Hummingbird – Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Algoritma Google Ini

Google memiliki beberapa algoritma pencarian, salah satunya Hummingbird. Algoritma bisa diartikan sebagai sistem yang digunakan untuk menyortir semua informasi yang dimiliki ketika Anda melakukan pencarian dan menemukan jawabannya. Artikel kali ini akan menyajikan pembahasan lebih mendalam tentang Hummingbird.

Algoritma pencarian merupakan istilah teknis untuk merujuk pada panduan yang Google gunakan untuk memilah dan memilih milyaran halaman web dan informasi lainnya, dan menemukan jawaban yang dianggap sebagai yang terbaik. Hummingbird menjadi satu nama algoritma pencarian yang Google gunakan.

Bagaimana Dengan Algoritma Pagerank?

Peringkat halaman menjadi satu dari 200 bagian penting dari Google Hummingbird. Hummingbird memberi perhatian khusus pada peringkat halaman. Menjadi hal yang penting untuk memberi tautan ke halaman tertentu. Faktor penting lainnya seperti apakah Google meyakini sebuah halaman memiliki kualitas yang bagus.

Google mulai menggunakan Hummingbird pada 30 Agustus 2013, dan mengumumkan perubahannya pada 26 September, bertepatan dengan hari jadi Google ke-15.

Google Hummingbird bukan sekedar tentang sinonim, tapi juga konteks dengan kemampuan untuk menilai intensi seseorang untuk melakukan pencarian, lalu menentukan apa yang mereka coba cari. Konsep ini disebut pencarian semantik. Hummingbird lebih mengedepankan tiap kata dalam pencarian, untuk memastikan keseluruhan pertanyaan, kalimat, atau percakapan, diperhitungkan.

Humingbird juga berhubungan  dengan memahami niat pengguna. Pendekatan Hummingbird harus menjadi pertimbangan penting bagi siapapun yang merencanakan konten. Pikirkan “bagaimana” orang mencari sesuatu, bukan sekedar “apa” yang mereka cari. Strategi konten harus dibangun untuk menjawab kebutuhan ini, bukan hanya menyodorkan fakta kepada pengguna.

Apa Arti Dibalik Update Hummingbird?

Ibarat mobil yang dibuat di tahun 1950-an, mungkin mesin yang digunakan masih bagus, tapi bisa saja kekurangan fitur yang dibutuhkan, seperti fuel injection atau tidak bisa menggunakan bahan bakar tertentu. Ketika Google mengganti ke Hummingbird, seolah Google mengganti mesin yang lama pada mobil tersebut dengan yang baru. Google melakukan penggantian ini dengan sangat cepat sehingga tak ada yang menyadari perubahannya.

Beberapa kali Google melakukan perubahan besar pada algoritmanya. Semua ini dimaksudkan untuk membantu Google lebih baik lagi dalam mengumpulkan informasi (indexing).

Bagaimana Dengan Google Panda Dan Penguin?

Panda, Penguin, dan update lain merupakan bagian dari perubahan pada algoritma lama, tapi tidak menggantinya secara keseluruhan. Sama seperti sebuah mesin. Semua perubahan ini seperti mesin menerima oli baru atau peningkatan daya pompa mesin. Hummingbird sebagai mesin baru pada saat itu, masih tetap menggunakan beberapa bagian yang lama, seperti Penguin dan Panda.

Kenapa mesin baru masih menggunakan suku cadang yang lama? Karena beberapa suku cadang masih sangat bagus, jadi tak ada alasan untuk menggantinya. Bagian-bagian mesin lainnya secara konstan diganti. Secara umum, Hummingbird adalah mesin baru yang terdiri dari bagian yang sudah ada dan yang baru, lalu ditata sedemikian rupa untuk menyajikan tuntutan pencarian saat ini, bukan sekedar diciptakan untuk menjawab kebutuhan 10 tahun lalu, dengan teknologi pada saat itu. Baca lebih lengkap tentang Google Panda.

Aktivitas Pencarian Baru Pada Hummingbird

Conversational search” menjadi contoh terbesar yang Google berikan. Melakukan pencarian melalui percakapan dianggap sebagai cara yang lebih baik. “Dimana tempat terdekat dari rumah saya untuk membeli iPhone 7s?” Mesin pencarian tradisional akan fokus menemukan kata yang cocok, misalnya menemukan halaman yang menyebutkan kata “membeli” dan “iPhone 7s.”

Sementara Hummingbird lebih fokus pada arti dibalik kata-kata tersebut. Hummingbird bisa lebih baik dalam memahami lokasi sebenarnya yang dekat dari rumah Anda. Hummingbird juga bisa memahami kalau “tempat” yang Anda maksud berarti Anda menginginkan toko yang berbentuk fisik. Hummingbird mengetahui kalau iPhone 7s adalah jenis alat elektronik khusus yang dijual toko tertentu. Dengan mengetahui semua arti ini akan membantu Google menemukan halaman yang cocok dengan kata-kata tersebut.

Google menyatakan kalau Hummingbird lebih memperhatikan pencarian tiap kata, dan memastikan seluruh pertanyaan, seluruh kalimat, atau arti dipertimbangkan, daripada hanya kata tertentu saja. Tujuannya adalah agar halaman sesuai dengan seluruh kata pencarian, bukan halaman yang cocok dengan hanya beberapa kata saja.

Google memberikan beberapa contoh lainnya untuk sebelum dan sesudah Hummingbird diterapkan yang menunjukkan adanya perbaikan pada Hummingbird. Pencarian untuk “resep obat untuk refluks asam” dulunya memuat daftar obat seperti ini, yang kemungkinan tidak menjadi jawaban terbaik untuk mengatasi penyakit ini. Sekarang Google memberikan informasi tentang pengobatannya secara umum, termasuk apakah Anda membutuhkan obat seperti ini sebagai salah satu dari daftar hasil pencarian.

Pencarian untuk “kandungan kalori dalam satu potong pizza hut” dulunya mengeluarkan jawaban seperti ini, tapi tidak ada satupun informasi langsung dari Pizza Hut. Sekarang, Google mengeluarkan hasil pencarian ini dengan jawaban langsung dari Pizza Hut.

Bila Anda mengalami kondisi berikut, berarti Anda telah terkena penalti:

  • Traffic yang menurun
  • Peringkat SERP tidak sesuai dengan perubahan pada website
  • Peringkat SERP tidak sesuai dengan link building
  • Anda menerima pesan “tautan inbound yang tidak alami’ dari Google yang menyatakan Anda memiliki tautan tidak alami atau buatan.

Bila website Anda terkena penalti, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Segera berhenti membuat tautan. Kemungkinan Anda tidak perlu terus melakukan akivitas membangun tautan. Bahkan, aktivitas membangun tautan yang Anda lakukan bisa menyebabkan masalah lebih buruk bila tidak dilakukan dengan tepat.
  • Aktivitas tradisional SEO kemungkinan tidak berhasil.
  • Penurunan traffic tidak selalu terkait dengan penalti. Dengan banyaknya perubahan yang terjadi sejak tahun 2013, peringkat SEO Anda mungkin saja tidak cukup untuk menarik traffic seperti pada tahun-tahun sebelumnya.
  • Ini bukan kesalahan dari agensi SEO Anda. Ada banyak contoh dimana klien yang terlihat mengikuti praktek terbaik tapi masih terkena penalti.
  • Kurangi resiko website Anda terkena penalti. Bila ada kemungkinan Anda telah terkena penalti maka usaha selanjutnya untuk meningkatkan peringkat akan sia-sia. Karenanya penting untuk mencegah kemungkinan terjadinya penalti manual sebelum terus melanjutkan dengan SEO.
  • Kondisi ini bisa diperbaiki. Meski bukan hal yang gampang, tapi bisa dilakukan.

Google Hummingbird Dan SEO

Menurut Google, tak ada SEO yang baru atau berbeda yang perlu dicemaskan. Panduannya tetap sama, yakni; gunakan konten yang orisinil dan berkualitas tinggi. Signal yang dulunya penting, tetap penting saat ini, Hummingbird hanya membuat prosesnya lebih baik.

Bila traffic Anda menurun, mungkin ini karena Hummingbird tapi Google menekankan ini bisa juga terjadi karena bagian algoritma lainnya yang selalu mengalami perubahan atau perbaikan. Tak ada yang tahu pasti tentang hal ini. Pelajari tips kami tentang cara menulis konten untuk meningkatkan peringkat pencarian.

Long-tail Keywords Pada Google Hummingbird

Karena Hummingbird menggunakan frase, bukan kata kunci, penggunaan kata kunci long-tail kemungkinan jadi lebih penting dalam SEO dibanding sebelumnya. Konten dengan kandungan “how to” juga sangat berharga bila Anda melihat bagaimana orang menggunakan frase ini atau yang sejenisnya.

Kata kunci long-tail pada dasarrnya adalah frase yang secara umum digunakan untuk konten agar bisa dipilih di hasil pencarian dan ini bukan hal yang baru dipraktekkan.

Sekali lagi, ini tentang frase, jadi bila Anda memiliki situs yang menjual layanan sebagai guru Bahasa Spanyol, misalnya, Anda perlu memiliki berbagai frase seperti “belajar bicara Bahasa Spanyol” dan “guru Bahasa Spanyol berpengalaman,” daripada hanya sekedar “bicara Bahasa Spanyol” atau “belajar Bahasa Spanyol,” di berbagai tempat pada situs Anda.

Hummingbird lebih cerdas dibanding mesin algoritma sebelumnya, sehingga bisa mendeteksi kata kunci berlebihan dan masalah penalti dengan tepat. Memang tidak mudah untuk berkompetisi di dunia online, tapi Hummingbird bertujuan untuk memastikan mereka yang melakukannya dengan tepat akan mendapat imbalan.

Mengoptimasi Website Agar Sejalan Dengan Hummingbird

Pertama, ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab sendiri:

Ketika mengoptimasi situs, apakah Anda memiliki perkiraan audiens yang jelas?

Ketika melakukan optimasi pada halaman, apakah Anda mengikuti beberapa praktek SEO berikut:

  • Menggunakan struktur informasi yang jelas
  • Menghindari konten yang ramping
  • Menerapkan model konten semantik
  • Mengoptimasi konten situs pada halaman demi halaman, menggunakan bahasa alami dan semantik serta strategi landing-page sentris.
  • Menciptakan konten bermanfaat menggunakan beberapa format, yang Anda sendiri ingin bagikan ke teman dan memberi tautan kepadanya.

Apa yang jadi tujuan link-building Anda:

  • Visibilitas yang lebih baik
  • Memperoleh traffic referral
  • Topik yang berhubugan dengan situs atau topik yang terkait dengan bagian dari situs

Apakah media sosial memberikan manfaat berikut:

  • Visibilitas yang lebih luas
  • Meningkatkan tautan
  • Pertumbuhan traffic organik

Bila jawaban Anda “ya” untuk semua pertanyaan ini, Anda tidak perlu melakukan apapun, tapi teruskan kerja bagus yang kreatif dan menarik ini. Anda kemungkinan sudah bisa melihat situs Anda masuk peringkat pencarian dan mendapat traffic karena visi SEO yang Anda miliki.

Bila ada beberapa jawaban “tidak,” maka Anda perlu memperbaiki beberapa hal yang keliru dan mengikuti praktek SEO terbaik.

Bila jawaban Anda kebanyakan “tidak,” berarti situs Anda sudah bermasalah bahkan sebelum Hummingbird dirilis, dan ini tidak akan membaik bila tidak mengubah cara berpikir Anda.

Satu hal yang perlu Anda tahu, pencarian Google akan terus berkembang, dan kita akan terus melihat banyak perubahan di kemudian hari. Kadang Google memperjelas hal ini melalui pengumuman resmi, tapi kadang kita harus menganalisa berbagai studi kasus dan pendapat para ahli untuk mengetahui teknik mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Tidak ada penduan resmi tentang bagaimana Anda bisa mengoptimasi wesite untuk SEO Hummingbird, tapi ada beberapa hal baru yang Google pertimbangkan agar sebuah halaman masuk peringkat pada hasil pencarian. Simak penjelasan kami tentang Google penalty.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar SEO website Anda siap untuk algoritma Hummingbird.

Siapkan konten dengan kata kunci yang lebih terkait

Gunakan kata kunci yang berhubungan. Gunakan sinonim dari kata kunci pada postingan agar Google bisa memahami informasi apa yang ada pada halaman Anda.

Gunakan kata kunci LSI yang sangat membantu Google memahami isi halaman website. Dengan perubahan optimasi kata kunci, Anda sebaiknya memanfaatkan kata kunci LSI. Bersama dengan kata kunci target utama, pastikan Anda menambahkan semua kata kunci yang terkait untuk membuat halaman Anda lebih tertarget dan lebih kaya kata kunci.

Manfaatkan social media signal

Internet banyak mengandung spam, dan bila Anda menjadi mesin pencari, Anda akan lebih fokus memberi penghargaan pada halaman berkualitas tinggi dan memberi penalti pada halaman berkualitas rendah untuk menunjukkan hasil lebih baik.

Backlink juga menjadi satu dari sekian banyak faktor peringkat yang penting, meski Google sekarang lebih mengandalkan social signal. Gunakan Google plus, jejaring sosial milik Google. Anda harus mengaktivasi authorship agar brand Anda teridentifikasi oleh Google.

Kebanyakan dari Anda mungkin menganggap sangat mudah untuk memanfaatkan media sosial dengan membeli “like” di Google Plus, “like” di Facebook, dan sebagainya, dari berbagai website di luar sana yang menjualnya. Anda memang tak sepenuhnya salah, tapi Google memberi beban lebih pada suara dari profil yang bisa dipercaya, dibanding “like” dari profil Google plus sembarangan. Ini jadi alasan lain kenapa Anda dianjurkan untuk meminimalisir penggunaan Facebook dan lebih baik membangun profil di Google Plus.

Google Plus sebagai jaringan sosial resmi dari Google memiliki akses ke data yang mereka miliki. Ini membuat Anda sangat perlu terlibat di jaringan mereka. Anda juga perlu selalu update untuk memastikan website menggunakan semua teknik SEO yang penting.

  • Mulai lakukan optimasi untuk conversational search. Orang mengubah cara menggunakan mesin pencarian. Misalnya dulu mereka menggunakan kata-kata “pizza di area kota” untuk mencari, tapi sekarang mereka mencari dengan “dimana saya bisa temukan pizza paling enak yang terdekat dari tempat saya?” Karena seperti yang telah disebutkan di atas, Hummingbird menemukan jawaban terbaik untuk pertanyaan Anda. Fokuslah pada menulis tutorial atau panduan untuk mendapat traffic organik dari Google.
  • Optimasi website untuk mobile. Siapkan mobile view untuk website Anda agar bisa terbaca dengan mudah dari mobile phone. Volume pencarian dengan alat mobile meningkat dengan cepat dan segera akan melebihi pencarian dengan desktop.
  • Gunakan author rank. Author rank memiliki variasi dalam jumlah pembagian pada Google plus, aktivitas, dan sebagainya. Author rank membantu meningkatkan kredibilitas pada postingan Anda. Setelah mengaktifkan authorship, tulis artikel yang bagus, dan tetap aktif di Google Plus.
  • Optimasi website untuk voice search. Google bisa melakukan pencarian menggunakan suara. Pertanyaan menggunakan suara juga akan menjadi pencarian conversational seperti, “Tahun berapa film Titanic dirilis? Pastikan Anda mengoptimasi website berdasarkan pencarian conversational.

Bila Anda mengikuti strategi yang telah disebutkan di atas, Anda akan melihat peningkatan pada peringkat pencarian dan traffic-nya.

Sebagai kesimpulan, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda mulai dan fokuskan:

  • Gunakan kata kunci LSI untuk membuat konten Anda lebih jelas terindeks. Anda bisa gunakan LSIGraph untuk menemukan kata kunci LSI.
  • Terapkan guest post dari blog berotoritas tinggi untuk meningkatkan peringkat penulis Anda.
  • Fokus membuat blog Anda ramah bagi media sosial, dan memperoleh lebih banyak sharing di media sosial.
  • Fokus membangun blog menjadi blog dengan otoritas tinggi dan ternama.

Bila Anda memiliki detail tambahan tentang Google Hummingbird, atau bila Anda ingin menambahkan pendapat, jangan sungkan membagikannya melalui komentar di bawah ini. Bila suka dengan artikel ini, silahkan membagikannya di Google Plus, Facebook, dan Twitter.

 

4,970 total views, 6 views today