Panduan Web Hosting Murah dan Web Builder Indonesia

panduan web hosting dan website builder

Bagi Anda para pemilik atau pengelola website, artikel satu ini penting untuk disimak. Pada dasarnya, Anda perlu untuk mengetahui apa itu domain dan web hosting, serta bagaimana implikasinya bagi website Anda.

Memiliki domain sendiri dan memercayakan website Anda pada web hosting murah yang cepat dan aman menjadi hal yang sangat penting jika Anda ingin bisnis Anda di bidang e-commerce berhasil. Apa jadinya bila Anda tak dapat meraih kepercayaan pelanggan karena website Anda meragukan dari segi domain murah maupun loading page yang error atau lambat? Tentunya calon klien potensial Anda beralih semudah membalikkan tangan, ke website sejenis, ke website kompetitor Anda.

Definisi Web Hosting

Sederhananya, web hosting adalah suatu tempat di mana orang-orang yang memiliki website menyimpan seluruh data atau isi website mereka. Bayangkan web hosting sebagai rumah dan seluruh isi website Anda(teks, gambar, video dan lain-lain) seperti furniturnya.

Secara teknis, web hosting mengacu pada sebuah perusahaan yang menjual jasa penyewaan server atau komputer mereka untuk menyimpan website Anda dan mengakomodasi konektivitas internet Anda sehingga para pengguna dapat mengakses semua file yang ada pada website Anda tanpa kendala.

Ada 4 jenis hosting server atau web hosting yang tersedia sejauh ini. Keempat jenis itu akan kami jelaskan secara singkat di poin-poin berikut:

  • Shared Hosting

Di shared hosting, situs web seseorang ditempatkan pada server yang sama dengan banyak situs lainnya. Jumlah situsnya bisa jadi puluhan, ratusan atau ribuan. Biasanya, semua domain yang ada dapat berbagi sumber daya server umum semacam RAM dan CPU. Karena biayanya yang murah, sebagian besar situs web dengan tingkat lalu lintas tak terlalu padat memilih menjalankan perangkat lunak standar yang di-provide oleh jenis server satu ini. Shared hosting juga dikenali secara luas sebagai pilihan hosting murah yang tergolong entry level karena cukup membutuhkan pengetahuan teknis yang minimal.

  • Virtual Private Server (VPS) Hosting

Virtual Private Server hosting ini berbagi server dengan beberapa pengguna lain yang berbeda. Pengguna dimungkinkan untuk memiliki akses root ke ruang virtual mereka sendiri dan berada di lingkungan hosting yang lebih aman dengan menggunakan jenis hosting ini.

  • Dedicated Server Hosting

Dedicated Server Hosting menawarkan kontrol yang maksimal atas server web yang disimpan di situs Anda – server hosting satu ini secara eksklusif menyewakan seluruh server yang ada. Situs Anda menjadi satu-satunya situs yang tersimpan di server.

  • Cloud Hosting

Cloud hosting menawarkan kemampuan tak terbatas untuk menangani lalu lintas atau website traffic tinggi atau lonjakan lalu lintas yang bisa berdampak buruk pada halaman Anda (broken page atau loading page lama). Bagaimana cara kerjanya? Tim server (disebut cloud server) bekerjasama untuk meng-host sekelompok situs web yang ada. Hal ini memungkinkan beberapa komputer bekerja sama untuk menangani tingkat lalu lintas yang tinggi pada website yang di-host. Teknologi hosting satu ini dapat dikatakan teknologi mutakhir. Jasa hosting yang kami tawarkan juga menggunakan teknologi cloud hosting ini.

Jika Anda ingin mempelajari VPS lebih lanjut, Anda juga bisa membaca postingan kami sebelumnya, Panduan Lengkap VPS Hosting Indonesia.

Cara memilih hosting murah yang tepat

Ada banyak pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada perusahaan web hosting Anda sebelum Anda memutuskan untuk bergabung. Mendapatkan jawaban jelas atas beberapa pertanyaan ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang akan Anda dapat, apa yang provider Anda tawarkan, bagaimana mereka menghadapi para klien, dan apakah mereka benar-benar perusahaan yang bisa Anda percaya dan ingin ajak kerjasama.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan kepada perusahaan web hosting sebelum Anda bergabung:

  1. Berapa rata-rata uptime per bulannya?

Apakah Anda mendapatkan garansi uptime di perjanjian tertulis? Semakin tinggi garansi uptimenya, semakin baik. Dengan teknologi cloud, beberapa hosting menjamin 100% uptime.

  1. Berapa harga hosting murah tersebut?

Tidak ada poin jika Anda terus bertanya tetapi Anda tidak mampu membayar biaya hosting yang mereka sediakan.

  1. Dimana lokasi server? Apakah saya bisa memilih lokasi server?

Server akan loading dengan lebih cepat jika server tersebut berada di lokasi yang dekat dengan pengunjung website Anda.

  1. Support customer dan teknis apa saja yang ditawarkan?

Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, customer support sangatlah penting. Coba lihat apakah perusahaan web hosting tersebut memiliki 24/7 live chat support yang tentunya akan sangat membantu jika Anda tiba-tiba menghadapi masalah.

  1. Jenis bantuan set-up apa yang disertakan tanpa biaya tambahan?

Migrasi situs gratis dapat sangat membantu Anda untuk menghemat waktu dan biaya. Apalagi kalau Anda tidak familiar dengan server atau web hosting.

  1. Bagaimana dengan perpanjangan dan biayanya?

Banyak perusahaan web hosting menawarkan diskon untuk orang yang baru pertama kali berlangganan. Tentunya nanti saat Anda akan memperpanjang langganan Anda, mungkin saja Anda akan diminta untuk membayar biaya aslinya. Pastikan dulu hal ini sebelum Anda tanda tangan kontrak.

  1. Ada potensi skalabilitas apa yang tersedia?

Sebagai contoh jika Anda memulai dengan plan shared server, apakah Anda dapat memperluas ruang Anda nanti atau bahkan beralih ke lingkungan dedicated server? Atau apakah penyedia yang sedang Anda pertimbangkan berspesialisasi dalam satu lingkungan? Juga, cari tahu apa protokol upgrade server mereka. Misalnya, apakah mereka bisa mengupdate dan mengupgrade server mereka tanpa downtime? Jika ya, bagaimana? Di jam berapa (siang atau malam) mereka melakukan pembaruan?

  1. Apa kebijakan perusahaan jika Anda perlu mengubah konfigurasi mid-kontrak hosting Anda?

Misalnya, jika Anda memulai konfigurasi shared server dan perlu pindah ke lingkungan ke dedicated server atau VPS khusus selama masa kontrak Anda, apakah itu diperbolehkan? Apakah akan ada penalti?

  1. Jika Anda melihat plan unlimited hosting, apa artinya itu?

Semua plan unlimited tetap memiliki beberapa batasan. Anda perlu tahu batasan apa saja yang mungkin Anda akan temui atau hadapi saat Anda menggunakan plan tersebut.

  1. Apakah perusahaan hosting menawarkan percobaan gratis?

Hampir setiap perusahaan penyedia hosting menawarkan setidaknya percobaan 30 hari, namun beberapa menawarkan persyaratan lebih lama. Coba lihat apakah perusahaan hosting yang akan Anda gunakan menawarkan masa percobaan gratis. Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk menguji fitur-fitur serta layanan yang mereka tawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Perbedaan Domain dan Web Hosting

Domain dan web hosting adalah dua hal yang berbeda. Kebanyakan orang memang mengira bahwa kedua hal ini adalah hal yang sama. Jika Anda berencana untuk membuat website pertama Anda, Anda perlu mengerti dengan jelas apa perbedaan dari domain dan web hosting.

Secara simpel, domain adalah alamat rumah Anda, tetapi tanpa megnggunakan nama jalan dan kode area, hanya menggunakan serangkaian huruf dan angka.

Sementara web hosting adalah rumah itu sendiri. Sama seperti hard disk komputer dan memori komputer, hosting digunakan untuk menyimpan dan memproses data-data website Anda.

Cara Membuat Website

Setelah Anda membeli domain dan plan hosting, Anda perlu membuat sebuah website yang terlihat menarik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun sebuah website. Beberapa membutuhkan pemahaman kode dan bahasa web, sementara cara lainnya hanya membutuhkan komputer dan internet saja. Anda bebas memilih sesuai dengan kemampuan Anda.

Membuat Website dari nol

Skill yang dibutuhkan: HTML, CSS, JavaScript, Database (mySQL or PostgreSQL)

Anda bisa membuat sebuah website yang unik dan menarik sendiri jika Anda mengerti bahasa-bahasa pemograman dan faktor fundamental dari sebuah website. Jika Anda tidak yakin, tentu Anda bisa menghubungi web developer.

Bahasa web atau tools dasar

  • HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML adalah struktur basic sebuah halaman web dan aplikasi web yang membuat konten semantik ke web browser. HTML terdiri dari tag berurutan yang memiliki pembukaan dan penutup, dan kata kunci struktural yang dilapisi oleh Angle Brackets. Contoh: <strong> </strong>

  • CSS (Cascading Style Sheets)

CSS adalah bahasa styling yang digunakan untuk mendekorasi markup HTML sebuah website. Tanpa CSS, sebuah halaman web akan terlihat seperti sebuah halaman dengan background putih dengan text dan gambar yang tidak berurutan. CSS adalah bahasa pemograman yang membuat sebuah halaman terlihat seperti yang kita mau.

  • Scripting Languages

HTML dan CSS tidak dapat bekerja tanpa scripting language karena mereka tidaklah interaktif. Untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis dan merespons kepada pengguna atau pengunjung website, Anda membutuhkan bahasa pemograman seperti JavaScript dan jQuery. Bahasa sisi server seperti PHP, Python dan Ruby mungkin juga dibutuhkan dari waktu ke waktu.

  • Database Management

Untuk menyimpan, mengelola dan mengakses data masukan pengguna dari sebuah situs web, website memiliki sebuah tabel informasi yang besar yang disebut database. Sistem Manajemen Database seperti MySQL, MongoDB dan PostgreSQL digunakan di server-side untuk melakukan pekerjaan ini secara efisien.

  • FTP (File Transfer Protocol)

FTP digunakan untuk mentransfer file sumber situs ke server yang di-host dengan lebih mudah. Ada FTP klien berbasis web dan berbasis software yang bisa digunakan untuk mengupload file Anda ke komputer server.

Berikut adalah gambaran besar proses pembuatan situs web pertama Anda, dengan asumsi bahwa Anda tahu dan mengerti tentang bahasa web dasar dan bagian pokok sebuah website yang disebutkan di atas.

Cara membuat sebuah website dari nol

1. Setup lingkungan kerja lokal menggunakan Integrated Development Environment (IDE)

Untuk membuat dan mengatur file sumber sebuah situs web, lingkungan kerja lokal yang baik sangatlah penting. Anda dapat membuat lingkungan pengembangan web pada skomputer Anda dengan menginstal IDE atau Integrated Development Environment. IDE pada dasarnya terdiri dari Text Editor, Build Automation dan Debugger.

Sublime Text dan Atom adalah beberapa IDE dasar untuk pengembangan web yang mendukung HTML, CSS, JS, PHP, Python dan bahasa web sejenisnya.

Di sisi lain, ada beberapa IDE yang memiliki fitur lebih seperti Adobe Dreamweaver yang menawarkan beberapa fitur lainnya (Ex: Server Connectivity, FTP).

2. Rencanakan dan desain website Anda menggunakan Adobe Photoshop

Merencanakan struktur website dan sistem navigasi merupakan hal yang sangat penting. Pertama, Anda harus mengerti bahwa Anda ingin menonjolkan konten Anda. Rencanakan berapa banyak menu navigasi yang Anda inginkan, berapa kolom untuk konten yang Anda butuhkan, dan berapa gambar yang ingin Anda munculkan di website dan di bagian mana gambar-gambar itu akan Anda letakkan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop dan membuat draft halaman web Anda. Anda mungkin perlu membuat draft yang berbeda untuk halaman yang berbeda, misalnya homepage, halaman, halaman kontak, halaman layanan, dll.

3. Kodifikasi desain Anda menggunakan HTML dan CSS

Setelah Anda selesai membuat draft desain untuk halaman web Anda di Adobe Photoshop, Anda bisa mulai mengkodifikasi desain website Anda.

Gunakan markup HTML untuk elemen website yang ingin Anda masukkan dan gunakan CSS untuk mendekorasi tergantung dengan desain yang Anda inginkan.

4. Jadikan website Anda dinamis dengan menggunakan JavaScript dan jQuery

Seperti yang disebutkan di atas, interaksi pengguna tidak dapat dikontrol melalui HTML atau CSS. Anda dapat menggunakan bahasa scripting seperti JavaScript dan mungkin perpustakaannya yang lebih baik, jQuery untuk mengendalikan aktivitas pengguna untuk form, login, slider, menu atau dimanapun Anda membutuhkannya.

5. Upload file lokal ke server menggunakan FTP Client

Langkah terakhir adalah mengupload semua source files Anda ke web server. Cara yang paling mudah untuk mengerjakan ini adalah melalui FTP client. Pertama, download sebuah FTP client di komputer Anda dan hubungkan dengan web server Anda dengan menggunakan sebuah akun FTP. Setelah Anda berhasil menghubungkannya ke akun FTP, copy semua file lokal Anda ke root web directory Anda.

Beberapa FTP clients yang bisa Anda coba adalah FileZilla , WinSCP , dan Cyberduck .

Membuat sebuah website menggunakan Content Management System (CMS)

Untuk membuat sebuah website menggunakan Content Management System (CMS) adalah operasi dasar komputer dan Internet. Memiliki pengertian dasar mengenai HTML, CSS, dan PHP akan lebih membantu.

Sebelum kita bahas langkah-langkahnya, mungkin Anda bertanya-tanya apa itu Content Management System (CMS)? CMS dibangun sedemikian rupa agar mereka bisa digunakan oleh pemula sampai web developer berpengalaman. Ini adalah sebuah aplikasi software yang mempermudah proses pembuatan dan manajemen konten online. Kebanyakan dari mereka adalah open-source dan gratis untuk digunakan.

Jika Anda tahu dasar-dasar HTML, CSS atau PHP, itu menguntungkan bagi Anda. Ini bukan masalah besar jika Anda tidak tahu karena platform ini sangat intuitif. Berikut adalah tiga pilihan pilihan platform CMS terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

WordPress

WordPress mungkin adalah satu CMS yang paling terkenal dan sering Anda dengar. WordPress digunakan oleh banyak orang, mulai dari blogger dan situs berukuran kecil hingga besar. Banyak orang yang lebih suka menggunakan WordPress karena kesederhanaannya. Editor WYSIWYG adalah satu-satunya hal yang perlu Anda pelajari untuk menulis konten pertama Anda.

Platform ini bersifat institusional bagi para pemula dan juga sangat mudah untuk dikembangkan. CMS yang satu ini memiliki banyak plugin dan tema gratis di repositori mereka sendiri. Karena menjadi pilihan # 1 CMS, banyak sumber daya pihak ketiga yang kompatibel juga tersedia.

Joomla

Joomla sebenarnya mirip dengan WordPress. CMS ini juga mudah digunakan, mudah diinstal, dan bisa dikembangkan dengan bantuan modules (seperti plugin untuk WordPress). Joomla adalah salah satu opsi terbaik untuk pemula.

Namun, pemula mungkin lebih terintimidasi untuk mengeksplorasi Joomla karena banyaknya pilihan yang tersedia. Selain menu kiri, ada juga menu di bagian atas bar tepat di atas logo “Control Panel”. Untuk menghindari kebingungan, ingatlah bahwa beberapa item dari menu bar kiri dan atas serupa, termasuk “Content”, “Users”, dan “Extensions”.

Sama seperti WordPress, Joomla memiliki beberapa style dan template yang bisa dengan cepat memberi tampilan khas pada situs Anda. Tapi dari ketiga sistem pengelolaan konten tersebut, Joomla menawarkan solusi termudah ketika membuat social network dengan platform seperti EasySocial dan JomSocial.

Drupal

Web developer yang berpengalaman mengakui bahwa Drupal adalah CMS yang paling kuat.

Namun, CMS ini juga merupakan yang paling sulit untuk digunakan. Karena fleksibilitasnya, Drupal adalah CMS kedua yang paling banyak digunakan di dunia, namun ini bukan favorit di antara para pemula. Agar berhasil membangun situs web “lengkap” dengan menggunakan Drupal, Anda harus mempelajari dasar-dasar pengkodean. Mengetahui jalan Anda di sekitar CMS juga menantang bagi pemula.

Membuat website dengan Web builder

Pembangun situs telah membuatnya mudah dan instan untuk menyiapkan situs web. Tanpa pengetahuan dan pengertian bahasa web, seseorang dapat meluncurkan situs berfitur lengkap dalam hitungan menit. Mereka menawarkan pembuat situs Drag & Drop yang tidak membutuhkan pengetahuan coding.

Ada banyak pembangun situs yang tersebar di internet. Berikut adalah 4 (empat) Web Builder yang paling banyak dibicarakan dan potensial yang dapat Anda gunakan.

Dewapress

Dewapress adalah sebuah site builder milik Dewaweb. Dewapress sendiri memiliki konsep seperti Wix, dimana Anda akan menggunakan fitur drag & drop untuk mengatur layout website Anda. Fitur ini sangat memudahkan proses pengaturan layout karena Anda berarti bisa membuatnya sesuai dengan Anda yang inginkan. Dewapress sendiri sudah memiliki 20+ template yang bisa Anda pilih untuk lebih memudahkan lagi proses pengaturan tampilan website.

Dewapress juga menawarkan fitur analytics sehingga Anda bisa melihat progres website Anda. Anda juga tidak perlu khawatir karena website yang dibangun menggunakan Dewapress sudah dioptimasi untuk SEO. Jika Anda ingin menambahkan plugins atau addons atau extensions, Anda perlu meng-embed plugins tersebut ke website Anda.

Fitur unggulan Dewapress adalah Personalization, di mana website kita dapat diatur pop-up window dan tampilan homepage-nya menurut demografi pengunjung website kita. Dashboard admin pada Dewapress dapat dilihat pada tampilan di bawah ini.

dewapress website personalisation

Jika Anda tertarik menggunakan Dewapress, Anda bisa memilih plan dari tiga plan yang tersedia, Silver, Gold, dan Platinum dengan free trial selama 14 hari.

Wix

Wix adalah salah satu site builder di pasaran dengan 500+ template yang bisa Anda atur sesuka Anda. Kemungkinan besar, Anda akan menemukan template yang Anda suka.

Mereka menawarkan fitur editor website Drag & Drop yang mempermudah proses pengaturan website Anda. Anda hanya perlu mengambil satu item dari list yang ada dan meletakkannya di bagian website yang Anda inginkan. Semua item yang terlihat dapat dipindahkan dan diedit.

Jika Anda menggunakan plan gratis dari Wix, Anda akan mellihat on-site advertisements di website Anda. Anda bisa menghilangkannya dengan mengupgrade ke plan Combo, dimana Anda harus membayar $12 per bulan.

Weebly

Weebly lebih mudah untuk diatur dalam hal navigasi dan user-friendliness. Mereka menawarkan ratusan template yang bisa Anda pilih tetapi mereka membatasi personalisasi.

Mereka menyediakan beberapa layout halaman yang bagus (sebagai contoh: about page, halaman harga, halaman kontak) yang bisa Anda gunakan dan modifikasi.

Drag & Drop builder lebih mudah digunakan namun terkadang Anda terbatas pada area yang ditunjuk untuk kustomisasi. Ketersediaan ekstensi dan aplikasi pihak ketiga juga terbatas.

Squarespace

Squarespace menawarkan template yang lebih profesional dan minimal daripada yang lain, namun dengan fungsionalitas terbatas. Situs web bisa disesuaikan tapi akan terasa kurang nyaman dibanding Wix atau Weebly.

Sementara itu, faktanya adalah mereka memiliki tim pendukung yang hebat termasuk dukungan live chat yang siap membantu kapan pun Anda membutuhkannya.

Squarespace bisa dibilang kurang intuitif dibanding dua lainnya. Jika Anda seorang pemula dan ingin menggunakan pembangun situs, Wix atau Weebly akan memberikan pengalaman yang jauh lebih mudah.