Inside Dewaweb: High Performance Cloud Hosting

Inside Dewaweb: High Performance Cloud Hosting

Team Dewaweb mengucapkan terima kasih untuk semua pelanggan yang telah mempercayakan hosting website kamu di cloud hosting Dewaweb.

Untuk kamu yang memiliki website dengan traffic pengunjung tinggi, tentunya bisa merasakan perbedaan yang jelas dari sisi performance dan kecepatan loading website yang tetap mumpuni biarpun dikunjungi oleh puluhan ribu pengunjung tiap harinya, tidak ada lagi problem error seperti connection timeout, bandwidth limited, error estabilishing database connection, dsb.

Mau tahu apa rahasianya dari High Performance Cloud Hosting di Dewaweb?

Melalui artikel “Inside Dewaweb” kali ini, kami ingin membuka rahasia dapur Dewaweb yang membuat setiap cloud server bisa melayani puluhan juta pengunjung website setiap bulannya dengan stabil dan performa tinggi.

1. High Performance Cloud Hardware and SSD Drives

Dewaweb menggunakan Enterprise Class Blade Servers dan Storage Blade Array dari Hewlett-Packard dengan SuperFast SSD Drives, bukan rackmount server biasa dengan NAS/SATA storage. Konfigurasi Enterprise Blade ini memaksimalkan cloud computing power dari sisi CPU, RAM dan kecepatan disk I/O yang mana sangat penting untuk mencapai high performance dan mengurangi overhead daripada virtualisasi software cloud.

Bayangkan di belakang website kamu adalah puluhan server blade HP super canggih seperti di bawah ini.

HP BladeSystem c7000 Enclosures

HP ProLiant BL460c Gen8 Server Blade

Chassis: HP BladeSystem c7000 Enclosures
System: HP ProLiant BL460c Gen8 Server Blade
Storage: HP D2220sb Storage Array + Enterprise 800GB SSD drives with flash caching
Processor: Intel Xeon E5-2660v2 (25M Cache, 2.20 GHz, 8.00 GT/s Intel® QPI)
Memory: HP High Performance SmartMemory

Setiap Hypervisor menggunakan 4x 10Gbps NICS, HP Flex Switching modules dan Cisco switches.

2. High Performance Cloud Platform

Cloud platform dari OnApp sudah teruji stabil, mendapatkan banyak penghargaan dan digunakan oleh lebih dari 3000 cloud providers di 93 negara (an estimated 1 in 3 public clouds now run on OnApp). OnApp membantu Dewaweb melakukan cloud server management, provision, health monitoring, dan auto-healing (failover) dengan mudah dan hemat waktu.

OnApp Architecture Diagram

Ada cloud server yang butuh kapasitas CPU atau RAM extra? Tinggal login ke OnApp dan klik tombol Upgrade Resources di OnApp, maka dalam 2 menit, CPU atau RAM akan bertambah secara otomatis. Butuh cloud server baru? Tinggal klik saja Create New Server dan pilih template, maka dalam 1 menit cloud server baru sudah jadi, tinggal dikonfigurasi untuk siap dipakai.

3. High Performance Cloud Software

CloudLinux membantu Dewaweb mengelola resources dalam cloud server secara efektif, memperkuat keamanan, dan menghilangkan “bad neighbor effect” (= ketika ada salah satu website di dalam server hosting mengalami traffic spike, crash, atau kena hacked – maka akan menular dan menurunkan performance website lain yang tidak bersalah). Dewaweb menggunakan konfigurasi CloudLinux yang sudah dioptimalkan untuk high performance and high security cloud hosting.

CloudLinux Explained

4. High Performance Web Server

Dewaweb adalah cloud hosting pertama di Indonesia yang menggunakan software webserver tercanggih dan tercepat saat ini yaitu LiteSpeed Enterprises. Perbedaan kecepatan ini akan semakin terasa kalau website kamu ramai dikunjungi. Kebanyakan provider web hosting lain masih menggunakan Apache webserver yang sudah outdated dan salah satu bottleneck yang menyebabkan loading website menjadi lambat.

LiteSpeed juga lebih unggul dibanding dengan reverse proxy seperti nginx dan Varnish:

LiteSpeed vs nginx vs Varnish

Berikut adalah benchmark LiteSpeed Enterprise (LSWS) vs Apache vs nginx:

LiteSpeed Benchmark vs Apache vs nginx

Benchmark di atas membandingkan kecepatan webserver untuk memproses PHP script dengan option keep-alive connections enabled (setting standard untuk server web hosting). Semakin banyak PHP requests/sec yang bisa diproses oleh webserver, semakin cepat webserver tersebut.

LiteSpeed juga telah mendukung protokol web terbaru, HTTP/2, yang memungkinkan proses delivery konten website lebih cepat dari server ke client.

Dewaweb adalah Certified Hosting Partner dan Distributor LiteSpeed di Asia dan memberikan diskon spesial untuk pembelian multiple licences.

5. High Performance Database Server

MariaDB vs MySQL

Semua cloud server Dewaweb terbaru menggunakan MariaDB database server yang jauh lebih unggul dari MySQL dari sisi kecepatan, performance, kestabilan, query optimizer, dan juga fitur.

Referensi:
10 Reasons to Migrate from MySQL to MariaDB
MariaDB 10 vs MySQL 5.6 – A Feature Comparison Update
Performance Update MariaDB 10.1 vs MySQL 5.7

6. High Performance Cloud Network

Dewaweb menggunakan fasilitas datacenter world-class di Equinix dan ColoCrossing dengan koneksi yang sangat bagus ke berbagai backbone international dan kapasitas bandwidth yang sangat besar. Ini sebabnya Dewaweb bisa memberikan unlimited bandwidth untuk semua paket cloud hosting dan cloud server.

Setiap cloud server Dewaweb juga memiliki speed uplink 500Mbps di eth0 dan 1Gbps di eth1 (VLAN) untuk menjamin high performance network throughput.

CASE STUDY

Salah satu customer yang pindah hosting ke Dewaweb (menggunakan paket Paladin) mengalami traffic spike di bulan Juni 2015 di mana jumlah traffic naik 4 kali lipat dari 154,930 unique visitors/month menjadi lebih dari 600,000 unique visitors.

dewaweb-performance-stat1

Berikut adalah tampilan statistik pemakaian resources di cPanel (30 hari terakhir) yang menunjukkan performance website tetap stabil dan tidak ada bottleneck.

dewaweb-performance-stat2

Berikut adalah tampilan statistik pemakaian CPU dan RAM di server (30 hari terakhir) yang menunjukkan performance tetap stabil dan terjaga.

dewaweb-performance-stat3

Konfigurasi Cloud Server yang dipakai untuk shared cloud hosting website ini:

Hardware: 8 CPU Intel Xeon E5-2660, 16 GB RAM, 400 GB SSD Storage, NAS Backup
Software: Centos 6.6, CloudLinux 6, cPanel 11.5, LiteSpeed Enterprise 4.2.23, MariaDB 10.0.20
Location: Equinix Singapore

# uptime
06:07:10 up 16 days, 7:21, 1 user, load average: 4.89, 4.63, 4.33

# mysqladmin status
Uptime: 602011 Threads: 17 Questions: 430151286 Slow queries: 445 Opens: 4001296 Flush tables: 57 Open tables: 2048 Queries per second avg: 714.523

Sekian untuk artikel Inside Dewaweb: High Performance Cloud Hosting – semoga membantu dan silahkan posting comment di bawah ini kalau ada pertanyaan. Terima kasih!

22,533 total views, 6 views today

Posted in:
  • Ya, saya sudah merasakan sendiri efeknya. Dulu sebelum pindah ke DewaWeb, blog/web saya sering down dan lelet minta ampun!!. Dalam sebulan bisa beberapa kali down dengan berbagai macam alasan yang bikin saya kesal dan memutuskan kabur dan pindah ke Dewaweb. Selama 1 bulan hosting di DewaWeb, blog saya stabil dan tidak pernah down.

    Saya berharap bahwa layanan Dewaweb.com bisa terus stabil hingga sampai kapan pun. Dan dengan senang hati saya akan terus bertahan karena hingga saat ini saya masih sangat puas 100% dengan layanan yang diberikan. Blog saya juga makin cepat dan tidak perlu pakai Clouflare pihak ketiga lagi kerena di dewaweb semua sudah tersedia. Mantapsss dan pertama di Indonesia.

    Terimakasih

    • Gery

      Hallo, Mas Todi.

      Wah, dari ulasan yang Anda diberikan sepertinya Dewaweb sangat handal dan stabil ya?

      Saya jadi tertarik pindah ke sini. Soalnya yang kemarin sering banget down.

      Kalau boleh tahu Anda menggunakan paket hosting yang mana, Mas?

      Terima kasih. 😀

      • Dewaweb Founder

        Thanks mas Todi untuk comment-nya 🙂

        Mas Gery: Semua paket cloud hosting Dewaweb mempunyai high performance yang sama seperti di artikel ini. Pastikan untuk memilih paket cloud hosting yang sesuai dengan jumlah pengunjung websitenya saja, karena tiap paket memiliki limit di resource CPU dan RAM (bisa dimonitor secara real-time dari cPanel – Resource Usage menu). Pastikan website Anda tidak melebihi limit ini untuk tetap menikmati high performance cloud hosting dari Dewaweb. Upgrade paket untuk menaikkan limit juga bisa dilakukan kapan saja dengan mudah.

    • Bayangkan di belakang website kamu adalah puluhan server blade HP super canggih seperti di bawah ini.

  • Terima kasih Pak Ata… Sukses selalu yah… Apakah boleh kita wawancara Bapak suatu saat nanti untuk testimonial?

    • Ini Link kok gk diedit 😀

      • Sudah diedit Pak. Sepertinya admin kita sedang mengantuk. Terima kasih 😀

        • Saya masukin Link di Komentar ya karena liat beberapa Komentaro yg masukin Link juga, yah tau sendiri lah tujuannya buat apa 😀

  • Terima kasih Pak Lukmanul atas kepercayaannya menggunakan hosting Dewaweb. Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan masukan yang berharga untuk kami yah.

    • Wah pasti, dan hebatnya di DewaWeb, kalau kirim Kritik dan Saran via Email ke Manajemen, yg Respon/Reply langsung CEO-nya 😀