Cara Memilih Hosting Terbaik

Cara Memilih Hosting Terbaik - Dewaweb

Bagaimana sih sebenarnya caranya agar kita dapat memutuskan apakah sebuah hosting itu hosting terbaik atau paling tepat? Apakah bandwidth dan fitur penyimpanan disk masih jadi faktor penting akhir-akhir ini? Jenis layanan hosting yang mana yang harus digunakan bagi kebutuhan tertentu? Pada artikel ini, kami akan membantu Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan penting tersebut.

Namun , sebelum Anda melihat apa saja kriteria hosting terbaik bagi Anda, mari kita simak terlebih dahulu definisi singkat hosting dan jenis-jenisnya.

Apa itu hosting?

Bila dijelaskan dengan cara sederhana, web hosting merupakan suatu tempat di mana orang-orang yang memiliki website menyimpan semua data atau isi website mereka. Anda dapat lebih mudah mengerti teknisnya bila membayangkan web hosting sebagai rumahnya dan seluruh isi website Anda (teks, gambar, video dan lain-lain) adalah furniturnya.

Lalu apa itu provider hosting? Provider hosting adalah sebuah perusahaan yang menjual jasa penyewaan server atau komputer mereka untuk menyimpan website Anda. Provider hosting ini juga mengakomodasi konektivitas internet Anda sehingga para pengguna dapat mengakses semua file yang ada dalam website Anda tanpa kendala.

Jika Anda ingin mengetahui sejarah hosting dan perkembangannya di Indonesia , Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya.

Jenis-jenis hosting

Ada 4 jenis hosting server atau web hosting yang sudah tersedia bagi publik sejauh ini. Keempat jenis itu akan kami jelaskan di poin-poin berikut ini:

Shared Hosting
Pada shared hosting, website seseorang ditempatkan pada server yang sama dengan banyak situs lainnya. Jumlah situsnya bisa jadi puluhan, ratusan atau ribuan. Biasanya, semua domain yang ada dapat berbagi sumber daya server umum semacam RAM dan CPU. Karena biayanya yang relatif murah, sebagian besar website dengan tingkat lalu lintas tak terlalu padat memilih menjalankan software standar yang di-provide oleh jenis server yang satu ini. Shared hosting juga dikenali secara luas sebagai pilihan hosting murah yang tergolong entry level karena cukup dioperasikan dengan pengetahuan teknis yang minimal.

Virtual Private Server (VPS) Hosting
Virtual Private Server hosting ini berbagi server dengan beberapa pengguna lainnya. Penggunanya dimungkinkan untuk memiliki akses root ke ruang virtual mereka sendiri dan mereka sebenarnya berada di lingkungan hosting yang lebih aman jika menggunakan jenis hosting ini.

Dedicated Server Hosting
Dedicated Server Hosting menawarkan kontrol yang maksimal atas server web yang disimpan di website Anda – server hosting yang satu ini secara eksklusif menyewakan seluruh server yang ada. Situs Anda menjadi satu-satunya situs yang tersimpan di satu server itu.

Cloud Hosting
Cloud hosting menawarkan kemampuan yang tak terbatas dalam menangani website traffic yang tinggi atau lonjakan lalu lintas yang bisa berdampak buruk pada halaman Anda (broken page atau loading page-nya jadi lama). Bagaimana cara kerjanya? Tim server (disebut cloud server) bekerjasama untuk meng-host sekelompok situs web yang ada. Hal ini memungkinkan beberapa komputer bekerja sama untuk menangani tingkat lalu lintas yang tinggi pada website yang di-host. Teknologi hosting satu ini dapat dikatakan teknologi mutakhir. Jasa hosting yang kami tawarkan juga menggunakan teknologi cloud hosting ini.

Kriteria Hosting Terbaik

  • Reliabilitas Server

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah daya operasi yang 24/7. Anda memerlukan web hosting yang beroperasi pada server yang kuat dan koneksi jaringan yang stabil. 99,5% dan di atas adalah skor uptime yang disarankan. Web hosting apapun di bawah 99% skornya, apapun, tidak dapat diterima.

Bagaimana cara mengetahuinya? Ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkan info uptime dari web hosting. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membaca deskripsi hosting kami baik di media sosial maupun pemberitaan yang beredar di media massa- di mana kami menerbitkan catatan waktu berdasarkan situs pengujian kami dari waktu ke waktu. Skor pastinya adalah 100% uptime SLA.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa melacak web hosting Anda dengan alat monitor server. Anda dapat menemukannya di mesin telusur, telah banyak online tool yang bisa diakses secara gratis.

  • Pilihan Upgrade Server

Shared web hosting yang beredar di pasaran sudah cukup hebat akhir-akhir ini.

Soal kunjungan yang besar, akun shared hosting harusnya cukup untuk mendukung website WordPress dengan tepat dan optimal yaitu menampung 30.000 – 40.000 unique visitor setiap bulannya. Website Anda bisa baik-baik saja dengan shared hosting, jika Anda berhasil membatasi koneksi database secara bersamaan di bawah angka 20. Inilah mengapa shared hosting cukup cocok bagi pemula.

Namun, jika Anda berharap situs Anda bisa berkembang pesat dalam dua atau tiga tahun ke depan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil web hosting dengan ruangan lebih untuk berkembang. Maksud kami soal kasih ruang berkembang adalah hosting yang bisa mengupgrade hosting sebelumnya – dari shared hosting ke virtual private atau dedicated server- yang punya lebih banyak kekuatan pemrosesan, kapasitas memori, penyimpanan disk, dan adanya fitur keamanan yang lebih baik. Kamipun menyediakan hal tersebut demi kepentingan pengguna.

  • Jumlah Domain/ Website yang Bisa ditaruh Dalam Satu Akun Hosting

Biasanya, orang-orang memiliki lebih dari satu domain. Inilah mengapa akan jadi sangat merepotkan bila provider hosting Anda tidak memungkinkan Anda untuk memiliki lebih dari satu domain. Untuk mengakomodasi domain tambahan ini, Anda membutuhkan ruang hosting ekstra. Beberapa hosting, seperti kami sendiri misalnya, bahkan memungkinkan Anda untuk memiliki banyak domain sekaligus, tak terbatas sesuai paket yang Anda pilih. Secara umum, akhir-akhir ini, sebagian besar anggaran perusahaan shared hosting memungkinkan setidaknya 25 domain addon dalam satu akun.

Jika Anda masih belum yakin untuk memilih provider hosting yang memungkinkan Anda untuk mengatur banyak domain sekaligus, cobalah pikirkan lagi ke depannya. Bagaimana bila Anda ingin memisahkan blog dari website utama bisnis Anda? Orang kebanyakan melakukannya. Jadi, pastikan ANda telah memeriksa kapasitas domain sebelum melakukan pembelian atau transaksi.

  • Harga: Daftar Pertama dan Tarif Lanjutannya

Soal transaksi hosting, pada shared hosting biasanya harga jualnya sangat murah. Harga awal di pendaftaran biasanya memang tergolong murah, namun biaya perpanjangannya bisa jadi mahal. Sebenarnya ini memang sudah jadi norma tak tertulis dari bisnis hosting.

Kalau memang Anda tidak menginginkan hal ini, Anda bisa saja terus-menerus berganti hosting setiap setidaknya dua tahun sekali untuk menghindar dari tarif perpanjangan itu. Tidak ada cara lainnya, yang bisa Anda lakukan hanya itu. Apakah Anda bersedia repot-repot melakukannya?

Coba cek harganya, bila terlalu murah, mungkin saja Anda mendapat kejutan yang tidak menyenangkan. Jadi, untuk menghindari itu, Anda harus memeriksa TOS dan pastikan juga Anda akan baik-baik saja dengan harga pembaharuan sebelum Anda mendaftar. TOS link biasanya berada di bagian paling bawah sebuah homepage, tekan CTRL+F, lalu cari kata kunci “renewal” atau “renew”.

  • Ketentuan Refund

Ada hal-hal yang bisa Anda tanyakan terlebih dahulu sebelum Anda mendaftar:

  1. Jika Anda memilih untuk membatalkan host Anda dalam masa percobaan, apakah perusahaan memberikan beresedia untuk memberikan pengembalian uang penuh?
  2. Apa saja kebijakan pengembalian dana dari perusahaan hosting setelah trial?
  3. Apakah ada biaya pembatalannya?

Penting untuk mengetahui apakah provider hosting Anda menangani pengembalian dana pelanggan sesuai harapan, sehingga Anda tidak perlu kehilangan banyak uang saat terjadi kesalahan.

Ada beberapa perusahaan hosting yang mengenakan biaya pembatalan tinggi yang dapat dikatakan tidak masuk akal saat pengguna membatalkan akun mereka selama masa percobaan atau trial. Saran kami coba lihat ulasan-ulasan pelanggan yang beredar di internet. Hindari provider hosting yang buruk semacam itu, dengan segala cara. Di sisi lain, beberapa perusahaan hosting menyediakan garansi uang kembali kapan pun Anda meminta pengembalian dana pro-rated setelah masa percobaan Anda. Kami sendiri memberikan jangka waktu yang lama untuk Anda mempertimbangkan apakah ingin tetap menggunakan jasa kami atau berhenti dan meminta pengembalian dana. Kami memberikan waktu 90 hari lamanya untuk itu dan kami dapat mengembalikan 100% dana yang Anda berikan sebelumnya.

  • Fitur-fitur Hostingnya

Fitur hosting tentunya adalah salah satu kriteria penting saat Anda memilih hosting mana yang ingin Anda gunakan. Anda mungkin tidak menyangka tetapi masih ada beberapa provider hosting yang tidak menawarkan fitur-fitur basic.

Apa saja yang termasuk dalam fitur-fitur basic? Anda memerlukan Cron untuk operasi sehari-hari, Auto Script Installer (seperti Fantastico, Simple Scripts, Quick Installer, Softaculous, Installatron, dan sebagainya) untuk instalasi dan pembaruan aplikasi web yang mudah, akses htaccess untuk keamanan / redirect halaman / etc tujuan, Server Side Include (SSI) untuk memudahkan pemeliharaan situs (terutama saat Anda membangun situs statis), dan akses FTP untuk memudahkan transfer file.

Kecuali Anda mendaftar di host web khusus seperti WP Engine dan Pressidium, Anda harus memperhatikan apakah fitur-fitur yang disebutkan di atas sudah termasuk dalam paket hosting Anda.

Hal lain yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah hosting adalah disk space dan data transfter capacity. Sebenarnya, kedua faktor ini bukanlah faktor utama dalam memilih hosting terbaik. Mengapa?

Satu, jika Anda memeriksa, hampir semua penyedia layanan shared hosting menawarkan penyimpanan dan transfer data yang tidak terbatas. Sementara istilah “tak terbatas” sebenarnya hanyalah tipuan pemasaran; Pengguna web hosting mendapatkan lebih dari cukup kapasitas penyimpanan dan transfer data. (Dalam kebanyakan kasus, itu adalah kekuatan RAM dan prosesor yang membatasi penggunaan akun hosting tak terbatas.)

Contoh cPanel Unlimited

Jika Anda perhatikan gambar di atas, hosting ini tidak memberi batas disk usage. Tetapi mereka memberi batas berapa banyak jumlah file yang bisa Anda upload ke website Anda. Untuk melihat jumlah file yang mereka perbolehkan, Anda bisa melihatnya di bagian kanan layar yaitu, Inodes .

 

Hosting Dewaweb

Sementara di Dewaweb, kami tidak membatasi jumlah file yang Anda upload, selama disk Anda masih cukup untuk menyimpan file tersebut.

Salah satu fitur yang termasuk populer adalah fitur e-commerce. Bagi Anda yang menjalankan situs e-commerce, memerlukan softwar cart di website Anda, dan butuh memproses transaksi bisnis di situs Anda, coba perhatikan apakah provider hosting memberi dukungan fitur e-commerce yang memadai. Sertifikasi SSL, dedicated IP, dan instalasi software cart yang mudah adalah beberapa fitur penting dan pendukung yang Anda butuhkan untuk situs e-commerce Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Dewaweb, Anda tidak perlu khawatir karena Dewaweb menyediakan semua fitur-fitur di atas.

  • Kemudahan Penggunaan CPanel

Panel kontrol hosting yang user-friendly dan fungsional adalah satu kriteria yang penting dalam memilih provider hosting Anda.

Sebenarnya, apakah panel kontrol yang tersedia adalah cPanel atau Plesk atau panel kontrol pihak ketiga bukanlah sebuah masalah – asalkan control panel tersebut user-friendly dan hadir dengan semua fungsi yang diperlukan, maka itu sudah bagus. Tanpa panel kontrol yang memadai, Anda akan membutuhkan dukungan lebih dari staf pendukung teknis hosting tersebut – bahkan jika semua yang Anda butuhkan adalah beberapa perubahan server dasar.

Jika Anda menggunakan jasa Dewaweb, Anda tidak perlu khawatir mengenai cPanel karena panel kontrol hosting kami dijamin user-friendly dan fungsional.

  • Batas Suspensi Akun Hosting-nya

Ini adalah sesuatu yang mungkin Anda tidak ketahui: Perusahaan hosting akan menarik steker dan menangguhkan akun Anda jika Anda menggunakan terlalu banyak daya CPU atau melanggar peraturan. Jadi sebelum Anda mendaftar di host web, penting bagi Anda untuk membaca peraturannya.

Mengetahui batas akun Anda membantu Anda memahami dua hal:

Apakah provider hosting Anda memiliki peraturan yang longgar?

Seberapa transparankah provider hosting Anda? – Dapatkah Anda mempercayai kata-kata yang keluar dari perusahaan hosting Anda? Perusahaan hosting yang jujur biasanya memiliki pedoman yang sangat jelas mengenai keterbatasan akun.

Jika Anda ingin mempelajari lebih banyak tentang aturan suspensi akun hosting di Dewaweb, kami sudah menjabarkan semuanya di Syarat dan Ketentuan .

  • Email pada Domain Anda

Jika Anda ingin meng-host akun email bersama dengan situs web Anda, maka Anda harus memastikan bahwa provider hosting Anda menawarkan fitur email sebelum mendaftar. Sebagian besar perusahaan hosting biasanya memiliki kemampuan untuk meng-host email Anda sendiri (seperti email@yourdomain.com) tapi tentu ada baiknya Anda memastikan bahwa fitur ini ditawarkan.

Jika fitur email tidak tersedia, memang ada beberapa cara untuk memiliki akun email di domain Anda sendiri. Anda bisa menggunakan Google Suite (atau yang dulu dikenal dengan nama Google Apps) untuk mendapatkan email Anda dengan domain Anda sendiri. Anda bisa mempelajari lebih dalam aplikasi ini dengan membaca artikel kami mengenai G Suite .

  • Periode Berlangganan

Jangan heran jika Anda menemukan beberapa provider hosting “memaksa” pelanggan mereka untuk mengambil kontrak jangka panjang yang tidak masuk akal. Lunarpages, misalnya, mengubah struktur harga mereka pada bulan Juni 2009 dan memikat pelanggan untuk mengambil kontrak hosting 5 tahun untuk menikmati kesepakatan $ 4,95 / mo. Lunarpages tidak lagi menawarkan kesepakatan seperti itu sekarang tapi tetap saja ini adalah contoh bagus dalam kasus ini.

Apakah Anda sebaiknya berkomitmen untuk kontrak hosting jangka panjang? Jawaban kami adalah tidak. Ada baiknya Anda tidak mendaftar di satu provider hosting lebih dari 2 tahun kecuali jika mereka memberikan jaminan uang kembali kapan saja. Ada baiknya Anda memastikan bahwa provider hosting memenuhi kriteria hosting terbaik ini sebelum Anda memutuskan untuk berkomitmen jangka panjang dengan provider hosting tersebut.

Perusahaan hosting biasanya memberikan penawaran lebih baik saat pengguna memilih masa berlangganan yang lebih lama. Diskonnya biasa bisa dibilang bagus – tetapi tetap ada baiknya Anda tidak membayar untuk lebih dari dua tahun.

  • Backup Situs

Ada kalanya sebuah situs tiba-tiba crash. Mungkin seorang hacker masuk ke blog WordPress Anda dan mengganti file index.php Anda, atau seluruh database Anda macet, atau server mengalami kegagalan hard disk yang parah.

Jika host web Anda melakukan backup situs secara teratur maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat kejadian ini terjadi. Penyedia hosting Anda harus dapat memulihkan kembali keseluruhan situs Anda (atau paling tidak, sebagian besar) dalam waktu singkat.

Pada backup, berikut adalah beberapa pertanyaan kunci untuk meminta host web Anda:

Apakah host web Anda menyediakan backup penuh secara teratur?

Dapatkah backup situs dilakukan dengan mudah melalui panel kontrol?

Dapatkah Anda membuat auto backup situs Anda dengan mudah melalui tugas cron atau program lainnya?

Dapatkah Anda mengembalikan file cadangan Anda dengan mudah (sehingga Anda tidak perlu menunggu staf pendukung melakukannya untuk Anda selama masa bencana)?

  • Customer Support 24/7 dengan Live Chat

Customer support 24/7 tentunya menjadi salah satu fitur yang menarik bagi banyak pelanggan. Live chat telah lama menjadi pilihan saluran komunikasi untuk membantu pelanggan ketika mereka menghadapi masalah. Dengan live chat, provider hosting bisa menyediakan dokumentasi yang komprehensif tentang masalah yang Anda hadapi dan apakah mereka sudah membantu Anda menyelesaikan masalahnya.

Tidak hanya live chat, di Dewaweb, kami menyediakan customer support 24/7 melalui berbagai channel komunikasi, mulai dari email, sms, telephone, dan handphone hingga whatsapp. Dengan demikian, Anda bisa menghubungi ninja support kami kapan saja dan di mana saja.

Simpulan

Sebenarnya tidak pernah ada solusi yang tepat untuk kebutuhan hosting seseorang. Anda harus mencari tahu sendiri apakah provider hosting yang mungkin sedang Anda lirik memiliki dan menyediakan semua yang Anda butuhkan.

Situs atau blog berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda. Bila Anda memilih penyedia web hosting, ingatlah bahwa yang Anda inginkan adalah memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena sebenarnya, Anda mencari hosting terbaik untuk kebutuhan Anda.

Semoga kriteria hosting terbaik ini dapat Anda gunakan sebagai sebuah panduan dan membantu Anda untuk menemukan hosting yang tepat untuk kebutuhan website Anda!

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan: