Kreatif dan Produktif dalam Bisnis

Dalam berbisnis dibutuhkan ide-ide segar yang dapat memunculkan suatu inovasi atau terobosan, yang berakibat pada tingginya angka penjualan. Tidak dapat dipungkiri persaingan yang ketat di dalam bisnis memerlukan faktor pembeda, dimana faktor pembeda tersebut dapat menjadi suatu keunikan suatu bisnis.

Ide-ide segar hanya dapat dimunculkan oleh pelaku bisnis yang kreatif. Dapat dikatakan bahwa tingkat kreativitas menentukan pula tingkat produktivitas.

Bisnis dengan inovasi yang tiada henti seiring dengan perubahan dan perkembangan zaman adalah bisnis yang baik, tak peduli seberapa besar atau kecilnya bisnis Anda. Simak artikel kami tentang pentingnya bisnis kecil dan startup.

Walaupun terkadang kita sering mendengar bahwa kreativitas berada di luar sistem aturan yang ada, dan tidak dapat dikungkung oleh aturan baku, namun kreativitas adalah hal yang berbanding lurus dengan tingkat produktivitas, karena kreativitas adalah penentu dan faktor pembeda antara bisnis kita dan bisnis lain yang sejenis.

Sinergi yang baik dapat Anda ciptakan apabila didukung oleh ruang, waktu, maupun tools yang mumpuni dan sesuai dengan karakteristik bisnis Anda. Simak tool SEO pilihan untuk optimasi website bisnis Anda.

Cara Agar Lebih Kreatif dan Produktif dalam Bisnis

Tips yang akan dijabarkan berikut akan sangat membantu Anda menjadi lebih kreatif dan produktif, sehingga performa bisnis Anda dapat meningkat dengan signifikan. Tips ini juga sangat bermanfaat untuk dipraktekkan oleh para karyawan atau pegawai Anda guna meningkatkan performa mereka, yang pada akhirnya dapat memberikan output yang luar biasa pada bisnis Anda.

1. Disiplin
Apabila Anda berpikir bahwa kedisplinan itu membosankan dan tidak berpengaruh pada tingkat kreativitas dan produktivitas, Anda telah salah. Karena apabila kedisplinan telah diterapkan pada keseharian kita, maka tingkat kreativitas dan produktivitas akan serta-merta meningkat.

Seperti latihan membentuk otot dan tubuh, kreativitas dan produktivitas ternyata harus terus dilatih agar dapat menghasilkan sesuatu yang bagus pula.

2. Jangan Takut Melakukan Kesalahan

Kesalahan adalah hal yang wajar dilakukan oleh tiap pebisnis, apalagi bagi Anda yang baru memulai sebuah bisnis.
Apabila Anda takut untuk melakukan kesalahan, Anda akan sangat berhati-hati dalam bertindak, sehingga membuat Anda kehilangan kreativitas dan produktivitas.

Berani kotor itu baik, bukan hanya ungkapan atau tagline dalam sebuah iklan, namun juga mengandung makna yang dalam, bahwa apabila kita berani mengambil peluang yang ada, maka kesempatan untuk meningkatkan bisnis kita dengan pesat terbuka lebar di depan kita. Simak pula artikel kami tentang cara meningkatkan penjualan.

3. Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman
Apabila Anda merasa telah kehilangan ide-ide segar, atau mengalami kebuntuan dalam menciptakan ide bisnis yang kreatif, maka saatnya Anda untuk mengubah ruang kerja Anda, ubah warna tembok di ruangan Anda, ubah susunan furniture, atau memberikan sentuhan ornamen baru dalam interior ruangan.

Sesekali, Anda dapat menyelesaikan tugas yang padat di luar kantor, banyak café, resto, atau taman, yang dapat Anda manfaatkan untuk menggali ide-ide segar, atau sekedar lepas dari rutinitas yang terkadang membuat pikiran buntu.

Kreatif dan produktif adalah hal yang sangat erat kaitannya, dan kedua hal tersebut terkadang perlu digali dan ditemukan. Maka bergegaslah!

4. Ubah Rutinitas
Apabila Anda terbiasa membuka email, mengecek kerjaan atau pesan dari kantor di pagi hari, maka singkirkan kebiasaan lama tersebut. Anda bisa ganti dengan meditasi selama beberapa menit, sebelum membuka email dan menjalankan tugas yang telah menanti.

Rutinitas dalam keseharian di kantor juga dapat Anda ubah, misalnya setelah makan siang, Anda dapat bermeditasi kembali sebelum menyelesaikan tugas kantor.

Rutinitas terkadang menyebabkan kreativitas dan produktivitas kita menjadi terbatas, maka lakukanlah sesuatu yang berbeda dari biasanya.

5. Belajar Sesuatu yang Baru
Mempelajari sesuatu yang baru terkadang sangat menantang bagi banyak pebisnis. Hal ini dapat memicu kita agar lebih kreatif dan produktif.

Anda dapat mempelajari metode baru dalam bisnis. Menggali semua pengetahuan baru dapat memberikan banyak hal, bukan hanya pandangan dan cakrawala pengetahuan serta skill baru yang bermanfaat, namun juga tingkat kreativitas dan produktivitas yang meningkat.

6. Berkolaborasi dengan Pebisnis Lain
Kolaborasi adalah percampuran ide dari beberapa pihak, pertukaran ide dan gagasan tersebut, terkadang mampu memancing ide-ide baru bermunculan.

Di luar sana banyak terdapat pebisnis dengan ide-ide brilian, apabila kita mampu berbagi cerita, mendiskusikan gagasan bersama dengan pebisnis tipe ini, maka dapat dipastikan, tingkat kreativitas dan produktivitas akan meningkat dengan tajam.

7. Menyamankan Diri dengan Perubahan
Perubahan adalah sesuatu yang pasti. Tidak ada yang abadi di dunia ini, selain perubahan itu sendiri.

Begitu pula dengan bisnis, setiap detiknya dapat berubah dengan cepat, apabila kita telah memahami hal tersebut, menyamankan diri dengan keadaan tersebut, maka kita akan dapat menyesuaikan gejolak perubahan tersebut, dengan berbagai ide-ide kreatif dan segar yang berujung pada meningkatkatnya produktivitas dalam bisnis kita.

8. Bertemu dengan Orang Baru
Terkadang kita perlu bertemu dengan orang baru untuk membuat cakrawala pemikiran kita mendapatkan pencerahan baru.

Tak ada salahnya Anda menjadwalkan untuk bertemu dengan pihak-pihak baru, membuka kesempatan dan peluang baru, bahkan membuat tingkat kreativitas dan produktivitas Anda meningkat.

9. Fokus dan Konsentrasi Penuh
Memberikan fokus dan konsentrasi sepenuhnya pada suatu hal, sangat dibutuhkan untuk menghasilkan sesuatu yang bagus.

Begitu pula dengan proses kreatif, memerlukan fokus dan konsentrasi yang penuh agar menghasilkan output yang maksimal.

10. Menyebarkan Semangat dan Antusiasme
Sesuatu yang positif itu menular. Begitu pula dengan semangat dan antusiasme, sebarkan sesuatu yang positif kepada lingkungan sekitar Anda, tanamkan dalam benak bahwa kreativitas dan produktivitas adalah hal yang sangat penting dalam bisnis, karena itu tularkan manfaat pada lingkungan sekitar Anda.

Semua yang telah dijabarkan pada artikel berikut ini, dapat membantu Anda meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda dalam bisnis. Tips lainnya dapat Anda simak di sini.

Namun sesuatu yang harus diingat adalah, jangan memaksakan sesuatu terlalu jauh, kenali batas Anda, jangan lampaui hal tersebut dan menekan diri Anda terlalu keras, karena hal tersebut dapat berakibat buruk.

Harmonisasikan kreativitas dan produktivitas agar dapat bersinergi dengan baik, karena kedua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kesuksesan bisnis Anda. Tidak ada yang lebih di antara keduanya, kedua hal tersebut sama pentingnya dan akan sangat berkaitan apabila didukung dengan harmonisasi yang baik. Simak pula 10 ide mengembangkan bisnis.

Berikan energi yang luar biasa dalam kreativitas, maka Anda akan melihat hal tersebut berimbas pada naiknya tingkat produktivitas bisnis Anda. Be more creative and more productive!

5,278 total views, 4 views today