Hosting Indonesia

Hosting, juga dikenal dengan web site hosting atau web hosting, merupakan bisnis layanan dan pemeliharaan arsip untuk lebih dari satu website. Menggunakan layanan hosting membuat beberapa perusahaan berbagi biaya untuk layanan koneksi internet.

Sejumlah perusahaan hosting menggambarkan layanan mereka sebagai virtual hosting. Virtual hosting biasanya menandakan layanan mereka akan transparan dan tiap website akan memiliki nama domain dan alamat email sendiri. Pada kebanyakan penggunaan, hosting dan virtual hosting sama. Beberapa perusahaan hosting Indonesia memungkinkan Anda memiliki server virtual.

Sejarah Web Hosting

Internet telah menjadi evolusi media terbesar setelah radio dan televisi, yang kini didukung oleh lebih dari 50 juta website. Ide tentang internet datang hampir 3 dekade sebelum layanan web hosting muncul di tahun 1991.

Di tahun 1962, J.C.R. Licklider menulis sejumlah artikel tentang konsep sejumlah komputer terkoneksi secara global dimana informasi bisa diakses dari mana saja. Ia meyakinkan betapa pentingnya jaringan komputer. Di tahun 1965, Lawrence G. Roberts and Thomas Merril memulai komputer pertama yang masih sangat lambat. Ditahun 1966, Roberts merealisasikan rencananya tentang jaringan luas pertama yang pernah dikembangkan.

Di tahun 1969, mereka berhasil menghubungkan komputer di UCLA, The Stanford Research Institute, The University of California Santa Barbara, dan the University of Utah. Tiap komputer berfungsi sebagai host, membuat mereka bisa saling berinteraksi. Selama 2 tahun kemudian, mereka menambahkan 19 host lagi dalam jaringan mereka.

Di tahun 1971, Roy Tomlinson menulis program email dasar pertama, dan dikembangkan oleh Lawrence G. Roberts. Ini membuat para peneliti bisa mengirim dan menerima pesan di jaringan mereka. Dengan cepat simbol @ diadopsi untuk alamat email.

Di tahun 70-an muncul TELENET, versi komersil pertama dari penyedia internet, dan jaringan lainnya. TCP secara resmi dibagi menjadi TCP/IP (Transmissions Control Protocol and Internet Protocol) sebagai usaha untuk menyatukan semua jaringan yang ada di Amerika Selatan dan seluruh dunia. TCP adalah koneksi antar host yang digunakan oleh komputer dan IP mengantarkan paket informasi antar sesama komputer.

Di tahun 80-an terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dan format TCP/IP pertamakali digunakan untuk menyatukan sistem ARPANET ke beberapa jaringan lain. Format ini memungkinkan jaringan untuk saling mengakses tapi beroperasi secara individu. Kemudian istilah internet digunakan, berarti sejumlah jaringan terkait bersama dengan format TCP/IP.

Di tahun 1984, sistem nama domain atau DNS diperkenalkan. DNS menjadi istilah komputer untuk bisa membedakan satu dari yang lain. Sebanyak 6 domain diperkenalkan: edu (Education), gov (Government), mil (Military), com (Commercial), net (Network Resources), dan org (Organization). Pada 15 Maret 1985, Symbolics.com menjadi nama domain pertama yang terdaftar.

Di tahun 1991, National Science Foundation (NSF) memutuskan untuk mengangkat batasan komersil pada web. Dengan lahirnya e-commerce banyak pihak meyakini akan munculnya layanan website hosting.

Di tahun yang sama, CERN merilis World Wide Web (www), yang menggabungkan bahasa komputer HTML dari Tim Berner-Lee. HTML singkatan dari HyperText Markup Language, yang menggunakan spesifikasi untuk Uniform Resource Locators (URLs). Ini menjadi standar universal untuk menempatkan alamat website.

Website hosting, seiring peningkatan teknologi telah menjadi kian terjangkau harganya dan tidak terlalu rumit dibanding dulu. Diawali dengan perusahaan besar yang menyewakan ruang ekstra pada server mereka dan sekarang menjadi bisnis besar. Kini ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan web hosting. Teknologi berkembang dengan cepat, berevolusi dengan komputer dan internet. Dengan tiap perkembangan baru, ada perubahan pada cara bisnis website hosting ditawarkan ke pelanggan.

Fakta Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Perusahaan Hosting di Indonesia

Saat ini sulit untuk memilih perusahaan hosting yang benar-benar memenuhi kriteria Anda. Perusahaan hosting kualitas atas terlihat sama dengan perusahaan hosting yang tak dikenal dengan sama-sama menyewakan server murah. Sebagai pelanggan Anda akhirnya tertipu dengan mengeluarkan biaya untuk memperoleh performa situs yang buruk, menghabiskan waktu untuk konfigurasi server, dan pelanggan yang tidak mau menunggu lama ketika membuka situs Anda.

Gambaran di atas jadi cerita sebenarnya tentang web hosting di Indonesia. Situs mengalami down selama 12/24 jam. Webmaster mengirimkan email bersifat urgent, tapi diterima oleh mesin penjawab otomatis. Ia tetap menunggu resolusi selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Tiap jam situs mengalami down, ia kehilangan traffic, reputasi, dan pemasukan.

Berikut ini hal penting yang perlu Anda waspadai sebelum memilih perusahaan web hosting:

Server Kualitas Rendah

Di pasar web hosting yang kompetitif saat ini, perusahaan web hosting hampir selalu menghemat backend server. Mereka menyewakan server murah dengan kualitas rendah atau performa monitoring yang rendah. Seringkali tanpa fasilitas backup yang memadai. Karena tidak memiliki hardware sendiri, mereka tidak bisa memperbaiki masalahnya. Sama halnya seperti sejumlah mahasiswa di India menyewa beberapa server pusat data di Amerika, menginstal software open source, dan meluncurkan perusahaan web hosting. Beberapa perusahaan jenis ini bahkan ada yang memiliki ratusan pelanggan.

Technical Support

Kebanyakan perusahaan web hosting menawarkan dukungan teknis 24 jam setiap hari, tapi jangan berharap akan begitu kenyataannya. Anda harus menunggu berjam-jam, bahkan berhari-hari sebelum mendapat respon dari orang yang tepat. Sering kali, dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang server, software, dan jaringan agar semua berjalan baik. Perusahaan web hosting yang baik harus menawarkan layanan yang kuat dengan variasi pilihan support, seperti live-chat support, email support, dan phone support.

Space Storage Yang Unlimited

Sering kali perusahaan web hosting menawarkan space storage yang tidak terbatas. Pada kenyataannya tidak ada hal semacam ini. Betapapun kuatnya web server, ruang tampungannya tetap terbatas dan hanya bisa menyimpan jumlah data terbatas. Ketika mereka menjejalkan banyak situs pada tiap server, ruang storage total terbagi ke situs-situs ini. Bila perusahaan hosting mengklaim mereka memberi fitur storage tanpa batas tanpa syarat apapun, bisa dipastikan mereka membohongi Anda.

Over-selling

Shared web hosting jadi pilihan bagus bila perusahaan hosting mengatur alokasi pelanggan dan server dengan baik. Perusahaan web hosting biasanya melebihi kapasitas server untuk memaksimalkan pendapatan tiap server. Ini bisa memicu performa website yang lambat selama waktu puncak yang akhirnya membuat pengunjung pergi.

Up-selling

Kebanyakan perusahaan web hosting menggunakan stratesi bait and hook pricing, yang merupakan cara menjual produk dengan mengiklankan produk di harga sangat rendah untuk menarik pelanggan, tapi kemudian pelanggan dibujuk untuk beralih ke produk yang lebih mahal.

Mereka menarik pelanggan dengan harga rendah, tapi meminta biaya untuk tiap layanan yang diminta. Misalnya, meminta biaya tambahan untuk pengaturan aplikasi seperti blogging, database, dan sebagainya.

Hosting Plan Murah

Industri web hosting telah berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir, karena ada banyak pilihan yang tersedia. Anda harus selalu memeriksa pro dan kontra sebuah web host sebelum memilih. Kebanyakan perusahaan web hosting yang mengklaim menawarkan hosting plan gratis, memiliki banyak jebakan. Pada beberap kasus, perusahaan hosting menyediakan layanan gratis untuk waktu terbatas di awal dan kemudian mematok bayaran. Jadi jangan langsung memilih hosting yang menawarkan harga murah, pilih dengan sangat hati-hati.

Performa

Downtime berlebihan pada hosting server Anda bukan sesuatu yang bisa Anda anggap remeh. Bila web host tidak sepenuhnya dilengkapi untuk mengatasi kapasitas berlebih, website bisnis Anda bisa berada dalam masalah. Tanpa infrastruktur yang tepat untuk mendukung website, sebuah web host bisa merusak website bisnis Anda. Anda harus waspadai host yang berpura-pura menawarkan shared resource dengan harga terjangkau. Pada kebanyakan kasus, berbagi server gratis bisa mempengaruhi performa website.

Kenapa Memilih Dewaweb Dibanding Perusahaan Hosting Lain?

Dewaweb didirikan dengan tujuan menjadi brand terdepan dalam SSD cloud hosting, cloud server, domain, SSL, dan layanan web lainnya. Dewaweb menjadi salah-satu perusahaan penyedia layanan hosting di Indonesia dengan teknologi cloud hosting. Dewaweb didirikan sebagai jawaban dari tututan pelayanan berkelas sebuah website dengan cara paling ekonomis.

Teknologi High Performance Hosting di Dewaweb

Dengan cloud hosting di Dewaweb, mesin komputer yang jumlahnya tak terbatas dapat bekerja secara satu kesatuan sebagai sistem tunggal, sedangkan hosting lain (shared dan dedicated hosting) bergantung hanya pada 1 server saja. Stabilitas cloud hosting yang tinggi menjamin website tidak akan down saat terjadi peningkatan traffic. Selain itu, cloud hosting memiliki kemudahan akses. Pelanggan dapat mengakses web melalui perangkat dan sistem operasi manapun, serta memonitor web dengan lebih nyaman.

Dewaweb juga dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru yang memberikan pengalaman high performance cloud hosting seperti HP Blades hardware, HP SAN RAID-50, SSD drives, HTTP/2 dan sebagainya. Dewaweb juga melakukan monitoring performance semua server dan upgrade server secara berkala untuk memastikan server selalu berjalan dengan optimal dan page load setiap website pelanggan selalu cepat.

Time Machine Backup

Semua paket cloud hosting di Dewaweb sudah dilengkapi fasilitas backup otomatis setiap hari dan bisa diakses melalui menu Time Machine Backup di cPanel. Ketika dibutuhkan, Anda bisa melakukan restore files, databases dan tables kapan saja dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Backup disimpan setiap harinya di server backup khusus yang terpisah dari server hosting.

Kemitraan SpamExperts dan Dewaweb

Di bulan Maret 2015, Dewaweb memulai kemitraan dengan SpamExperts. Kerja sama ini memungkinkan penyediaan layanan email bebas spam untuk semua pelanggan. Banyak pelanggan yang mengalami kesulitan mengatasi spam, virus, dan malware. Pada banyak kasus, mengatasi email berisi spam yang diterima setiap hari membuat perusahaan membuang banyak waktu dan energi. Untuk mengatasi masalah ini, Dewaweb menyediakan SpamExperts Email Filtering Gateway, yang bisa memblokir hampir semua email berisi spam, virus dan/atau malware.

Sebelumnya, banyak perusahaan yang mengandalkan program in-house serta tools anti spam lain. Meski begitu, tetap masih ada pesan spam yang masuk ke akun customer. Ini membuat tim Dewaweb berpikir keras untuk mengatasi masalah email spam ini sekaligus merespon keluhan dari pelanggan. SpamExperts memberi solusi filtering yang komprehensif, dengan menemukan email spam dan virus sebelum mencapai server pelanggan, memastikan inbox bersih dan tak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk memfilter secara manual.

Produk dan layanan Dewaweb

  1. Cloud Hosting untuk Personal. Paket layanan ini khusus untuk perorangan atau organisasi kecil. Dengan menggunakan cloud hosting personal, pelanggan bisa membuat blog, website, atau belajar membangun sebuah web.
  2. Cloud Hosting untuk Corporates. Layanan ini sangat tepat bagi para pengusaha online shop, marketplace, serta afiliasi blog dengan skala kecil hingga menengah. Pengelolaan web jadi lebih mudah.
  3. Cloud Server untuk Power Users. Layanan ini biasa disebut VPS, tersedia konfigurasi website dengan true high performance cloud computing dari Dewaweb, didukung oleh Enterprise HP Blade System, Pure SSD Storage, full IPv6 support, 15 Global Locations, 100% Uptime SLA, dan 24/7 Ninja Support.
  4. Free Hosting untuk Organisasi Non-Profit. Dewaweb meyakini pencapaian yang telah diperoleh tak lepas dari kuasa Tuhan yang juga perlu digunakan untuk membuat dunia sebagai tempat yang lebih baik. Layanan ini 100 persen bebas biaya dengan syarat organisasi bersifat non-profit dan bergerak di bidang kemanusiaan. Meski fitur yang tersedia untuk layanan ini tidak sebanyak cloud hosting premium, tapi sudah cukup membantu organisasi nirlaba untuk go online.
  5. SSL Certificates. Singkatan dari Secure Sockets Layer, merupakan layanan pengamanan koneksi antara server sebuah situs daring dengan browser klien seperti Chrome, Mozilla, dan lain-lain. Dengan layanan ini, customer merasa aman dan percaya saat melakukan transaksi di web online shop, e-commerce, corporates, aplikasi web, dan mobile. SSL certificates menjadi jaminan tingkat keamanan situs sekaligus menjadi kekuatan enkripsi bagi para pemilik bisnis e-commerce untuk melindungi bisnis mereka.
  6. RankingCoach SEO Tools Murah. Pelayanan ini berupa software SEO dengan harga terjangkau untuk memandu optimalisasi website. RankingCoach berkaitan dengan optimalisasi mesin pencari dengan langkah yang mudah dilakukan sehingga performa web jadi meningkat.

Kelebihan Dewaweb

  • Harga sangat terjangkau, mulai dari kisaran Rp. 198.000 per tahun.
  • Mendapat bonus domain. Perpanjangan hosting secara otomatis perpanjang domain.
  • Harga murah sudah termasuk teknologi cloud hosting.
  • Sistem jarang mengalami down.
  • Pilihan server ada di Jakarta (Cyber 2) dan sangat cepat untuk pengunjung dari Indonesia.
  • Tersedia program afiliasi.
  • Live chat support sangat ramah, responsif, dan siap 24 jam.
  • Banyak promo dengan harga lebih murah.
  • Jadi partner terpercaya untuk bisnis pembuatan website.
  • Upgrade paket hosting bisa dilakukan kapanpun.

Jadi, setelah membaca uraian di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan layanan hosting Dewaweb?

1,485 total views, 8 views today