Kenapa Banyak Startup Yang Gagal?

Startup bisa diartikan sebagai perusahaan yang baru berkembang. Startup biasanya berukuran kecil dan awalnya didanai serta dioperasikan oleh para pendirinya atau satu individu. Perusahaan startup menawarkan produk atau layanan yang tidak ditawarkan pihak lain,  atau yang diyakini pendirinya ditawarkan dengan cara yang inferior.

Pada tahap awal, pengeluaran perusahaan startup cenderung melebihi pendapatan karena mereka bekerja mengembangkan, menguji, dan memasarkan ide mereka. Dengan begitu, mereka sangat membutuhkan pendanaan. Startup bisa didanai oleh pinjaman bisnis kecil tradisional dari bank atau satuan kredit, pinjaman yang disponsori pemerintah, atau dana dari organisasi non profit, dan pemerintah pusat. Teman dan keluarga juga bisa memberikan pinjaman.

Startup diyakini mengubah wajah bisnis dan teknologi masa kini. Meski ada beberapa cerita tentang kesuksesan startup yang menarik dan menginspirasi, tak terhitung jumlah startup yang terjun bebas dan gulung tikar.

Kenapa startup mengalami kegagalan? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Para wirausahawan adalah manusia biasa yang mencoba memulai bisnis dan memberikan dampak pada industri teknologi. Ide yang terlihat menjanjikan saat ini mungkin tidak lagi menguntungkan ketika disodorkan ke publik.

Sebanyak 9 dari 10 startup mengalami kegagalan. Ini bukan fakta yang mudah diterima, tapi ini jadi hal yang perlu Anda perhatikan. Bahkan para wirausahawan perlu merencanakan kegagalan mereka sebelum memulai sebuah bisnis. Kenapa demikian? Karena pengusaha yang sangat optimis perlu melihat realita yang terjadi baik saat ini maupun nanti. Statistik ini tidak ditujukan untuk menakut-natkuti Anda, tapi untuk mendorong Anda bekerja lebih cerdas dan lebih keras. Silahkan baca juga informasi kami tentang pentingnya startup.

Kegagalan Startup Karena Masalah Pada Pasar

Satu alasan besar kenapa perusahaan startup gagal adalah mereka memiliki pasar yang kecil atau tidak ada pasar sama sekali untuk produk yang mereka bangun. Berikut beberapa gejala umumnya:

  • Tidak ada nilai proposisi yang cukup baik atau event yang bagus, yang bisa membuat pembeli berkomitmen pada pembelian. Untuk mendapat pesanan di kondisi saat ini, Anda harus menemukan pembeli yang memiliki ketertarikan atau sangat membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
  • Waktu pemasaran yang salah. Anda bisa jadi yang terdepan dalam beberapa tahun ini tapi konsumen tidak siap untuk solusi khusus yang Anda tawarkan pada tahap ini.
  • Ukuran pasar dari orang yang memiliki kebutuhan untuk produk dan memiliki uang tidak cukup besar.

Kegagalan Model Bisnis

Salah-satu penyebab umum kegagalan startup adalah wirausahawan terlalu optimistik tentang betapa mudahnya memperoleh pelanggan. Mereka berasumsi karena mereka akan membangun website, produk, atau layanan yang menarik, maka pelanggan akan datang berbondong-bondong. Itu mungkin terjadi pada beberapa pelanggan pertama, tapi setelah itu mejadi tugas yang berat untuk menarik dan memenangkan pelanggan. Dan pada banyak kasus, harga untuk memperoleh pelanggan sebenarnya lebih tinggi dibanding nilai dari pelanggan itu sendiri.

Esensi Dari Model Bisnis

Cara sederhana untuk fokus pada masalah di model bisnis Anda adalah melihat dua pertanyaan ini:

  • Bisakah Anda menemukan cara yang terukur untuk memperoleh pelanggan?
  • Kemudian apakah Anda bisa me-monetisasi pelanggan tersebut pada tingkat yang lebih tinggi dibanding harga akuisisinya?

Tim Manajemen Yang Tidak Solid

Masalah umum yang menyebabkan startup gagal adalah tim manajemen yang lemah. Tim manajemen yang bagus akan cukup cerdas untuk menghindari alasan di atas. Tim manajemen yang lemah membuat kesalahan di banyak area:

  • Mereka sering kali lemah pada strategi, membangun produk yang tidak ada pembelinya karena mereka gagal bekerja untuk memvalidasi ide sebelum dan selama proses pengembangan.
  • Mereka biasanya tidak bagus pada tahap eksekusi, yang dapat memicu masalah dengan produk yang tidak dibangun dengan baik atau tepat waktu, dan menuju eksekusi pasar yang buruk implementasinya.
  • Mereka akan membangun tim yang lemah di bawah mereka. Ada pepatah mengatakan: pemain A mempekerjakan pekerja A, dan pemain B hanya bisa mempekerjakan pemain C, karena pemain B tidak ingin bekerja untuk pemain B yang lain. Jadi perusahaan akan berakhir dengan eksekusi yang lemah dan buruk.

Kekurangan Dana

Alasan utama selanjutnya yang membuat perusahaan startup mengalami kegagalan adalah karena mereka kehabisan uang. Tugas kunci CEO adalah memahami berapa banyak uang yang tersisa baik untuk operasional perusahaan demi keberhasilan keuangan atau untuk aliran uang yang positif.

Kesalahan yang sering terjadi dan memicu perusahaan kehabisan uang adalah manajemen gagal masuk ke tahap perkembangan berikutnya, sebelum uang habis. Meski masih memungkinkan untuk berulang kali memperoleh uang, tapi valuasinya akan menjadi lebih rendah.

Akselerasi Pedal Yang Tidak Tepat

Salah-satu tugas paling penting CEO adalah mengetahui bagaimana mengatur pedal akselerator. Di tahap awal bisnis, ketika produk masih dikembangkan dan model bisnis diperhalus, pedal perlu diatur sangat ringan untuk menghasilkan uang. Tidak perlu mempekerjakan banyak staf marketing dan sales bila perusahaan masih di posisi penyelesaian produk hingga titik dimana produk benar-benar memenuhi kebutuhan pasar. Ini kesalahan yang sangat umum, dan hanya akan menghasilkan frustasi.

Tapi pada sisi lain, ada waktu dimana akhirnya menjadi jelas bahwa model bisnis telah terbukti, dan waktunya pedal akselerator di tekan lebih keras. Sekeras sumber modal yang tersedia dan ada di perusahaan. Bagi orang yang pertama kali menjadi CEO, bukan hal mudah mengetahui bagaimana bereaksi ketika mereka mencapai titik ini.

Pemilik Startup Mempekerjakan Orang Yang Mereka Kenal, Bukan Orang Yang Kompeten

Banyak perusahaan startup yang merupakan bisnis kecil. Bisa dipahami bila pemiliknya memilih orang-orang dengan kedekatan keluarga. Dan ia melakukan ini dengan mempekerjakan orang yang direferensikan kepadanya oleh teman dekat, kerabat, atau anggota keluarga lain.

Bagi kebanyakan orang, alasan dibalik ini adalah karena mereka ingin orang yang bisa dipercaya, orang yang tidak mencuri dari perusahaan. Sayangnya, keputusan ini berakhir sebagai kekeliruan. Sebagai startup, Anda harus mempekerjakan orang yang sangat kompeten. Jika tidak, mereka akan meruntuhkan bisnis Anda tanpa perlu mencuri dari Anda.

Masalah Dengan Produk

Penyebab lain kegagalan perusahaan startup adalah karena gagal mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan pasar. Ini bisa dikarenakan eksekusi yang sederhana atau karena masalah strategi yang tidak memiliki kesesuaian antara produk dengan pasar.

Sering kali produk pertama yang startup bawa ke pasar tidak memenuhi kebutuhan pasar. Dibutuhkan beberapa revisi agar produk bisa sesuai dengan pasar. Di kasus yang parah, produk bisa benar-benar gagal. Bila ini terjadi, menjadi indikasi yang jelas kalau tim yang bekerja tidak memvalidasi ide mereka dengan pelanggan sebelum dan selama proses pengembangan produk.

Koneksi

Beberapa wirausahawan sering mengeluh tentang kurangnya jaringan dan koneksi investor di industri yang bisa mendukung mereka. Selain mereka gagal menemukan orang baru yang bisa membawa startup mereka menuju keberhasilan, mereka juga gagal mengenali jaringan mereka sendiri.  Perusahaan startup membutuhkan jaringan dengan koneksi yang baik melalui networking yang sudah ada, yang sangat mudah dibangun.

Cara tepat lain untuk membangun koneksi secara online adalah bekerja sama dengan PR dan agensi SEO. Mereka telah memiliki relasi dengan media, surat kabar, dan beberapa blog level atas yang bisa menyuarakan tentang perusahaan startup Anda.

Kompetisi

Memulai startup bukan hanya tentang fokus pada bisnis seseorang semata. Bila startup ingin bertahan di masa mendatang, mereka perlu menghindari distraksi, tapi jangan lupakan kompetisi yang dimiliki.

Kebanyakan perusahaan startup saat ini merasa kalau ide mereka paling baik yang akan memandu mereka menuju keberhasilan ketika produk diluncurkan ke konsumen. Tapi sebenarnya tidak demikian.

Startup dibentuk dari waktu ke waktu dan idenya bisa serupa. Menganalisa pasar, kompetisi, dan bisnis yang sudah terbentuk akan membantu menghasilkan strategi berbeda pada area berbeda untuk memenangkan pasar.

Mengabaikan Pelanggan Yang Prospektif

Selalu sulit bagi perusahaan startup untuk memutuskan memperbaiki produk menjadi lebih baik atau membiarkan pasar mengujinya lebih dulu. Berbicara pada pelanggan tentang ide peningkatkan produk bisa menjadi hal bagus, tapi ini memicu startup hampir tidak memiliki profit sama-sekali.

Pondasi keberhasilan startup didasarkan pada validasi pasar dan bila Anda gagal dengan produk yang bagus, startup Anda akan gagal. Kemungkinan cara terbaik untuk memastikan semua berjalan baik adalah dengan mengukur, melacak, memvalidasi, dan mengoptimalkan data yang Anda terima dari pelanggan atau klien.

Ide

Ide menjadi tulang belakang dibalik startup dan analisa ekstensif dari kebutuhan pasar perlu dilakukan sebelum memulai sebuah bisnis. Wirausahawan perlu memahami bahwa memulai sebuah perusahaan, memasarkan, dan menghabiskan banyak anggaran mungkin tidak selalu berakhir dengan keberhasilan. Menyelam ke sebuah bisnis tanpa sebelumnya menganalisa prospek target pasar bukan ide yang baik.

Pasar konsumen saat ini sangat bervariasi. Tuntutan dan kebutuhan berubah dengan cepat, dan startup yang berhasil saat ini bekerja dengan visi tanpa mengabaikan realitas pasar sekarang dan nanti.  Dibutuhkan analisa masa depan ketika mengimplementasikan ide untuk startup.

Lokasi

Lokasi bisa jadi masalah pada beberapa sisi bagi perusahaan startup. Hal yang penting, sesuaikan antara konsep startup Anda dan lokasinya. Lokasi juga berperan pada kegagalan untuk tim jarak jauh. Bila tim Anda bekerja secara remote, pastikan Anda menemukan metode komunikasi yang efektif, karena kurangnya kerja tim dan perencanaan bisa memicu kegagalan.

Melepas Produk Pada Waktu Yang Tidak Tepat

Bila Anda merilis produk terlalu dini, pengguna mengaggapnya tidak berguna dan mendapatkan mereka kembali bisa sulit bila kesan pertama yang mereka miliki tentang Anda sudah negatif. Dan bila Anda merilis produk terlambat, Anda kehilangan jendela kesempatan pada pasar.

Bersikap Tidak Fleksibel dan Tidak Secara Aktif Mencari Atau Menggunakan Feedback Dari Pelanggan

Mengabaikan pelanggan adalah penyebab kegagalan. Tidak mengumpulkan feedback dari pelanggan jadi kesalahan fatal bagi kebanyakan startup. Jangan tunggu lebih dari 3 bulan untuk mendapat feedback dari prospek yang sangat objektif.

Sama juga halnya, tidak meluangkan cukup waktu untuk berbicara dengan pelanggan dan merilis fitur yang Anda anggap bagus, tapi Anda tidak mengumpulkan cukup input dari klien. Anda mudah terjebak dengan mengira barang Anda bagus. Anda harus memperhatikan pelanggan dan beradaptasi dengan kebutuhan mereka.

Pemasaran Yang Buruk

Mengetahui target audiens dan mengetahui bagaimana mendapat perhatian mereka serta mengubah mereka menjadi lead dan akhirnya menjadi pelangan merupakan skill paling penting dari bisnis yang sukses. Baca lebih lanjut artikel kami tentang meningkatkan lead dan penjualan.

Mengenal Karakteristik Perusahaan Startup Yang Berhasil

Sekarang mari kita beralih ke karakterisitik startup yang sukses, apa sajakah itu?

Memulai Dengan Pasar Yang Kecil

Ketika berbicara tentang perusahaan startup yang sukses, banyak yang berkomentar tentang pentingnya memiliki pasar yang besar. Memang benar kalau startup harus perlahan mencapai pasar yang besar untuk menjadi perusahaan yang besar. Tapi pada awalnya, sebenarnya paling baik untuk memulai dengan pasar yang kecil. Mulailah dari pasar yang kecil dan lalu mengembangkan pasar itu menjadi lingkaran konsentris.

Kesalahan paling besar yang Anda lakukan sebagai pengusaha muda adalah masuk ke pasar yang besar. Ini menandakan Anda belum menemukan kategori yang tepat. Dan Anda akan berurusan dengan kompetisi yang terlalu banyak.

Fokus

Masih berhubungan dengan memulai di pasar yang kecil, karakteristik lain dari startup yang sukses adalah fokus. Ketika memulai sebuah perusahaan dari awal, terutama dengan tim yang sangat kecil, Anda mudah tergoda untuk mengambil terlalu banyak projek, ini bisa membunuh startup Anda.

Memberikan Pengalaman Pengguna Yang Mengagumkan

Secara definisi, startup berarti perusahaan yang masih baru. Mereka tidak bisa mengandalkan loyalti brand yang dibangun selama bertahun-tahun seperti yang bisa dilakukan kompetitor.

Ini jadi satu alasan kenapa menyediakan produk yang bermanfaat dan mudah digunakan sangat penting bagi keberhasilan bisnis jangka panjang.

Budaya Yang Positif

Bila ingin jadi pemenang, Anda perlu mengadopsi budaya perusahaan yang positif. Startup yang sukses harus bisa menyediakan lingkungan yang positif di semua level organisasi mereka.

Komunikasi

Komunikasi yang buruk bisa menghancurkan bisnis yang masih baru. Komunikasi yang buruk menimbulkan ketegangan relasi antara pengawai dan antara Anda dan pelanggan. Startup yang sukses bisa mengatasi hambatan komunikasi.

Mempekerjakan Pegawai Yang Tepat dan Menghargai Mereka

Pemenang tahu bagaimana menemukan, memilih, mempekerjakan, melatih, memotivasi, memberi reward, dan mempertahankan pegawai yang baik. Mereka menghindari pekerja yang tidak berkontribusi. Mereka menaikkan level pegawai yang melakukan yang terbaik untuk tim.

Mereka juga tahu bagaimana membuat pegawai  senang dan produktif. Pembangun bisnis yang ternama secara hati-hati mengawasi pegawai ibarat pengembala di kawanan ternak. Mereka baik, menghormati, memotivasi, dan sangat suportif. Sifat unik ini jadi satu karakter kuat dari wirausahawan yang layak menang.

Berorientasi Pada Tujuan

Masuk ke dunia bisnis membutuhkan strategi dan perencanaan. Bisnis yang sukses diatur menggunakan sistem dengan tujuan jangka pendek yang konstan dievaluasi. Dengan sistem seperti ini, bisnis dan pemilik bisnis bisa mengidentifikasi dan mencapai keberhasilan. Perencanaan strategis jadi elemen penting dari tiap design bisnis.

Persistensi

Menjalankan sebuah startup bukan perkara mudah. Hanya ada sedikit orang yang siap untuk perjalanan ke depannya. Startup yang berhasil bisa mengatasi berbagai rintangan. Yang paling penting, jangan pernah kehilangan visi atau passion Anda.

Layanan Pelanggan

Nilai dari layanan pelanggan tak bisa disepelekan. Banyak startup yang sukses bisa memperoleh daya tarik karena layanan pelanggan yang sangat baik. Bila pelanggan Anda merasa dihargai, mereka akan kembali lagi dan menjadi repeat customer. Layanan pelanggan yang luar biasa sulit ditiru, yang menjadi alat efektif untuk memenangkan kompetisi. Ketahui lebih banyak tentang cara meningkatkan layanan pelanggan.

Meski ada unsur keberuntungan yang terlibat dalam cerita startup yang sukses, ada banyak faktor keberhasilan sebuah startup. Mereka memiliki produk yang memenuhi kebutuhan, mereka tidak mengabaikan apapun, mereka tumbuh dengan cepat, dan berhasil mengatasi persaingan. Bila Anda memiliki karakteristik ini, berarti Anda sedang mempersiapkan diri untuk berhasil.

 

  • rahel cohran

    Halo.
    Saya Mr Rahel pemberi pinjaman kredit swasta yang memberikan waktu hidup pinjaman kesempatan untuk individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll Apakah Anda dalam setiap kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda mencari lagi sebagai kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tingkat 2% tanpa fee.I dimuka ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu bahwa kami siap untuk membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk memecahkan bahwa problem.If keuangan Anda ya kemudian kembali sekarang via Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA sANGAT WELCOME…

  • Karen Mark

    Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

  • Mrakus Grey

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk proyek-proyek, investasi, pinjaman pribadi, pinjaman komersial, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi dan pinjaman untuk berbagai proyek? Bagi mereka yang ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami Anda harus menghubungi kami hari ini di:
    markusgreyloanfirm@gmail.com

  • reality loan

    Merhaba,

    Eğer evet iseniz bir krediyle ilgileniyor musunuz, bize geri dönmek zorundasınız. Aşağıdaki e-postayla kredinin derhal işlenmesi:
    realityloanfirm5@gmail.com

    % 3 kredi için başvurun

  • Jason Raymond

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN Email: fundingloanplc@yahoo.com

    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan Anda merasa sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban biaya bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun – mulai dari liburan, hingga pendidikan hingga pembelian unik

    ** Apakah Anda terjepit secara finansial?
    ** Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang?
    ** Apakah Anda mencari keuangan untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
    ** Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan?
    ** Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek besar?

    Kami menawarkan berbagai macam layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Usaha, Pinjaman Swasta, Refinancing Rumah, Pinjaman Hotel, pinjaman mahasiswa dengan tingkat bunga sangat rendah 2% .. Untuk mengajukan pinjaman, hubungi kami dengan menggunakan rincian seperti yang dinyatakan dan bebas dari penipuan, Email: fundingloanplc@yahoo.com ATAU Panggil / Teks +14067326622

  • Pingback: Cara Membentuk Team yang Produktif untuk Startup Anda()

  • Pingback: Startup-startup di Indonesia dan Peran dalam Membangun Indonesia()