Kolaborasi Dewaweb dan Mahasiswa Fasilkom Universitas Indonesia Demi Masa Depan IT Indonesia Yang Lebih Baik

header-compfest

CompFest atau Computer Festival merupakan one stop IT event tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Tahun ini Compfest mengambil tema “Raising IT Awareness for a Perfect IT Impact in Indonesia dengan harapan memberikan dampak positif di bidang teknologi informasi di Indonesia. Compfest adalah event IT nasional yang paling konsisten penyelenggaraannya oleh Universitas Indonesia yang dimulai sejak tahun 2008. Compfest tahun ini diberi nama Compfest7, bukan Compfest 2015 seperti tahun-tahun sebelumnya karena memang ini adalah tahun ke-7 event ini berlangsung.

Fokus Compfest tahun ini adalah “memberikan dampak positif dalam bidang teknologi informasi di Indonesia”. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal IT, namun kebanyakan dari mereka hanyalah menjadi user, terutama mahasiswa. Padahal mahasiswa sekarang ini mempunyai peluang untuk mengembangkan produk – produk IT di Indonesia. Compfest7 diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa/i IT dari seluruh universitas di Indonesia untuk berkarya bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Terdapat beberapa kompetisi yang pendaftarannya telah berlangsung sejak bulan Mei 2015 dan Grand Finalnya berlangsung pada tanggal 3 Oktober 2015 yang lalu, bersamaan dengan dimulainya Main Event Compfest7 ini. Kompetisi tersebut antara lain Business IT Case, Competitive Programming Contest, Open App Challenge, Internet of Things Competition, dan Indie Game Ignite. Kontestan pada Business IT Case diharuskan menyelesaikan sebuah kasus bisnis menggunakan pendekatan teknologi informasi. Final case yang harus diselesaikan oleh finalis Business-IT Case adalah bagaimana cara menerapkan sistem e-money sebagai metode pembayaran. Competitive Programming Contest adalah lomba penyelesaian masalah algoritma pemrograman. Open App Challenge adalah kompetisi pembuatan aplikasi yang bertujuan menyelesaikan berbagai permasalahan lokal dan nasional di Indonesia. Internet of Things Competition adalah kompetisi di mana setiap tim dipersilahkan dengan kreatifitasnya membuat sebuah produk IoT yang menyelesaikan berbagai permasalahan di kehidupan nyata. Indie Game Ignite adalah sebuah kompetisi pembuatan game berskala nasional. Game yang menang akan dibawa untuk mengikuti Casual Connect Singapore 2016.

Main Event Compfest7 yang diadakan di Balairung Universitas Indonesia adalah seperti Playground di mana terdapat lebih dari 50 exhibitors yang sebagian besar adalah startup dari seluruh Indonesia, seperti Tokopedia, Gameloft, Mozilla Indonesia, dan lain-lain. Setelah pengunjung melakukan registrasi, mereka bebas menjelajahi seluruh arena stand Playground untuk bermain dan mendapatkan poin. Poin tersebut nantinya dapat ditukar dengan berbagai merchandise menarik dari CompFest7. Makin banyak poin, tentunya makin besar kesempatan untuk mendapat banyak merchandise. Tak hanya itu, tahun ini CompFest7 membuka booth bernama Space Wanderer, yang memungkinkan pengunjung menjelajahi luar angkasa di layar virtual dengan tangan sebagai pengendali geraknya. Klik di sini untuk follow facebook page mereka.

Berikut ini adalah video liputan dari Binus TV pada acara Main Event Compfest7.

Dewaweb, The First 100% Cloud Hosting In Indonesia bersyukur mendapatkan kesempatan untuk menjadi sponsor pada event Compfest7 ini. Besar harapan kami mahasiswa/i, terutama yang berkecimpung di bidang IT, dapat mengenal teknologi infrastruktur terkini yakni Cloud Hosting dan Cloud Server serta protokol web terbaru yakni HTTP/2. Kami juga mengedukasi bagaimana cara kerja dari cloud hosting serta keuntungan – keuntungan yang didapat jika aplikasi atau website mereka dihostingkan pada infrastruktur cloud. Harapannya, ketika mereka mengembangkan aplikasi atau website, mereka mengerti infrastruktur terbaik yang mendukung website atau aplikasi mereka. Kami juga berkesempatan bertemu dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan startup yang hadir untuk mengenalkan mereka pada teknologi ini. Besar harapan kami dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat Indonesia akan teknologi IT terbaru, maka bangsa kita menjadi semakin maju dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan IT global dalam menjawab tantangan masyarakat ke depan.

3,784 total views, 2 views today

Posted in: