Inilah Perbandingan CMS WordPress, Drupal, dan Joomla!

Wordpress Joomla Drupal
Sahabat Dewaweb, hadirnya layanan web hosting Indonesia serta berbagai pilihan CMS (Content Management System) memudahkan semua orang untuk mengelola dan mendesain website. Diantara banyaknya CMS, terdapat 3 CMS yang dinilai paling populer, yaitu WordPress, Drupal dan Joomla. Nah, selain sahabat Dewaweb menentukan layanan hosting murah yang akan digunakan, mari kenali lebih dulu perbedaan ketiga CMS tersebut.

WordPress

Para pengguna web hosting Indonesia mungkin sudah familiar dengan WordPress. CMS satu ini sedikit berbeda dengan CMS lainnya, dimana WordPress secara spesifik ditujukan untuk membuat dan mengelola blog. CMS yang didasarkan bahasa pemrograman PHP dan MySQL ini tergolong mudah digunakan, gratis, hadir dengan banyak pilihan template dan plugins. Selain itu, jika menggunakan jasa layanan hosting murah tentunya dapat menunjang kebutuhan para blogger, melalui kapasitas storage yang dapat disesuaikan, serta memberikan domain gratis. WordPress sendiri dapat sahabat Dewaweb akses melalui WordPress.org.

Drupal

Selain WordPress, CMS populer lainnya adalah Drupal. Berbasis open source, Drupal tidak hanya dipakai untuk mengelola konten, namun juga dapat digunakan untuk menambah dan merubah module position. CMS ini sangat mudah di-install, cocok diaplikasikan untuk mengelola website simple dan profesional, menggunakan bahasa pemrograman yang mudah, serta memiliki database MySQL dan PostGreSQL. Untuk mengakses CMS ini, Anda dapat membuka situs resminya di drupal.org.

Joomla

Sistem manajemen konten yang menjadi pesaing WordPress dan Drupal adalah Joomla. Joomla menjadi salah satu CMS yang berkembang pesat dan semakin banyak digunakan oleh para penggunanya di seluruh dunia. Dengan langkah pemasangan yang mudah, CMS ini hadir dengan user interface yang cukup sederhana, memakai MySQL, bahasa pemrograman PHP yang mudah dipelajari, serta dukungan desain dan template yang dapat Anda ubah sesuai kebutuhan. Jika ingin menggunakan Joomla, Anda dapat mengunjungi situsnya di Joomla.org.

Secara keseluruhan, ketiga CMS diatas hadir mengunggulkan fitur tersendiri dan dapat disesuaikan menurut kebutuhan. Untuk WordPress, CMS ini sangat pas dipakai untuk para blogger, sedangkan Drupal dapat dipakai untuk sahabat Dewaweb yang hobi otak-atik website, dimana CMS ini memiliki fleksibilitas kode pemrograman yang tinggi. Sementara pada pengguna web hosting Indonesia yang tidak memiliki kemampuan web programming namun ingin membuat website istimewa dengan kinerja powerful, Joomla menjadi CMS yang tepat. Jika sahabat Dewaweb sudah mengetahui konsep dan kebutuhan website, maka saatnya menentukan CMS yang tepat. Namun sebelum itu, pilih layanan hosting murah dengan kualitas tinggi agar semua kebutuhan sahabat Dewaweb dapat ditunjang dengan maksimal!

9,565 total views, 2 views today