Ini Dia 6 Control Panel Hosting Paling Populer

Control-PanelDisamping menentukan layanan hosting murah  yang sesuai dengan budget, pemilihan control panel hosting pun sebaiknya Anda lakukan. Control panel hosting ini berisikan berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server. Yuk, simak beberapa control panel yang saat ini digunakan oleh berbagai layanan web hosting di dunia!

 

Plesk

Control panel pertama adalah Plesk. Plesk saat ini tersedia bagi OS server Linux dan Windows. Sekalipun Plesk cukup populer, namun control panel ini tergolong rumit untuk diakses oleh pengguna hosting Indonesia yang newbie, karena memiliki antarmuka yang cukup membingungkan dan mengharuskan penggunanya memiliki pengetahuan web server jika ingin melakukan optimasi.

 

EHCP

Yang kedua adalah EHCP, merupakan singkatan dari Easy Hosting Control Panel. EHCP merupakan control panel berbasis open-source, dapat Anda gunakan untuk hosting situs website, membuat akun email, FTP, dan sub domain secara gratis. Perlu diketahui oleh para pengguna hosting murah, EHCP merupakan control panel untuk hosting yang pertama ditulis dengan bahasa PHP.

 

VestaCP

Control panel lainnya yang juga perlu diketahui oleh pengguna hosting Indonesia adalah VestaCP. Sama seperti EHCP, control panel ini pun berbasis open-source, sehingga dapat digunakan secara gratis. Selain hadir dengan fitur untuk dipakai mengelola website secara mudah, VestaCP juga hadir dengan tampilan support bahasa Indonesia.

 

Webuzo

Selanjutnya adalah Webuzo, merupakan sebuah produk dari Softaculous. Control panel ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap, termasuk script auto install. Namun, yang menjadi kekurangan, Webuzo tidak mendukung dns cluster dan kebanyakan fitur yang ada harus di-install oleh Anda secara manual.

 

sPanel

sPanel adalah control panel hosting berbasis Unix/Linux (saat ini, berbasis Debian) yang dikembangkan sendiri oleh salah satu perusahaan web hosting terbesar di Indonesia. sPanel memiliki antarmuka web yang cukup sederhana, termasuk versi teks yang ringan bandwidth, serta beberapa fitur unik seperti histori backup 3 bulan yang dapat dibrowse/direstore per file, mekanisme keamanan skrip CGI, dsb.  Jika dibandingkan dengan kebanyakan control panel lainnya (seperti yang sudah disebutkan beberapa diantaranya diatas tadi), sPanel penggunaannya lebih ke arah command line daripada GUI (Graphical User Interface).  Oleh karenanya, bagi pengguna yang mungkin tidak terlalu familiar dengan perintah-perintah Linux/Unix, mungkin akan sedikit kesulitan dalam menggunakan sPanel.  Saat ini sPanel masih belum banyak mendukung script auto installer seperti halnya pada softaculous diCpanel.  Untuk CMS WordPress, Joomla, PhpBB, Prestashop, MyBB, OpenCart, Moodle dan Drupal sudah bisa dilakukan instalasi otomatis melalui sPanel.

 

cPanel

Terakhir adalah cPanel, menjadi control panel web hosting paling populer dan paling umum digunakan oleh sebagian besar jasa penyedia web hosting baik di Indonesia maupun dunia.  cPanel mempunyai fitur terlengkap yang bisa digunakan oleh Anda untuk mengatur semua kebutuhan pembuatan website, melalui tampilan antarmuka yang responsif dan mudah digunakan. Yang paling menarik, cPanel pun hadir dengan fitur auto fix, memberikan solusi praktis terhadap permasalahan yang ditemui oleh para penggunanya.  Bagi sahabat Dewaweb sekalian yang mungkin belum terlalu familiar dengan dunia web atau hosting, kami amat menyarankan untuk menggunakan cPanel sebagai control panel server hosting Anda karena sifatnya yang user-friendly dan hingga saat ini masih terus dikembangkan.

 

Menggunakan salah satu dari keenam control panel di atas, Anda akan dimudahkan dalam segala urusan dalam pembuatan website. Selain dari 6 jenis control panel yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya masih ada sejumlah lainnya yang tidak kami sebutkan disini.  Mungkin ada yang berpendapat bahwa menggunakan control panel hosting yang manapun akan sama saja.  Namun, alangkah baiknya jika layanan hosting murah yang Anda gunakan memberikan fasilitas control panel yang paling tangguh untuk sahabat Dewaweb maksimalkan!

 

5,763 total views, 4 views today