Google Adsense dan Cara Agar Permintaan Akun Anda Diterima

Google Adsense merupakan salah satu cara termudah dan terpercaya dalam mengumpulkan uang bagi para publisher dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Sejak Google Adsense mendukung website berbahasa Indonesia pada tahun 2012 silam, banyak dari para penulis dan pemilik blog yang serta-merta mendaftarkan blog atau situs yang mereka miliki untuk turut serta dalam salah satu program Pay per Click (PPC) besutan Google tersebut. Simak juga artikel kami mengenai Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Seiring semakin banyaknya pengajuan aplikasi Google Adsense, lambat laun Google semakin memperketat persyaratan agar suatu akun diterima. Saat ini, Google tidak akan pernah secara acak dan sembarangan menerima akun Google Adsense. Buang jauh-jauh harapan kosong Anda yang mengelola suatu blog atau situs secara tidak profesional untuk diterima akun Google Adsense-nya. Karena statistik mengatakan bahwa Google hanya menerima 3 akun dari 1000 aplikasi Google Adsense yang diajukan. Berikut ini kami sajikan cara agar akun Google Adsense diterima, walaupun tidak secara instan akun Google Adsense dapat diterima, namun sangat besar persentase peluang akun Google Adsense Anda diterima. Keunikan, nilai jual suatu situs, dan tingkat originalitas sebuah website atau blog adalah syarat yang sangat krusial agar diterima oleh Google Adsense.

Supaya Aplikasi Google Adsense Anda Diterima, Perhatikan Batas Minimum Post/Artikel Anda

Jika Anda menggunakan WordPress, pastikan bahwa website atau blog Anda setidaknya memiliki 40 artikel yang berkualitas, konten yang bagus dan bebas dari plagiarisme atau copy paste dari blog atau situs lain merupakan syarat mutlak akun Google Adsense Anda diterima. Perkaya kata-kata di dalam artikel dan sesuaikan relevansi image yang ditampilkan dengan konten artikel. Setidaknya di setiap artikel, terdapat 2000 kata di dalamnya, sudah barang tentu artikel demi artikel yang terdapat di dalam blog Anda harus memukau dan membuat para pembaca setia artikel Anda enggan beranjak dari website atau blog Anda, bahkan menjadi pengunjung setia website atau blog Anda, selalu menantikan postingan artikel terbaru, atau menjadi subscriber website atau blog Anda.

Namun jika Anda menggunakan HTML, pastikan website Anda memiliki 50 halaman, baik itu dalam bentuk artikel, ataupun landing page. Pastikan Anda memahami langkah awal yang sederhana ini. Jangan sampai Google menolak aplikasi Anda karena website atau blog yang Anda kelola masih kekurangan artikel atau konten. Semakin banyak konten atau artikel berkualitas dengan image yang sesuai di dalam artikel yang terdapat di dalam website atau blog Anda, maka semakin besar kemungkinan akun Google Adsense Anda diterima. Simak artikel lain kami mengenai konten blog berkualitas

Perhatikan Batas Umur Website atau Blog

Bagi Anda yang ingin mengajukan aplikasi Google Adsense untuk website atau blog yang Anda miliki, perhatikan umur sebuah website atau blog. Usia minimal website atau blog Anda harus 6 bulan, dan pengunjung website atau blog tersebut haruslah stabil. Google sangat memperhatikan jumlah pengunjung, umur website, page view, jumlah artikel atau konten, dan faktor-faktor lainnya.

Perhatikan Konten Artikel Website atau Blog
Google sangat memperhatikan dengan seksama setiap konten yang terdapat di dalam suatu artikel. Statistik menunjukkan bahwa website atau blog Anda akan cepat diterima akun Google Adsense-nya jika mempunyai banyak artikel yang berkualitas mengenai Kesehatan, Internet Marketing, Bisnis, Hukum, Travel, Teknologi, Entrepreneurship, Lifestyle dan Media Sosial. Jangan sampai di dalam website atau blog Anda terdapat konten yang berisi hal-hal yang sangat dilarang keras oleh Google. Sudah pasti aplikasi Anda akan ditolak jika terdapat konten-konten yang dilarang keras oleh Google. Berikut adalah daftar konten-konten yang harus Anda hindari

Bersihkan Website atau Blog Anda dari Third Party Ad atau Program
Sebelum berbicara banyak mengenai pengajuan aplikasi agar akun Google Adsense diterima, Anda harus memastikan website atau blog yang Anda kelola harus bersih dari berbagai Third Party Ad atau Program, Google sangat ketat menyaring setiap pengajuan Google Adsense yang dilakukan oleh para publisher. Mereka akan secara manual satu demi satu mengunjungi setiap website atau blog yang mengajukan aplikasi Google Adsense, dan mereka (Google) sangat membenci setiap website atau blog yang membiarkan Third Party Ad atau Program terpampang di dalamnya. Buktikan kalau website atau blog yang Anda kelola bersih dan terbebas dari Third Party Ad atau Program. Pastikan hanya ada artikel yang berkualitas serta widget yang biasa dipakai.

Halaman-Halaman yang Wajib Ada
Google ingin mengetahui identitas jelas dari setiap publisher website atau blog yang mengajukan aplikasi Google Adsense, Google ingin memastikan bahwa publisher yang mengajukan aplikasi memiliki identitas yang sama dengan yang terdapat di dalam website atau blog tersebut. Maka dari itu, pastikan bahwa ada halaman-halaman berikut ini di dalam website atau blog Anda.

  • Privacy Policy
  • Disclaimer Policy
  • Terms of Usage
  • Contact Us
  • About Us

Khusus untuk halaman About Us, pastikan bahwa Anda menuliskan identitas diri yang sama dengan form pengajuan aplikasi Google Adsense, seperti nama, alamat lengkap, serta email aktif yang biasa Anda gunakan, karena seperti yang telah kami jelaskan pada poin penting sebelumnya, bahwa Google sangat ketat menyaring setiap pengajuan yang masuk, jangan sampai akibat Anda melalaikan atau terlupa akan hal kecil, berimbas pada penolakan pengajuan aplikasi Google Adsense website atau blog Anda. Lengkapi pula halaman About Us dengan alasan mengapa Anda mengelola website atau blog tersebut, dan apa manfaat yang didapatkan oleh para pengunjung website atau blog Anda. Jelaskan secara mendetail, pastikan semua sudah terkoreksi dengan baik. Semakin baik Anda membuat konten yang terdapat pada halaman ini, maka semakin besar pula harapan akun Google Adsense Anda diterima.

Desain Website dan User Experience
Google selalu ingin memberikan pelayanan yang maksimal bagi para penggunanya, untuk itulah, Google selalu berusaha memberikan atau mereferensikan website atau blog terbaik kepada para penggunanya. Pengalaman menyenangkan berselancar di dunia maya adalah sesuatu yang ingin diwujudkan oleh Google. Oleh karena itu, pastikan website atau blog Anda, memiliki desain yang bagus, simpel, namun memukau. Pastikan juga bahwa website atau blog yang Anda kelola memiliki navigasi yang baik. User experience sangat berpengaruh pada diterima atau tidaknya suatu aplikasi akun Google Adsense.

Sekali lagi, pastikan bahwa website atau blog Anda memiliki desain yang bagus, atau Anda dapat membeli template dan mengaplikasikannya pada website atau blog Anda, tentu saja Anda harus memperhatikan pengaplikasian template tersebut. Jangan sampai template yang Anda beli mengganggu kinerja, kecepatan akses dan navigasi website atau blog Anda.

Google Analytics Code
Memasukkan atau menambahkan Google Analytics Code adalah salah satu faktor yang dapat membuat pengajuan aplikasi Google Adsense Anda diterima. Hal ini cukup beralasan, karena Google Analytics Code dapat memantau jumlah pengunjung yang terdapat di dalam website atau blog Anda. Jika Anda peduli terhadap jumlah pengunjung Anda, dapat diartikan bahwa Anda serius dalam mengelola website atau blog, dan ini merupakan suatu nilai tambah yang dapat berpengaruh pada hasil penilaian Google. Hal kecil ini terkadang luput dari pengamatan para publisher. Daftar Google Analytics Code di sini

Domain dan Email ID
Google juga dapat melihat kesungguhan dan keseriusan publisher website atau blog dari domain website atau blog, hingga email ID Anda. Jangan sampai karena keengganan menggelontorkan dana yang nilainya relatif sedikit dengan potensi yang akan Anda dapatkan ketika akun Google Adsense Anda diterima membuat Anda gagal dalam tahap penilaian yang dilakukan oleh Google. Investasikan sedikit dana yang Anda punya untuk membeli domain yang Anda sukai, sekaligus mendapatkan email ID (nama@website.com). Jangan bergantung pada domain gratis atau email ID yang dapat Anda buat di Gmail/YahooMail.

Keseriusan Anda mengelola website atau blog sangat jelas terlihat dari domain dan email. Sungguh amat disayangkan jika konten dan artikel berkualitas yang terdapat di dalam website atau blog Anda menjadi sia-sia hanya karena Anda enggan mengeluarkan sedikit dana untuk membeli domain.

Namun, jika Anda ingin menggunakan domain atau hosting gratis, dan menginginkan akun Google Adsense Anda diterima, maka sebaiknya Anda menggunakan Blogger.com. Blogger.com adalah sebuah platform blog gratis yang diberikan oleh pihak Google. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi para publisher yang selama ini menggunakannya, karena selama ini pihak Google selalu memberikan kesempatan pada para pengguna Blogger.com untuk memonetize blog mereka melalui program Google Adsense. Apabila Anda tidak ingin mengelola sebuah blog atau website, dan mengelola artikel secara rutin, masih ada cara lain menjadi publisher Google Adsense, yaitu melalui YouTube.com. Tentunya Anda harus memiliki beberapa konten video orisinal yang diunggah ke YouTube.com. Video yang diunggah ini wajib memiliki jumlah view yang cukup banyak agar bisa diterima di program Google Adsense. Berikut ini adalah 5 cara agar video Youtube Anda berada di peringkat atas

Banyak dari para publisher yang memiliki penghasilan yang sangat besar dari program Pay Per Click milik Google ini. Perhatikan dengan seksama semua langkah-langkah sederhana yang terdapat di dalam artikel Google Adsense dan Cara Agar Akun Diterima ini, pahami dan praktekkan. Semoga passion menulis Anda yang dituangkan di dalam bentuk website dan blog dapat memberikan penghasilan yang sepadan.

4,104 total views, 8 views today