki berbeda.

Pengeditan

Setelah ebook Anda selesai ditulis, Anda perlu mengeditnya. Baca dan baca kembali tulisan Anda. Bila Anda tipe orang yang cenderung suka berpanjang-lebar dalam memberikan penjelasan, hilangkan bagian yang tidak berhubungan dengan ide utama ebook Anda. Ebook sering kali dibaca di layar komputer atau alat digital yang tidak ideal untuk membaca, jadi bila Anda bisa menyampaikan informasi dengan cara yang lebih ringkas, kenapa tidak melakukannya?

Bila Anda cenderung orang yang kekurangan kata-kata, pastikan bagian vital ebook Anda bisa dijelaskan dengan baik. Bila pembaca memiliki pertanyaan seputar ebook Anda, mereka harus menghubungi Anda untuk klarifikasi, tidak seperti kemudahan untuk memposting komentar sebagai jawaban di blog. Pastikan pembaca Anda tidak merasa frustasi.

Tanyakan orang yang dekat dengan Anda, orang yang akan memberitahu Anda yang sebenarnya dan mencintai Anda apa adanya, apakah mereka akan membaca ebook Anda dan memberi feedback. Anda tidak dianjurkan mendekati teman blogger atau kolega bisnis untuk mendapat feedback pada tahap ini. Buat catatan khusus untuk pertanyaan klarifikasi apapun yang mereka tanyakan atau kebingungan yang mereka ungkapkan. Ini menjadi area dimana Anda perlu ulangi dan memodifikasinya. Lalu ajak mereka makan siang sebagai ucapan terima kasih.

Pilih Judul Yang Tepat

Sekarang waktu yang tepat untuk memilih sebuah judul. Berikut beberapa alasannya:

  • Proses editing membuat konten ebook Anda segar dalam pikiran. Membaca dari awal hingga akhir memberi Anda perspektif yang tidak Anda miliki ketika Anda di proses penulisan.
  • Sekarang, ketika konten Anda hampir final, Anda mungkin menyadari selama menulis, Anda melakukan beberapa kekeliruan. Bila Anda memilih judul di awal proses penulisan, coba review untuk memastikan judul cukup akurat mewakili apa yang Anda ingin komunikasikan.
  • Bila orang lain membaca atau mengedit ebook Anda, gunakan kesempatan ini untuk mencari ide judul bersama mereka.

Judul Yang Ideal

Judul ideal merupakan isi dari ide utama ebook Anda yang terangkum dalam beberapa kata. Sayangnya, tidak selalu mudah untuk mendapat judul seperti ini. Karenanya, cari judul yang menarik perhatian dan lalu buat subjudul dengan menyediakan penjelasan lebih lanjut. Pada kasus apapun, pembaca potensial harus memiliki ide tepat tentang isi dari ebook Anda cukup dengan membaca judulnya.

Pilih Judul Dengan Nama Domain Yang Tersedia

Selain memilih judul yang sesuai dengan isi ebook Anda, bila memungkinkan, pilih judul dengan nama domain yang tersedia. Lalu daftarkan domain tersebut. Ini kemungkinan membuat proses pemilihan judul sedikit sulit, jadi luangkan waktu dalam melakukannya. Anda harus menimbang semua kemungkinan dan mungkin menghabiskan waktu mencari-cari. Tapi bila Anda bisa memperoleh nama domain dari judul ebook Anda, ini akan menguntungkan di proses marketing dan promosi.

Rancangan Sampul Ebook

Setelah ebook Anda lengkap, membuat rancangan sampul yang menarik jadi kunci sukses selanjutnya. Banyak pembaca yang memberi penilaian berdasarkan sampul, dan bila ebook Anda tidak memberi kesan profesional, konten unik Anda tidak akan terlihat.

Ada berbagai website yang membantu pengguna menciptakan sampul ebook secara gratis, tapi Anda lebih dianjurkan menggunakan jasa perancang profesional, kecuali Anda benar-benar mampu melakukannya sendiri. Untuk menghemat uang, Anda bisa menyerahkan pembuatan rancangan sampul ke website profesional.

Sebagai  pilihan lain, Anda bisa coba KillerCovers. Website ini menawarkan sampul ebook yang dibuat custom berdasarkan pilihan Anda dari lebih dari 19 tempelate berbeda. Mereka juga menyediakan layanan design web lainnya. Alternatif berikutnya adalah  99designs. Di sini Anda bisa mengadakan semacam kontes design, dimana banyak profesional akan berusaha memenangkan projek Anda, dan dalam kurang dari 7 hari, Anda akan menerima rancangan buku Anda.

Memasarkan Dan Menjual Ebook Anda

Tentukan Target Market Anda

Daripada menjual ebook ke sembarang orang, coba tentukan target market utama Anda. Berkonsentrasilah pada orang di lingkup lebih kecil dan lakukan pendekatan marketing pada mereka. Misalnya, bila ebook Anda tentang bagaimana mendapat perkejaan pertama, Anda tentu tidak ingin mamasarkannya di situs pensiunan. Tapi Anda perlu memasarkan ebook ke lulusan SMA atau mahasiswa.

Selain itu, selain strategi demografis, Anda perlu menemukan orang yang benar-benar membaca ebook. Mempromosikan produk Anda pada beberapa situs donwload ebook gratis jadi cara bagus untuk menjangkau pembeli ideal.

Harga Jual Ebook

Bila Anda baru di dunia penjualan ebook, pertimbangkan mematok harga ebook yang sangat kompetitif. Setelah Anda berhasil dan memiliki nama yang cukup dikenal, Anda bisa mulai memasang harga lebih tinggi.

Orang akan mencari ebook dengan harga yang lebih terjangkau. Strategi yang tepat adalah menjual buku Anda dengan harga murah. Dengan begitu Anda bisa secara drastis meningkatkan jumlah penjualan dan review buku di situs seperti Amazon, memungkinkan ebook Anda menjadi bestseller, juga meningkatkan potensi marketing dari mulut ke mulut.

Ciptakan Landing Page Yang Menarik Perhatian

Landing page merupakan webpage tunggal yang muncul sebagai hasil klik pada sebuah iklan. Landing page yang sukses fokus pada produk atau layanan yang Anda tawarkan, dengan tujuan akhirnya menjual ebook  ke pelanggan.

Landing page Anda harus fokus dan tertarget. Anda menekankan apa yang sebenarnya Anda tawarkan, audiens yang Anda targetkan, dan kenapa mereka perlu membeli ebook Anda, serta menunjukkan instruksi yang jelas dan spesifik tentang bagaimana membeli ebook Anda.

Perluas Strategi Marketing Online Anda

Pemasaran ebook Anda harus menyertakan teknik berikut:

Gunakan Media Sosial

Manfaatkan pemasaran gratis dimanapun Anda bisa memperolehnya, termasuk dari platform media sosial seperti Facebook, Twitter, atau LinkedIn. Misalnya, satu cara terbaik untuk mempromosikan ebook tanpa biaya adalah dengan menggunakan halaman Facebook Anda untuk pemasaran. Strategi bagus lainnya dengan menerbitkan potongan ebook Anda pada Facebook untuk menarik minat. Baca juga artikel kami tentang menghasilkan uang dari Facebook.

Mulai Menulis Blog Sendiri

Anda bisa melakukan ini sebagai pendahuluan dari ebook Anda. Terbitkan artikel di blog setiap hari selama beberapa bulan dan lalu gabungkan konten ini ke dalam ebook Anda.

Memulai sebuah blog lebih mudah dari kedengarannya, karena tersedia beberapa tutorial online yang bisa memandu Anda melewati prosesnya langkah demi langkah.

Setelah blog Anda naik dan berjalan, Anda bisa posting artikel seputar tema ebook Anda, menjelaskan lebih rinci fiturnya, dan menyediakan tautan ke landing page Anda. Tapi Anda juga perlu mengarahkan traffic ke blog Anda. Cara terbaik melakukan ini adalah dengan menerbitkan artikel ke banyak website media sosial.

Daripada satu per satu memposting konten di banyak situs media sosial, pertimbangkan layanan gratis seperti OnlyWire, yang memungkinkan Anda mengirim tautan ke banyak website media sosial sekaligus. Ini jadi cara terbaik dan efektif dari segi waktu untuk mengarahkan traffic ke blog Anda.

Menulis Artikel

Gunakan konten yang sudah ada di ebook Anda untuk menciptakan artikel menarik dan informatif yang menargetkan demografik Anda. Ada banyak situs populer sebagai tempat Anda memposting artikel ini. Sebutkan ebook Anda dalam artikel, dan sertakan tautan ke halaman penjualan atau blog. Juga, tambahkan kotak sumber penulis di bagian akhir yang menyertakan URL website Anda. Dengan membuktikan diri Anda sebagai sumber ahli yang memiliki otoritas melalui material gratis, Anda akan meraih kesuksesan dalam memenangkan pembaca Anda.

Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut

Hubungi teman, keluarga, dan kolega, tawarkan salinan gratis ebook Anda kepada mereka. Minta mereka menulis testimoni yang bisa Anda gunakan di surat penjualan atau landing page. Juga bila memungkinkan, minta blogger populer untuk menulis review tentang ebook Anda dan posting di website mereka. Dengan menggunakan taktik ini, Anda bisa menggapai pembeli potensial melalui orang-orang yang mereka sudah percayai.

Optimasi Mesin Pencarian

Anda perlu memodifikasi website ebook agar masuk peringkat setinggi mungkin pada hasil pencarian. Berada di halaman pertama jadi kuncinya, dan menjadi lebih tinggi di halaman pertama bahkan menjadi lebih penting. Misalnya, peringkat atas pada Google akan membuat Anda mendapat 8,5 kali lebih banyak kunjungan dibanding bila Anda berada di peringkat 5.

Sertakan konten gratis di sekitar tema ebook Anda pada website, dan coba masuk peringkat untuk kata kunci yang akan menarik pembaca yang tepat. Judul halaman yang akurat dan unik serta menyertakan kata kunci yang relevan pada konten, akan banyak membantu Anda. Ketahui teknik mudah untuk optimasi SEO off site.

Minta Ebook Anda Direview

Hubungi blog yang mencakup topik yang relevan dengan ebook Anda, dan kirimkan ebook Anda untuk direview oleh mereka. Ini jadi cara cerdas untuk memasarkan ebook ke target audiens Anda.

Tentukan Tempat Terbaik Untuk Menjual Ebook Anda

Anda bisa menjual ebook langsung dari website Anda, tapi ada banyak variasi website dimana Anda bisa melakukan hal serupa dan Anda akan menikmati hasil traffic yang lebih baik.

Baik Anda menulis ebook untuk menghasilkan uang atau Anda menulisnya untuk mempromosikan layanan atau produk yang lebih komprehensif ke pembaca, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan produk akhir Anda bersifat profesional dan bisa dijual ke target audiens.  Tapi dengan menciptakan produk yang menarik dan mengikuti seluruh markeitng plan, Anda bisa pastikan ebook Anda akan menguntungkan dan berharga bagi pembaca.

8,152 total views, 10 views today