Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips ini!

wordpress tips pluginsPerforma website yang baik menjadi kunci keberhasilan pada bisnis yang tengah dijalankan. Jika website bisnis Anda berjalan cepat, tentu akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama berselancar di situs Anda. Sebaliknya, jika situs tersebut lambat, sudah dipastikan pengunjung akan cepat sekali pergi. Selain Anda perlu menggunakan layanan hosting Indonesia  yang profesional, lakukan pula beberapa tips berikut ini untuk mengoptimalkan WordPress yang Anda miliki:

Memaksimalkan Database

Anda juga perlu memaksimalkan database dengan rutin. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat membuat kinerja website Anda tetap prima karena telah menghemat database di dalam WordPress. Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan menggunakan plugin seperti Wp DB-Manager yang juga memiliki fitur tambahan seperti backup otomatis.

Hapus Post Revision

Cara selanjutnya adalah menghapus postingan yang pernah Anda edit atau modifikasi. Post revision didapat dari hasil preview yang Anda lakukan sebelum posting sehingga  otomatis akan tersimpan di dalam database. Jadi, jika Anda setiap memposting artikel dan melakukan review terlebih dulu, maka dapat dibayangkan ada berapa banyak file yang tersimpan di dalamnya. Inilah yang dapat menyebabkan website Anda berjalan lambat. Cara termudah untuk menghapus post revision adalah dengan memasang plugin, seperti Delete-Revision atau WP Optimize.

Gunakan Layanan Hosting Berkualitas

Langkah ini merupakan langkah yang sangat perlu Anda lakukan, yaitu memilih penyedia layanan hosting Indonesia yang paling tepat. Anda bisa membandingkan beberapa penyedia dengan melihat layanan yang ditawarkannya. Perlu diingat, sekalipun Anda menggunakan layanan hosting yang ekonomis, bukan berarti Anda memperoleh layanan yang buruk. Begitu pula jika Anda menggunakan layanan hosting premium, namun bisa saja justru pelayanannya tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, pilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memiliki kinerja yang stabil.

Optimasi Gambar

Gambar di dalam website yang memiliki ukuran diatas 500KB biasanya akan membuat proses loading menjadi lebih lama. Untuk mengoptimalkannya, Anda perlu melakukan resize, seperti dengan bantuan aplikasi editing foto Adobe Photoshop atau gunakan jasa optimasi gambar dari situs TinyPNG.com (situs ini bisa digunakan untuk optimasi gambar JPG dan PNG).

Rutin Meng-update WordPress

Cara terakhir adalah secara rutin meng-update WordPress. Dalam setiap update yang diberikan, biasanya terdapat sejumlah penambahan dan peningkatan fitur, memperoleh keamanan yang lebih baik, dan bahkan terdapat penambahan memori. Selain itu, Anda pun perlu melakukan update terhadap konten agar dapat mempertahankan visitor yang mengunjungi WordPress Anda untuk sering kembali mengunjunginya. Tentunya Anda tak ingin para visitor Anda berpaling ke blog kompetitor Anda bukan?

Kelima tips diatas perlu Anda lakukan untuk membuat situs Anda berjalan optimal sehingga dapat dikunjungi oleh banyak visitor karena kinerjanya yang cepat. Selain itu, pilih pula layanan hosting Indonesia yang terpercaya agar dapat membantu Anda memberikan solusi untuk setiap masalah maupun bantuan yang berkaitan dengan situs yang Anda miliki.

  • Bagus pake blogspot atau wordpress ya om untuk blog ?

    • Dewaweb Joe

      Kedua-duanya memiliki keunggulan masing-masing. Blogspot adalah platform blog keluaran Google sendiri sehingga memudahkan sekali untuk di-index oleh robot pencarian Google. WordPress sendiri memiliki banyak sekali plugin yang dikembangkan oleh user mereka sendiri. Ini sangat membantu user lain yang memiliki beragam kebutuhan untuk blog mereka. Namun, keduanya memiliki keterbatasan pada nama domain unik untuk penggunanya. Kita akan mendapatkan domainkita.blogspot.com atau domainkita.wordpress.com bukan http://www.domainkita.com seperti yang kita inginkan. Untuk mendapatkan domain unik, kita perlu membayar cukup mahal. Alangkah baiknya, kita memesan saja langsung paket cloud hosting Dewaweb dan memilih domain yang kita inginkan, lalu menginstal WordPress di dalamnya. Ninja support kami akan dengan senang hati membantu menjelaskan pada Bapak/Ibu. 🙂

  • Bagus Mana Menggunakan joomla / wordpress?

    • Dewaweb Joe

      Tergantung bagaimana kemampuan coding Bapak/Ibu. Jika baru pemula, sebaiknya menggunakan WordPress karena sangat mudah instalasinya dan sangat banyak thema dan plugin gratisnya. Sedangkan Joomla memerlukan sedikit ilmu pemrograman dan juga desain. Silahkan cek link berikut untuk melihat perbandingannya lebih jelas.

      http://websitesetup.org/cms-comparison-wordpress-vs-joomla-drupal/

  • Saya pernah pakai wp-optimize malah contentnya nggak muncul sama sekali, kenapa ya? Apa bentrok dengan plugin lain?