Fungsi dan Pengertian dari Ekstensi Domain

ekstensi domainDengan menggunakan layanan web hosting Indonesia Anda dapat mengatur semua kebutuhan website menjadi lebih mudah. Hal penting lainnya yang perlu dimiliki ialah sebuah domain. Domain seakan menjadi identitas dari website yang Anda miliki. Bagi Anda yang telah memiliki ataupun masih mencari layanan hosting Indonesia yang tepat, kali ini ada bahasan tentang pengertian ekstensi domain beserta fungsinya untuk menambah wawasan Anda.

COM 

Domain COM masuk ke dalam Generic Top-Level Domains (gTLD), dan menjadi domain yang paling populer di dunia. Domain .com awalnya ditujukan untuk situs komersil dan merupakan kependekan dari Commercial. Namun seiring dengan waktu, penggunaan domain ini menjadi ekstensi wajib yang digunakan oleh para pelaku bisnis.

NET

Domain NET adalah singkatan dari network atau networking. Ekstensi domain ini dikhususkan untuk penamaan yang berhubungan dengan jaringan, IT, perusahaan computer dan layanan-layanan internet lainnya. Tidak ada syarat khusus untuk pendaftaran domain ini sehingga dapat digunakan untuk umum, seperti .com.

ORG

Org adalah singkatan dari Organization. Ektensi domain .org sangat pas digunakan untuk website organisasi, lembaga, ataupun perkumpulan tertentu. Sama halnya seperti COM dan NET, domain akhiran ORG juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.

INFO

Domain INFO merupakan singkatan dari Information. Domain akhiran .info biasanya digunakan untuk keperluan website yang bersifat informatif ataupun blog personal. Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar domain .info sehingga Anda hanya tinggal menghubungi penyedia layanan web hosting Indonesia saja.

BIZ

Sementara domain BIZ umumnya digunakan oleh website bisnis dan merupakan kepanjangan dari kata business. Domain akhiran .biz dapat didaftarkan dengan mudah melalui bantuan layanan hosting Indonesia.

ID

Domain ID secara khusus ditujukkan untuk masyarakat Indonesia. Jika ingin menggunakan domain akhiran .id, Anda harus menyesuaikan penggunaan ekstensi agar sesuai dengan tema situs atau website. Contohnya, domain co.id yang ditujukan untuk badan usaha, bisnis, dan organisasi yang berbadan hukum, serta berbasis di Indonesia.

Ada pula domain .net.id yang cocok digunakan oleh badan usaha atau organisasi yang bergerak di bidang telekomunikasi, domain ac.id yang diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi, .sch.id yang dikhususkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, serta .or.id yang sangat pas digunakan oleh organisasi politik, pemuda, dan sosial.

Disamping mendapatkan layanan web hosting Indonesia yang prima, Anda pun perlu membuat domain yang sesuai dengan website Anda. Tidak seperti domain COM, NET, BIZ, ORG, dan INFO yang dapat dipakai siapa saja, domain ID hanya dapat didaftarkan dengan menunjukkan syarat tertentu bila ingin memilikinya. Melalui layanan hosting Indonesia, pendaftarannya sangatlah mudah, seperti di Dewaweb. Di Dewaweb Anda bahkan hanya menyiapkan KTP saja untuk registrasi! Jadi, segera daftarkan domain Anda sekarang, ya!

8,979 total views, 8 views today