FAQ WordPress untuk Pemula

FAQ WordPress untuk Pemula

Saat ini, Anda pasti sudah tahu bahwa WordPress adalah sistem blogging yang paling populer dan Content Management System yang banyak digunakan oleh berbagai macam website. Meskipun WordPress terkenal karena kemudahan penggunaannya, banyak pemula masih bingung ketika harus menggunakan software ini.

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan Dewaweb kepada tim support kami dan kami akan memberikan jawabannya melalui artikel ini. Semoga membantu!

Bagaimana Cara Menginstal WordPress dari cPanel?

Bagi Anda pengguna Dewaweb, pasti tahu bahwa Dewaweb menggunakan cPanel. Apa itu cPanel? cPanel adalah panel kontrol hosting berbasis Linux online yang menyediakan interface grafis dan alat otomasi yang dirancang untuk mempermudah proses hosting sebuah situs web. Melalui cPanel, Anda dapat mengatur hal-hal seperti files, databases, domain, email, security, dan masih banyak lagi.

cPanel juga bisa Anda gunakan untuk menginstal WordPress untuk website Anda. Jika Anda ingin menginstal WordPress melalui cPanel, Anda perlu login ke cPanel Anda.

Kemudian Anda scroll ke bawah, sampai Anda menemukan Softaculous Apps Installer.

Softaculous FAQ WordPress Dewaweb
Klik Softaculous Apps Installer, kemudian pilih WordPress dan klik Install.

Install WordPress dari Softaculous Dewaweb

Setelah itu Anda akan melihat sebuah form yang perlu Anda isi. Yang pertama adalah Software setup. Anda perlu memilih protocol website Anda. Jika Anda sudah memiliki SSL, Anda bisa menggunakan protocol https://. Kemudian, pilih domain dimana Anda ingin menginstal WordPress.

Software-Setup-Install-WordPress-dari-Softaculous Dewaweb

Bagian kedua adalah Site Settings. Di bagian ini, Anda akan memasukkan nama website Anda dan deskripsi website Anda.

Site Settings Install WordPress dari Softaculous Dewaweb

Setelah itu, Anda akan diminta mengisi data admin. Anda hanya perlu memasukkan admin username, admin password, dan email admin. Anda juga bisa memilih bahasa yang ingin Anda gunakan dan mengatur limit seseorang mencoba login ke website Anda.

Admin Account wordPress Setup Dewaweb

Setelah Anda mengisi semua data di atas, Anda juga bisa mengatur advanced options di bagian selanjutnya. Bagian ini memang bisa dibilang agak teknis sehingga Anda tidak perlu mengedit apapun jika Anda tidak yakin.

Advanced Option Setting WordPress Dewaweb

Di langkah terakhir pada proses ini, Anda tinggal memilih salah satu theme yang ingin Anda gunakan di website Anda.

Pilih Theme WordPress dari Softaculous Dewaweb

Setelah Anda memilih theme yang Anda inginkan, Anda tinggal klik install dan ta-da! WordPress Anda sudah berhasil diinstal di website Anda. Sekarang Anda bisa memulai membuat postingan dan mengatur tampilan website Anda.

Cara login ke wp-admin

Setelah Anda menyelesaikan instalasi WordPress Anda bisa login ke dashboard Anda. Bagian admin WordPress, “WordPress Dashboard”, adalah tempat Anda akan mulai membangun situs WordPress Anda. Harap perhatikan bahwa kredensial masuk Anda tidak sama dengan nama pengguna dan sandi cPanel Anda kecuali Anda menetapkannya sama. Anda memerlukan beberapa informasi untuk login ke WordPress.

URL Instalasi WordPress : jika Anda menginstal WordPress di root domain Anda, URL Anda untuk mengakses WordPress adalah: urlwebsiteanda.com/wp-admin

Username WordPress : Ini adalah nama pengguna yang Anda siapkan saat menginstal WordPress.

Password WordPress : Ini adalah kata kunci yang Anda siapkan saat menginstal WordPress. Jika Anda mengirim emai detail instalasi pada proses instalasi, Anda bisa menemukan informasi ini di email tersebut.

Ketika Anda mengakses urlwebsiteanda.com/wp-admin, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

WordPress login Dewaweb

Masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dashboard WordPress Anda.

Cara install plugin

Sebelum memulai, Anda harus memerhatikan apakah Anda menggunakan WordPress.org atau WordPress.com Jika Anda menggunakan WordPress.com, maka Anda tidak bisa menginstal plugin.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang pernah merasa Anda tidak dapat melihat menu plugin di dashboard WordPress Anda. Mungkin itu karena Anda menggunakan WordPress.com dan bukan WordPress.org.

Untuk menggunakan plugin, Anda perlu menggunakan self-hosted WordPress.org (lihat perbedaan antara self hosted WordPress.org vs WordPress.com ).

Install plugin melalui plugin directory WordPress

Cara termudah untuk memasang plugin WordPress adalah dengan menggunakan plugin search. Satu-satunya downside dari pilihan ini adalah bahwa sebuah plugin harus berada di direktori plugin WordPress yang hanya terbatas pada plugin gratis.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke area admin WordPress Anda dan klik Plugins » Add New.

Menginstall Plugin pada WordPress Dewaweb

Anda akan melihat layar seperti gambar di atas. Temukan plugin dengan mengetikkan nama plugin atau fungsi yang Anda cari. Setelah itu, Anda akan melihat sekumpulan daftar seperti contoh di bawah ini:

Directory Plugin WordPress Dewaweb

Anda bisa memilih plugin yang Anda cari dan butuhkan. Untuk mencari, Anda tinggal memasukkan apa yang ingin Anda cari di kotak yang ada di sebelah kanan tas. Sebagai contoh, kami akan menginstall plugin MailChimp for WordPress.

Install plugin WordPress Dewaweb

WordPress sekarang akan mendownload dan menginstal plugin untuk Anda. Setelah itu, Anda akan melihat tombol Activate Now.

Activate Plugin WordPress Dewaweb

Jangan lupa untuk mengklik juga tombol Activatenya karena plugin tidak akan bekerja jika Anda tidak mengaktivasi plugin tersebut.

Kalau sudah diaktivasi, selamat! Anda telah berhasil menginstal plugin Anda!

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengkonfigurasi pengaturan plugin. Pengaturan ini akan bervariasi untuk setiap plugin.

Install plugin menggunakan WordPress Admin Plugin Upload

Plugin WordPress berbayar tidak tercantum dalam direktori plugin WordPress. Plugin ini tidak dapat diinstal dengan menggunakan metode pertama.

Itulah sebabnya WordPress memiliki metode Upload untuk menginstal plugin semacam itu. Kami akan menunjukkan cara menginstal plugin WordPress menggunakan opsi upload di area admin.

Pertama, Anda perlu mendownload plugin dari sumbernya (yang akan berupa file zip). Selanjutnya, Anda perlu masuk ke area admin WordPress dan mengunjungi Plugins » Add New

Setelah itu, klik tombol Upload Plugin di bagian atas halaman.

Upload Plugin WordPress

Ini akan membawa Anda ke halaman upload plugin. Disini anda perlu klik pada tombol pilih file dan pilih file plugin yang anda download tadi ke komputer anda.

Setelah Anda memilih file tersebut, Anda perlu mengklik tombol install now. WordPress sekarang akan mengupload file plugin dari komputer Anda dan menginstalnya untuk Anda.

Setelah terinstal, Anda perlu mengklik link Activate Plugin untuk mulai menggunakan plugin.

Anda harus mengkonfigurasi pengaturan agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengaturan ini akan bervariasi untuk setiap plugin.

Cara install theme

Setelah Anda menginstal WordPress, Anda tentunya ingin mengatur tampilan WordPress Anda. Sebagai seorang pemula, Anda mungkin pernah mendengar tentang banyak tema WordPress gratis dan berbayar yang tersedia.

Saat memulai, Anda mungkin ingin mencoba beberapa tema di situs Anda sampai Anda menemukan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam panduan pemula ini, kami akan memberi Anda petunjuk langkah demi langkah rinci tentang cara memasang tema WordPress untuk pemula. Kami akan membahas tiga cara berbeda untuk memasang tema WordPress.

Memasang tema WordPress bisa dibilang cukup mudah. Namun perlu diingat bahwa jika Anda mengaktifkan tema baru, maka akan mengubah tampilan dan fungsi situs Anda. Jadi sebelum mengganti tema, ada baiknya Anda membuat daftar fitur-fitur apa yang ada di website Anda yang tetap Anda inginkan.

Install theme dengan menggunakan WordPress Theme Search

Jika Anda ingin memasang tema WordPress gratis dari direktori tema WordPress.org, maka cara termudah adalah dengan menggunakan fungsi pencarian tema WordPress.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke area admin atau dashboard WordPress Anda. Selanjutnya, klik pada Appearance » Theme.

WordPress Appearance Theme Dewaweb

Begitu Anda berada di halaman tema, klik tombol Add New di bagian atas.

Add-New-Theme-WordPress-Dewaweb

Pada layar berikutnya, Anda bisa memilih dari: Tema WordPress unggulan, tema WordPress Populer, tema WordPress Terbaru, mencari tema tertentu, atau mencari tema dengan fitur tertentu.

Kategori-Theme-WordPress-Dewaweb

 

Bila Anda melihat tema yang ingin Anda pasang, bawalah mouse Anda ke atas gambar. Ini akan menunjukkan tombol install, tombol preview, dan tombol rincian. Silakan klik tombol install.

Install-Theme-WordPress-Dewaweb

Sama dengan plugin, Anda perlu mengklik opsi Activate setelah Anda menginstallnya untuk mengaktifkan tema WordPress yang sudah Anda pilih.

Catatan: Bergantung pada tema, mungkin ditambahkan opsi pengaturan tambahan yang mungkin perlu Anda konfigurasikan melalui penyesuai tema atau melalui panel opsi terpisah.

Install Theme dengan menggunakan Metode Upload dari Admin WordPress

Metode pertama yang kami bahas hanya memungkinkan Anda memasang tema gratis yang tersedia di direktori theme WordPress.org. Tapi bagaimana jika Anda ingin memasang tema premium dari website seperti ThemeLab, StudioPress, iThemes, dll.

Atau bagaimana jika Anda ingin memasang tema khusus? Nah dalam kasus ini, Anda perlu menginstal theme menggunakan metode upload dari admin WordPress Anda.

Mulailah dengan mendownload file .zip dari tema yang Anda beli dari pasar atau penyedia tema komersial.

Selanjutnya masuk ke admin area admin anda dan klik pada Appearance »Themes.

Begitu Anda berada di halaman tema, klik tombol Add New di bagian atas.

Di layar selanjutnya, klik Upload Theme di bagian atas.

Upload-Theme-WordPress-Dewaweb

Anda akan diminta untuk memilih file zip yang telah Anda download tadi. Pilih file dan klik Install Now.

Upload File Zip Theme WordPress DewawebUpload File Zip Theme WordPress Dewaweb

Setelah tema Anda terinstal, Anda akan melihat pesan sukses beserta link untuk mengaktifkan dan melihat pratinjau tema.

Klik tombol pengaktifan, dan Anda telah berhasil menginstal dan mengaktifkan tema WordPress Anda. Bergantung pada tema, mungkin ditambahkan opsi pengaturan tambahan yang mungkin perlu Anda konfigurasikan melalui penyesuai tema atau melalui panel opsi terpisah.

Catatan: Fungsi upload tema hanya tersedia untuk pengguna WordPress.org yang dihosting sendiri. Jika Anda menggunakan WordPress.com, Anda tidak akan melihat opsi ini karena membatasi Anda. Untuk menggunakan fitur upload tema khusus, Anda perlu menggunakan self-hosted WordPress.org.

Redirect http:// ke https:// setelah instalasi SSL dengan menggunakan .htaccess

Saat menambahkan sertifikat SSL ke situs web Anda, URL yang digunakan pengunjung untuk melihat perubahan situs Anda dari HTTP ke HTTPS. ‘S’ pada url tersebut memastikan koneksi Anda dienkripsi.

Setelah menambahkan sertifikat SSL, Anda harus mengubah semua URL di situs Anda untuk mengalihkan secara otomatis ke versi HTTPS. Misalnya, jika seseorang mengunjungi:

http://example.com/page1

Anda ingin agar secara otomatis mengalihkan ke:

https://example.com/page1

 

Anda dapat memastikan pengalihan situs Anda ke URL aman dengan membuat file konfigurasi di cPanel.

Untuk mengalihkan semua situs dalam akun cPanel, salah satu blok berikut harus ditambahkan ke .htaccess:

Sebuah. RewriteEngine On

RewriteCond% {HTTPS}! = On

RewriteRule ^ /? (. *) Https: //% {SERVER_NAME} / $ 1 [R, L]

Blok ini memungkinkan kemampuan menulis ulang, memverifikasi bahwa permintaan awal belum memiliki https: //, dan menulis ulang seluruh URL yang diminta, mengganti http: // dengan https: // (misal, http://domain.com/subfolder/ index.php akan diganti dengan https://domain.com/subfolder/index.php).

 

  1. RewriteEngine On

RewriteCond% {HTTPS} mati

RewriteRule (. *) Https: //% {HTTP_HOST}% {REQUEST_URI} [R, L]

Blok ini bekerja sama dengan yang sebelumnya, hanya dengan bantuan sintaks yang berbeda. Anda bisa menggunakan salah satu dari aturan penulisan ulang di atas untuk mengalihkan semua situs dalam akun cPanel.

Cara buka ticket dan login client area

Bagi Anda pengguna Dewaweb, Anda mungkin tahu bahwa Anda bisa masuk ke client area. Melalui client area Anda bisa mengatur detail dan kontak, nama domain Anda, servis yang sudah pernah Anda beli, dan informasi billing serta history pembayaran.

Tetapi, masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara login ke client area.

Login ke client area ada di bagian atas website Dewaweb. Anda tinggal klik “Login to Client Area”, kemudian masukkan email dan password Anda. Jika Anda lupa, data-data ini tersimpan di email Informasi Account Hosting yang kami kirim setelah Anda membeli paket hosting Anda.

Login-to-Client-Area-Dewaweb

Setelah itu, Anda akan melihat tampilan layar di bawah ini. Disitu Anda bisa melihat berbagai macam informasi terkait akun Anda.

Client-Area-Dewaweb

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan client area untuk membuka tiket. Setelah Anda login ke client area Anda, Anda bisa memilih buka tiket baru di bagian atas.

Buka Tiket Baru Dewaweb

 

Setelah itu, pilih salah satu kategori di atas dan Anda akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini

Ticketing Form Dewaweb

Anda tinggal mengisi kolom-kolom yang tersedia di atas. Ticket ini digunakan untuk menghubungi ninja support kami sekiranya Anda memiliki beberapa pertanyaan atau menemukan masalah pada website Anda. Jangan lupa, Anda juga bisa menyertakan lampiran di bagian bawah.

Fitur ticketing ini bekerja dengan sistem antrian. Pelanggan akan dilayani sesuai dengan nomor antrian. Jika Anda merasa bahwa masalah Anda harus ditangani secepatnya, Anda juga tidak perlu khawatir. Sistem kami mampu menentukan masalah yang sebaiknya diprioritaskan dan sebaiknya dilayani terlebih dahulu.

Simpulan

Pertanyaan-pertanyaan di atas hanyalah beberapa pertanyaan yang sering didapat oleh tim ninja kami. Perlu diingat bahwa pertanyaan-pertanyaan ini biasanya datang dari pengguna WordPress pemula. Kalau Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan WordPress tetapi tidak terjawab di artikel kami yang satu ini, jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah agar kami bisa menjawab pertanyaan Anda! Semoga artikel ini membantu pengguna WordPress pemula!

Save Save Save Save Save Save

SaveSave

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan:
Posted in: